>>
Anda sedang membaca ...
Pengalaman Pribadi Menjalani Transplantasi Liver

Datang Tawaran Liver Hidup dari Orang Muda asal Bandung

September 17, 2007
Datang Tawaran Liver Hidup dari Orang Muda asal Bandung

Pengalaman Pribadi Menjalani Transplantasi Liver (23)

Oleh:
Dahlan Iskan
iskan@jawapos.co.id

SAYA hampir kehilangan momentum. Kedatangan saya untuk antre transplantasi liver ini agak terlambat, meski belum fatal. Sebulan setelah saya menunggu, keluar peraturan baru: tidak gampang lagi pasien asing mendapatkan donor. Tapi, mestinya, saya belum terkena peraturan itu karena saya sudah mendaftar sebelum itu.

Pasien asing banyak yang gelisah. Dulu-dulunya, waktu menunggu sering tidak sampai sebulan. Saya pun datang dengan harapan seperti itu. Apalagi di lengan saya sudah dipasangi saluran infus sampai ke dada, sebagai persiapan transplantasi yang sudah dekat. Tapi, ternyata terhalang aturan baru itu.

Saya memutuskan sabar menunggu. Tapi, setelah dua bulan tidak juga ada tanda-tanda akan mendapat donor, saya ingin pulang dulu dua hari. Kali ini untuk menyelesaikan urusan di Kalimantan Barat. Saya merasa punya tanggung jawab yang belum saya penuhi.

Sebagaimana juga di Kaltim, saya ingin ikut mengatasi krisis listrik di Kalbar. Gubernurnya sudah sangat mendambakan turun tangan saya, mengingat krisis listrik di sana sudah berlangsung lebih dari lima tahun. Krisis listrik di Kalbar lebih parah daripada di Kaltim. Maka saya bersama gubernur dan Dirut PLN menandatangani MoU pembangunan PLTU di Pontianak.

Untuk menunjukkan keseriusan, saya langsung membeli tanah 20 hektare di lokasi yang paling cocok untuk itu. Juga melakukan perundingan dan penandatangan kontrak mesin-mesin di Tiongkok. Namun, beberapa waktu kemudian ternyata PLN melakukan tender untuk pembangunan PLTU itu, tanpa sedikit pun memberi informasi kepada saya bagaimana nasib MoU yang sudah dibuat.

Kami tidak mau ikut tender itu karena merasa PLN tidak beretika sama sekali. Dan lagi, saya memang tidak dalam posisi mencari proyek. Saya hanya ingin ikut mengatasi krisis listrik di Kalbar, sebagai awal dari membangun Kalbar lebih lanjut. Provinsi itu sangat kasihan. Tidak kaya sumber alam dan tidak punya proyek besar. Investor yang mau datang pasti mengeluhkan listrik.

Tender itu berjalan lancar dan itu memang proses yang benar. Tapi, pemenang tendernya, sampai tulisan ini dibuat, tidak ada tanda-tanda fisik mulai membangun PLTU. Berarti Kalbar kehilangan lagi waktu tiga tahun. Jelek sekali nasib Kalbar. Juga nasib (tanah) saya. Memang, suatu ketika, kira-kira dua tahun lalu, peserta tender ingin mengajak saya bergabung membangun PLTU tersebut. Tentu saya tidak mau kalau modal dia hanya selembar kertas izin. Dia juga menanyakan apakah tanah kami akan dijual. Tentu saja tidak. Kami bukan spekulan atau jual beli tanah. Kami serius membeli tanah tersebut untuk PLTU.

Memang bukan salah saya kalau sampai hari ini belum ada tanda-tanda konkret krisis listrik Kalbar akan teratasi. Tapi, setidaknya saya bertanggung jawab untuk mewujudkan sesuatu di sana. Terutama sebagai ungkapan terima kasih kepada masyarakat setempat bahwa koran kami di sana menjadi yang terbesar.

Karena itu, saya bertekad menggunakan dana yang sudah saya siapkan untuk PLTU ke proyek lain: perkebunan rakyat. Yakni, mengolah hasil pertanian rakyat yang selama ini harganya selalu hancur-hancuran di musim panen. Proyek itu harus berjalan. Banyak pengungsi Madura akibat kerusuhan etnis pada 1999 itu yang mulai bekerja di proyek ini. Saya harus datang ke sana untuk membuat keputusan yang terpenting.

Saat saya menyelesaikan urukan Kalbar itulah, sebenarnya ada donor yang potensial. Dokter mencari-cari saya apakah bisa membatalkan kepergian saya ke Indonesia. Tapi, saya sudah di atas pesawat. Tapi, beruntung bahwa ternyata donor potensial itu ternyata juga tidak cocok untuk saya.

Saya harus menunggu lagi entah berapa lama. Orang-orang Pakistan mulai mencari jalan sendiri. Yakni, mendatangkan donor dari negaranya. Yakni, donor orang hidup. Mereka mencari salah satu keluarganya, atau sukarelawan, yang mau menyumbangkan separo livernya untuk dicangkokkan ke pasien. Ini mungkin karena liver adalah satu-satunya organ tubuh yang kalau dipotong bisa tumbuh utuh lagi.

Hanya operasinya lebih sulit: Orang yang sehat dibedah, lalu livernya dipotong separo. Pada saat yang sama, si calon penerima (resipien) liver juga dibedah untuk membuang (seluruh) livernya yang sudah rusak. Setelah itu, potongan liver yang sudah dilepas dari tubuh pemiliknya ditanamkan ke tubuh si penerima.

Seseorang bisa hidup normal dengan liver yang hanya separo karena liver atau hepar atau hati adalah satu-satunya organ yang bisa tumbuh kembali dengan cepat. Berbeda dengan ginjal dan organ lain. Karena itu, sekali orang kehilangan ginjal, ya sampai meninggal, ginjalnya tetap satu. Beda dengan donor liver. Hari ini separo livernya didonorkan, besok pagi sudah tumbuh lagi. Dan dalam tempo tiga minggu sampai maksimal sebulan, liver yang dipotong itu sudah akan utuh kembali.

Dengan begitu, seorang donor juga tak perlu tinggal berlama-lama di rumah sakit. Hanya dalam tempo dua tiga hari pascaoperasi, dia sudah boleh latihan berdiri dan berjalan. Seminggu berikutnya dia sudah bisa beraktivitas lagi. Tapi, memang masih harus ekstrahati-hati karena tiga sayatan panjang bekas operasi di perutnya masih basah.

Lantas bagaimana nasib potongan liver yang sudah berpindah tubuh tadi? Ini pun tak perlu dikhawatirkan karena dalam tempo maksimal tiga bulan, potongan itu sudah akan tumbuh menjadi liver yang utuh sebagaimana orang normal. Karena itu, di negara-negara yang jumlah donor mayat (cadaver)-nya terbatas, livernya dibagi dua. Jadi, satu liver untuk dua pasien. Di Tiongkok, umumnya masih satu liver untuk satu pasien. Termasuk saya.

Menjelang transplantasi, Robert menemui keluarga-keluarga Pakistan itu untuk mempelajari bagaimana praktik cangkok liver dengan donor hidup. Dia menjadi amat yakin itu juga akan berhasil. Lalu mengajak salah satu pendonor ke kamar saya.

“Dia mendonorkan livernya dua minggu yang lalu,” kata Robert sambil menepuk bahu anak muda Pakistan itu. “Sekarang sudah jalan-jalan dan mau saya ajak ke sini,” tambahnya.

Anak itu sendiri, yang bahasa Inggrisnya bagus sekali, lantas menceritakan mengapa mau melakukan itu, mengapa berani, dan bagaimana kondisinya sampai saat itu. “Liver saya yang setelah dipotong tinggal 9 cm, sekarang sudah menjadi 16 cm lagi. Dua minggu lagi sudah kembali utuh seperti semula,” katanya. Lalu dia menunjukkan perutnya yang masih dibebat untuk mengeringkan luka akibat pembedahan.

Bagaimana dengan penerima livernya? “Bapak itu juga mulai baik. Liver saya yang di sana, yang semula hanya 11 cm, hari ini sudah 17 cm,” katanya sambil menggambar di papan tulis tentang bagaimana livernya tumbuh kembali, baik yang masih di dalam tubuhnya maupun yang sudah pindah ke tubuh orang lain.

Saya amat yakin dengan jalan itu. Saya juga memutuskan akan melakukannya. Saya tidak yakin bisa dapat donor utuh dalam waktu dekat. Saya harus berhitung dengan sirosis dan kanker saya yang sedang berlomba dengan waktu. Kalau saya menunggu terlalu lama, bisa jadi fungsi liver saya akan keburu memburuk. Dan, karena penurunan fungsi itu bisa merusak pertahanan tubuh saya, sel-sel kanker yang mungkin masih tersisa di liver saya bisa menyebar (metastase) ke mana-mana. Saya butuh melangkah cepat.

Mulailah saya melihat ke istri, anak-anak, dan keponakan-keponakan. Ternyata, tidak satu pun yang darah dan rhesus-nya sama dengan saya. Beberapa teman dekat yang siap mendonorkan separo livernya juga tidak ada yang cocok darahnya. Tapi, jalan tidak buntu. Tanpa kami cari, seseorang dari Jakarta menghubungi kami. Memberitahukan perihal seorang anak muda dari Bandung yang mau secara sukarela mendonorkan livernya. Darah maupun rhesus-nya cocok sekali dengan saya. Umurnya masih 32 tahun. Badannya yang tinggi tegap sangat sehat.

Anak muda itu mengatakan tidak menginginkan apa pun kecuali menyelamatkan nyawa saya. Apakah harus dengan mempertaruhkan nyawanya sendiri? Dia bilang, dia sudah menghitung risikonya. Mengapa dia begitu berani? Karena, dia bilang, dia ingin menebus penyesalannya yang tak sempat menyelamatkan bapaknya yang keburu meninggal sebelum tranplantasi dilakukan.

Tim kami segera ke Bandung melihat keadaan rumah tangganya. Semula kami memperkirakan harus membantu kehidupannya. Ternyata, dia cukup berada. Rumahnya baru, tidak kecil, di kompleks perumahan yang cukup mewah. Mobilnya juga masih gres dari merek yang tidak murah. Handphone-nya pun Communicator seri terbaru. Anak keduanya baru bisa berjalan. Sikap istrinya, di luar dugaan: Sangat mendukung keputusan suaminya.

Kami pun makin percaya bahwa tidak ada motif komersial di balik niatnya yang mulia itu. Tapi, saya sendiri juga masih berpikir, haruskah sampai mengorbankan nyawa orang lain? Tidakkah lebih baik saya menunggu dengan risiko tidak keburu sekali pun? Bukankah membuat keputusan melakukan transplantasi saja sudah tersirat tekad untuk mungkin mati?

Saya benar-benar sudah siap kalau harus mati. Saya punya filsafat tersendiri dalam menyikapi umur. Yakni, filsafat “intensifikasi umur”. Umur pendek tidak apa-apa asal penggunaannya sangat intensif. Sikap ini muncul, barangkali karena saya melihat kok ibu saya, kakak saya, paman-paman saya berumur pendek. Saya kurang melihat bahwa bapak saya dan kakak sulung saya berumur panjang sekali.

Tim kami terus mendesak agar saya jangan berpikir bahwa saya akan mengorbankan orang lain. Terutama Robert Lai. “Dia tidak akan jadi korban. Dia juga akan memiliki kembali livernya secara utuh,” kata Robert. Saya masih keberatan, tapi diam-diam tim kami terus menyiapkan saudara dari Bandung itu untuk siap berangkat ke Tiongkok. Dia juga menyatakan sudah siap kapan pun harus berangkat.

Bersamaan dengan persiapan pemberangkatan saudara dari Bandung itulah, ada kabar bahwa saya mendapatkan donor. Transplantasi pun dilakukan dengan cara membuang sama sekali hati saya yang lama dan menggantinya dengan hati baru made in 1985-an secara utuh. (Bersambung)

Diskusi

19 respons untuk ‘Datang Tawaran Liver Hidup dari Orang Muda asal Bandung

  1. I don’t drop many remarks, but i did a few searching and wound up here Datang Tawaran Liver Hidup dari Orang Muda asal Bandung | Catatan Dahlan Iskan. And I actually do have 2 questions for you if you don’t
    mind. Could it be only me or does it appear like some of these comments look like they are left by brain dead folks?
    😛 And, if you are writing on other online social sites, I’d like to follow anything new you have to post. Would you list of the complete urls of your public sites like your linkedin profile, Facebook page or twitter feed?

    Posted by Stock Market | 16 Juni 2013, 1:23 pm
  2. saya siap donor ginjal dan liver..
    butuh uang kelilit hutang.
    gol darah A.
    087823620091
    bandung

    Posted by erik | 20 Oktober 2015, 7:17 pm
  3. Alhamdulilah masih nyimak ini cerita abahhh

    Posted by tukangtamanminimalis | 9 April 2016, 3:18 pm
  4. saya ibu rumah tangga umur 37thn, gol O+ membutuhkan donor hati. bagi yg tulus membantu sy dg sukarela bisa hub saya si 082188072155, Email ayuswindari79@gmail.com

    Posted by Ardiana yuswindari | 8 Oktober 2016, 6:25 am
  5. saya pria 40 tahun gol darah B+ bermaksud akan mendonorkan hati saya, bagi yang membutuhkan hub 082240323226 email irvan.fandya@gmail.com teria kasih

    Posted by irvanfandya7 | 19 Februari 2017, 9:57 pm
  6. Adik saya laki membutuhkan liver donor usia 47 thn gol darah O dia mebutuh kan donor hati krn sakit chirosis mohon bisa contak saya Email bentoz@yahoo.com or WA 087731666627 terima kasih

    Posted by Indri | 16 Mei 2018, 8:47 am
  7. Bagi yg membutuhkan pendonor hati saya siap mendonorkanya golongan darah O+ usia 28 tahun..bisa w.a 087742037170

    Posted by rian | 19 Oktober 2018, 9:21 am
  8. yg membutuhkan donor hati saya siap umur 28 tahun golongan darah o rhesus positive 085213795215

    Posted by yana hendaryan | 6 Januari 2019, 9:29 am
  9. hubungi kami hari ini melalui email kami doctorelviswhyte@gmail.com atau whatsapp +2347083629144 jika Anda ingin menjual ginjal Anda untuk sejumlah besar uang

    Posted by Doctor Elvis | 5 Februari 2019, 7:01 am
  10. Apakah Anda ingin membeli Ginjal atau Anda ingin menjual Ginjal Anda
    ginjal? Apakah kamu
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda demi uang
    karena gangguan keuangan dan Anda tidak tahu harus ke mana
    lakukan, maka hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan Anda baik
    jumlah uang $ 400.000 dolar untuk Ginjal Anda. Nama saya adalah Dokter MOHAMMED
    Saya seorang Ahli Nefrologi di Rumah Sakit FRANCISCO. Rumah sakit kami
    mengkhususkan diri dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani
    membeli dan transplantasi ginjal dengan nafkah
    donor yang sesuai.
    Kami berlokasi di India, Turki, Amerika Serikat, Malaysia, Dubai
    Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal, harap jangan
    ragu untuk menghubungi kami melalui email.
    Email: franciscohospital1988@gmail.com

    Salam Hormat

    Posted by DR MOHAMMED | 25 Maret 2019, 7:47 am
  11. Donor Ginjal Dibutuhkan Segera

    Apakah Anda berhutang? Apakah Anda perlu mengumpulkan uang tunai untuk biaya perawatan kesehatan atau membayar utang atau dalam kondisi keuangan yang sulit? Tunggu! Pertimbangkan menjual ginjal Anda sebagai Opsi. Jika Anda ingin menjual ginjal Anda hari ini segera kirim pesan kepada kami. Ginjal dibeli dengan jumlah maksimum $ 800.000,0 Dolar AS. Yayasan nasional saat ini membeli ginjal yang sehat. Kami memberikan Anda jaminan tertinggi kami bahwa Anda tidak akan menemukannya nol menghindari dengan mengambil langkah berani untuk penawaran kami. Kami berlokasi di India, Kanada, Inggris, Turki, Amerika Serikat, Malaysia, Afrika Selatan dll. Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal. Perlu Donor Geniune. Tetapi pertama-tama sebelum kami dapat melanjutkan lebih jauh, Anda harus memberikan informasi pribadi Anda dan Anda harus memastikan bahwa rincian pribadi diisi dengan tepat sesuai kebutuhan. jangan ragu menghubungi kami melalui Email: drjamedavid460@gmail.com

    RINCIAN PRIBADI YANG DIPERLUKAN

    Nama lengkap orang tua / wali:
    Nama___________________________
    Seks__________________________
    Tanggal lahir____________________________
    Nomor telepon_________________________________________
    Pendudukan_________________________________
    Status hubungan______________________________________
    Alasan untuk menjual______________________________________
    Golongan darah__________________________________________
    Genotip__________________________________________________
    Jumlah Anda ingin menjual ginjal Anda________________________
    Negara____________________________________________________
    Negara________________________________________________________
    Alamat email_____________________________________________________
    Keluarga terdekat_________________________________________________________

    Salam

    Dr james David

    Posted by Dr james | 5 April 2019, 2:52 am
  12. Donor Ginjal Dibutuhkan Segera

    Apakah Anda berhutang? Apakah Anda perlu mengumpulkan uang tunai untuk biaya perawatan kesehatan atau membayar utang atau dalam kondisi keuangan yang sulit? Tunggu! Pertimbangkan menjual ginjal Anda sebagai pilihan. Jika Anda ingin menjual ginjal Anda hari ini, segera kirim pesan kepada kami. Ginjal dibeli dengan jumlah maksimum $ 800.000,0 Dolar AS. Yayasan nasional saat ini membeli ginjal yang sehat. Kami memberikan Anda jaminan tertinggi kami bahwa Anda tidak akan menemukan penghindaran nol dengan mengambil langkah berani untuk penawaran kami. Kami berlokasi di India, Kanada, Inggris, Turki, Amerika Serikat, Malaysia, Afrika Selatan dll. Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal. Kebutuhan Donor Asli. Tetapi terlebih dahulu sebelum kami dapat melanjutkan lebih jauh, Anda harus memberikan informasi pribadi Anda dan Anda harus memastikan bahwa detail pribadi diisi persis seperti yang dibutuhkan. Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui Email: drjamedavid460@gmail.com

    RINCIAN PRIBADI DIBUTUHKAN

    Nama lengkap orang tua / wali:
    Nama___________________________
    Seks__________________________
    Tanggal lahir____________________________
    Nomor telepon_________________________________________
    Pendudukan_________________________________
    Status hubungan______________________________________
    Alasan untuk menjual________________________________________
    Golongan darah__________________________________________
    Genotip__________________________________________________
    Jumlah yang ingin Anda jual ginjal Anda adalah________________________
    Negara____________________________________________________
    Negara________________________________________________________
    Alamat email_____________________________________________________
    Keluarga terdekat_________________________________________________________________

    Salam

    James David

    Balasan

    Posted by Dr james | 8 April 2019, 5:10 pm
  13. Apakah Anda berhutang? Apakah Anda perlu mengumpulkan uang tunai untuk biaya perawatan kesehatan atau membayar
    hutang atau dalam kondisi keuangan rusak? Tunggu! Pertimbangkan untuk menjual
    ginjal sebagai Opsi. Jika Anda ingin menjual ginjal Anda hari ini. Pesan kami
    segera. Ginjal dibeli dengan jumlah maksimum $ 600.000,00 AS
    Dolar. Yayasan nasional saat ini membeli ginjal yang sehat. Nama saya
    adalah Dr. David seorang Ahli Nefrologi di rumah sakit ginjal Nasional
    Rumah sakit berspesialisasi dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani pembelian dan
    transplantasi ginjal dengan donor yang hidup dan sesuai. Kita
    terletak di India, Kanada, Inggris, Turki, Amerika Serikat, Malaysia, Afrika Selatan, Nigeria dll
    Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal, jangan ragu untuk melakukannya
    hubungi kami melalui Email: dhicks480@gmail.com
                            Whatsaap: +234 9026561334

    Posted by Dr David | 20 April 2019, 1:29 am
  14. Damai dan rahmat Allah besertamu semua.
    Apakah Anda mencari peluang untuk menjual Ginjal Anda karena masalah keuangan, silakan hubungi kami hari ini, kami akan menawarkan jumlah yang sangat baik untuk Ginjal Anda. Kami mengkhususkan diri dalam transplantasi ginjal dan juga membeli dan menjual ginjal dengan donor yang sesuai. Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal, silakan hubungi kami melalui email: sathyaspecialisthospital@onet.eu
    WhatsApp: 919902828861

    Posted by Sathya | 20 Mei 2019, 8:06 pm
  15. Apakah Anda ingin membeli Ginjal atau Anda ingin menjual Ginjal Anda
    ginjal? Apakah kamu
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda demi uang
    karena gangguan keuangan dan Anda tidak tahu harus ke mana
    lakukan, maka hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan Anda baik
    jumlah uang $ 400.000 dolar untuk Ginjal Anda. Nama saya adalah Dokter MOHAMMED
    Saya seorang Ahli Nefrologi di Rumah Sakit FRANCISCO. Rumah sakit kami
    mengkhususkan diri dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani
    membeli dan transplantasi ginjal dengan nafkah suatu
    donor yang sesuai.
    Kami berlokasi di India, Turki, Amerika Serikat, Malaysia, Dubai
    Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal, harap jangan
    ragu untuk menghubungi kami melalui email.
    Email: franciscohospital1988@gmail.com

    Salam Hormat

    Posted by DR MOHAMMED | 12 Juni 2019, 3:08 am
  16. Apakah Anda ingin membeli ginjal atau Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah kamu
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda untuk uang karena
    keuangan rusak dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi kami
    hari ini dan kami akan menawarkan Anda jumlah yang baik untuk ginjal Anda. Nama saya adalah
    Dokter Daniel adalah Nephrologist di UBTH Medical Center. Kami
    klinik khusus di Bedah Ginjal dan kami juga berurusan dengan pembelian
    dan transplantasi ginjal dengan hidup donor yang sesuai.
    Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia. Jika Anda
    tertarik untuk menjual atau membeli ginjal, jangan ragu untuk melakukannya
    hubungi kami melalui email.

    Posted by Charity White | 25 Juni 2019, 8:07 am
  17. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

    Posted by Charity White | 25 Juni 2019, 8:25 am
  18. Damai dan rahmat Allah besertamu semua.
    Apakah Anda mencari peluang untuk menjual Ginjal Anda karena masalah keuangan, silakan hubungi kami hari ini, kami akan menawarkan jumlah yang sangat baik untuk Ginjal Anda. Kami mengkhususkan diri dalam transplantasi ginjal dan juga membeli dan menjual ginjal dengan donor yang sesuai. Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal, silakan hubungi kami melalui email: sathyaspecialisthospital@onet.eu
    WhatsApp: +917428564310

    Posted by Sathya Hospital | 26 Juli 2019, 7:15 pm
  19. Saya mendengar tentang kartu ATM kosong ini untuk sementara waktu dan saya tidak pernah benar-benar membayar bunga untuk itu karena keraguan saya. Sampai suatu hari saya menemukan seorang peretasan bernama RICK HACKER WORLD, dia benar-benar hebat dalam apa yang dia lakukan. Kembali ke titik, saya bertanya tentang Kartu ATM Kosong. Jika berhasil atau bahkan Ada. Mereka memberi tahu saya Ya dan kartu yang diprogram untuk penarikan uang acak tanpa diketahui dan juga dapat digunakan untuk pembelian online gratis. Ini mengejutkan dan saya masih ragu. Kemudian saya mencobanya dan meminta kartu dan menyetujui syarat dan ketentuan mereka. Berharap dan berdoa itu tidak palsu. Satu minggu kemudian saya menerima kartu saya dan mencoba dengan mesin ATM terdekat yang dekat dengan saya, itu bekerja seperti sulap. Saya dapat menarik hingga 5.000 Euro. Ini tidak bisa dipercaya. Sejauh ini saya memesan Kartu ATM sebesar $ 100.000 Euro tanpa merasa tertekan. Saya tidak tahu mengapa saya memposting ini di sini, saya hanya merasa ini mungkin membantu kita yang membutuhkan stabilitas keuangan. ATM kosong benar-benar mengubah hidup saya. Jika Anda ingin menghubungi mereka, Berikut adalah alamat emailnya: rickatmcardoffer@gmail.com atau Whatsapp: +254750078353.

    Posted by Miss Joniz | 16 Juni 2020, 5:28 pm

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: