>>
Anda sedang membaca ...
Catatan Dahlan Iskan, Manufacturing Hope

Pergantian Direksi yang Sangat Bising

Selasa, 24 Januari 2012
Manufacturing Hope 10

Bising! Itulah satu kata yang bisa menggambarkan dengan tepat setiap akan terjadi penggantian direksi di sebuah perusahaan BUMN. Di antara yang bising-bising itu, yang paling berisik ada dua: proses pergantian direksi di 15 perusahaan perkebunan dan satu perusahaan telekomunikasi.

Memang, masa jabatan direksi di 15 perusahaan perkebunan BUMN segera berakhir. Demikian juga di Telkom. Persiapan penggantian direksi pun harus dilakukan. Maka,  terjadilah apa yang terjadi sekarang ini, hari-hari ini, Perang Baratayudha! Calon yang diperkirakan akan menjadi direktur utama dihancur-hancurkan. Lewat SMS maupun kasak-kasuk. Mereka itu harus digulingkan. Kalau perlu sekalian menterinya!

Beredar pula susunan direksi baru di beberapa BUMN yang katanya sudah direstui menteri atau deputi atau DPP berbagai partai. Kalau membaca susunan direksi itu, seolah-olah sudah seperti yang sebenar-benarnya. Beredar pula daftar riwayat hidup banyak orang yang dipuji-puji dengan hebatnya. Merekalah yang dijamin pasti berhasil menjadi direktur atau direktur utama.

Kebisingan itu bertambah-tambah karena setiap orang juga melobi kanan-kiri, atas-bawah, muka-belakang. Termasuk melobi teman-teman dekat saya. Juga melobi adik saya yang hidup sederhana di rumah Perumnas di Madiun. SMS saya pun penuh dengan lalu lintas maki-maki dan puji-puji.

Melihat dan merasakan semua kebisingan itu, saya teringat kejadian beberapa tahun lalu. Yakni ketika terjadi pembunuhan yang latar belakangnya hanya ingin jadi direktur utama anak perusahaan BUMN. Bayangkan. Baru rebutan jadi direktur anak perusahaan saja sudah sampai terjadi pembunuhan. Sampai melibatkan pejabat negara yang begitu tingginya. Apalagi yang ini rebutan bapak perusahaan.

Menyaksikan riuhnya suasana, saya mengambil kesimpulan: saya harus menjauhkan diri dari bisikan pihak mana pun. Saya tidak boleh mendengarkan omongan, SMS, surat, telepon, serta segala macam bentuk rayuan dan makian. Saya ingin berkonsentrasi pada menemukan orang yang memenuhi kriteria yang sudah saya umumkan secara luas: integritas dan antusias. Saya tidak lagi memasukkan unsur kompetensi dan kepandaian. Semua calon untuk level seperti itu pasti sudah kompeten dan pandai.

Sebelum menemukan mereka itu,  saya harus menemukan dulu orang yang layak saya dengarkan pandangannya. Yakni orang yang tahu soal perkebunan, yang tahu orang-orang di lingkungan perkebunan, dan orang itu harus memiliki integritas yang bisa diandalkan.

Dari orang seperti itulah, saya akan banyak mendengar. Cara seperti ini juga saya lakukan di PLN dulu. Ketika saya ditunjuk untuk menjadi direktur utama PLN dan saya diberi wewenang untuk memilih siapa saja yang akan duduk di tim saya sebagai direktur PLN, saya mencari dulu satu orang yang integritasnya dikenal baik di lingkungan atas PLN. Kepada orang itulah, saya banyak berkonsultasi dan dari orang itulah saya banyak mendengarkan. Mengapa saya memilih jalan itu” Itu saya lakukan karena saya belajar dari pengalaman panjang: Orang yang integritasnya baik biasanya juga akan memilih orang yang integritasnya baik.

Mengapa? Saya merasakan di BUMN itu terjadi kecenderungan seperti ini: Orang yang integritasnya baik biasanya merasa jadi minoritas di lingkungannya. Orang yang integritasnya baik biasanya merasa termarginalkan di lingkungannya. Karena itu, kalau dia diberi kesempatan untuk bisa mengusulkan seseorang menduduki jabatan strategis, secara manusiawi dia akan mencari teman yang sama baik integritasnya. Dia akan terdorong untuk berusaha memperbanyak orang-orang yang berintegritas tinggi di lingkungannya. Dia bercita-cita untuk tidak menjadi minoritas lagi.

Kalau di dalam satu board of director mayoritas direksinya sudah memiliki integritas yang tinggi,  hasilnya akan luar biasa banyak:  direksi itu akan kompak dalam bekerja, tidak akan ada saling curiga, program-program bisa dipilih yang paling bermanfaat untuk perusahaan (bukan yang bermanfaat untuk kepentingan dirinya atau kelompoknya), keputusan bisa diambil dengan cepat, lebih berani menolak intervensi, dan yang paling penting mereka akan menyusun tim untuk tingkat di bawahnya dengan cara memilih orang-orang yang integritasnya juga baik. Kalau semua lapisan paling atas dan lapisan di bawahnya sudah sama-sama memiliki integritas yang tinggi, perusahaan akan maju, lestari, dan kultur perusahaan pun akan terbentuk dengan kukuhnya.

Untungnya, dalam proses penyusunan direksi baru perkebunan ini, saya bisa segera menemukan orang yang paling pantas saya dengar pandangannya. Dengan demikian,  saya tidak terlalu lama terombang-ambing di tengah kebisingan itu. Terima kasih, Tuhan!

Orang yang saya maksud itu tergolong orang dalam perkebunan. Kebetulan, namanya mirip dengan nama saya: Dahlan Harahap. Beliau saat ini masih menjabat direktur utama PTPN IV di Medan.  Perkebunan kelapa sawitnya maju pesat. Perusahaannya berkembang kukuh. Uang cash-nya saja lebih dari Rp 1 triliun. Beliau juga dikenal sebagai orang yang integritasnya sangat baik. Tahan godaan: uang maupun politik.

Posisi beliau juga sangat netral karena satu alasan ini: bertekad tidak akan mau lagi menjabat direktur BUMN. Dia sudah bersumpah di depan Tuhan untuk berhenti sebagai direktur BUMN. Sudah cukup, katanya. Dengan sikapnya yang seperti itu, pandangannya tentu lebih jernih. Tidak ada agenda yang terselubung. Tidak ada keinginan yang tersembunyi, kecuali untuk kemajuan dan integritas BUMN.

Saya pun menemui beliau dengan dua tujuan. Pertama, saya ingin merayu agar mau duduk lagi sebagai direktur BUMN. Bahkan bisa naik menjadi direktur utama holding perusahaan perkebunan seluruh Indonesia. Tetapi, usaha saya ini gagal. Beliau tetap teguh pada tekadnya untuk berhenti sebagai direktur di BUMN. Apakah akan bekerja di perkebunan swasta” Tidak. Beliau ingin mengurus kewajibannya kepada Tuhan!

Setelah gagal merayu beliau, barulah saya menjalankan misi yang kedua. Saya minta pandangan yang objektif tentang orang-orang di seluruh perusahaan perkebunan milik BUMN. Saya semakin respek karena sepanjang pembicaraan itu, beliau sama sekali tidak mau menyebut kekurangan apalagi cacat satu orang pun. Beliau sama sekali tidak mau mengemukakan sisi negatif dari siapa pun di lingkungan perkebunan. Tentu,  saya juga tidak mau menanyakan sisi-sisi negatif itu. Saya hanya ingin fokus mencari siapa yang terbaik-terbaik di antara yang ada.

Dari pandangan-pandangannya, saya bangga bahwa di BUMN masih ada orang seperti Dahlan Harahap. Juga seperti Murtaqi Syamsuddin di PLN. Tentu, saya juga memuji orang seperti Karen Agustiawan, direktur utama Pertamina. Seharusnya, dia berangkat untuk menghadiri pertemuan besar Davos di Eropa. Tetapi, karena akan ada acara BUMN yang penting, Karen membatalkan keberangkatannya. Saya bangga atas sikapnya ini: mengurus perusahaan lebih penting daripada  menghadiri pertemuan sebesar Davos sekalipun!

Beberapa direktur utama bank BUMN saya lihat juga memiliki integritas yang tinggi. Demikian juga orang seperti Ignasius Jonan, Dirut PT KAI. Saya sungguh berharap akan melihat lebih banyak lagi orang-orang seperti beliau-beliau itu. Integritas dan antusias.

Saya pun berdoa siang-malam untuk segera menemukan orang yang layak saya dengar pandangannya untuk Telkom yang kini lagi bising-bisingnya. Ini penting karena misi memperbanyak orang dengan integritas tinggi di BUMN adalah keniscayaan. Sangat berbahaya kalau BUMN jatuh ke tangan orang yang integritasnya diragukan. BUMN harus menjadi senjata kedua bagi presiden untuk melaksanakan program pembangunan ekonomi seperti yang dijanjikan kepada rakyat dalam masa kampanye dulu. Senjata pertamanya adalah APBN.

Di saat swasta masih belum tertarik ke pembangunan infrastruktur besar-besaran, BUMN harus mengambil peran itu. Di saat para pengusaha swasta bersikap wait and see akibat gejolak ekonomi di USA dan Eropa, BUMN harus firm untuk menjalankan seluruh ekspansinya dan melakukan investasi besar-besaran. Bahkan, di saat seperti ini, keberanian melakukan investasi harus menjadi salah satu  KPI (Key Performance Indicators) direksi BUMN.

Sungguh wajar dalam setiap terjadi gejolak ekonomi, pihak swasta bersikap hati-hati. Lalu bersikap tunggu dulu. Maka, dalam situasi seperti ini, sikap firm BUMN diperlukan untuk memberikan rasa percaya diri yang tinggi. Kalau di satu pihak swasta lagi ragu-ragu dan bersikap wait and see sedangkan di pihak lain BUMN tidak firm, perekonomian akan terganggu. Tetapi,  kalau swasta melihat BUMN terus bekerja dan berinvestasi, keragu-raguan itu akan berkurang.

Tentu, sangat sulit mengharapkan sebuah BUMN bisa firm dan bertindak cepat kalau di antara direksinya tidak kompak. Karena itu,  saya dan dewan komisaris di semua BUMN akan terus memonitor kekompakan ini. Semua direksi yang hebat-hebat pun tidak akan banyak gunanya kalau tidak padu. Dia hanya akan seperti soto enak yang dicampur dengan rawon enak.

Apa boleh buat. Sementara pergantian direksi di 15 perusahaan perkebunan itu masih dalam proses, kebisingan yang sangat tinggi masih akan terus terjadi. Dan saya harus tabah mendengarkannya. Untungnya,  sesekali ada hiburan dari orang seperti Nazaruddin. (*)

Dahlan Iskan
Menteri BUMN

About these ads

Diskusi

236 thoughts on “Pergantian Direksi yang Sangat Bising

  1. mantaf…no 1 gak ya..

    lagi2….mantaf…
    banyak kejutannya…

    selamat berjuang pak

    Posted by abdee we | 24 Januari 2012, 8:18 am
    • Benar pak abdee we, sangat sayang orang yg seperti pak dahlan ini jika tidak diberi kepercayaan utk jadi presiden RI. Saya yakin Indonesia akan sangat maju. Krn orang2 yg asal bapak senang dan koruptor akan tergilas. Mari pak abdee bergabung dengan Gerakan Rakyat dan Facebooker Mendukung Dahlan Iskan Jadi Presiden http://www.facebook.com/groups/dahlaniskangroup maju terus pak dahlan! Kami ingin negara ini dipimpin orang yg memang berniat memajukan negara ini, bukan hanya untuk kesejahteraan keluarganya, dan kronikroninya saja

      Posted by deden hapsari | 24 Januari 2012, 10:04 am
      • dewasa dong pak deden…. orang yang tepat di tempat yang tepat…
        ga selamanya orang baik seperti pak Dahlan ini cocok jadi presiden
        dia akan lebih cocok kalau berfokus pada perbaikan kinerja perusahaan2 plat merah indonesia yang seharusnya sumber pendapatan bagi negara.
        malah ga keliatan hasil kerjanya kalau dia ga bisa fokus pada satu tujuan tertentu.
        biarlah orang politik yang mengurusin urusan politik dan orang profesional yang berintegritas tinggi yang mengerjakan bidangnya masing2 tanpa perlu mengurusi keperluan politik dan ga diganggu keras oleh orang politik tertentu..

        Posted by Harmonis Barus | 18 Mei 2012, 5:21 pm
    • saya tidak setuju beliau jadi presiden. saya lebih setuju beliau di kementrian biar bisa langsung bersentuhan dengan objek yang akan diperbaiki. jika jadi presiden, saya khawatir dia tidak bisa sebebas sekarang membenahi persoalan bangsa ini dan jika jadi presiden saya khawatir para politikus busuk akan membunuh karakter beliau. terus bersemangatlah pak DI. kami akan terus belajar dari tulisan2 ini, motivasinya menumbuhkan ide2 fresh.

      Posted by m0ojojojo | 30 Januari 2012, 10:05 am
    • SABAR, SABAR, SABAR DAN JANGAN PERNAH LELAH BERJUANG UNTUK KEMASLAHATAN UMAT,
      ALLOH SWT INSYAALLOH MERIDOI

      Posted by H. Abdul Syukur | 28 Mei 2012, 11:41 am
    • Assalamualaikum wr.wb saya sangat bertimahkasih banyak kepada KI.RORO KIDUL atas bantuan AKI saya sekaran sudah bisa sukses dan apa yang saya impikan kini semuanya sudah bisa jadi kenyataan,ini rasanya cuma kaya mimpi karna dulunya berbagai macam pekerjaan yang saya lakukan tapi pendapatan saya tidak pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga saya..tidak seperti sekaran ini alhamdulillah saya sangat brsyukur melihat kehidupan kami jauh lebih baik dari sebelumnya,nomor “GHOIB” hasil ritual KI,RORO KIDUL meman selalu tepat & terbukti 100% tembus,bagi anda yang ingin seperti saya siahkan hubungi KI,RORO KIDUL di : 085-298-168-017.

      Posted by PAK.SULTAN PALEMBANG | 22 November 2012, 7:17 pm
    • KALAU ANDA MAU ANGKA HARI INI PREDIKSI TOGEL SGP/HKG ATAU 2D,3D,4D,HASIL RITUAL SILAHKAN HUBUNGI AKY PANDAWA ARYA DI NOMOR;0852 1697 7745 DI JAMIN TEMBUS AKURAT.

      KALAU ANDA MAU ANGKA HARI INI PREDIKSI TOGEL SGP/HKG ATAU 2D,3D,4D,HASIL RITUAL SILAHKAN HUBUNGI AKY PANDAWA ARYA DI NOMOR;0852 1697 7745 DI JAMIN TEMBUS AKURAT.

      KALAU ANDA MAU ANGKA HARI INI PREDIKSI TOGEL SGP/HKG ATAU 2D,3D,4D,HASIL RITUAL SILAHKAN HUBUNGI AKY PANDAWA ARYA DI NOMOR;0852 1697 7745 DI JAMIN TEMBUS AKURAT.

      KALAU ANDA MAU ANGKA HARI INI PREDIKSI TOGEL SGP/HKG ATAU 2D,3D,4D,HASIL RITUAL SILAHKAN HUBUNGI AKY PANDAWA ARYA DI NOMOR;0852 1697 7745 DI JAMIN TEMBUS AKURAT.

      KALAU ANDA MAU ANGKA HARI INI PREDIKSI TOGEL SGP/HKG ATAU 2D,3D,4D,HASIL RITUAL SILAHKAN HUBUNGI AKY PANDAWA ARYA DI NOMOR;0852 1697 7745 DI JAMIN TEMBUS AKURAT.

      Posted by INFO TOGEL | 22 Februari 2013, 10:18 am
    • JIKA ANDA SERING KALAH DALAM BERMAIN TOGEL,SILAHKAN HUBUNGI NYI SUGENG DI NOMOR 085 256 212 007 UNTUK PEROLEHAN ANGKA SGP/HKG 2D 3D ATAU 4D YANG AKURAT TEMBUS DAN TIDAK MENGECEWAKAN

      JIKA ANDA SERING KALAH DALAM BERMAIN TOGEL,SILAHKAN HUBUNGI NYI SUGENG DI NOMOR 085 256 212 007 UNTUK PEROLEHAN ANGKA SGP/HKG 2D 3D ATAU 4D YANG AKURAT TEMBUS DAN TIDAK MENGECEWAKAN

      JIKA ANDA SERING KALAH DALAM BERMAIN TOGEL,SILAHKAN HUBUNGI NYI SUGENG DI NOMOR 085 256 212 007 UNTUK PEROLEHAN ANGKA SGP/HKG 2D 3D ATAU 4D YANG AKURAT TEMBUS DAN TIDAK MENGECEWAKAN

      Posted by INFO TOGEL | 22 Februari 2013, 1:36 pm
    • ass…wr.wb sy pak sriheriyanto
      untuk angka jadi togel 2d 3d 4d
      ini no hp 082-313-336-747 ki soleh
      sy srin buktikan sdh 3x ptran mnang
      berkat bantuan ki soleh kmrin sy dpt 4d
      3015 di sinilah sy brksemptan kmpulkn
      uang 250jt untuk mlunasi htng2 sy yg
      di BANK slahkn anda bktikn sendiri
      tenks kpd yg punya room

      ass…wr.wb sy pak sriheriyanto
      untuk angka jadi togel 2d 3d 4d
      ini no hp 082-313-336-747 ki soleh
      sy srin buktikan sdh 3x ptran mnang
      berkat bantuan ki soleh kmrin sy dpt 4d
      3015 di sinilah sy brksemptan kmpulkn
      uang 250jt untuk mlunasi htng2 sy yg
      di BANK slahkn anda bktikn sendiri
      tenks kpd yg punya room

      Posted by sriheriyanto | 8 Desember 2013, 12:53 am
  2. Semoga Allah senantiasa memberikan petunjuk dan jalan…….Pak Is, tetap semangat dan tetap istiqomah dengan niat ikhlas membangun negara ini pak…..kami rakyat kecil ini sangat mengharapkan bapak ….

    Posted by Davis Busin | 24 Januari 2012, 8:24 am
    • namanya juga jurnalis… :D

      Posted by Isadewa | 25 Januari 2012, 7:59 pm
      • SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH YANG SEBESAR-BESARNYA KEPADA MBAH ROWO,NOMOR YANG MBAH KASI 3D[459]sio[11],TERNYATA BENAR2 TEMBUS 100%,SAYA TIDAK SIA-SIA MEMBAYAR MAHAR,AWALNYA SAYA KURANG YAKIN KALAU ANGKA YANG MBAH BERIKAN AKAN TEMBUS 100%,TERNYATA ALHAMDULILLAH SAYA MENANG ANGKA 3D DAN SIONYA, PERHIASAN YANG PERNAH KUGADAIKAN 1 BULAN YANG LALU GARA2 MAIN TOGEL SEKARANG SUDAH BISA KUTEBUS LAGI,BAGI ANDA YANG INGIN MERUBAH NASIB SEPERTI SAYA HBG MBAH ROWO KIDUL DINO:081350666097 ,ANGKA GHOIP YANG DI BERIKAN MBAH ROWO TIDAK PERLU DI RAGUKAN LAGI,SAYA JAMIN 100% TEMBUS SOALNYA SAYA SUDAH PERNAH MEMBUKTIKANYA 2X BERTURUT2 MENANG.

        Posted by PAK,ALIIRMAN SAMARINDA | 25 Januari 2012, 8:58 pm
    • Assalamualaikum wr.wb saya sangat bertimahkasih banyak kepada KI.RORO KIDUL atas bantuan AKI saya sekaran sudah bisa sukses dan apa yang saya impikan kini semuanya sudah bisa jadi kenyataan,ini rasanya cuma kaya mimpi karna dulunya berbagai macam pekerjaan yang saya lakukan tapi pendapatan saya tidak pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga saya..tidak seperti sekaran ini alhamdulillah saya sangat brsyukur melihat kehidupan kami jauh lebih baik dari sebelumnya,nomor “GHOIB” hasil ritual KI,RORO KIDUL meman selalu tepat & terbukti 100% tembus,bagi anda yang ingin seperti saya siahkan hubungi KI,RORO KIDUL di : 085-298-168-017.

      Posted by PAK.SULTAN PALEMBANG | 22 November 2012, 7:19 pm
  3. selalu menemukan kalimat pas untuk menutup tulisan. hahaha..
    maju terus bos, kami selalu mendoakan.

    Posted by yudex | 24 Januari 2012, 8:26 am
  4. semoga segera mendapat orang yang tepat pak!

    Posted by Pandu Aji Wirawan | 24 Januari 2012, 8:26 am
  5. Saya tahu beberapa orang telkom seperti yang dimaksud untuk bisa memberikan masukan yang tepat untuk direksi. Tentunya tidak lewat komunikasi umum ini. kemana saya bisa bantu memberi info ini?

    Posted by Gani | 24 Januari 2012, 8:28 am
  6. Mantaf pak dahlan…maju terus…
    Mari bergabung dengan gerakan rakyat dan facebooker mendukung dahlan iskan jadi presiden..http://www.facebook.com/groups/dahlaniskangroup

    Posted by deden hapsari | 24 Januari 2012, 8:32 am
  7. Simple and straight to the point just like usual.
    Semoga selalu seperti itu y pak.

    Posted by lutvi | 24 Januari 2012, 8:33 am
  8. Tetep istiqomah yo pak, semoga Allah selalu membimbing bapak serta meridhoi segala usaha bapak untuk memajukan BUMN, btw udah ditagih belum tuh “Fee” dari si Nazarudin, lumayan pak bisa buat bantu bangun jembatan di lebak banten!

    Posted by Nanang Slamet | 24 Januari 2012, 8:33 am
  9. semakin kelihatan tajinya, semoga bisa bersabar menahan terpaan badai politik negeri ini
    semoga sehat selalu dan diberkahi hidupnya
    salam utk semua pemerhati…..

    Posted by MChoir | 24 Januari 2012, 8:41 am
  10. Mantap tulisannya, Pak. Saya sampai membacanya berulang-ulang.

    Kriteria ‘integritas dan antusias’ yang bapak gunakan, sungguh melekat dalam pikiran saya, dan akan saya gunakan dalam pemilu mendatang:

    Saat pemilu nanti, saya akan milih :
    1. Capres yang berintegritas.
    2. Parpol yang berintegritas.
    3. Wakil rakyat yang berintegritas.

    Indonesia akan jadi lebih baik.

    Terima kasih dan selamat bekerja, Pak Dahlan.
    Tuhan memberkati anda.

    Posted by Indra | 24 Januari 2012, 8:42 am
    • parpol? dan wakil rakyat? anda berharap besok akan sama seperti sekarang? think again mr..

      Posted by angka | 25 Januari 2012, 10:39 am
      • Terima kasih kepada Bp Dahlan Iskan, untuk mencari direksi di BUMN ini, memang yang Bp. maksud itu, sebenarnya masih ada yang lain , hanya saja kesempatan beliau belum ada, beliau bekerja apa adanya, sederhana, loyalitas tinggi,keagamaanya sangat kental, beliau adalah salah satu kabag tehnik di bumn ptpn (Ir.A.F). keinginan beliau sangat jelas untuk memajukan perusahaan, semoga yang dimaksud cocok untuk kemakmuran bangsa. dari rakyat kecil.

        Posted by rizalamri | 27 Januari 2012, 9:16 am
    • nggak ada parpol yang berintegritas^^

      Posted by agustinus | 25 Januari 2012, 10:56 pm
      • SETUJU……seandainya pun Bung Dis mau dicalonkan menjadi RI 1, saya sih berharap agar Bung Dis mau maju sebagai calon independent. Klo pun peraturan sekarang BELUM membolehkan calon independent, qta bisa rame2 minta judicial review ke MK, takutnya klo Bung Dis maju dengan menggunakan kendaraan parpol, yang qta smua tau bahwa smua parpol ga ada yg bersih, nanti pasti Bung Dis dimintai imbalan dari dukungan pihak2 yang merasa “bejasa” tersebut.

        Posted by Jend. Naga Bonar | 26 Januari 2012, 1:29 pm
      • Betul!!!! Yang ada Bajingan Parpol. Omongannya saja memuakkan dan memualkan. Doa baik saya, mudah2an Allah memelihara manusia2 spt Pak DIS , Pak Mahfud MD, Anis Baswedan, Dll. Doa buruk saya, mudah2an orang2 DPR yang sok pinter jual jamu, kayak monyet2 kebakaran ekor, kembalilah ke habitat semula. Jangan cuma atas nama demokrasi, kalian berceloteh doang, ujung2 nya rebutan cari “fee” kayak Al-Ustadz ALI MUDHORI..

        Posted by Suhadi Imam | 26 Maret 2012, 4:56 pm
  11. Happy ending tuh Pak note-nya. Tetep istiqomah ya Pak Dis… Hiburan macam nazaruddin udah pasti ada kok. Bs dr mana2 n dr siapa aja coz gk semua org bs suka ma Pak Dis kan… Pasti banyak jg yg sirik berat ma Bpk. Tetep semangat Pak. Allah sll menyertai setiap langkah Bpk…

    Posted by Didi | 24 Januari 2012, 8:44 am
  12. minta saran Nazarudin Pak, kayaknya dia sudah ga punya pamrih lagi ke BUMN, kapok dah dia……

    Posted by dahlan fans | 24 Januari 2012, 8:44 am
  13. Banyak tahajud pak, biar bisa menemukan orang yg pas untuk posisi yg akan diganti.
    Senang membaca diakhir tulisan, ditengah” stressing memilih direksi, ternyata ada hiburan dari si Udin. Udin… Udin…. kamu boleh deh pindah jadi pelawak.

    Posted by Areks | 24 Januari 2012, 8:51 am
  14. amien bos Dis, insya allah masih ada koq orang indonesia tulen yang cinta negri ini tanpa pamrih….

    Posted by doelatief | 24 Januari 2012, 8:52 am
  15. Ternyata pak Dis akhirnya mengangkat topik ini untuk disharing minggu ini.. Walaupun saya sudah baca juga di Viva News tadi malam. Saya ikut prihatin dengan apa yg dialami oleh Pak Dis sebagai Menteri BUMN menghadapi perilaku insan-insan BUMN khususnya dalam masa peralihan pimpinannya. Saya pun merasakan & melihat langsung di BUMN tempat saya bekerja, juga pernah saya sampaikan dalam salah satu komen saya atas tulisan bapak sebelumnya. Sebagai salah satu insan BUMN saya tidak perlu komen lagi, saya yakin pak Dis tahu yang terbaik dan harapan saya agar Pak Dis selalu sehat dan senantiasa dalam bimbingan dan lindungan Allah SWT. Tentu juga berdoa semoga terpilih pimpinan yang jujur, memiliki integritas tinggi dan berani untuk memimpin BUMN dan memajukan perekonomian negara kita.

    Posted by Aris Kadarisman | 24 Januari 2012, 8:53 am
    • saya samina watokna dengan Om Aris Kadarisman saja……, sebagai makmum yang baik….sementara ini bisanya baru taraf amar ma’ruf, belum nahi munkar…..

      Posted by Hamba Allah yg lemah..... | 24 Januari 2012, 9:55 am
  16. lanjut bos…..

    Posted by ibagro.blogspot.com | 24 Januari 2012, 8:57 am
  17. Kayaknya saat ini jalan mulai menanjak, pak. Menanjak oleh beratnya para pejabat brengsek pencari jabatan doang. Hati-hati juga, sudah jalan menanjak, ada tikungan pula. Tapi, bagi seorang supir yang handal, segala macam tanjakan dan tikungan bakalan LEWAT!

    Maju terus BUMN!

    Posted by Busana Muslim Bali | 24 Januari 2012, 9:00 am
  18. Kwakkkk kakkkk kaaaaaakkkk…..
    Luar biasa bapak kita yang satu ini. Dari awal tulisan beliau di MH (manufacturing Hope) ke 10 ini, saya begitu serius membacanya. Belajar bagaimana beliau memilih sosok nomer 1 di BUMN yg corebisnisnya sama sekali baru buat beliau. Bagaimana beliau tutup mata dan telinga dari kebisingan itu. sampe-sampe kayaknya terbebani banget gitu ya,,, dan saya raakan beban berat di pundaj beliau. Namun beban itu seakan jadi ringan oleh “hiburan” Nazaruddin…. Kwaakkkk kakkkk kakkkkkkkkkkkkkk. bisa dibayangkan tiba tiba tawa saya meledak ledak memecah keheningan suasana kantor, mengundang tanya teman sekantor…..saya jawab ” baca tuh tulisan pa Dahlan..”.

    And bravo pak DIS…. teruslah bekerjam bekerja dan bekerja. Kami akan terus senantiasa berdoa untuk bapak sekelurga akan kesehatan, kebersihan hati, ketenangan (jauh dari bisin@ tadi), kesejahteraan, dan tentu curahan kasih sayang dan keberkahan dari Tuhan YME.

    Keep fighting pak DIS, Insyaallah sukses dan berhasil……………..Amien…

    Posted by agusbudi | 24 Januari 2012, 9:09 am
    • wkwkwkwk memang Bos DI ini bisanya nyerempet Nazar segala,oalah Pak……..biar aja orang2 seperti Nazar ini berkicau sampe berbusapun tentang DI sampai matahari terbit dari barat seluruh Indonesia ya gak ada yg percados!!!!!!Setuju?

      Posted by M. INVESTO KARYOTO | 2 Februari 2012, 12:20 am
      • Salah bos…justru terlalu banyak masyarakat kita yang gampang dikibulin (apalagi kalo dah dikipas duit)..makanya wakil rakyatnya hampir ngga ada yang amanah (penipu semua) karena ya rakyatnya yang milih mereka…kita butuh orang yang mempunyai integritas super untuk mendidik rakyat kita bahwa MORAL ,KEJUJURAN DAN ETIKA itu penting supaya negara ini tidak runtuh dan rakyatnya tidak saling bunuh2an…

        Posted by Ardian | 23 Februari 2012, 4:55 pm
  19. Saya dukung apa yang dilakukan Dahlan iskan. Semoga apa yang diniatkan beliau untuk mencari calon-calon pimpinan BUMN yang berintegritas dan antusias terwujud. Aamiin.

    Posted by Kang Jo | 24 Januari 2012, 9:10 am
  20. two thumbnails;)

    Posted by nofanridzkynf | 24 Januari 2012, 9:25 am
  21. semoga sukses pak dalam memilih beberapa direksi barunya..

    saya suka logika ” memilih orang yang beintegritas maka dia pun akan memilih yang berintegritas pula..”

    #indonesialebihbaik

    Posted by adiekeputran | 24 Januari 2012, 9:33 am
    • Ada yang namanya resonansi (gema) dan daya tarik menarik, mereka yang berintegritas akan menggemakan integritasnya untuk kemudian memantul dari pribadi2 yang berintegritas selanjutnya orang orang berintegritas akan menarik dan mengelompok ke orang orang berintegritas pula secara alami dan manusiawi sesuai kehendak-Nya.

      Posted by Bhrenusantara | 25 Januari 2012, 9:40 am
  22. Saya kurang setuju dg pak dahlan perihal direktur kai ignasius johan. Saya penumpang comuter line tiap hari ke kantor. Sekarang lo naik comuter line dah nggak nyaman penuh sesak , buat gerakin kaki aja susah, ac panas, jadwal ngawwur (giliran jam sibuk kereta nggak ada). mohon buktikan dulu dwngan ngatur comuter line dg baik nyaman, baru integritasnya tinggi.

    Posted by gepe | 24 Januari 2012, 9:41 am
    • perlu proses pak GEPE, gak mungkin sim salabim kecuali yg jadi dirut PT.KAI malaikat. kayak pak DI waktu jadi dirut PLN msh ninggalin masalah pe skrg,tapi kemajuan yg diraih jauh lebih banyak

      Posted by Lukman | 24 Januari 2012, 12:45 pm
    • Kinerja Ignasius Jonan sudah diakui di mana – mana, salah satunya coba baca ulasan di majalah Swa berikut:

      http://news.surabaia.com/2011/02/membenahi-si-ular-besi/

      Integritas Jonan juga begitu. Semua orang dalam PT KAI mengakui beliau tegas memberantas Korupsi tanpa pandung bulu. Yang kena sudah bukan satu dua lagi, PT KAI sudah makin bersih sekarang.

      Tapi, seperti komentar yang lain, ini soal memperbaiki perusahaan yang tadinya sakit agar jadi sehat, dengan karyawan lebih dari 26 ribu orang yang kebanyakan sudah tua.

      Jadi mesti bersabar dan tetap antusias ya Pak.

      Posted by Syafrudin | 9 Februari 2012, 8:48 pm
  23. Semoga semakin banyak BUMN – BUMN yang tangguh di negeri ini dibawah komando Pak Dis. Mudah2n Allah Swt selalu melimpahkan rahmat dan barokah bagi Pak Dis beserta keluarga. Tetep semangat dan jaga kesehatan ya Pak………

    Posted by Hadi S | 24 Januari 2012, 9:52 am
  24. istiqomah terus dalam kebaikan amal dan perkokoh niat awal “khoirunnas anfaulinnas” pak dahlan . goodluck for pejuang negeriku……..

    Posted by Ahmad Mushollin | 24 Januari 2012, 9:57 am
  25. Mantap, memang sulit dipikirkan antara kepentingan dengan yg dipentingkan.
    dan mencari orang untuk tujuan tsb, perlu analisa dan kajian lebih dalam sebab manusia semuanya punya kekurangan, namun kekurangan itu dpt membuat dirinya untuk menjadi berubah dan maju.
    serta kadangkala kita-kita ini tidak melihat loyalitas dan harapan kedepan, cuma dominan pada keuntungan saja, padahal banyak yg dirugikan nantinya.
    semoga bpk mendapatkan pilihan yg bagus dan kita diberi manfaat dari usaha atau hasil kerjanya.
    bagi yg tidak terpilih, mari rendahkan hati untuk selalu menerima hasil yg telah disepakati, dan selalu melihat kembali kekurangan kita, semoga hal ini menjadi motivasi untuk berubah menjadi lebih baik.
    hati-hati pa’ jangan sampai ada yg memanfaatkan keadaan ini untuk kepentingan pribadi atau politik semata,
    selamat bekerja , Allah meridhohi anda, amin

    Posted by A. Karim Alwie | 24 Januari 2012, 10:02 am
  26. Alhamdulillah, Pak DIS punya cita-cita yang mulia bagi pembangunan negeri ini. Mudah-2an direksi yang terpilih nanti memang yang terbaik, khususnya untuk perkembangan BUMN masing-masing. Sulit mengecek akhlaq seseorang, tapi pasti ada dan bisa ditemukan……

    Tetap semangat…..

    Posted by Wawan Iskandar | 24 Januari 2012, 10:17 am
  27. Subhanalloh… Luar biasa rencana ALLOH, menempatkan bapak di kementrian ini. Salut pak, semoga BUMN lebih baik, semoga keberadaan bapak di BUMN akan membawa perubahan besar…sebelum perubahan yang lebih besar lagi..yaitu NEGARA INI.

    Posted by dwi | 24 Januari 2012, 10:18 am
  28. kelihatan bedanya antara anak TK dan master.

    anak TK bilangnya Fit n Proper test.
    ….Padahal bener kata Pak DIs, untuk dicalonkan saja seseorang itu sudah harus layak dan patut.

    Buang2 duit dan buang2 waktu saja anak TK itu!

    Posted by Ian | 24 Januari 2012, 10:26 am
  29. pak, jangan lupa dipikirkan dari sisi keamanan bpk juga
    saya yakin Allah tlah mengatur semuanya tapi sebelumnya tetep harus diupayakan
    maaf, bukannya menggurui …. ingin mengingatkan saja
    hidup mulia atau mati masuk surga

    Posted by yudi | 24 Januari 2012, 10:32 am
  30. Saya yakin Pak Dis mampu dan diberi petunjuk oleh Allah SWT, karena kesungguhan dan Keiklasan Beliau. Saya yang juga pernah merasakan “UDARA BUMN”, apa yang disampaikan adalah kenyataan yang sudah berlangsung bertahun-tahun. Kok Direksi .. setelah direksinya ganti bawahnya juga ikut be Resonansi. Dan suatu pelajaran berharga bagi insan BUMN dan INDONESIA mendapatkan pencerahan yang nyata dari tulisan-tulisan beliau yang sangat-sangat mengagumkan. Sangat berbeda dengan “Siaran TV Swasta Nasional” hanya menyiarkan tetapi tidak melakukan tindakkan perbaikan.

    Posted by sulistyarso | 24 Januari 2012, 10:37 am
  31. Teruskan…….

    Posted by parwadi ndut | 24 Januari 2012, 10:49 am
  32. hahahhaa..mantab pak nazaruddin aja dijadikan hiburan wekand..:D

    berharpa BUMN jadi ujung tombak pembangunan bangsa ini..kali2 turun ke desa2 pak, jalan, sarana prasana dah pada hancur..

    mudah2an kedepan lebih baik

    terima kasih pak untuk usahanya buat indonesia

    Posted by rani_tea | 24 Januari 2012, 10:52 am
  33. maju terus pak Dahlan. iluvu dahhh

    Posted by maria | 24 Januari 2012, 10:55 am
  34. semoga allah memberi bpk sehat dan umur panjang,,,,,dan semoga ramalan satrio paningit akan datang dari selatan(magetan)untuk selamatkan indonesia….benar adanya…..dan sekarang sdh mulai terlihat…….
    indonesia sangat butuh2 orang2 seperti bpak….intergitas…antusias maju trus bapak DAHLAN ISKAN……

    Posted by david sunarko | 24 Januari 2012, 11:12 am
  35. mantab pak is, gaya bahasa yang apa adanya. setiap di awal tulisan dan di akhir tulisan pasti menjadi senjata ampuh pak Is utk membuat kejutan2 yang tidak disangka2 pembacanya… jika terus seperti ini, Insyaallah “Semesta Mendukung” Pak Is untuk memimpin negeri ini…AMIENNNN…

    Posted by aihq | 24 Januari 2012, 11:13 am
  36. Saya termasuk karyawan BUMN Perkebunan yang lagi harap-harap cemas akan pergantian Direksi BUMN Perkebunan di tempat saya kerja… semoga direksi yang dipilih pak DIS adalah orang yang tepat yang punya integritas dan dedikasi yang tinggi terhadap perusahaan…Jadi direksi BUMN bekal Pintar aja saya rasa tidak cukup…. yang paling penting memiliki MORAL dan JUJUR….Kita slalu mendoakanmu Pak DIS…

    Posted by Wan | 24 Januari 2012, 11:14 am
  37. buset dah, si nazar bisa jadi hiburan. wakwakawka….
    Manteb banget pak Dahlan, teruskan usaha dan pengabdian bpk.
    Jadi makin addicted ngikutin Manufacturing Hope nih, dah semacam nungguin film serial yg tayang tiap minggunya.
    *kira2 minggu dpn closingnya gmn ya.. :D

    Posted by Yanuar | 24 Januari 2012, 11:14 am
  38. saya jg sesekali terhibur dgn orang2 spt nazarudin om…kapan ya nazar bs maen di ovj???
    tp hati2 om dahlan!! skg anda boleh terhibur dgn orang2 spt nazar,,,tp bs jadi kelak anda akan dijegal oleh orang2 spt nazar,,,,waspadalah!di indonesia, orang2 baik spt anda musuhnya banyak

    Posted by manikarum | 24 Januari 2012, 11:16 am
  39. Gak ada ruginya bangsa ini memiliki orang2 berintegritas,berimtak,beriptek tapi,bangsa ini sering menyingkirkannya ke luarnegeri krn dianggap apolitis,lo klo gitu apa gunanya politik klo terus2an memboroskan APBN Yg hrusnya digunakan utk kesejahteraan rakyat

    Posted by Jafar sodiq | 24 Januari 2012, 11:19 am
  40. ikut dukung pak,, bumn yg banyak komplain dari pelanggannya di koran dan internet dah pasti bermasalah tuh pak. mending kalo sekal-kali, lha ini dah bertaun2..

    Posted by majuu teruss | 24 Januari 2012, 11:32 am
  41. integritas dan antusias ………. lucu saya bacanya pak …. sementara integritas itu sendiri dicerai-beraikan pada masa-masa kemarin …………. saya ragu kalau masih ada orang-orang di bumn ynd pada posisi senior leader yang masih memiliki itu, atau saya ragu kalau bapak menyebutkan masih bisa menemukan ………
    bapak terpaksa ambil dari level dibawahnya atau bila perlu ambil cukup dalam kebawah untuk menemukan mutiara integritas dan antusias itu ………
    berburu memang harus berombongan, sangat berbahaya bila berburu sendirian, apalagi berburu binatang buas ………….. heheheheheheheee

    Posted by anggiat situmorang | 24 Januari 2012, 11:54 am
    • bukan berburu binatang buas om, tapi lebih tepatnya berburu di hutan yang penuh binatang buas… ;-b

      Posted by Jend. Naga Bonar | 24 Januari 2012, 3:39 pm
      • di indonesia hanya ada dua pejabat yang bersahaja, rndah hati, low frofil yaitu pak dahlan iskan menteri bumn dan wali kota solo joko widodo, andai pejabat seperti kedua orang ini saya yakin indonesia akan lebih beradab

        Posted by simalakama | 5 Februari 2012, 3:16 pm
  42. Commented by : Lintong Simaremare | BestSeller Author Bread for Friends | Twitter : @LintongQUOTES

    Kembali kita temukan banyak hal menarik yang dapat kita tarik dari tulisan (curhat) pak Dahlan kali ini, saya tertarik memberikan perspekstif saya untuk beberapa point. Mudah-mudahan memperkaya kita semua.

    1.Bising
    Kebisingan dalam sebuah proses suksesi adalah hal yang lumrah dan naturally akan terjadi dimana-mana. Tidak hanya dalam proses pencarian butir terbaik diantara hamparan pasir namun dalam upaya menemukan sosok yang layak memimpin komunitas nirlaba semacam kegiatan sosialpun akan kita alami pula. Kebisingan bukanlah sebuah masalah yang berarti, namun sebuah tahapan waktu dengan terungkapnya segala fenomena yang kita butuhkan untuk langkah selanjutnya.
    Alangkah indahnya jika kebisingan yang terjadi digerakkan oleh banyak hati yang tergerak untuk berdharma, berlomba memberikan kontribusi nyata dan menjanjikan yang terbaik dari dirinya. Sebut saja semacam gerakan keberanian para volunteer yang memiliki antusiame tinggi membangun tatanan yang lebik baik dalam skop tertentu.
    Semoga kebisingan, saya sebut nyanyian yang terjadi saat ini mengelilingi bapak tidak menjadikan kebisingan dalam diri bapak sendiri, sehingga pure consciousness akan tetap terjaga dan dengan harmoni pikiran dan hati bisa merasakan nyanyian itu terserap ke intuisi yang paling dalam sehingga tercipta keputusan yang lebih layak dalam keterbatan bapak sebagai manusia biasa.

    2.Menjauhkan diri dari bisikan pihak manapun.
    Ada dua cara menemukan kesunyian. Pertama dengan menjauh dari keramaian dan kedua dengan menciptakan kesunyian dalam diri di tengah keramaian. Kedua cara baik itu bisa menghasilkan kemurnian dengan dibutuhkannya kesadaran akan pengaruh proses osmosis yang terjadi di tengah situasi dimana kita berada.
    Kesadaran murni hanya tercipta dalam alam tanpa tendensi, namun semata-mata segala pergolakan batin, segala pikiran terbaik kita arahkan untuk penataan pelayanan kepada dunia dan mahluk dengan didadari oleh hati yang kita arahkan kepada sang maha Pencipta. Kata lainnya saya sebut, “We are connected with God with our heart and connected to man with our hand”.
    Semoga bapak mendapat penyertaan Tuhan danlam melalui tahapan menemukan fase kemurnian ini.

    3.Orang yang integritasnya baik biasanya juga akan memilih orang yang integritasnya baik.
    Integritas adalah istilah yang muncul sejak kita mengenal ilmu kepemimpinan. Intergritas menyangkut kesesuaian antara pikiran dan tindakan. Karena tidak mudah menjabarkannya, maka ada joke yang menarik tentang integritas ini, “Di level pelaksanaan, banyak pemimpin : Lain yang dibicarakan, lain yang dilakukan.”
    Untuk menambah pemahaman bapak yang sangat kaya, menurut saya, bahasa sederhana dari integritas kepemimpinan adalah derajat kesatuan antara rasio, perasaan dan perbuatan. Penyatuan ketiga unsur itu hendaklah didasari motivasi mulia dan diselimuti dengan keyakinan penuh dalam menjalankannya.
    Semoga bapak semakin memiliki integritas yang semakin tinggi dan diberikan kesempatan dengan mudah menemukan orang-orang yang mempunyai integritas tinggi di negara kita ini, disamping kompetensi mumpuni yang mereka miliki.

    4.Tahan godaan: uang maupun politik.
    Empat hal yang memiliki pengaruh kuat dalam merobohkan manusia-manusia yang rumah hatinya di bangun di atas pasir adalah : Kata (pengakuan), Tahta, Harta, Wanita (bagi pria) dan Pria (bagi wanita). Penekanan pak Dahlan ke uang dan politik ada dalam lingkup keempat hal yang saya sebutkan.
    Saya menyaksikan banyak bukti yang tidak mengejar keempat hal di atas namun justru mendapatkannya lebih dari yang dia harapkan. Bukti itu bertabur di dunia bisnis di hampir seluruh belahan bumi ini. Banyak orang yang menjadi kaya raya dengan memberikan pelayanan sepenuh hati kepada manusia lain bahkan tidak memiliki waktu lagi menghitung kekayaannya yang otomatis bertambah dan bertamabah. Keempat hal di atas bukanlah tujuannya dan bukan pula unsur yang mempengaruhi dharma bhaktinya.
    Memang sudah saatnya kita berpikir ulang tentang apa sebenarnya yang menjadi tujuan hidup kita dalam berdharma (berkarya) sebagai mahluk Tuhan yang diminta untuk memberikan arti bagi kehidupan.
    Semoga bapak semakin memiliki kekuatan bertahan dari godaan itu dan menemukan banyak orang yang memiliki esensi hidup yang sebenarnya. Mereka adalah kumpulan orang-orang yang memiliki kemampuan membebaskan jiwanya. Saya percaya bahwa masih banyak orang yang mampu membebaskan jiwanya yang agung untuk melayani dunia kehidupannya. Masih banyak orang yang jiwanya yang agung sering terselubung dan tersembunyi, ibarat gitar klasik yang tidak lagi dipetik senarnya. Ketika bapak menemukannya, jiwanya akan berkarya, matamu akan berkaca-kaca, mimik dan senyum di bibirmu akan menjadi kata-kata. Ketika jiwanya bernyanyi, nyanyiannya akan terdengar merdu oleh musisi tersohor bahkan oleh orang yang tidak mengerti nada. Ketika ia berjalan, orang butapun akan mengikuti langkahnya.

    5.Antusias.
    Memperkaya pemahaman bapak yang sudah kaya, antusias berasal dari bahasa yunani : Entheos [en Theos] atau dalam bahasa Inggris Anthusiasm / Theos inside = God inside. Memasukkan unsur antusiasme dalam kepemimpinan adalah sebuah keharusan. Hanya orang-orang yang antusias, yang hati dan semangatnya digerakkan oleh Tuhan-lah yang mampu mengobarkan semangat perubahan menuju kebenaran dan perbaikan.
    Hanya orang anthusias yang mampu membenamkan diri dalam pekerjaannya tanpa pamrih dari dunia dan menciptakan masterpiece dari anggapan kemustahilan sebelumnya.

    6.Misi memperbanyak orang dengan integritas tinggi di BUMN adalah keniscayaan. Sangat berbahaya kalau BUMN jatuh ke tangan orang yang integritasnya diragukan.
    Kembali lagi ke persyaratan Integritas yang pak Dahlan tekankan berulang-ulang, menjadi menarik utnuk memberikan warna terhadap syarat uyang satu ini. Secara umum Integritas adalah konsep konsistensi tindakan, nilai-nilai, metode, langkah-langkah, prinsip, harapan, dan hasil. Khusus dalam hal etika, integritas dianggap sebagai kejujuran dan kebenaran atau akurasi dari tindakan seseorang dibandingkan prinsip yang disepakati yang harus dijalankannya.
    Integritas (Integer) adalah keutuhan, lengkap antara kejujuran dan konsistensi karakter. Nah sebagai langkah awal akan sangat dibutuhkan beberapa derivatif karakter yang diinginkan untuk memimpin BUMN di negara kita ini agar semua volunteer tidak meletakkan integritas pada standar yang berbeda. Semoga bapak sebagai leader mampu meletakkan acuan mendasar tentang Integritas yang kita inginkan menjadi acuan bersama dalam membangun setiap BUMN negara kita tercinta.

    Terakhir sebagai masukan saya untuk bapak pertimbangkan, Selain Kompetensi, Antusiame dan Integritas, mohon ditambahkan beberapa unsur lain seperti Kecermatan, untuk menghindari pemimpin yang menelan bulat-bulan fenomena di permukaan dalam mengambil keputusan. Amanah, yang menuntut konsekuensi pertanggungjawaban hasil tanpa menyalah gunakan kekuasaan dan terakhir Kemampuan komunikasi. Alangkah baik dan indahnya jika segenap pemimpin mampu mengkomunikasikan rencana, proses dan hasil yang mereka peroleh seperti yang selama ini bapak lakukan. Melalui komunikasi yang baik pula terjadi penjaringan ide-ide pengayaan yang instan dibanding komunikasi birokratis yang lambat. Kemampuan komunikasi efektif menjadi sangat penting di tengah kemudahan lalu lintas informasi saat ini.

    Semoga tanggapan kami dapat memperkaya curhat bapak. Mohon maaf jika ada pemahaman yang kurang tepat dan akan sangat berbahagia rasanya jika kami diajarkan untuk hal yang lebih baik.
    Selamat berdharma bhakti pak Dahlan ! Sukses BUMN Indonesia

    *Lintong Simaremare | BestSelling Author : Bread for Friends & Pieces of keys at work |
    Twitter : @LintongQuotes | FB: http://www.facebook.com/breadforfriends | Blog : http://www.bread4friends.wordpress.com

    Posted by bread4friends | 24 Januari 2012, 12:29 pm
  43. maju terus pak benahi tuh BUMN yang jadi sapi perahan partai politik, setuju sekali dengan komentarnya pak aris kadarisman

    Posted by karisa nabila | 24 Januari 2012, 1:12 pm
  44. Hehehe.. memang gak habis pikir gaya pak DIS ini.. pasti banyak yang berharap beliau ini akan mengeluarkan statement yang panjang lebar tentang tuduhan Nazaruddin.. dan tulisan beliau kali ini yang panjang lebar.. sama sekali tidak menyinggung itu, tapi diujungnya ada. Menegaskan.. sangaaat menegaskan.. respon beliau ttg tuduhan tersebut. SEKEDAR HIBURAN SEMATA ! wakakakaaka….

    Posted by kaskusdotus | 24 Januari 2012, 1:29 pm
    • Kelihatannya Beliau tidak mau energi-nya habis hanya untuk menanggapi ocehan Nazar, toh dulu pernah di singgung hanya ketemu sekali.

      “Yakni ketika terjadi pembunuhan yang latar belakangnya hanya ingin jadi direktur utama anak perusahaan BUMN. Bayangkan. Baru rebutan jadi direktur anak perusahaan saja sudah sampai terjadi pembunuhan. Sampai melibatkan pejabat negara yang begitu tingginya” <– apa ini kasus yg menyeret petinggi KPK masa lalu

      Semoga beliau selalu mendapat perlindungan Alloh

      Posted by santosahw | 24 Januari 2012, 2:30 pm
  45. Aku kecele..kirain catatan minggu ini ngomong banyak tentang tuduhan si Udin..nggak tahunya cuma satu kalimat sebagai penutup..”Untungnya, sesekali ada hiburan dari orang seperti Nazaruddin.” Benar-2 luar biasa bapakku ini.

    Posted by rachmad | 24 Januari 2012, 1:49 pm
  46. Mari Dukung Pasangan Capres & Wapres : DAHLAN ISKAN & JOKOWI …
    Insya Allah amanah …

    Posted by Dodol | 24 Januari 2012, 1:58 pm
  47. Kita kembali menemukan banyak hal menarik yang dapat kita tarik dari tulisan
    (curhat) pak Dahlan kali ini, saya tertarik memberikan perspekstif saya
    untuk beberapa point. Mudah-mudahan memperkaya kita semua.

    1.Bising
    Kebisingan dalam sebuah proses suksesi adalah hal yang lumrah dan naturally
    akan terjadi dimana-mana. Tidak hanya dalam proses pencarian butir terbaik
    diantara hamparan pasir namun dalam upaya menemukan sosok yang layak
    memimpin komunitas nirlaba semacam kegiatan sosialpun akan kita alami pula.
    Kebisingan bukanlah sebuah masalah yang berarti, namun sebuah tahapan waktu
    dengan terungkapnya segala fenomena yang kita butuhkan untuk langkah
    selanjutnya.
    Alangkah indahnya jika kebisingan yang terjadi digerakkan oleh banyak hati
    yang tergerak untuk berdharma, berlomba memberikan kontribusi nyata dan
    menjanjikan yang terbaik dari dirinya. Sebut saja semacam gerakan keberanian
    para volunteer yang memiliki antusiame tinggi membangun tatanan yang lebik
    baik dalam skop tertentu.
    Semoga kebisingan, saya sebut nyanyian yang terjadi saat ini mengelilingi
    bapak tidak menjadikan kebisingan dalam diri bapak sendiri, sehingga pure
    consciousness akan tetap terjaga dan dengan harmoni pikiran dan hati bisa
    merasakan nyanyian itu terserap ke intuisi yang paling dalam sehingga
    tercipta keputusan yang lebih layak dalam keterbatan bapak sebagai manusia
    biasa.

    2.Menjauhkan diri dari bisikan pihak manapun.
    Ada dua cara menemukan kesunyian. Pertama dengan menjauh dari keramaian dan
    kedua dengan menciptakan kesunyian dalam diri di tengah keramaian. Kedua
    cara baik itu bisa menghasilkan kemurnian dengan dibutuhkannya kesadaran
    akan pengaruh proses osmosis yang terjadi di tengah situasi dimana kita
    berada.
    Kesadaran murni hanya tercipta dalam alam tanpa tendensi, namun semata-mata
    segala pergolakan batin, segala pikiran terbaik kita arahkan untuk penataan
    pelayanan kepada dunia dan mahluk dengan didadari oleh hati yang kita
    arahkan kepada sang maha Pencipta. Kata lainnya saya sebut, “We are
    connected with God with our heart and connected to man with our hand”.
    Semoga bapak mendapat penyertaan Tuhan danlam melalui tahapan menemukan fase
    kemurnian ini.

    3.Orang yang integritasnya baik biasanya juga akan memilih orang yang
    integritasnya baik.
    Integritas adalah istilah yang muncul sejak kita mengenal ilmu kepemimpinan.
    Intergritas menyangkut kesesuaian antara pikiran dan tindakan. Karena tidak
    mudah menjabarkannya, maka ada joke yang menarik tentang integritas ini, “Di
    level pelaksanaan, banyak pemimpin : Lain yang dibicarakan, lain yang
    dilakukan.”
    Untuk menambah pemahaman bapak yang sangat kaya, menurut saya, bahasa
    sederhana dari integritas kepemimpinan adalah derajat kesatuan antara rasio,
    perasaan dan perbuatan. Penyatuan ketiga unsur itu hendaklah didasari
    motivasi mulia dan diselimuti dengan keyakinan penuh dalam menjalankannya.
    Semoga bapak semakin memiliki integritas yang semakin tinggi dan diberikan
    kesempatan dengan mudah menemukan orang-orang yang mempunyai integritas
    tinggi di negara kita ini, disamping kompetensi mumpuni yang mereka miliki.

    4.Tahan godaan: uang maupun politik.
    Empat hal yang memiliki pengaruh kuat dalam merobohkan manusia-manusia yang
    rumah hatinya di bangun di atas pasir adalah : Kata (pengakuan), Tahta,
    Harta, Wanita (bagi pria) dan Pria (bagi wanita). Penekanan pak Dahlan ke
    uang dan politik ada dalam lingkup keempat hal yang saya sebutkan.
    Saya menyaksikan banyak bukti yang tidak mengejar keempat hal di atas namun
    justru mendapatkannya lebih dari yang dia harapkan. Bukti itu bertabur di
    dunia bisnis di hampir seluruh belahan bumi ini. Banyak orang yang menjadi
    kaya raya dengan memberikan pelayanan sepenuh hati kepada manusia lain
    bahkan tidak memiliki waktu lagi menghitung kekayaannya yang otomatis
    bertambah dan bertamabah. Keempat hal di atas bukanlah tujuannya dan bukan
    pula unsur yang mempengaruhi dharma bhaktinya.
    Memang sudah saatnya kita berpikir ulang tentang apa sebenarnya yang menjadi
    tujuan hidup kita dalam berdharma (berkarya) sebagai mahluk Tuhan yang
    diminta untuk memberikan arti bagi kehidupan.
    Semoga bapak semakin memiliki kekuatan bertahan dari godaan itu dan
    menemukan banyak orang yang memiliki esensi hidup yang sebenarnya. Mereka
    adalah kumpulan orang-orang yang memiliki kemampuan membebaskan jiwanya.
    Saya percaya bahwa masih banyak orang yang mampu membebaskan jiwanya yang
    agung untuk melayani dunia kehidupannya. Masih banyak orang yang jiwanya
    yang agung sering terselubung dan tersembunyi, ibarat gitar klasik yang
    tidak lagi dipetik senarnya. Ketika bapak menemukannya, jiwanya akan
    berkarya, matamu akan berkaca-kaca, mimik dan senyum di bibirmu akan menjadi
    kata-kata. Ketika jiwanya bernyanyi, nyanyiannya akan terdengar merdu oleh
    musisi tersohor bahkan oleh orang yang tidak mengerti nada. Ketika ia
    berjalan, orang butapun akan mengikuti langkahnya.

    5.Antusias.
    Memperkaya pemahaman bapak yang sudah kaya, antusias berasal dari bahasa
    yunani : Entheos [en Theos] atau dalam bahasa Inggris Anthusiasm / Theos
    inside = God inside. Memasukkan unsur antusiasme dalam kepemimpinan adalah
    sebuah keharusan. Hanya orang-orang yang antusias, yang hati dan semangatnya
    digerakkan oleh Tuhan-lah yang mampu mengobarkan semangat perubahan menuju
    kebenaran dan perbaikan.
    Hanya orang anthusias yang mampu membenamkan diri dalam pekerjaannya tanpa
    pamrih dari dunia dan menciptakan masterpiece dari anggapan kemustahilan
    sebelumnya.

    6.Misi memperbanyak orang dengan integritas tinggi di BUMN adalah
    keniscayaan. Sangat berbahaya kalau BUMN jatuh ke tangan orang yang
    integritasnya diragukan.
    Kembali lagi ke persyaratan Integritas yang pak Dahlan tekankan
    berulang-ulang, menjadi menarik utnuk memberikan warna terhadap syarat uyang
    satu ini. Secara umum Integritas adalah konsep konsistensi tindakan,
    nilai-nilai, metode, langkah-langkah, prinsip, harapan, dan hasil. Khusus
    dalam hal etika, integritas dianggap sebagai kejujuran dan kebenaran atau
    akurasi dari tindakan seseorang dibandingkan prinsip yang disepakati yang
    harus dijalankannya.
    Integritas (Integer) adalah keutuhan, lengkap antara kejujuran dan
    konsistensi karakter. Nah sebagai langkah awal akan sangat dibutuhkan
    beberapa derivatif karakter yang diinginkan untuk memimpin BUMN di negara
    kita ini agar semua volunteer tidak meletakkan integritas pada standar yang
    berbeda. Semoga bapak sebagai leader mampu meletakkan acuan mendasar tentang
    Integritas yang kita inginkan menjadi acuan bersama dalam membangun setiap
    BUMN negara kita tercinta.

    Terakhir sebagai masukan saya untuk pak Dahlan pertimbangkan, Selain
    Kompetensi, Antusiame dan Integritas, mohon ditambahkan beberapa unsur lain
    seperti Kecermatan, untuk menghindari pemimpin yang menelan bulat-bulan
    fenomena di permukaan dalam mengambil keputusan. Amanah, yang menuntut
    konsekuensi pertanggungjawaban hasil tanpa menyalah gunakan kekuasaan dan
    terakhir Kemampuan komunikasi. Alangkah baik dan indahnya jika segenap
    pemimpin mampu mengkomunikasikan rencana, proses dan hasil yang mereka
    peroleh seperti yang selama ini bapak lakukan. Melalui komunikasi yang baik
    pula terjadi penjaringan ide-ide pengayaan yang instan dibanding komunikasi
    birokratis yang lambat. Kemampuan komunikasi efektif menjadi sangat penting
    di tengah kemudahan lalu lintas informasi saat ini.

    Semoga tanggapan kami dapat memperkaya curhat bapak. Mohon maaf jika ada
    pemahaman yang kurang tepat dan akan sangat berbahagia rasanya jika kami
    diajarkan untuk hal yang lebih baik.
    Selamat berdharma bhakti pak Dahlan ! Sukses BUMN Indonesia

    *Lintong Simaremare | BestSelling Author : Bread for Friends & Pieces of
    keys at work |
    Twitter : @LintongQuotes | FB: http://www.facebook.com/breadforfriends |
    Blog : http://www.bread4friends.wordpress.com

    Posted by Lintong Simaremare | 24 Januari 2012, 2:01 pm
  48. Mari Dukung Capres & Wapres : DAHLAN ISKAN & JOKOWI
    Untuk Indonesia yang Lebih baik …
    Insya Allah

    Posted by Aman | 24 Januari 2012, 2:03 pm
    • denger-denger Jokowi bakal dicalonkan jadi calon gubernur DKI Jakarta, mas bro…

      Posted by Novrian Eka Sandhi | 24 Januari 2012, 10:48 pm
    • Kalo yang model gini pasti model Lama , PASTI WAPRES nya akan jadi BEMPER. Sebaiknya Pak Dis biar cari sendiri Wapres atau Presidennya. Masyarakat Indonesia tinggal menginginkan mana dulu yang harus ditangani. Persoalan HUKUM dulu atau peningkatan EKONOMI.

      Posted by Jeng Sri | 27 Januari 2012, 3:57 pm
  49. Kalimat yang terakhir, hmm…. sangat tidak terduga…. semangat terus Pak…!!!

    Posted by Agus Suprapto | 24 Januari 2012, 2:06 pm
  50. Pak tetep Fokus dan Istiqomah untuk memperbaiki negeri ini, andaikan pimpinan negeri ini banyak yang sperti bapak pasti Negeri ini sudah maju dari dulu, nggak digerogoti oleh tikus-tikus berdasi dan orang-orang yang cari jabatan dengan jalan pintas.

    Posted by Karyadi Atla | 24 Januari 2012, 2:15 pm
  51. saya kira, guncangan demi guncangan untuk pak Dis mulai silih berganti datang.
    saya hanya bisa berdoa, semoga Pak Dis sehat selalu,berpertimbangan jernih,dan selalu berintegritas (makin baik).
    saya kira, siapapun kita.. Jika memang menginginkan perubahan.. Dimulai dari diri sendiri, cermati lingkungan(beri masukan manakala perlu),dan lebih besar lagi… Jika diantara kita memiliki kekuasaan.. Gunakan itu untuk kemanfaatan kebaikan sebesar2nya…

    Ya Allah, lindungi Pak Dis dari orang2 yg menginginkan kerusakan negeri ini dengan nafsu keserakahannya. Amin

    Posted by seruling sakti | 24 Januari 2012, 2:35 pm
  52. Luar biasa pak dis, sangatluar biasa. Ternyata bapak bisa mengubah pandangan yang selama ini tidak mungkin. Semoga bp dis diberikan rahmat yang kuasa mewujudkan mimpi2 masyarakat indonesia. Amin

    Posted by arwanda ginting | 24 Januari 2012, 2:56 pm
  53. Pak Dahlan, semoga bapak selalu dilindungi Allah SWT.

    Posted by Dudung | 24 Januari 2012, 3:02 pm
  54. Saya sepakat apabila,apabila direktur bumn itu harus mempunyai integritas yang baik, karena bangsa ini banyak orang pintar tetapi minim orang jujur, masing masing pemimpin hanya mementingkan dia dan keluarganya tanpa memikirkan nasib orang orang yang ada, saran buat pak dahlan sebaiknya mencari bos bumn sebaikanya selain dari investagasi langsung tanya juga dulu ke supir atau cleanibg service yang ada diperusahaan tersebut karena darimereka banyak info yang aktul dan terpercaya. Pak dahlan kalo boleh usul sebaiknya bumn jadi motor untuk perkembangan daerah perbatasan, sehingga mereka orangorang bumn itupunya tanggung jawab.

    Posted by danang | 24 Januari 2012, 3:20 pm
  55. Salam Bapak Menteri Dahlan Iskan.Semoga berhasil. Saya mendukung Bapak.

    Posted by Zahroni | 24 Januari 2012, 3:40 pm
  56. kemarin sangat kecewa nungguin tulisan pak dis g ada,alhamdulillah ternyata hari ini kluarnya,semoga sehat selalu pak!!!

    Posted by didik susanto | 24 Januari 2012, 3:42 pm
  57. Nyari direktur mah kek kita bikin kopi aja boss, ambil kopi sesendok, kasih gula dikit, seduh ama aer panas. Aduk 30 kekiri dan 30 ke kanan. Ampas yg ngambang disisihkan krn dia ga bisa nyatu ama team nya, ampas yg ngendap pun jangan ditelan krn dia terlalu asyik dan tenggelam ama keadaan saat ini. Lalu sapa yg pantas? Tentunya yg saat ini jd partikel2 kecil itu, yg ngasih warna aer putih jd item, yg kasih aroma, yg kasih rasa segar, yg ga bikin ngantuk. Gampang? Siapa bilang. Klo gampang tentu bpk ga galau kek skrg ini :)

    Posted by davik | 24 Januari 2012, 3:47 pm
  58. muantabz……..dukung pak DIS & JOKOWI DO2 for R1 & R2……

    Posted by sun | 24 Januari 2012, 4:17 pm
  59. Sebaiknya kita doakan bersama2 agar beliau diberikan kesehatan dan kekuatan untuk tetap istiqomah dijalan yg benar, semoga kebisingan yg ada tidak mampu mempengaruhi integritas dan kesehatan beliau…aamiin….
    Subhanalloh…semoga kebisingan antek2 pejuang/pencari jabatan tsb dapat dilemahkan Alloh SWT…..

    Posted by bowo mursito | 24 Januari 2012, 4:25 pm
  60. Pak Dis, Kalau mengambil suatu keputusan jangan lupa terlebih dahulu bermusyawarah insya Allah Berkah, jika dengan musyawarah walaupun mungkin salah pilih maka Allah akan memberkati dan memaafkan hambanya, begitu pentingnya musyawarah Allah jadikan satu Surat dalam Al Quran sebuah surat khusus surat Musyawarah yakni Asy Syura. sebelum musyawarah maafkan semua rekan rekan dan bukan hanya memaafkan tapi mintalah kepada Allah agar para peserta musyawarah atau teman2 baik yang senang maupun yang tidak agar di ampuni Allah SWT. dan jika sudah mengambil keputusan maka bertawakkal lah kepada Allah. Fa iza adzamta fatawAkkal ‘alallah. doa musyawarah boleh membaca ALLAHUMMA ALHIMNA MA RASYIDA UMURINA WA A IZNA MIN SURUURI ANFUSIAN WAMIN SYAI YYI’ATI A’MALINA.

    Posted by amran | 24 Januari 2012, 4:37 pm
  61. Mantap pak Dis, lanjutkan terus perjuangan bapak. Jangan dengarkan kebisingan ini, terus fokus pada stu tujuan pak Dis. Rakyat selalu mendukung anda

    Posted by annisaskincare | 24 Januari 2012, 5:20 pm
  62. persis seperti situasi menjelang mutasi guru di daerah

    Posted by Lukman | 24 Januari 2012, 6:41 pm
  63. Tetap istiqomah bossss………………………karena istiqomah adalah amalan yang paling disukai Alloh SWT. Saya turut mendoakan bapak semoga dapat melakukan yang terbaik untuk sesama, untuk bangsa ini.

    Posted by optimis_indah | 24 Januari 2012, 7:13 pm
  64. seorang pemimpin yg baik itu memang harus punya integritas terhadap kelangsungan perusahaan

    Posted by khoiri | 24 Januari 2012, 7:16 pm
  65. saya kira mnggu ini tak ada tulisan dr pak Dis eh tak taunya baru selasa ini. Mantab pak tulisannya,trus pak lanjutkan manufakture hope nya biar ekonomi Indonesia menyalib spanyol sprti cita2 bapak dan semua masyarakat indonesia . Saya selalu mndkngmu dan berdoa untuk kesehatan..keslamatan bapak

    Posted by ahmad | 24 Januari 2012, 7:28 pm
  66. hohoi….. akhirnya keluar juga tulisan beliau. selalu ada yang baru untuk dipelajari……, semoga sehat selalu Pak Dis…….

    Posted by syaif | 24 Januari 2012, 7:41 pm
  67. Tu org2 yg pd memfitnah,pake cara2 kotor dan melobi utk dapat jabatan sebaiknya dibumihanguskan aja dari indonesia.
    Jaman sudah berubah,rakyat indonesia sdh ga bisa dibodohi lagi..

    Jgn terpengaruh pak dis, tetap pegang teguh pendirian dan tetap berdoa agar dilindungi dari org2 jahat yg haus jabatan..

    Saya beserta teman2 semua ikut mendoakan supaya bapak bisa memimpin bumn ke arah yg jauh2 lebih baik.
    Kami juga berdoa agar bapak selalu diberi kesehatan dan panjang umur..

    Selamat berjuang pak Dis..

    Rakyat Indonesia mendukungmu..!!!!

    Posted by yoejr | 24 Januari 2012, 8:04 pm
  68. Saya yakin setelah Bapak memegang di kementrian BUMN akan berhasil merubahnya menjadi berhasil. Sebab selama ini kegagalan BUMN adalah karena masih menggunakan sistem feodal. Dimana disaat Direksinya datang semua pada sibuk, bahkan kalau kita di daerah harus mempersiapkan sampai minimal 1 bulan untuk mahargya direksi itu. Apalagi disaat rapat yang kebetulan tidak cocok dengan apa yang dikehendaki direksi, bisa dimusuhi. Padahal belum tentu apa yang diputuskan direksi pasti benar, kecuali Tuhan. yang penting apa yang kita lakukan dapat dibuktikan. Saya dahulu pernah ada di PT Asuransi Jiwasraya(persero). Saya berdoa semoga Bapak bisa memimpin negeri tercinta ini. Orang-2 seperti Bapak Dahlan Iskanlah yang bisa memakmurkan seluruh masyarakat Indonesia. Dari prinsip yang bapak lakukan selama ini adalah 1.” BAGAIMANA BISA BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN, TETAPI TIDAK DIMANFAATKAN ATAU MEMANFAATKAN.” 2. Disamping itu bapak mengerti apa yang menjadi kebutuhan orang dan bukan keinginan orang. 3. Bapak selalu memiliki target yang ditanamkan pada diri sendiri, dan bukan target yang ditentukan orang lain. Sehingga didalam melaksanakannya tidak merasa terbebani. Jika target yang ditentukan orang lain, akan merasa terbebani. 4. Bapak senantiasa memilih hasil akhir, dibandingkan variabel. 4 hal inilah yang membuat sejak awal bapak memegang Jawa Post, sudah saya amati. Kebetulan dahulu baik ibu saya, paman saya, pernah menjadi wartawan jawa Post. untuk daerah Probolinggo. Terakhir saya selipkan kata ” Sekali layar terkembang pantang surut kebelakang” .

    Posted by M.Triswedi Susilo | 24 Januari 2012, 8:09 pm
    • kata kata mutiara yang juga menggugah hati setiap pejuang, yups pejuang kemakmuran rakyat Indonesia tercinta. Dari teman-teman TKI Arab Saudi ikut mendoakan Pak Dis, semoga negeri ini menjadi makmur dan gk ada lagi sejarah “mengekspor” manusia ke negeri orang.

      Posted by muthawif online | 25 Januari 2012, 7:30 am
  69. Semangat pak dahlan…kita selalu mendukung untuk kemajuan bumn ini…

    Posted by caderkeren | 24 Januari 2012, 8:35 pm
  70. sebagai salah satu keluarga besar PLN saya merasa kehilangan sosok pemimpin seperti beliau…. tapi demi kemajuan bersama. tetap semangat. salut dan kagum buat Pak Dhe… smg dirut baru PLN bisa seperti anda.

    Posted by djati pratama | 24 Januari 2012, 8:59 pm
  71. Merasa terpanggil untuk memberitahukan kerja beliau . Check At “http://bisnis.vivanews.com/news/read/282570-ide-dahlan-iskan-selamatkan-pabrik-pupuk-aceh “

    Posted by Enzo | 24 Januari 2012, 9:26 pm
    • Ide Dahlan Iskan Selamatkan Pabrik Pupuk Aceh
      Pertamina, PGN, dan PLN turut menyumbang ide yang dinilai out of box ini

      Selasa, 24 Januari 2012, 18:41 WIB
      Syahid Latif, Iwan Kurniawan

      VIVAnews – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengusulkan swap (pertukaran) gas alam cair (Liquid Natural Gas/LNG) dari lapangan Arun yang selama ini ditujukan untuk ekspor dengan LNG Bontang. Usul itu bakal disampaikan kepada Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik dan Kepala BP Migas Raden Priyono

      Dahlan menjelaskan selama ini gas Exxon di Arun sebesar 150 mmbtud diubah menjadi LNG untuk dieskpor. “(Tapi) tidak cukup untuk ekspor, sedikit sekali sehingga harus dikumpulkan dulu untuk diekspor,” kata Dahlan di Jakarta, Selasa, 24 Januari 2012.

      Dengan pertimbangan itu, Dahlan meminta Menteri ESDM dan Kepala BP Migas agar gas ExxonMobil dialihkan untuk menghidupkan kembali pabrik pupuk PT Pupuk Iskandar Muda (PIM). Untuk memenuhi kewajiban kontrak ekspor LNG milik ExxonMobil, Kementerian BUMN mengusulkan swap dengan LNG Bontang.

      “Nantinya ekspor Exxon akan dikirim dari Bontang, gas Exxon diberikan ke PIM, kelebihannya diberikan untuk PLN untuk menghidupkan pembangkit listrik disana untuk tetap hidup,”katanya.

      Terobosan ini, lanjut Dahlan, merupakan ide brilian dan out of the box (kreatif) dari tiga pimpinan BUMN energi, antara lain PT Pertamina, PLN dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk. Namun diakui ide ini masih harus disetujui oleh Menteri ESDM dan BP Migas.

      Dahlan menjelaskan skema ini sebagai win-win solution agar proyek Floating Storage Regasification Unit (FSRU) Belawan tetap berjalan dan pabrik pupuk PIM tetap berjalan. “Ini keputusan strategis karena FSRU Belawan harus tetap jalan kalau tidak Medan akan kesulitan gas,”katanya.

      Jika PIM dipaksakan menerima gas dari regasifikasi Arun, lanjut Dahlan, maka akan mahal. “Apa mau pabrik pupuk mau beli gas dengan harga US$11 per mmbtud, karena gas dari LNG tidak semurah dari gari gas alam,”katanya. Jika ini dipaksakan, maka Pertamina dan PIM akan sama-sama rugi.

      Posted by BlackBeard | 25 Januari 2012, 8:03 am
  72. Merasa terpanggil untuk memberitahukan kerja beliau . Check At “http://bisnis.vivanews.com/news/read/282550-cara-dahlan-iskan-benahi-pelabuhan”

    Posted by Enzo | 24 Januari 2012, 9:27 pm
    • Cara Dahlan Iskan Benahi Pelabuhan
      Di pelabuhan Indonesia timur, kapal harus antre 15 hari untuk membongkar muatan.

      Selasa, 24 Januari 2012, 18:09 WIB
      Nur Farida Ahniar, Iwan Kurniawan

      VIVAnews – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan membenahi pelabuhan di seluruh Indonesia untuk menekan biaya logistik. Perbaikan itu khususnya untuk pelabuhan di Indonesia timur.

      Dalam rapat pimpinan BUMN, Menteri BUMN, Dahlan Iskan, membahas bagaimana menekan biaya logistik yang terlalu tinggi di Indonesia timur dapat diatasi. Di pelabuhan Indonesia timur, kapal harus antre 15 hari untuk membongkar muatan.

      Penyebabnya, salah satunya adalah sistem bongkar muat yang terlalu lama. Untuk bongkar muat beras, pupuk, semen, dan gula masih lama, karena kapal langsung membongkar muatan kepada truk-truk pengangkut.

      “Jarak ke gudang jauh, saat truk pergi belum tentu ada truk lagi, sehingga lambat sekali,” kata Dahlan seusai rapat pimpinan BUMN di Jakarta, Selasa 24 Januari 2012.

      Dahlan menjelaskan, untuk mengatasi lamanya bongkar muat tersebut, selain menggunakan kontainer dan jumbo bag, Dahlan meminta agar gudang-gudang milik Pelindo dimanfaatkan.

      “Nanti Pelindo akan meminjamkan gudang, sehingga bongkar muat tidak terlalu tergantung pada truk. Kapal bisa bongkar muat cepat, sehingga selesai bongkar muat kapal baru datang lagi,” katanya.

      Selain mempercepat bongkar muat kapal, dia melanjutkan, Kementerian BUMN meminta Pelindo untuk menyempurnakan peralatan teknologi informasi. Menurut dia, peralatan pelabuhan di Indonesia timur itu sangat kurang memadai.

      Selama ini, sering terjadi di beberapa pelabuhan kapal tidak bisa melakukan bongkar muat, karena komputer pelabuhan yang rusak, surat-surat perizinan tidak keluar karena sistem online tidak terkoneksi dan tidak ada back-up data.

      Untuk itu, harus ada perencanaan investasi pembelian peralatan. Dahlan meminta kepada seluruh pengelola pelabuhan dalam dua hari ini untuk melakukan inventarisasi peralatan apa saja yang diperlukan. “Nanti daftarnya kasih ke saya dan akan saya putuskan,” katanya.

      Langkah pembenahan ini merupakan quick win Kementerian BUMN untuk memperbaiki sistem dan manajemen pengelola pelabuhan untuk mengatasi lambatnya bongkar muat. Sementara itu, untuk pembenahan jangka panjang, terus dilakukan penambahan dermaga.

      Dalam kesempatan yang sama, Dahlan juga mengungkapkan PT Pengerukan Indonesia (Rukindo) akan menjadi anak perusahaan PT Pelindo II. Namun, kepemilikan dok Rukindo akan disatukan dengan pengelolaan dok Koja Bahari.

      “Dok milik Rukindo akan diserahkan kepada Koja Bahari agar bisnis dok terkoordinasi, sedangkan usaha pengerukannya akan dikelola Pelindo,” katanya. (art)

      sumber : http://bisnis.vivanews.com/news/read/282550-cara-dahlan-iskan-benahi-pelabuhan

      Posted by BlackBeard | 25 Januari 2012, 8:05 am
  73. Merasa terpanggil untuk memberitahukan kerja beliau . Check At “http://bisnis.vivanews.com/news/read/282530-dahlan-tunjuk-2-bumn-bangun-pabrik-sagu”. Presiden memang sudah ada, tapi bagi kami karyawan BUMN, bapak adalah “fuhrer”

    Posted by Enzo | 24 Januari 2012, 9:29 pm
  74. Mungkin Pak Menteri harus membagi tips dan tricks cerdas-nya dalam memilih direksi BUMN kepada rakyat Indonesia, supaya kita juga bisa cerdas dalam memilih Presiden tahun 2014 nanti… Hehehehe

    Posted by M. Erick Antariksa | 24 Januari 2012, 11:43 pm
  75. Selamat berjuang pak, selalu setia pada kebenaran, Tuhan Memberkati bapak dan keluarga..Amin (Dahlan Iskan For R1)

    Posted by wahyu | 25 Januari 2012, 12:55 am
  76. memang bising pak… sudah kebanyakan calo berkeliaran.. ibarat benalu, harus segara di babat habis pak…. mari kita bersihkan bersama, supaya BUMN kita sehat kembali…

    Posted by cahyo utomo | 25 Januari 2012, 5:28 am
  77. Mudah-mudahan Bapak sekeluarga diberi kesehatan, makin tinggi suatu pohon, makin lebat daun dan buahnya, makin besar tantangan, hama, angin, jamur dsb yang menyerang. Insya Alloh dengan selalu meminta petunjuk Alloh, dan saya yakin P. Dahlan bis menghadapi semua itu, Amin.

    Posted by dhieka | 25 Januari 2012, 6:12 am
  78. kalau saya boleh tafsirkan:
    “nazarudin sbg hiburan”
    maka, org sekelas (berteman/membela) nazarudin, untuk jadi alas kaki buat pak Dis juga masih terlalu tinggi…
    menyenangkan, mengetahui integritas sampah diletakkan ditempat yg semestinya.. Meskipun saya tidak setuju dengan ungkapan ‘hiburan’ (refer to nazarudin&kroni), itu terlalu mulia buat kualitas bangkai..but its ok.
    jadi, saya percaya integritas-kualitas-(dan beriman) akan pak Dis temukan.
    Terlalu banyak org jujur yg belum dapat kesempatan ikut membangun Indonesia, tidak salah harapan saya jika menyatakan era 2011 di tangan pak Dis, adalah ORDE INTEGRITAS (sebenar ingin saya katakan sbg ORDE KEJUJURAN,tapi sbg awal itu terlampau berat)
    Terima Kasih pak Dis atas harapan yang sudah di semai, mari kita turut menyuburkannya.

    regard
    Pendekar Seruling Sakti Jaka Bayu

    Posted by seruling sakti | 25 Januari 2012, 6:24 am
  79. Subhanallah… Yang penting Bapak jangan pernah merasa sendiri. Karena kami selalu di belakang Bapak meski hanya dengan Doa….

    Posted by Radiya | 25 Januari 2012, 6:34 am
  80. semoga pak Dahlan bs memilih direksi yang “Jujur” dan “Kredibel”.
    Aamiin.

    Posted by Adhitya Nugraha | 25 Januari 2012, 7:09 am
  81. MAKASIH MBAH SUGENG ATAS BANTUANYA NOMOR TOGEL 2D YANG MBAH BERIKAN ALLHAMDULILA TEMBUS HUTAN HUTAN SAYA UDAH LUNAS SEMUA MAU SEPERTI SAYA HUBUNGI MBAH SUGENG NOMOR TELFON 085 282 885 689 TERIMAH KASIH,,,,,,,,,,,,,

    Posted by bpk amir jambi | 25 Januari 2012, 7:16 am
  82. Sangat menginspirasi,,,saya selalu mengikuti artikel2 pak dahlan, saya doakan kesehatan bpk smoga bisa selalu memberi contoh bagi pemuda indonesia.amin

    Posted by Agus SAntoso | 25 Januari 2012, 7:16 am
  83. Jempol Untuk Bapak …
    Saya selalu bilang pada suami & teman
    Kalo Bapak mencalonkan diri jadi Presiden
    Saya akan sekuat tenaga mendukung & mengajak semua keluarga untuk memilih :)

    Posted by Kessy | 25 Januari 2012, 7:16 am
  84. sekali lagi pak dahlan selalu membuat kami semua kagum kepada bapak…

    Posted by nosi arsyahni | 25 Januari 2012, 8:18 am
  85. Saya salut dengan apa yang pak dis akan lakukan dengan BUMN,tapi sebagai masukan buat bapak mengenai BUMN khususnya Perkebunan,Banyak sekali kecurangan yg dilakukan oleh para pimpinan terutama Manajer2 kebun,meskipun BUMN perkebunan belakangan ini ada beberapa yg untung besar,namun informasi buat bapak klo didalam wiuh mengerikan sekali kecurangan mereka utk memperkaya diri pak dis,apalagi klo direksi mau kunjungan ke kebun waduh feodalnya masih kerasa banget pak,macem Presiden yg mau dateng pak,habis2an ngeluarin uang perusahaan buat ngejamu mereka pak,perlu jg pak dis sekali2 sidak kekebun2 Perkebunan BUMN di Medan seperti PTPN 3 yg untungnya gede katanya,namun serius gede atau cuma keropos didalamnya pak dis,

    Posted by roni | 25 Januari 2012, 8:23 am
  86. Salut buat pak dahlan iskandar mari k bantu beliau untuk mencari pimpinan yang berintegritas.

    Posted by hispano | 25 Januari 2012, 8:43 am
  87. Kalau begitu, tolong sampaikan ke pak Jonan untuk segera membenahi pelayanan KRL

    Posted by Aji | 25 Januari 2012, 9:14 am
  88. Serem juga ya sampai terjadi pembunuhan segala, gak ikut-ikutan politik ah mending dagang kecil-kecilan aja deh biar sedikit yang penting halal, saya dukung deh pak dahlan,

    Posted by wawan | 25 Januari 2012, 9:25 am
  89. Sebagai salah satu karyawan BUMN semoga apa yang om DIS laksanakan tetap dapat Istiqomah, berikan selalu sentuhan kepada BUMN kita agar bisa bersaing dengan minimal dengan yang di Spanyol syukur-syukur seperti yang di Singapura. Semoga selalu diberikan kesehatan agar tidak “masuk angin” selaku Bapaknya perusahaan BUMN agar menjadi kebanggaan bagi seluruh karyawan BUMN yang bekerja di dalamnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Sekali lagi “integritas dan antusias” is the best!!

    Posted by Then_Must | 25 Januari 2012, 9:38 am
  90. Dahlan Iskan Akan Benahi 20 Pabrik Gula
    Dahlan Iskan akan mengumpulkan direksi lebih dari 20 pabrik gula.

    Selasa, 24 Januari 2012, 15:11 WIB
    Nur Farida Ahniar, Iwan Kurniawan

    VIVAnews – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan akan membenahi 20 pabrik gula BUMN yang saat ini dalam keadaan sulit. Dahlan malu banyak pabrik gula BUMN yang saat ini dalam keadaan buruk.

    Dahlan menjelaskan dalam tiga minggu ke depan, Kementerian BUMN akan mengadakan ‘bahtsul masail kubro’ pabrik gula, atau pembahasan masalah pabrik gula secara besar-besaran. “Istilahnya agak pesantren dikit,” katanya sambil tersenyum di sela-sela rapat pimpinan BUMN di Gedung Menara 165, Jakarta, Selasa 24 Januari 2012.

    Menurut Dahlan dalam pertemuan akbar tersebut akan hadir direksi 20-23 pabrik gula tersulit di Indonesia. Dahlan juga mengundang seluruh kepala bagian pabrik dan 10 orang termuda di pabrik gula tersebut.

    Dalam rapat tersebut akan dibahas 10 masalah utama pabrik gula, antara lain lahan, biaya tanaman, cara menanam, pemeliharaan tanaman, pengiriman tebu ke pabrik, penggilingan, rendemen, masalah bahan bakar pabrik, masalah mesin, dan masalah manajemen. “Seluruh kesulitan pabrik gula akan dibahas dalam pertemuan tersebut, malu kita punya banyak pabrik gula tetapi jelek-jelek begitu, pertemuan ini membahas bagaimana pabrik gula bisa bangkit kembali,” katanya.

    Dalam pertemuan tersebut, Dahlan akan menghadirkan beberapa narasumber, antara lain manajemen pabrik gula Bunga Mayang untuk menjelaskan bagaimana pabriknya dapat tumbuh dan berkembang. Selain itu ada juga seorang kepala bagian teknik dan kepala bagian pengolahan pabrik gula Semboro di Jember.

    “Ketika bekerja, prestasi mereka sangat baik, bisa menaikan kapasitas pabrik dari 12 ton menjadi 25 ton. Kesaksian dua orang ini bisa memperbaiki mesin, sinkronkan bagian teknik dan pengolahan yang tidak kompak,”katanya.

    Selain itu, Dahlan juga akan menghadirkan Bupati Jombang yang memiliki latar belakang sebagai petani tebu sebagai narasumber. “Kalau ada masalah tanaman nanti dia yang jawab,” katanya.

    Untuk mengatasi permasalahan di sektor gula ini, lanjut Dahlan, tidak bisa dibahas satu per satu, namun dibahas secara keseluruhan permasalahan. “Karena ada yang bilang pabrik sudah tua, ada yang bilang manajemen jelek, tidak begitu, semuanya kita ungkap,” katanya. (eh)

    sumber : http://bisnis.vivanews.com/news/read/282475-dahlan-iskan-akan-benahi-20-pabrik-gula

    Posted by BlackBeard | 25 Januari 2012, 9:45 am
  91. quote dari tulisan ini “Demikian juga orang seperti Ignasius Jonan, Dirut PT KAI. Saya sungguh berharap akan melihat lebih banyak lagi orang-orang seperti beliau-beliau itu. Integritas dan antusias”.Dan tulisan PAK DIs sebelumnya “Revolusi Ekonomi Sepeda Motor” sungguh menarik. Bila pernah mencoba naik KA Bumigeulis (Sukabumi – Bogor) yang beroperasi sehari sekali (pp). Kita akan sampai pada kesimpulan bahwa antara KA dan motor sungguh sangat bersebrangan, cobalah

    Posted by iwan chairul herman nasution | 25 Januari 2012, 9:50 am
  92. “Integritas dan antusias” Jarang orang yang hanya melihat pada dua hal ini, tapi sepertinya pengalaman telah mengajarkan Pak Dahlan untuk lebih jeli melihat dan menilai seseorang. Pantas untuk dijadikan pelajaran.
    Terima kasih, Pak. Lanjutkan perjuangan untuk bangsa.

    Posted by g4z4li | 25 Januari 2012, 10:21 am
  93. saya selalu antusias membaca setiap tulisan, insyaAllah bapak bisa jadi seorang indonesia sejati untuk mengembalikan bangsa ini ke tatanan yang lebih baik, lanjutkan pak kami mendoakan setiap langkah bapak selalu dalam lindungan dan ridho Allah. . . amin

    Posted by pebiansyah | 25 Januari 2012, 10:27 am
  94. SARAN UNTUK ADMIN

    Sepertinya tidak ada yg memperhatikan hal ini “Juga melobi adik saya yang hidup sederhana di rumah Perumnas di Madiun. SMS saya pun penuh dengan lalu lintas maki-maki dan puji-puji.”

    Ini adalah gambaran seorang yg berjjarak dgn nepotisme. Saya nggak kebayang, seorang yg punya perusahaan ratusan, tetapi adiknya hidup sederhana di rumah perumnas. JK jagoan saya mah kalah, apalagi AB dan BeYe.

    Either DIS yg tak memberikan kesempatan kepada adiknya, atau adiknya Pak DIS yg sama integritasnya sama abangnya

    Saran saya untuk admin, mbok nya selain ada tab PROFIL ditambahkan juga tab PERSONALITAS. isinya ya daftar kutipan2 beserta linknya yg menggambarkan personalitas Pak DIS.

    Posted by Ian | 25 Januari 2012, 10:39 am
  95. Isinya membuat saya belajar banyak, kalimat penutupnya membuat saya tertawa terbahak-bahak! Hahahaha

    Posted by Admin | 25 Januari 2012, 10:57 am
  96. Strategi yang bijak pak DIS. Setelah semua yang bising tadi membaca tulisan Bapak ini, pasa pada kecele ya, ternyata calo-caloan sudah gak zaman. Semoga yang terpilih jadi direksi adalah para putra Indonesia terbaik….

    Posted by wafaaalayyubi | 25 Januari 2012, 11:25 am
  97. Terima kasih Pak Dahlan Iskan

    Posted by Yance Posende | 25 Januari 2012, 11:40 am
  98. Ternyata pak Menteri ahli dalam memitigasi risiko

    Posted by V.T.Moses Situmorang | 25 Januari 2012, 11:43 am
  99. Saya tidak pernah bertemu secara fisik dengan pak Dahlan, tapi saya sudah bertemu dengan pemikirannya sejak tahun 1985, saat beliau masih menjadi wartawan TEMPO Biro Surabaya.

    Sekarang 27 tahun berselang, saya sudah jadi karyawan anak perusahaan sebuah BUMN (yang kebetulan disebut di atas) dan pak Dahlan adalah Menteri yang mengurusi BUMN. Tidak berlebihan jika saya sangat mendukung ide pak Dahlan.

    Maju terus pak! Mari kita pikirkan bagaimana BUMN bisa menjadi garda ekonomi negeri kita dan memberikan kemakmuran yang sebesar-besarnya bagi seluruh rakyat Indonesia..

    Wassalam

    Posted by Irfan A. Tachrir | 25 Januari 2012, 11:53 am
  100. ya Allah perbanyaklah orang2 seperti beliau ini di negri kami INDONESIA tercinta ini,,,sehingga indonesia bisa menjadi negri yg penuh dgn barokah amin…

    Posted by Angin Putih | 25 Januari 2012, 11:56 am
  101. KAGUMMMM…=) Saya bisa mengambil banyaaaaak sekali pelajaran dari tulisan2 Bapak..Mudah2an Indonesia bisa menelurkan orang-orang seperti Pak Dis…

    Posted by Banu Aji | 25 Januari 2012, 12:46 pm
  102. Pak DI berusaha merayu Dahlan Harahap yg telah memutuskan untuk tidak lagi menjadi dirut. Setelah gagal kemudian beliau keluarkan jurus kedua yaitu berkonsultasi untuk mendapatkan masukan terbaik.
    Pertanyaan yg sama: sebagian rakyat Indonesia berusaha merayu Pak DI untuk bersedia menjadi Calon Presiden, dan semoga beliau bersedia, shhg tdk terjadi plan kedua seperti dilakukan pak DI tadi.
    Masih menjadi pertanyaan saya adalah apakah benar-benar steril lingkungan keluarga / saudara2 pak DI dari lobi-lobi oleh pihak tertentu, karena dianggap menjadi celah masuk agar bisa dekat dengan maksud tertentu.
    Minggu lalu jam 23-an (harinya lupa) saya masih ingat betul nganter seseorang nyanggong ke Shangrilla Surabaya agar bisa ketemu dengan salah satu keluarga beliau.
    Sebaiknya pak DI segera kasih press conference penekanan bahwa jalur keluarga tidak bisa digunakan untuk pedekate kecuali lewat jalur profesionalisme kerja, antuas dan intregritas.
    Tks

    Posted by jets | 25 Januari 2012, 12:54 pm
  103. Admin ysh, adakah penjelasan mengapa komen kami tdk diapprove? Tksh

    Posted by lintong | 25 Januari 2012, 1:03 pm
  104. Tulisan sederhana tapi banyak manfaat, selamat berjuang menentukan pilihan. Doa dan usaha Bapak semoga dapat menentukan pilihan yang terbaik. Salam hormat

    Posted by gandohGandoh | 25 Januari 2012, 1:15 pm
  105. Tertarik mengomentari beberapa point:

    1.Bising
    Kebisingan dalam sebuah proses suksesi adalah hal yang lumrah dan naturally
    akan terjadi dimana-mana. Tidak hanya dalam proses pencarian butir terbaik
    diantara hamparan pasir namun dalam upaya menemukan sosok yang layak
    memimpin komunitas nirlaba semacam kegiatan sosialpun akan kita alami pula.
    Kebisingan bukanlah sebuah masalah yang berarti, namun sebuah tahapan waktu
    dengan terungkapnya segala fenomena yang kita butuhkan untuk langkah
    selanjutnya.
    Alangkah indahnya jika kebisingan yang terjadi digerakkan oleh banyak hati
    yang tergerak untuk berdharma, berlomba memberikan kontribusi nyata dan
    menjanjikan yang terbaik dari dirinya. Sebut saja semacam gerakan keberanian
    para volunteer yang memiliki antusiame tinggi membangun tatanan yang lebik
    baik dalam skop tertentu.
    Semoga kebisingan, saya sebut nyanyian yang terjadi saat ini mengelilingi
    bapak tidak menjadikan kebisingan dalam diri bapak sendiri, sehingga pure
    consciousness akan tetap terjaga dan dengan harmoni pikiran dan hati bisa
    merasakan nyanyian itu terserap ke intuisi yang paling dalam sehingga
    tercipta keputusan yang lebih layak dalam keterbatan bapak sebagai manusia
    biasa.

    2.Menjauhkan diri dari bisikan pihak manapun.
    Ada dua cara menemukan kesunyian. Pertama dengan menjauh dari keramaian dan
    kedua dengan menciptakan kesunyian dalam diri di tengah keramaian. Kedua
    cara baik itu bisa menghasilkan kemurnian dengan dibutuhkannya kesadaran
    akan pengaruh proses osmosis yang terjadi di tengah situasi dimana kita
    berada.
    Kesadaran murni hanya tercipta dalam alam tanpa tendensi, namun semata-mata
    segala pergolakan batin, segala pikiran terbaik kita arahkan untuk penataan
    pelayanan kepada dunia dan mahluk dengan didadari oleh hati yang kita
    arahkan kepada sang maha Pencipta. Kata lainnya saya sebut, “We are
    connected with God with our heart and connected to man with our hand”.
    Semoga bapak mendapat penyertaan Tuhan danlam melalui tahapan menemukan fase
    kemurnian ini.

    3.Orang yang integritasnya baik biasanya juga akan memilih orang yang
    integritasnya baik.
    Integritas adalah istilah yang muncul sejak kita mengenal ilmu kepemimpinan.
    Intergritas menyangkut kesesuaian antara pikiran dan tindakan. Karena tidak
    mudah menjabarkannya, maka ada joke yang menarik tentang integritas ini, “Di
    level pelaksanaan, banyak pemimpin : Lain yang dibicarakan, lain yang
    dilakukan.”
    Untuk menambah pemahaman bapak yang sangat kaya, menurut saya, bahasa
    sederhana dari integritas kepemimpinan adalah derajat kesatuan antara rasio,
    perasaan dan perbuatan. Penyatuan ketiga unsur itu hendaklah didasari
    motivasi mulia dan diselimuti dengan keyakinan penuh dalam menjalankannya.
    Semoga bapak semakin memiliki integritas yang semakin tinggi dan diberikan
    kesempatan dengan mudah menemukan orang-orang yang mempunyai integritas
    tinggi di negara kita ini, disamping kompetensi mumpuni yang mereka miliki.

    4.Tahan godaan: uang maupun politik.
    Empat hal yang memiliki pengaruh kuat dalam merobohkan manusia-manusia yang
    rumah hatinya di bangun di atas pasir adalah : Kata (pengakuan), Tahta,
    Harta, Wanita (bagi pria) dan Pria (bagi wanita). Penekanan pak Dahlan ke
    uang dan politik ada dalam lingkup keempat hal yang saya sebutkan.
    Saya menyaksikan banyak bukti yang tidak mengejar keempat hal di atas namun
    justru mendapatkannya lebih dari yang dia harapkan. Bukti itu bertabur di
    dunia bisnis di hampir seluruh belahan bumi ini. Banyak orang yang menjadi
    kaya raya dengan memberikan pelayanan sepenuh hati kepada manusia lain
    bahkan tidak memiliki waktu lagi menghitung kekayaannya yang otomatis
    bertambah dan bertamabah. Keempat hal di atas bukanlah tujuannya dan bukan
    pula unsur yang mempengaruhi dharma bhaktinya.
    Memang sudah saatnya kita berpikir ulang tentang apa sebenarnya yang menjadi
    tujuan hidup kita dalam berdharma (berkarya) sebagai mahluk Tuhan yang
    diminta untuk memberikan arti bagi kehidupan.
    Semoga bapak semakin memiliki kekuatan bertahan dari godaan itu dan
    menemukan banyak orang yang memiliki esensi hidup yang sebenarnya. Mereka
    adalah kumpulan orang-orang yang memiliki kemampuan membebaskan jiwanya.
    Saya percaya bahwa masih banyak orang yang mampu membebaskan jiwanya yang
    agung untuk melayani dunia kehidupannya. Masih banyak orang yang jiwanya
    yang agung sering terselubung dan tersembunyi, ibarat gitar klasik yang
    tidak lagi dipetik senarnya. Ketika bapak menemukannya, jiwanya akan
    berkarya, matamu akan berkaca-kaca, mimik dan senyum di bibirmu akan menjadi
    kata-kata. Ketika jiwanya bernyanyi, nyanyiannya akan terdengar merdu oleh
    musisi tersohor bahkan oleh orang yang tidak mengerti nada. Ketika ia
    berjalan, orang butapun akan mengikuti langkahnya.

    5.Antusias.
    Memperkaya pemahaman bapak yang sudah kaya, antusias berasal dari bahasa
    yunani : Entheos [en Theos] atau dalam bahasa Inggris Anthusiasm / Theos
    inside = God inside. Memasukkan unsur antusiasme dalam kepemimpinan adalah
    sebuah keharusan. Hanya orang-orang yang antusias, yang hati dan semangatnya
    digerakkan oleh Tuhan-lah yang mampu mengobarkan semangat perubahan menuju
    kebenaran dan perbaikan.
    Hanya orang anthusias yang mampu membenamkan diri dalam pekerjaannya tanpa
    pamrih dari dunia dan menciptakan masterpiece dari anggapan kemustahilan
    sebelumnya.

    6.Misi memperbanyak orang dengan integritas tinggi di BUMN adalah
    keniscayaan. Sangat berbahaya kalau BUMN jatuh ke tangan orang yang
    integritasnya diragukan.
    Kembali lagi ke persyaratan Integritas yang pak Dahlan tekankan
    berulang-ulang, menjadi menarik utnuk memberikan warna terhadap syarat uyang
    satu ini. Secara umum Integritas adalah konsep konsistensi tindakan,
    nilai-nilai, metode, langkah-langkah, prinsip, harapan, dan hasil. Khusus
    dalam hal etika, integritas dianggap sebagai kejujuran dan kebenaran atau
    akurasi dari tindakan seseorang dibandingkan prinsip yang disepakati yang
    harus dijalankannya.
    Integritas (Integer) adalah keutuhan, lengkap antara kejujuran dan
    konsistensi karakter. Nah sebagai langkah awal akan sangat dibutuhkan
    beberapa derivatif karakter yang diinginkan untuk memimpin BUMN di negara
    kita ini agar semua volunteer tidak meletakkan integritas pada standar yang
    berbeda. Semoga bapak sebagai leader mampu meletakkan acuan mendasar tentang
    Integritas yang kita inginkan menjadi acuan bersama dalam membangun setiap
    BUMN negara kita tercinta.

    Terakhir sebagai masukan saya untuk pak Dahlan pertimbangkan, Selain
    Kompetensi, Antusiame dan Integritas, mohon ditambahkan beberapa unsur lain
    seperti Kecermatan, untuk menghindari pemimpin yang menelan bulat-bulan
    fenomena di permukaan dalam mengambil keputusan. Amanah, yang menuntut
    konsekuensi pertanggungjawaban hasil tanpa menyalah gunakan kekuasaan dan
    terakhir Kemampuan komunikasi. Alangkah baik dan indahnya jika segenap
    pemimpin mampu mengkomunikasikan rencana, proses dan hasil yang mereka
    peroleh seperti yang selama ini bapak lakukan. Melalui komunikasi yang baik
    pula terjadi penjaringan ide-ide pengayaan yang instan dibanding komunikasi
    birokratis yang lambat. Kemampuan komunikasi efektif menjadi sangat penting
    di tengah kemudahan lalu lintas informasi saat ini.

    Semoga tanggapan kami dapat memperkaya curhat bapak. Mohon maaf jika ada
    pemahaman yang kurang tepat dan akan sangat berbahagia rasanya jika kami
    diajarkan untuk hal yang lebih baik.
    Selamat berdharma bhakti pak Dahlan ! Sukses BUMN Indonesia

    *Lintong Simaremare | BestSelling Author : Bread for Friends & Pieces of
    keys at work |
    Twitter : @LintongQuotes

    Posted by Lintong Simaremare | 25 Januari 2012, 1:25 pm
  106. Benarkan ini Blog bapak dahlaniskan?Maaf pak kalau pertanyaan saya mengganggu.

    http://www.disave.blogspot.com

    Sukses Pak.

    Posted by Abed Saragih | 25 Januari 2012, 2:53 pm
    • Coba Pak Abed scroll ke atas… terus ke paling atas blog ini…
      nah kalau ketemu ‘tentang blog ini”, tinggal di klik nanti tahu sendiri apakah ini blognya Pak Dahlan Iskan atau tidak.

      Posted by Ian | 25 Januari 2012, 3:06 pm
  107. Apakah ini berita baik ato malah sebaliknya, silahkan diartikan sendiri….

    Rabu, 25/01/2012 07:24 WIB
    Dahlan: Dulu Saya Bertekad Tak Masuk Politik, Tapi Sekarang Berubah
    Rista Rama Dhany – detikFinance

    Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan mulai melirik masuk ke politik. Dahlan yang dahulu bertekad bulat hanya menjadi pengusaha, kini mulai mengubah ‘haluannya’.

    Hal tersebut diungkapkan Dahlan di depan para alumnus dan pascasarjana Intitut Teknik Bandung (ITB) dalam ‘A Leadership Night’ Alumni ITB, di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa malam (24/1/2012).

    Dahlan pun menceritakan awal mula tekadnya menjadi pengusaha. Menurutnya, hal itu dipicu oleh minimnya jumlah pengusaha besar di Jawa Timur, namun politikus besar sangat banyak.

    “Dulu saya hanya ingin jadi pengusaha, karena di Jawa Timur jumlah pengusahanya sedikit, bahkan kalah dengan di Lampung dan Sulawesi,” kata Dahlan.

    Bahkan menurut Dahlan, justru di Jatim jumlah politikus besarnya sangat banyak sekali.

    “Sebut saja Tri Soetrisno dan lain-lain, bahkan Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) asalnya dari sana, banyak sekali,” ujar mantan Direktur Utama PT PLN ini.

    Namun Dahlan mengaku tekad tersebut saat ini berubah, yang dulunya tidak mau terjun ke ranah politik sama sekali.

    “Dulu saya bertekad tidak akan mau masuk ke politik, saya ingin fokus ke pengusaha, bahkan dulu saya sempet ditawarin jadi calon Gubernur di Jatim, tapi saya tolak, tapi tekad itu saat ini berubah,” kata Dahlan tanpa melanjutkan lagi kata-katanya.

    Memang Dahlan malam itu tidak melanjutkan kata-katanya terkait tekadnya yang berubah tersebut. Namun apakah ucapannya tersebut menandakan mantan CEO PT Jawa Pos Grup ini akan segera terjun ke ranah politik, kita tunggu saja, khususnya di 2014 nanti.

    (qom/qom)

    Posted by Jend. Naga Bonar | 25 Januari 2012, 3:41 pm
    • kalau asumsi saya maksud Pak DI di sini ya jabatan yg sekarang di embannya itu adalah jabatan politis, kan jabatan menteri= jabatan Politis ?! bukan berarti beliu bersedia atau tekadnya sudah berubah walaupun sudah di gadang² jadi RI 1.

      Posted by erust | 25 Januari 2012, 5:37 pm
  108. kita sudah mendengar selama ini bisingnya BUMN diperebutkan, tugas bapak DI memang berat salah2 malah bapak bisa kecemplung semoga jangan sampai kejadian.

    saya punya kesan (maaf kalau salah) bapak dalam kondisi nothing to loose, sehingga bukan manteri lagi yang bapak incar ( InsyaAllah bapak sudah sangat berkecukupan) tetapi ibadah bagaimana berbuat banyak yang bermanfaat bagi rakyat dan bangsa ini, karena bapak merasa sangat bersyukur masih diberi kesehatan dan kesempatan oleh Allah.

    Kesan saya ini adalah sangat subjektif kalau hanya ditujukan kepada bapak saja seharusnya semua termasuk saya selama umur masih ada sebaiknya berbuatlah kebajikan, amanah selama umur kita belum EXPIRED.

    Tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk me-reformasi BUMN tetapi kalau tidak ada yang mulai dengan gebrakan akan menunggu kapan lagi ?. banyak sekali harapan yang terlanjur diletakan di pundak bapak oleh masyarakat untuk perbaikan dan kemajuan BUMN. Tangan besi ? kadang diperlukan dalam artian positif.

    bapak DI selalulah waspada dan eling bahwa kekuasaan yang ada bisa menjadi racun yang mematikan,
    Barakallahu Fiikum–God Bless You.

    Posted by Budi Darmawan | 25 Januari 2012, 3:59 pm
  109. Sudah menjadi tabiat bawaan dari jaman Belanda dulu, bahwa tokoh-tokoh yang berintegritas dan mempunyai jiwa nasionalis tinggi, contohnya Bung Karno dan Bung Hatta yang diasingkan jauh-jauh dari rakyat yang dipimpinnya. Dikucilkan di suatu pulau antah berantah yang nun jauh disana.

    Ini pun menjadi tabiat turunan bagi para petinggi-petinggi di Indonesia di era saat ini, mereka-mereka yang bersebrangan pemikiran dan pandangan dengan para petinggi-petinggi ini, seringkali diasingkan dan dikucilkan di suatu kotak/unit, istilah populernya *dimasukkan kotak* menjadi kelompok-kelompok minoritas.

    Apabila Bapak sedang mencari orang-orang yang mempunyai integritas, seperti yang Bapak tulis di atas, mungkin dapat Bapak searching di unit-unit yang tidak strategis ini. Unit-unit ini ibaratnya pulau-pulau antah berantah nun jauh di sana dimana mereka-mereka yang berada di *pulau-pulau* ini dikucilkan dan menjadi tidak eksis di perusahaannya.

    Silahkan searching-searching Pak!… mudah-mudahan petinggi-petinggi BUMN yang baru nanti adalah orang-orang yang amanah & istiqomah atas tugas & tanggung-jawab yang dibebankan di pundaknya. Amiinn…

    Posted by AstrAdikA! | 25 Januari 2012, 4:59 pm
  110. aku sudah merasakan tangan dinginmu……ruarrrr biasa…..mudah2an yang kena tangan dinginmu lagi-lagi juga menjadi ruarrrrrr biasa. Salam hangat boss maju terus GBU.

    Posted by agus hariyono | 25 Januari 2012, 8:14 pm
  111. Indonesia sangat membutuhkan sosok spt Bapak…teruskan pak, kita satu typikal dalam menjalani hidup khususnya dalam bekerja pak Dahlan , salut kepada Bapak

    Posted by saidina daud bantayan | 25 Januari 2012, 8:17 pm
  112. Memang Bpk beda dengan pejabat RI yang lain, kalo Bpk pakai ipad memang wajar untuk mengisi waktu luang untuk blogger seperti ini. Kebetulan saya kenal dengan Dahlan Harahap makanya numpang blogging Bpk agar dapat mendoakan menemukan 15 Dahlan lainnya di BUMN perkebunan menjadi dirut sehingga dapat setara dengan perusahaan di IHSG.

    Posted by Piau | 25 Januari 2012, 8:41 pm
    • Pak Piau, kasih tau Pak DH mau aja klo dipasang Pak DI sebagai direksi di salah satu perkebunan, itung itung membantu Pak DI mengemban tugas negara seperti harapan pak Piau yg mengharap adanya 15D. Ayo Pak Piau jangan ditunda.

      Posted by erust | 25 Januari 2012, 9:44 pm
  113. No Coment,,setiap baca laporan mingguan pak Diz seakan-akan tdak bisa berucap…yg ada hanya kata Alhamdulilah….ternyata Tuhan masih memberikan kekuatan,kesehatan dan limpahan rahmat pda bpak yg berpikir’ny paling Rasional di antara bapak-bapak pejabat yg lain yg sudah Irasional…Pak Dizz…semoga limpahan rahmat dan hidayah dari Allah selalu menyertai setiap tindakan,langkah dan keputusan yg bpak ambil.kami percayakan mimpi-mimpi kami,harapan dan setitik asa yg masih tersisa dlam relung hati kami masyarakat Indonesia.bahwasanya ada juga Manusia-Manusia Pilihan Tuhan yg bisa memberi kami contoh,harapan dan motivasi untuk kehidupan yg lebih baik kelak di negara Ini…semoga tetap sehat pak Dizz…salam Diz’mania

    Posted by wahyu | 25 Januari 2012, 10:47 pm
  114. benar sekali pak Orang yang integritasnya baik biasanya juga akan memilih orang yang integritasnya baik begitu juga sebaliknya orang yang integritasnya buruk pasti akan memilih orang yg integritasnya buruk juga dan biasanya selalu ditambahkan dengan deal-deal tertentu, saya kirapun itu tidak hanya terjadi pada level direksi pak, level bawahpun sama…bahkan bisa lebih parah….itu yg terjadi ditempat saya bekerja, walaupun saya hanya outsource di salah satu BUMN terbesar…tp saya tau pak, ujung2nya ya orang2 yg vokal dalam hal positif jadi tersingkirkan dan dampaknya kondisi dan situasi kerja jadi tidak menyenangkan…begitu besar pak dampak yg ditimbulkan sampai level paling dasar jika salah memilih orang…

    Posted by fajar | 26 Januari 2012, 8:14 am
  115. Sekalipun terganggu dengan suara bising, tak ada cacian atau makian terhadap mereka yang membuat “bising”,lagi-lagi bukti sebuah akhlak yang luarrr biasa..
    Bukan saatnya memaki… ayo bekerja!!

    Posted by rahmat | 26 Januari 2012, 8:45 am
  116. selalu mengharapkan dan erindukan sosok2 pemimpin seperti bapak di negeri in. Semoga ALLAh dan Rosul meridhoi setiap langkah yang Bapak ambil intuk kemajuan negeri ini..
    Bravo pak….

    Posted by tata imoet | 26 Januari 2012, 10:04 am
  117. pak bos mau masuk politik, baikkah itu??

    Posted by yudex | 26 Januari 2012, 11:00 am
  118. Pak Dahlan yang baik,

    Andalah yang di butuhkan ibu pertiwi saat ini, – tidak – bahkan seluruh Zaman membutuhkan anda, karena prinsip anda dalam menilai orang adalah benar2 menyentuh “fondasi dasar” dari kekuatan membangun yaitu “integritas/akuntabilitas” .. Kejujuran adalah dasar dari semua sifat baik”., bukan karena lobby, propaganda yg ambisius dari para ‘petualang semu”. Saya berdoa semoga pencarian terhadap “permata-permata tersembunyi” anak negeri, dapat anda temukan bahkan dalam “tujuh samudra” yang terdalam sekalipun..Biarlah pesan bapak yang sangat “keras” ini “menggetarkan lutut-lutut” mereka yang pecundang. Semoga kekuatan Tuhan selalu melindungi bapak…salam

    Posted by ajul | 26 Januari 2012, 11:13 am
  119. Bapak memang orang indonesia yang mau jabatan tuch, untuk mendapatkan jabatan rela berkorban jiwa raga dan mau melakukan segala hal yang bisa meluluskan keinginanya hanya untuk 1 kursi Jabatan. dan cenderung apabila sudah menjabat, membuat suasana kerja terkotak kotak. dengan memilih orang yang nurut dan mau dikorban apabila ada kasus yang menyangkut hasil keputusannya.
    Coba Orang ga konyol. Orang yang mau jabatan sampai melobi keluarga pak dahlan. Apakah itu mencerminkan bahwa suatu jabatan akan menjadi amanah.
    Orang yang meengingikan jabatan sampai harga dirinya direndahkan dengan melobi dan mengirimkan sms menjelekkan rival nya.
    Memang hanya ada di Indonesia.

    PAK DAHLAN ANDA LAYAK MENJADI PRESIDEN TAHUN 2014

    Posted by yudo | 26 Januari 2012, 11:23 am
  120. saya suka sama istilah bapak.. yang soto enak dicampur rawon enak hehehe.. percuma ya pak jadinya..

    Posted by atika | 26 Januari 2012, 11:53 am
  121. Keikhlasan berpikir dan bertindak versi Pak Dahlan Iskan. Inspiratif. Indonesia masih kekurangan orang-orang seperti ini.

    Posted by Pidie Mood | 26 Januari 2012, 12:29 pm
  122. Dahlan Iskan Merasa Sukses Berkat Insting dan Leadership Kuat
    Rista Rama Dhany – detikFinance

    Jakarta – Di depan ratusan alumni dan pascasarjana Institut Teknologi Bandung (ITB) Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan buka-bukaan soal rahasia suksesnya. Ia merasa semua keberhasilannya saat ini dikarenakan insting dan leadership yang kuat.

    “Karena insting saya sukses jadi enterpreneur, karena leadership yang kuat saya berhasil pimpin birokrasi di PLN (perusahaan Listrik Negara) yang padahal merupakan perusahaan yang dulunya sangat saya benci sekali dan itu berhasil, dan saat ini saya lanjutkan di BUMN,” ujar Dahlan, dalam acara ‘A Leadership Night’ Alumni dan Pascasarjana ITB, di Hotel Bidakara, Selasa malam (24/1/2012).

    Menurut Dahlan, insting didapat bukan belajar di SD, kuliah atau berguru sama orang, tapi insting ada dan kuat karena pengalaman.

    “Bagaimana orang serius akan setiap yang ia jalani, khususnya dalam pekerjaan. Dikatakan serius jika orang tersebut sungguh-sungguh dalam mengerjakan pekerjaannya,” katanya.

    “Bagaimana indikatornya sungguh-sungguh? Orang tersebut akan sangat fokus mengerjakan, jatuh dia bangkit lagi-coba lagi, bahkan sampai ada interkoneksi dengan alam bawah sadar, bahkan kalau perlu sampai bisa ngigau,” imbuh Dahlan.

    Dari situlah insting ada, dan dari pengalaman kata Dahlan, insting tersebut makin terasah. “Insting yang banyak menentukan keberhasilan saya mengelola perusahan media,” terang Pengagum Eric FH Samola dan Goenawan Mohamad ini.

    Dari keberhasilan itulah leadership dirinya kuat dan muncul, sehingga didaulat menjadi Direktur Utama PLN. Padahal waktu itu, Dahlan mengaku tidak ada gambaran menjadi Dirut PLN.

    “Saya katakan ke Pak Presiden (Susilo Bambang Yudhoyono), kalau memilih saya jadi Dirut PLN, bapak akan dimarahi orang, ya kan?, karena saya bukan orang listrik, saya bukan jurusan teknik. Namun Bapak Presiden bilang, yang saya (kata Presiden) butuhkan dari saya hanya leadership, bukan orang listrik,” ungkap Dahlan.

    Akhirnya, atas dorongan tersebut, dirinya mengambil keputusan untuk memimpin PLN yang dulu sangat dibencinya, dan menklaim apa yang dilakukannya di PLN berhasil dengan baik.

    “Saya berhasil dan hasilnya baik, dan atas hasil tersebut yang membawa saya dipercaya lebih oleh presiden memimpin BUMN,” tandas pria kelahiran Magetan, Jawa Timur, 17 Agustus 1951 itu.

    (qom/qom)

    Posted by Jend. Naga Bonar | 26 Januari 2012, 6:13 pm
  123. aq pendukung DIS for President didampingi JokoWi… indonesia akan berkibar seantero jagat

    Posted by nainai | 26 Januari 2012, 8:32 pm
  124. Pak Dahlan, kemaren waktu ketemu sama Pak Nazaruddin piye ceritane, hebat tuh Nazzarudin, sekali call, Dahlan Iskan langsung meluncur datang, ketemuan deh…eh ini bukan saya yang bilang ya…Pak Dahlan sendiri yang bilang tuh, waktu di Jakarta Lawyers Club hehehe

    Posted by Dedi | 27 Januari 2012, 2:36 am
    • dah disebutkan d acara itu Mas, yang call bukan si nazaruddin, tapi temannya nazaruddin, dia ngajak makan siang, pas Pak Dahlan Iskan kesana si nazarudin juga datang dan kata Pak DI dia itu sok akrab ngakunya udah kenal lama, padahal Pak DI kenal ya pertemuan baru itu, lihat dan dengarkan dengan teliti Mas, kalau nggak percaya aku ada rekamannya, atau cari di youtube

      Posted by tiks | 27 Januari 2012, 5:49 am
  125. Tetap Semangat Pak Is,
    Indonesia berharap sosok yang berINTEGRITAS & berANTUSIAS seperti Bapak.
    Sifat Kepartaian dan mengagungkan PARPOL hanya memuaskan dahaga sekelompok golongan.
    Rakyat sudah muak dengan praktik2 yang diklaim sebagai PRO RAKYAT yang nyatanya adalah MEMBODOHI RAKYAT.
    Tetap berjuang Pak semoga Tuhan selalu meneguhkan langkah dan menjaga Anda.

    Salam Hormat

    Posted by Dwi Wasono | 27 Januari 2012, 9:00 am
  126. Ternyata bising banget ya Pak.., untung Pak Dahlan sudah berpengalaman bagaimana cara “menutup kuping” dan teteap berkonsentrasi. Semoga selalu konsen dan tidak terpengaruh dengan bisingnya upaya mengusung Bp sebagai capres dari berbagai partai, karena negara dan rakyat lebih membutuhkan konsentrasi kerja Bp

    Posted by indra | 27 Januari 2012, 10:04 am
  127. Pengalaman saya sebagai Account Management dari sebuah perusahaan Telekomunikasi dengan client PTPN IV selama 8 tahun merupakan suatu yang sangat berharga, Bp Dahlan Harahap selaku CEO PTPN IV adalah seorang yang arif dan mau menerima masukan. Beliau banyak melakukan perubahan budaya (Change Management) di perusahaan tersebut, dan mau menerima masukan terhadap hal yang positif.
    Saya tidak heran beliau menolak ajakan bapak, inilah memang tipikal seorang koleris sejati yang memiliki pendirian hidup. Perihal topik ‘Pergantian direksi yang sangat bising’ merupakan budaya politik bukan budaya perkebunan yang saya ketahui.
    Suatu cerita CEO suatu perusahaan PMA yakni Socfindo pernah ke suatu estate dan meminta kepada manejer setempat membawanya ke blok dari estate tersebut, serta merta sang estate manejer memerintahkan supirnya untuk menuju lokasi tsb. Tapi CEO tsb berkata : No… You drive not him….. Ada 2 result dari peristiwa tersebut, jika sang manejer tidak menguasai maka SK pencopotan besok lgs keluar…..hiks..hiks, Dan jika sang Manejer menghayati tugasnya maka itu adalah hal yang mudah bagi ybs….

    Question Mark…., Apakah budaya politik tsb sampai ke estate, jika ya maka manejer bodonglah yang akan duduk…

    Demikian pak komen saya..

    trim’s

    Posted by Obed CAM | 27 Januari 2012, 11:34 am
  128. nge-like banget dengan baris terakhir catatan pak Mentri….:)

    Posted by Reni Indrastuti | 27 Januari 2012, 12:49 pm
  129. integritas dan antusias, dua hal yg bisa dilihat setelah dijalankan dan terbukti bertahan terhadap semua terpaan dan godaan serta memberikan dampak nyata. Seperti juga berlian, emas akan berkilau dan dapat dilihat setelah periode waktu panjang dalam gemblengan bumi. Jadi yang pasti Pak DIS tidak akan menerima orang yg tiba-tiba jadi baik, jadi sok pahlawan (hal-hal ini yg membuat bising dan berisik) atau tiba-tiba dititipkan untuk jadi pilihan (bukan begitu Pak DIS?).Maju terus Pak DIS, temukan mutiara-mutiara bangsa ini untuk menjadi agen-agen perubahan di negeri tercinta ini, Damai negeriku, sejahtera bangsaku, adil makmur dalam damai sejahtera. Tuhan memberkati Bapak dan keluarga. Amin

    Posted by Roberts Suryatno | 27 Januari 2012, 2:25 pm
  130. kata pak Dis, kalau mau jadi pemimpin yang baik, kita harus bisa menjadi pegawai yang baik, pegawai yang bisa bekerja dengan baik dan kritis.
    Sekarang pak Dis kan sudah menjadi pegawai (pegawai presiden) yang baik…. maka, harus mau dong menjadi pemimpin yang baik pada 2014. hehehe…………….
    Insya allah.

    Posted by qohar | 27 Januari 2012, 2:52 pm
  131. perubahan kinerja BUMN ke arah yang lebih baik sedang berlangsung.mari kita dukung sepenuhnya,langkah yang telah dilakukan oleh pak dahlan.karena dengan berubahnya kinerja bumn kearah yang lebih baik, berarti masyarakat akan mendapatkan keuntungan dari kinerja tersebutSalut buat pak dahlan, semoga tuhan memberi kekuatan,kelancaran dalam bekerja dan kesehatan untuk pak dahlan.Amin,amin,amin.

    Posted by antok | 27 Januari 2012, 5:19 pm
    • Yok BUMN itu kita akronimkan dari sebuah doa Berkahilah Usaha Memakmurkan Negeri, Isilah dengan kearifan lokal yang cukup banyak kita punyai sebagai Bangsa. Kembalilah ke Pangkuan Ibu Pertiwi yang belum berhenti menangis. …..Buktikan bahwa didada kita tersimpan gelora cinta kepada tanah air Indonesia…..yahya Citarum 35 bandung

      Posted by M.Yahya Arwiyah | 12 Februari 2012, 6:58 pm
  132. khusus untuk pemilihan calon Direktur Telkom kalau bisa yang betul-betul mengerti tentang apa itu telekomunikasi dan juga orang yang pintar dalam hal-hal riset Pak Dahlan Iskan, soalnya negeri Indonesia ini masih tertinggal telekomunikasinya karena hanya mengandalkan jaringan buatan luar negeri seperti 3G atau 4G, seharusnya juga dibarengi dengan QoS-nya (Quality of Service) seperti komputer server yang betul-betul bisa menghandle lalu lintas data, saya mau melihat Direktur Telkom nanti yang benar-benar mengerti tentang pekerjaan dan permasalahan di dalam Telkom. Terimakasih Pak Dahlan Iskan semoga Bapak gak kebisingan lagi

    Posted by Muhammad Nur Adnan | 27 Januari 2012, 9:52 pm
  133. maju terus, Pak Dahlan Iskan! kami mendukungmu untuk senantiasa memilih orang-orang yang terbaik!

    karena cuma dari orang-orang baik dan cara pemilihan yang baik, maka budaya perusahaan yang baik-baik dapat turut lahir di BUMN kita tercinta ^_^

    Posted by ikhwanalim | 27 Januari 2012, 10:51 pm
  134. kalau istilah jawa “pathil nyantol pathil” seseorang yang berjiwa integritas tinggi mestinya akan memilih teman yang sefaham dengan jiwanya, semakin banyak orang2 yang mengingkan negra ini maju, insya Allah dalam waktu tidak lama lagi Indonesia menjadi negra yang makmur sentosa, he3 biar gk jadi TKI lagi :)

    Posted by muthawif online | 28 Januari 2012, 3:42 am
  135. Semoga segera menemukan orang2 yang Bapak maksud yah dan semoga mereka semua dapat menjalankan tugas dan amanat yang diberikan dengan baik. Sukses untuk Bapak dan tim..

    Posted by ita | 28 Januari 2012, 6:18 am
  136. Semoga istiqomah pak, kita butuh orang2 yg peduli dg bangsa ini jangan biarkan ibu pertiwi menangis terlalu lama..Semoga Allah senantiasa bersama Bapak….

    Posted by rusdi | 28 Januari 2012, 6:21 am
  137. Dibalik semua kebisingan di negara tercinta ini. Saya berharap akan lebih banyak lagi orang2 dan generasi penerus yg mempunyai sikap ,cara berfikir dan pribadi seperti pak Dahlan iskan.

    Sukses pak dahlan!

    Posted by Reko | 28 Januari 2012, 8:59 am
  138. tong kosong bising bunyinya…semakin bising semakin jelas kalau dia tidak bermutu…n udah tepat kalu pak dahlan tidak usah mendengarkan mereka….

    semoga Allah memberikan kemudahan kepada bapak untuk menemukan orang2 yang terbaik untuk membawa BUMN dan negeri ini lebih baik…

    Posted by aris kurniawan | 28 Januari 2012, 10:28 am
  139. seandainya nazaruddin bisa lebih bising daripada kebisingan pergantian kepala bumn, tentu kita akan lebih terhibur..

    Posted by mumu | 28 Januari 2012, 12:01 pm
  140. kami bangga pak punya mentri BUMN seperti pak Dahlan Iskan. semoga dibawah kepemimpinan bapak Perusahaan BUMN.semakin maju pesat.amin ya robbal alamin. dari karyawan pimpinan PTPN 5

    Posted by ahmad zufri kastiar | 28 Januari 2012, 6:22 pm
  141. kami bangga memiliki mentri Bumn seperti pak Dahlan Iskan. semoga dibawah kepemimpinan Bapak BUMN-BUMN yg ada di Indonesia semakin maju. dari karyawan pimpinan PTPN 5

    Posted by ahmad zufri kastiar | 28 Januari 2012, 6:40 pm
    • Pak Dahlan, ya menganjurkan agar orang-orang yang baik itu disediakan tempat khusus. Setuju juga diumumkan agar, apabila ternyata dibalik kebaikannya ternyata menyimpan sesuatu, maka akan ada inputan pembersih. Orang baik masih cukup banyak di negeri tercinta ini. Hati-hatilah dengan orang yang pura-pura baik dan berteori dan berteriak dengan lantang tentang kebenaran yang Bapak bentang.
      Padahal orang itu menyimpan sesuatu yang justru harus kita tentang. Saya setuju Bapak nggak usah terlalu percaya pada orang yang rajinnya hanya berteori dari pendapat orang lain. Akan tetapi orang seperti yang Bapak contohkan dalam tulisan Bapak adalah figur yang membentang dan melaksanakan teori.
      Awas Carmuk alias kumrac, berbahaya .
      Saya setuju Bapak cari orang yang tepat buat telkom yang sejarahnya kini diuji dengan berbagai hal, yang merupakan National telcom flag ingin dibenahi tetapi belum ketemu herbal mujarab untuk menjamin tidak akan menjadi kenangan indah . Kalau perlu buat pengumuman dengan syarat punya integritas dan antusias, kemudian umumkan siapa yang berminat menjadi penguji fit dan proper, tapi sebelumnya orang ini disaring dulu melalui opini publik secara terbuka.
      Saran lainnya, tulisan bapak yang indah jangan “dilengkapi” dengan mengejek orang lain, biarlah bersih sampai akhir…. Bagaimanapun keluarga mereka pasti akan teriris hatinya bila menerim kenyataan bahwa terbukti telah bertambah orang yang ikut menghukum mereka …. Wallahu alam bissawab ….. yahya citarum 35 Bandunbg.

      Posted by M.Yahya Arwiyah | 12 Februari 2012, 5:58 pm
  142. Semoga Suara bisiing ini menjadi irama yang merdu bagi PTPN

    Posted by Andri widiyanto | 28 Januari 2012, 8:01 pm
  143. Reblogged this on Gadeblazz and commented:
    Ketika BUMN akan ada pergantian pemimpin, seperti ada perang dan perkelahian hidup dan mati… Pak Dahlan Iskan memberikan gambaran yang jelas apa yang terjadi ketika akan ada pergantian pemimpin di BUMN ini. Apa lagi ini adalah BUMN yang strategis seperti Telkom dan juga 15 perusahaan perkebunan. Betapa inginnya mereka memimpin, dan kita hanya mendapatkan sedikit gambaran kenapa mereka ingin sekali menjadi pimpinan… sepertinya bukan soal Amanah.

    Posted by Gadeblazz | 28 Januari 2012, 9:18 pm
  144. pak is semoga selalu diberikan kesehatan oleh ALLOH SWT.
    indonesia harus bisa.

    Posted by tasirfanna | 29 Januari 2012, 7:01 am
  145. Dahlan Iskan Tersinggung, RI Harus Impor HP Termasuk Dus-nya

    Surabaya – Indonesia hingga saat ini masih menjadi surga bagi handphone (HP) impor. Hal ini karena industri lokal enggan untuk merakit HP di dalam negeri akibat tingginya pajak impor komponen.

    “Pajak HP impor lengkap dengan dus-nya yang masuk ke Indonesia adalah 0 % sedangkan pajak komponen HP 10 %. Padahal itu HP utuh tapi nggak ada pajaknya,” kata Dahlan Iskan dalam sambutannya dalam acara peresmian PT Pelindo Marine Service (PMS) sebagai anak perusahaan PT Pelindo III di Jalan Prapat kurung, Jumat (27/1/2012).

    Ia pun sangat heran dengan ketidaklogisan pajak bea masuk impor tersebut. Adanya pajak pajak 10 % untuk komponen, secara otomatis industri HP dalam negeri akan berpikir seribu kali untuk merakit.

    Dahlan mengaku pernah menginstruksikan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) untuk mencoba meproduksi HP. Tetapi pajak tersebut menjadi masalah sehingga kalah bersaing dengan HP impor.

    “Atas permasalahan itu kemudian saya mendatangi menteri keuangan. Saya katakan ke beliau bahwa nasib saya ada di tangan beliau. Saya meminta agar pajak komponen HP ditiadakan atau 0 %,” tambah Dahlan.

    Gayung pun bersambut, Menteri Keuangan Agus Martowardojo menjanjikan akan segera meniadakan pajak terhadap komponen HP. Dahlan mengatakan bahwa 75 % kesuksesan BUMN ditentukan oleh kementrian BUMN.

    “Nggak apa apa lah HP-nya impor, tetapi saya tersinggung masa karton (dus/box) HP-nya juga impor,” tandas Dahlan.

    http://finance.detik.com/read/2012/01/27/212812/1827656/1036/dahlan-iskan-tersinggung-ri-harus-impor-hp-termasuk-dus-nya

    Posted by caderkeren | 29 Januari 2012, 7:54 am
  146. Dahlan Iskan Atur Kesediaan Gas untuk PT PIM

    Jum`at, 27 Januari 2012

    Jakarta – Dalam waktu dua jam, tiga badan usaha milik negara (BUMN) sektor energi menelurkan empat kesepakatan dalam proyek strategis. Ketiganya adalah Pertamina, Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Perusahaan Gas Negara (PGN).

    Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, tiga BUMN tersebut dikumpulkan setelah rapat kerja BUMN, untuk membahas empat masalah krusial di sektor energi Indonesia.

    ’’Pertama, soal gas LNG receiving terminal Medan, la lu gas PIM (Pupuk Iskandar Muda), pipa gas Trans Jawa, dan pengembangan geotermal,’’ujarnya setelah acara rapat kerja BUMN di Jakarta kemarin (24/1).

    Dalam pertemuan kemarin, bertemu Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan, Direktur Utama PT PLN Nur Pamudji dan Direktur Utama PT PGN Hendi P. Santoso.

    Menurut Dahlan, untuk LNG receiving terminal di Medan, tiga BUMN sepakat untuk mempercepat pengerjaannya. ’’Proyek ini harus jalan, nanti ditangani PGN. Targetnya, pertengahan 2013 harus sudah selesai,’’ katanya.

    Untuk gas PIM, lanjut Dahlan, ada dua ide. Pertama, menghidupkan kembali LNG Arun. Namun, setelah dikaji, biayanya tinggi hingga USD 11 per mmbtu. ’’Jadi, dari sisi Pertamina tidak ekonomis dan dari sisi PIM juga terlalu mahal,’’ ucapnya.

    Karena itu, solusi yang diambil adalah skema pasokan gas ke PIM akan diambilkan dari lapangan milik ExxonMobil di Aceh yang selama ini diekspor sebanyak 150 juta kaki kubik per hari (mmscfd).

    Selanjutnya, kewajiban ekspor akan di-swap dari LNG Bontang. Kesepakatan ketiga terkait pipa gas Trans Jawa. Dahlan mengatakan, Pertamina dan PGN sepakat untuk mempercepat pengerjaan pipa gas yang membentang sepanjang Pulau Jawa tersebut. ’’Dalam 18 minggu, skema pengerjaannya harus sudah selesai. Tunggu saja, akan ada kejutan dalam proyek pipa gas Trans Jawa ini,’’kata Dahlan.

    Kesepakatan keempat terkait dengan proyek geotermal atau panas bumi. Menurut Dahlan, selama ini proyek geotermal sering terkendala masalah produsen listrik panas bumi yang ingin menjual dengan harga tinggi, sedangkan PLN ingin membeli dengan harga rendah. ’’Nah, biar sama-sama untung, nanti anak usaha Pertamina di bidang geothermal (PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), Red) akan menjadi milik bersama oleh Pertamina dan PLN,’’ katanya.

    Bergabungnya Pertamina dan PLN itu diharapkan bisa mempercepat proyek listrik panas bumi yang selama ini berjalan sangat lambat. Bahkan, dua direksi sudah sepakat untuk segera mengeluarkan obligasi guna membiayai kebutuhan proyek yang mencapai Rp 10 triliun. ’’Obligasi ini rencananya diterbit kan tahun ini juga. Nilainya masih d i matangkan,’’jelasnya.

    http://www.theglobejournal.com/kategori/ekonomi/dahlan-iskan-atur-kesediaan-gas-untuk-pt-pim.php

    Posted by caderkeren | 29 Januari 2012, 8:33 am
  147. Atas tulisan ini tak cukup rasanya membacanya cuma 1x, kubaca & kubaca lagi dan gatel ingin komen lagi. :D Saya merasa ada yg sdkt berbeda nuansanya dan berpikir kalau pak Dis agak sedikit kewalahan jg berada di tengah2 situasi bising alias berisik spt itu. Dengan kualitas pribadi pak Dis, saya yakin pak Dis akan melakukan yg terbaik, namun situasinya tak sesedarhana itu kelihatannya. Budaya lama dan nuansa politik yg kental ini melibatkan banyak pihak dan rasanya sangat sulit utk orang biasa mengahadapi dan menyelesaikan persoalan ini, namun kami yakin pak Dis akan berusaha maksimal agar pengisian direksi BUMN sesuai dg kriteria yg disebutkan: INTEGRITAS & ANTUSIAS. Apalagi jika ada mekanisme lbh tinggi yg akan melibatkan atasan beliau yaitu Presiden & Wapres di TPA. Semoga warna pak Dis akan tetap kental disitu, tdk dikalahkan oleh bisikan2 setan yg ada di sekeliling kekuasaan. Tetap sehat & semanagt ya pak.. :)

    Posted by Aris Kadarisman | 29 Januari 2012, 10:30 am
  148. sya berharap ada org spt bpak dsetiap pmrintah daerah, n sya brusaha menjadi staff brintegritas tinggi dblkgnya…

    Posted by bebeks | 29 Januari 2012, 12:33 pm
  149. memang berat utk memimpin di bumn,krn di dalam penuh dg orang2 yg doyan kkn,,pengalaman sy waktu ikut tender di pln tanjung priuk klau menurut hitungan sy negara di rugikan hampir 5 m,coba kita hitung klau tiap ada tender penjualan ex besi tua di pln negara di rugi kan hampir 5 m,,tinggal kita hitung ada berapa pln di indonesia belum pertamina yg paling banyak besi tua nya,,
    andai pa dahlan bisa membentuk badan usaha yg bisa mengolah besi2 milik negara yg langsung kirim sendiri ke peleburan sy rasa itu suatu jurus jitu untuk mencegah kkn di tubuh perusahan BUMN,

    DAN BANYAK LG KKN YG TERJADI DI PERUSAHAAN BUMN DI BIDANG LIMBAH BESI TUA

    Posted by MOCH.ANWAR | 29 Januari 2012, 2:39 pm
  150. salut buat pa dahlan kita…

    seluruh besi tua yg ada di perusahaan BUMN di jual aja pa biar ada pemasukan utk negara.
    krn selama pengalaman sy bermain di bidang limbah besi tua banyak yg di sunat oleh para orang2 di lingkungan bumn tsb,
    pernah sy ikut tender pembelian besi tua di PLN TANJUNG PRIUK 8 atau 7 th yg lalu penuh dg permainan dr orang pln setempat atau pun dr panitia lelang,,yg klau sy hitung2 kerugian negara mencapai 5 m.
    itu baru pln belum pertamina,,pbrik gula,,,semua nya banyak bermain di saat penjualan besi tua,,

    ada baik nya bpa bentuk badan usaha utk pengolahan besi tua yg ada di seluruh perusahaan bumn.
    dg begitu bpa mencegah pegawai bumn utk melakukan kkn,,

    MAJU KAN INDONESIA INI BUNG DAHLAN,
    KAMI SIAP MENDUKUNG ANDA JADI PRESIDEN

    MOCH.ANWAR

    Posted by MOCH.ANWAR | 29 Januari 2012, 8:55 pm
  151. 081257766629

    Posted by MOCH.ANWAR | 29 Januari 2012, 9:01 pm
  152. manteb

    Posted by agungph | 31 Januari 2012, 6:36 pm
  153. Bismillah.

    Maju Terus Pak Dahlan, Maju Terus Saudaraku, semoga Allah memberkahimu. AMin

    Posted by abdul | 31 Januari 2012, 9:25 pm
  154. semoga Allah menjagamu saudaraku (Pak Dahlan Iskan)

    semoga Allah menetapkan keistiqomahan engkau pada agama-Nya

    semoga Allah memberikan jalan terbaik buat negara ini melalui engkau.

    Barokallahufiik.

    Posted by abu_niha | 31 Januari 2012, 9:28 pm
  155. klw pak dahlan jd presiden,bakalan jd aneh nantinya,masa presiden RI mau rapat paripurna harus ikut desakan naik naik kereta api dari istana kediamannya,lantas nanti nyambung lagi naik ojek dari stasiun ke gedung MPR “APA KATA DUNIA”

    Posted by omy999 | 1 Februari 2012, 4:18 pm
  156. SEMOGA DENGAN MATA HATI BAPAK AKAN TERPILIH DIREKSI BUMN PERKEBUNAN YANG BEBAS KKN, BEBAS DARI PEMBISIK PEMBISIK SEPERTI AQUA DWIPAYANA YANG SUKA MEMANFAATKAN KEDEKATANNYA DENGAN PEJABAT UNTUK MEMULUSKAN NAFSUNYA…

    Posted by Fansnya Dahlan Iskan | 2 Februari 2012, 11:13 am
  157. Reblogged this on Berbagi Dalam Kemuliaan Cinta-Nya.

    Posted by roeyani | 2 Februari 2012, 3:17 pm
  158. bapak bisa saja……….. bilang hiburan dari nazarudin……. hehe

    Tetapi salut dech buat bapak dan saya yakin bapak tidak seperti yang dituduhkan oleh nazarudin tersebut. :D

    Posted by aci | 5 Februari 2012, 10:51 am
    • Mas/mbak, saya justru nggak setuju ada kalimat tidak baik itu ada dalam tulisan yang baik .

      Saya anjurkan, agar pak dahlan kumpulkan orang baik seperti contoh di surabaya itu .
      Tapi nggak usah ada celetukan yang mengiris hati orang lain, biarlah orang yang bertugas dan diamanahi untuk melaksanakan hukum yang melaksanakan, jangan kita ulangi sikap mencampur adukkan semua urusan.
      Mudah-mudahan setuju ya …….. Yahya Citarum 35 Bandung @

      Posted by M.Yahya Arwiyah | 12 Februari 2012, 6:06 pm
  159. inspiratif, pak Dahlan!

    “Orang yang integritasnya baik biasanya juga akan memilih orang yang integritasnya baik.”

    Quote of the day buat saya hari ini, terima kasih pak!

    Posted by ibnuabialif | 8 Februari 2012, 11:30 am
  160. Kepada Bapak Dahlan Iskan di PLN yang pernah beliau pimpin, masih banyak oknum-oknum pegawai dan eks pegawai pejabat PLN yang berbisnis perbudakan Outsourcing atau pemerasan pekerjaan.Kenapa disevut perbudakan ya karena di PLN Outsourcing dan pegawai PLN jauh kastanya antara langit dan bumi itu tanpa melihat umur atau senioritas dan kompetensinya.Kalau di PLN outsourcing lebih kompeten daipada pegawai sudah tidak perhitungkan lagi karena outsourcing sapi perah pegawai.Nah bagaimana pak Dahlan Iskan menyikapi kebobrokan PLN yang mana pekerjaan outsourcing dan pegawai PLN sama-sama penting.Tapi hanya beda di kesejahteraan yang jauh sekali dengan pegawainya.Mengapa hal ini bisa terjadi di dunia kerja yang mengandalkan profesionalitas yang bisa dibilang sama antara pegawai dan outsourcingnya.Bagaimana menyikapi ini agar nasib kami-kami ini sama dengan pegawai karena kami juga bekerja keras untuk perusahaan dan beban itu sangat berat ditambah dengan klaim-klaim dari perusahaan outsourving yang tidak manusiawi seperti gaji tiap tahun turun , apa masuk akalkah itu sementara kebutuhan hidup dan harga barang kian meningkat naik.Mohon untk Bapak Dahlan SIkan menyelesaikan masalh outsourcing ini secepatnya dan membikin iklim yang sama-sama adil diantara kami semua karena kami semua sama-sama memajukan PLN untuk bisa go Public and Go For WCS.Terimakasih Telah mengerti kami.

    Posted by ahmad zubair | 11 Februari 2012, 3:03 pm
    • Ajukan saja datanya, agar menyelesaikannya juga bisa terarah dan siapa yang berbuat segera bisa dimintakan pertanggungjawaban, tentu bukan fitnah ya. O ternyata sulit membuktikan, kita kirimkan saja indikasinya .

      Posted by M.Yahya Arwiyah | 12 Februari 2012, 6:08 pm
  161. Buat Bapak dan Ibu yang Dipuji, kalau sama seperti saya beragama Islam, tolong ucapkan … Subhanallah…. Karena Pak Dahlan memuji untuk memberikan alat ukur terbuka tentang orang yang dinilainya wajar dijadikan contoh. Mari istiqomah …… Yahya Citarum 35 Bandung

    Posted by M.Yahya Arwiyah | 12 Februari 2012, 6:10 pm
  162. Yth pak Dahlan, skdr mensmpaikan laporan pdangan mata di bumn pkebunan tempat saya bekerja bhw sdh beredar nama kuat yg akan duduk di kursi nomor 1. N spt biasanya berbagai pihak di dlm lgsg merapatkan barisan entah utk mendekati si calon atau kepentingan apa. Yg jelas dr nama2 yg muncul jujur saja sulit utk memilih, paling2 hanya yg mendingan mengingat kondisi mslh prshn yg sdh sangat kronis. Mudah2an saja bapak bs memilihkan calon yg baik utk bumn2 perkebunan, mgkn bs lbh baik jika ada pertukaran pimpinan diantara bumn2 tsb shg ada pembaruan di sisi kepemimpinannya. Tks, mudah2an ini tdk bapak anggap sbg salah satu kebisingan, ini lbh kpd kegalauan sbg seorang kywn/ti yg insya allah msh peduli. Wass

    Posted by Lestari | 14 Februari 2012, 9:00 pm
  163. Semoga yang terbaik menurut pak Dahlan adalah yang terbaik menurut Allah, saya hanya dapat berdoa demikian.

    Perubahan di Indonesia memang memerlukan perjuangan yang tidak mudah.

    Selamat Berjuang Pak Dahlan,

    Posted by Helmy | 5 Maret 2012, 7:32 am
  164. semoga memilih orang yang tepat ya pak????? kalo di perkebunan yang diharapkan adalah orang yang tau kerja dilapangan bukan hanya pandai hitung persentase-persentasi semata atau pandai menjual-jual lebih penting adalah HISTORIA…”SEJARAH PERKEBUNAN ITU SENDIRI”……karena tantangan diperkebunan sangat berat!!!…..saya dukung anda maju terussssss….. sekali-kali lihat blognya “ANAK KEBUN” saya ya pak (ANAK KEBUN BLOG)…..http://www.cintaperkebunan.blogspot.com

    Posted by Prabudigunawan,ST,SH. | 6 Maret 2012, 9:51 pm
  165. Setuju pak mentri memang banyak Direksi BUMN kita yg perlu difanti dg yg jujur n berkinerja baik. Klu perlu dipilih yg kaya pak biar ga tergiur korupsi tp tetap harus profesional di bidangnya. U b karen punya bisniss smpingan ga pak spt halnya dg p murtaqi syamsudin.salut u bapak. Kami berharap bpk bisa ikut mencalonkan diri dlm pilpres 2014 agar Indonesia lebih baik lagi. Slm kerja keras

    Posted by taufiq gunanto muchrim | 24 Maret 2012, 12:50 pm
  166. salut deh!

    Posted by syahnan a kusuma | 27 Maret 2012, 1:24 pm
  167. Kalau boleh tahu, jumlah atau presentase direksi wanita di perusahaan BUMN berapa ya?
    Thanks

    Posted by Adinda | 28 Maret 2012, 10:07 am
  168. Reblogged this on hiraniblog.

    Posted by harisirani | 29 Maret 2012, 12:17 pm
  169. salut untuk bapak semoga bapak selalu dilindungi Allah swt. saya mau usul agar PT.POS juga diperbaiki karena sayang kalau PT.POS yang mempunyai jaringan yang luas tapi kurang dipercaya oleh masyarakat karena pelayanan yang tidak baik. padahal bisnis pengiriman barang sangat menjanjikan apalagi dengan marak nya penjualan online.

    Posted by idho | 30 Maret 2012, 9:20 pm
  170. god.. job… Mr. Dahlan Iskan Is The greatest man, so we need many peoples like Mr. Dahlan Iskan…… just go ahead.. trust your inner vission and don’t let other peoples change your own mind… you have made it… and now you send your best vissions to all BUMN.. .. you know.. the peoples need the one like you… so..take your time…. GodBless.. you.. yes..indeed…. Love From Me… Good Luck…….. and 2014 is yours…

    Posted by ihtiarinsan | 16 April 2012, 7:01 pm
  171. “soto enak yang dicampur dengan rawon enak” kata2 mengandung makna yang dalam..dan baru saya temukan dari tulisan Pak Dahlan…..tetap semangat membangun Negara Pak..kami selalu mendukungmu..

    Posted by WM | 18 April 2012, 4:34 pm
  172. Reblogged this on serulingsakti.

    Posted by ssmamaze | 22 April 2012, 7:17 am
  173. kita perlu pemimpin yang tidak memikirkan diri sendiri,tetapi lebih mementingkan orang lain,rakyat indonesia,berbuat kebaikan tanpa mengharapkan apa apa,mudah mudahan Allah SWT memberikan yang terbaik bagi bansa indonesia.maju terus pah dahlan , karena anda didukung oleah orang orang yang ingin melihat indonesia maju,dan menjadi negara yang makmur sejahtera lahir dan batin.

    Posted by achmad amron | 29 April 2012, 8:42 pm
  174. pa dahlan =disukai masyarakat,dibenci rekan . . Maju terus Pa Dahlan,jadikan pengusaha indonesia 5% pa .

    Posted by ahzar firdaus | 18 Juni 2012, 3:47 pm
  175. NAMA SAYA PAK ALEX DARI PAPUA, SAYA HANYA INGIN BERBAGI CERITAH DENGAN KALIAN,PENGGILAH TOGEL, AWALNYA ITU SAYA HANYA KULIT BAGUNANG, ANAK SAYA DUA,ISTRI HANYA PENJUAL NASI BUKUS, EKONOMI KAMI SANGAT PAS-PASAN, HUTAN TAMBAH MENUMPUK, ANAK SAYA JUGA MAU BIAYA SEKOLAH, SAYA AKHIRNYA ADA TEMAN LANSUNG KASIH NOMOR HP KY SIRONG KATANYA DIA BISA MEMBANTU ORANG SUSAH JADI SAYA LANSUNG HBU KY SIRONG DAN MENCERITAKAN SEMUANYA,TENTENG KELUARGA KAMI AKHIRNYA DI KASIH ANGKA GAIB [4D ,[ 7921 ]TEMBUS,DENGAN ADANYA KY SIRONG,SAYA SEKELUARGA BERSUKUR SEMUA UTANG SAYA LUNAS BAHKAN SEKARANG SAYA SUDAH BUKA USAHA SILAHKAN ANDA BUKTIKAN. SENDIRI, INSYA ALLAH ANDA TIDAK AKAN KECEWA BAGI YANG BERMINAT HUB KY SIRONG DI NOMOR INI ; 082 345 387 205 terima kasih…??
    Balas

    Posted by PAK KAHAR | 22 Maret 2013, 5:51 pm
  176. senin 22 juli 2013

    Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada
    AKY ALI telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami
    melalui angka togel SGP 4D alhamdulillah.
    betul2 jitu dan terbukti merubah hidup kami,
    berkat Bantuan mbah utang2 kami sudah lunas semua.
    dan kami bisa hidup mandiri bersama keluarga Kami.
    Jika teman2 ingin merasakan kemenangan di dalam bermain togel.
    hub AKY ALI di=> 0823_9433_4877
    ATAU KUNJUNGI BLOG KLIK DI SINI
    pasti anda mendapat rezeky

    =============================================================

    LANGJUT_SGP_senin 22_JULI_2013
    Ai :6,3,9,1
    Ak :4,1,3,5,9
    Ck :5,9,1
    UNTUK BOCORAN SGP 2D_3D_4D
    KLIK AJA BLOG DI BAWA INI

    http://ramalangangkaangkatop.webs.com

    Posted by sultan | 21 Juli 2013, 8:20 pm

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Pergantian Direksi yang Sangat Bising « Hendra Gunawan - 29 Januari 2012

  2. Ping-balik: PERGANTIAN DIREKSI YANG SANGAT BISING | pabrikgulasemboro - 1 Februari 2012

  3. Ping-balik: Bu Karen Agustiawan dan Pujian Pak Dahlan « muhsinbudiono - 4 Februari 2012

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.670 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: