>>
Anda sedang membaca ...
Catatan Dahlan Iskan, Manufacturing Hope

Pertamina yang Harus Lebih Merdeka

Senin, 19 Agustus 2013
Manufacturing Hope 90

Ucapan selamat itu mula-mula saya ragukan. Karena itu saya tidak segera menanggapi. Masak sih Pertamina sudah berkembang sehebat itu? Sudah bisa masuk Fortune Global 500? Maka, SMS dari wartawan itu saya abaikan.

Tapi, kian sore SMS sejenis terus berdatangan. Kepada salah seorang yang saya kenal tidak biasa guyon, saya balas SMS itu: benarkah Pertamina masuk Fortune Global 500? Beritanya dari mana? Sumbernya tepercaya?

Ternyata datang balasan: berita itu bersumber dari konferensi pers resmi Fortune, majalah ekonomi perusahaan terkemuka Amerika Serikat. Jadi, berita itu bukan isapan jempol atau olok-olok.

Saya masih belum percaya. Saya hubungi Dirut Pertamina Karen Agustiawan untuk mengecek apakah dia juga sudah mendapat berita itu. Sama. Sudah. Dia juga cukup hati-hati. Dia melakukan check and recheck. Ternyata benar adanya.

Majalah ini sudah puluhan tahun, tiap tahun, melakukan pemilihan 500 perusahaan terbaik. Daftar itu diumumkan setahun sekali di majalah yang sangat prestisius itu. Sudah begitu legendarisnya daftar 500 perusahaan terbaik dunia versi majalah Fortune itu sehingga banyak CEO memiliki target untuk bisa masuk Fortune Global 500.

Saya pun demikian. Saya berharap di akhir masa jabatan saya sebagai menteri akan ada salah satu BUMN yang berhasil masuk Fortune Global 500. Cita-cita seperti itu bukan hanya saya yang memiliki. Satu kelompok ekonom Indonesia pernah merumuskan road map untuk kemajuan Indonesia di tahun 2020. Salah satu rumusannya adalah: pada 2020 diharapkan sudah ada lima perusahaan Indonesia yang masuk Fortune Global 500.

Bahwa Pertamina yang menjadi perusahaan pertama Indonesia yang berhasil masuk Fortune Global 500 awalnya tidak banyak diperhitungkan. Perkiraan awal dulu, swastalah yang pertama masuk kelompok itu. Misalnya dari Grup Salim, Prajogo Pangestu, Grup Astra, kelompok Gudang Garam, atau kelompok Djarum. BUMN dengan keterbatasannya di bidang pengembangan perusahaan tidak banyak diharap. Terutama di akhir-akhir masa Orde Baru.

Tapi, begitu dua tahun lalu laba Pertamina mencapai Rp 23 triliun dan 2012 naik menjadi Rp 25 triliun, laju BUMN ini tidak akan bisa dikejar swasta. Apalagi kalau harga elpiji boleh mengikuti harga pasar. Laba Pertamina tahun lalu bisa naik Rp 5 triliun menjadi Rp 30 triliun. Ini karena dari bisnis elpiji 12 kg saja, Pertamina rugi Rp 5 triliun.

Meski begitu, saya tidak menyangka bahwa tahun ini Pertamina sudah masuk Fortune Global 500. Secepat-cepatnya, saya perkirakan, baru tahun depan. Bahkan, nomor urutnya pun tidak terlalu diharap sebegitu tinggi: 122. Semula saya mengira di nomor 360, atau bahkan 420 pun oke. Yang penting sudah berhasil masuk Fortune Global 500.

Tentu senang sekali Pertamina bisa di nomor urut 122. Hanya saja, beban psikologi dan beban kerja Pertamina menjadi lebih berat.

Terutama apakah iklim untuk Pertamina tetap bisa sebaik sekarang. Kedua, apakah Pertamina tidak dikejar perusahaan-perusahaan lain dari Amerika, Eropa, atau Tiongkok. Terutama setelah krisis di AS tidak lagi seburuk tahun lalu dan krisis di Eropa juga mulai menunjukkan tanda-tanda bisa diatasi.

Maka, tidak ada jalan lain bagi Pertamina, kecuali terus bekerja lebih keras. Juga harus terus meningkatkan integritas. Agar manajemen tidak banyak diganggu intervensi, berbagai kepentingan, dan korupsi.

Meningkatkan produksi minyak mentah dalam negeri tidak bisa ditawar. Jalannya memang lebih sulit, tapi bukan tidak bisa. Pertamina masih memiliki sekitar 5.000 sumur tua yang sudah tidak produktif. Siapa pun sepakat bahwa sumur tua itu masih bisa direvitalisasi.

Sambil mengerjakan sumur baru yang akan memakan waktu lebih lama, revitalisasi sumur-sumur tua akan bisa menghasilkan peningkatan produksi lebih cepat. Hasilnya memang tidak banyak, tapi kalau dikerjakan serentak di ribuan sumur, jumlah perkaliannya luar biasa juga. Pertamina sudah melangkah ke tiga arah itu: mencari sumur baru, merevitalisasi sumur-sumur tua, dan masuk ke sumur-sumur produktif yang ada secara business-to-business.

Langkah-langkah cepat itu juga memerlukan dukungan yang cepat pula dari SKK Migas yang dulu bernama BP Migas. Inilah yang membuat saya lenger-lenger ketika mendengar Kepala SKK Migas Prof Dr Ir Rudi Rubiandini ditangkap KPK. Saya sebagai menteri BUMN dan dia sebagai kepala SKK Migas sedang merumuskan penyederhanaan izin usaha migas.

Pertamina sungguh berharap penyederhanaan perizinan itu bisa dilakukan SKK Migas. Untunglah, jajaran di SKK Migas tetap komit pada penyederhanaan perizinan itu. Dengan atau tanpa Rudi Rubiandini.

Sebagai langkah pertama, empat lokasi sumur tua mulai direvitalisasi. Kali ini bekerja sama dengan perusahaan swasta dan asing. Setelah percaya diri bahwa sumur tua benar-benar bisa direvitalisasi, tim Pertamina sendiri harus mampu melaksanakan tanpa harus bekerja sama dengan pihak lain.

Saya percaya anak-anak muda Pertamina sanggup membuktikannya. Tim Brigade 300K Pertamina yang dibentuk untuk itu akan bisa mengerjakannya.

Misalnya saja Hermawandi. Dia menemukan teknologi baru yang sederhana untuk revitalisasi sumur tua. Dia namakan teknologi itu: X-Flow. SKK Migas sudah setuju Hermawandi mencobanya di 15 sumur tua di Siak, Riau. Sudah delapan bulan dilakukan.

Hasilnya luar biasa. Sumur yang semula hanya menghasilkan 3 barel minyak mentah per hari bisa meningkat menjadi 60 barel per hari. Kini Hermawandi sudah lebih percaya diri. Dia ajukan lagi untuk bisa dicoba di 50 sumur tua. Izin sedang diajukan ke SKK Migas dan sudah dalam proses persetujuan.

Tapi, 50 dari 5.000 sumur tua masih terlalu sedikit. Pertamina harus mendorongnya lebih agresif. Kalau perlu memfasilitasi agar Hermawandi bisa memproduksi alat-alat X-Flow lebih banyak dan lebih cepat. Agar jangan hanya bisa memproduksi peralatan X-Flow 15 buah sebulan. Dengan perizinan yang juga lebih cepat dan masal.

Kalau 5.000-an sumur tua itu bisa direvitalisasi dengan cepat, dalam setahun kenaikan produksi minyak mentah akan bisa naik sampai 60.000 barel per hari. Satu jumlah yang sangat besar untuk ukuran Indonesia saat ini. Lalu bisa mengurangi impor minyak kita yang rakus akan devisa negara.

Saya percaya Pertamina bisa melakukan itu dengan cepat. Orang teknologi, orang lapangannya, dan orang operasinya tidak boleh kalah dengan orang keuangannya. Saya bangga bahwa Pertamina kini juga sudah bisa jadi contoh untuk kecepatan laporan keuangan. Padahal, di masa lalu laporan keuangan Pertamina sangat terkenal leletnya.

Tahun ini laporan keuangan Pertamina berhasil menjadi yang tercepat di seluruh BUMN. Laporan keuangan tahun 2012 sudah bisa diselesaikan di bulan Februari 2013. Padahal, Pertamina adalah grup perusahaan yang anak-anaknya begitu banyak, yang jaringannya begitu luas, dan yang ragam usahanya dari paling hulu ke paling hilir. Dan skala keuangannya ratusan triliun. Toh bisa menyelesaikan laporan keuangan di bulan Februari.

Sungguh tidak mudah mencapai prestasi itu. Swasta besar pun sudah kalah oleh Pertamina di bidang ini.

Karena itu, ketika Karen Agustiawan mengajukan permintaan untuk melakukan rapat umum pemegang saham (RUPS) di akhir Februari lalu, saya langsung menyetujuinya. Itulah RUPS pertama di tahun ini di linngkungan BUMN. Saat itu saya juga tidak mendengar ada swasta yang sudah mampu menyelenggarakan RUPS lebih cepat dari Pertamina.

Bayangkan kalau Pertamina bisa merdeka dari segala macam intervensi dan kepentingan. Alangkah besarnya dia! (*)

Dahlan Iskan
Menteri BUMN

About these ads

Diskusi

142 thoughts on “Pertamina yang Harus Lebih Merdeka

  1. pertamax

    Posted by @ndokaja | 19 Agustus 2013, 5:51 am
    • Pertamax juga…coba dr dulu pertamina seperti sekrng, muantabs

      Posted by ayi | 19 Agustus 2013, 6:03 am
      • Teman-teman yang terhormat,

        Mari kita sampaikan aspirasi kita, usul kita secara pribadi kepada Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, agar beliau mempertimbangkan/menjadikan Pak Dahlan Iskan menjadi calon Presiden dari Partai Demokrat. SMS center SBY adalah 9949 ingat ya 9949 dan jangan takut untuk sms, ingatlah beliau dahulu membuka keran itu untuk menerima aspirasi dari rakyatnya. Saya sudah beberapa kali kirim sms ke SBY via 9949.

        Kirimkan sebanyak-banyaknya rakyat indonesia yang menghendaki kemajuan negara kita. Integritas dan Antusias. Presiden adalah takdir Allah. Semoga dengan kita kirim sms aspirasi ke Bapak SBY, menjadi jalan takdir untuk Pak Dahlan Iskan menjadi Presiden RI 2014~2019. Semoga itu menjadi salah satu kontribusi besar Bpk. SBY Demi Indonesia. Demi Indonesia Bismillah…

        Salam hormat,
        bonzo – jakarta barat

        REFERENCE :

        http://finance.detik.com/read/2012/11/27/141356/2102691/4/sby-banyak-dapat-sms-soal-demo-buruh-dan-dahlan-iskan

        SBY Banyak Dapat SMS Soal Demo Buruh dan Dahlan Iskan

        Wahyu Daniel – detikfinance
        Selasa, 27/11/2012 14:18 WIB

        Jakarta – Selama periode 16 Oktober-31 Oktober 2012 Presiden SBY banyak mendapatkan aduan dan tanggapan lewat SMS soal demo buruh dan soal tindakan Menteri BUMN Dahlan membersihkan BUMN dari kongkalikong anggaran dengan DPR.

        Staf Khusus Presiden selaku Pengelola SMS dan PB BOX 9949 JKT 10000 Sardan Marbun mengatakan, unjuk rasa buruh diharapkan dilakukan dengan tujuan untuk meluruskan hal-hal yang dinilai tidak benar, sehingga unjuk rasa dilakukan dengan baik. Sardan meminta agar aksi demonstrasi tidak memaksa dan mengganggu produksi sebuah perusahaan.

        “Pemaksaan serta dampak buruk terhadap produksi perusahaan merupakan hal yang perlu dihindari. Di lain pihak, kesejahteraan buruh perlu disesuaikan dengan kondisi yang memadai dengan UMR sekitar Rp 2 juta,” kata Sardan dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, Selasa (27/11/2012).

        Selama kurun waktu 16-31 Oktober 2012, pihaknya telah menerima 1.930 pengaduan masyarakat.

        Selain soal buruh, pernyataan Menteri BUMN Dahlan Iskan terkait adanya oknum anggota DPR yang melakukan praktik kongkalikong dan meminta jatah kepada sejumlah BUMN memunculkan aduan dari masyarakat kepada SBY.

        Secara keseluruhan terdapat 118 SMS (91,47%) yang mendukung Dahlan Iskan dan 11 SMS (8,53%) menentang. Contoh SMS yang mendukung: “Bpk. Presiden harap Menneg BUMN tetap dapat dipertahankan, jangan BUMN dijadikan sapi perah oleh oknum anggota dewan”.

        Sementara SMS yang menentang: “Tindakan Dahlan Iskan tidak mencerminkan sikap pejabat, justru melemahkan lembaga negara, sepantasnya pejabat macam itu diganti yang lebih bermoral.”

        Dikatakan Sardan , dengan diterimanya 1.930 pengaduan masyarakat, maka sejak Juni 2005 saat mulai Kabinet Indonesia Bersatu II hingga 14 November 2012, SBY telah menerima 3.406.275 SMS dan 113.344 pucuk surat melalui PO BOX 9949 JKT 10000.

        (dnl/ang)
        ————————————-

        Menurut gue, ini adalah gerakan aksi, gak cuma basa-basi, gue gak peduli apa kata orang, itu didepan mata ada saluran yang bisa kita gunakan.., kenapa tidak!!! Teman-teman, mungkin dengan kita kirim SMS ke SBY, anggaplah itu merupakan sedekah Rp. 350 pulsa kita, dengan itu semoga menjadi pembuka jalan Bpk. Dahlan Iskan untuk Indonesia Presiden 2014~2019.

        Kita mungkin bukan siapa-siapa, yang mungkin belum bisa berbuat apa-apa untuk Indonesia, kita disini hanya bisa bicara, menganalisa, atau bahkan beretorika, namun hanya sebatas itu saja. Jadi menurut gue beliaulah yang bisa, melalui Bpk. SBY dan Bpk. DI, kami titipkan masa depan kami dan negeri ini, dari sabang sampai merauke (Lyric lagu Bang Iwan).

        Satu SMS dari kita DEMI INDONESIA.. BISMILLAH…

        Salam hormat,
        bonzo – jakarta barat

        —————————————————————————
        Kepada KELUARGA BESAR http://dahlaniskan.wordpress.com & http://www.facebook.com/groups/dahlaniskangroup/

        Ayo dong mulai promosi, ayo kita semua promosi ke keluarga besar kita, ke teman-teman kita, ke lingkungan kita, ke semuanya tentang Pak Dahlan Iskan Presiden 2014~2019.

        Ane sendiri di kantor promosi banget ke teman-teman kantor dan lingkungan rumah tentang Pak Dahlan Iskan. Sampai-sampai jika ada yang nyebut nama Dahlan Iskan, semua me_refer_nya ke ane

        Ayo dong bantu bergerak, sekecil apapun promosi kita ke orang lain, semoga Insya ALLAH jadi jalan takdir Pak Dahlan Iskan Presiden 2014~2019 DEMI INDONESIA BISMILLAH…

        Salam hormat,
        bonzo – jakarta barat

        Posted by bonzo | 19 Agustus 2013, 10:21 am
    • Luar biasa..tapi tolong pak di bereskan di bagian shipping nya. udah umum bgt kapal yang dipake pertamina terlalu banyak titipan minyak..1 voyage 50 KL,sebulan berapa???belum lagi yang diambil sama transporternya.

      Posted by najib | 19 Agustus 2013, 3:13 pm
      • Bayangkan kalau Pertamina bisa merdeka dari segala macam intervensi dan kepentingan. Alangkah besarnya dia! (*) itulah yang diharapkan masyarakat indonesia……….( mafia,karttel, calo,perantara,cukong dsb..) banyak kepentingan ke;ompol,pribadi kroni dll..

        Posted by Mustahil | 19 Agustus 2013, 5:32 pm
    • selamat untuk pertamina makin sehat dan profit . namun petronas jauh lebih baik padahal potensi alam negeri jiran hanya secuil kekayaan alam negeri garuda ini. kalo Pak menteri bangga dengan pertamina memperoleh laba hanya Rp. 25 Trilyun. sedangkan pejabat Malaysia hanya senyum dengan laba Petronas Rp. 177 Triliyun. Indonesia duluan tapi selalu terlambat akibat pemimpinnya yang sembah sujud ke asing dalam mengelola kekayaan alam negeri ini. JIKA PAK DAHLAN ISKAN ALLAH SWT TAKDIRKAN JADI PRESIDEN INDONESIA, apa berani melakukan regulasi bahwa kekayaan alam dikelola oleh nasional ?. Berdikari kata Bung Karno. dapat fee kata penerus Bung Karno.

      Posted by Ahmad S Ibrahim | 16 November 2013, 11:37 am
  2. Suatu hal yang membanggakan di hari kemerdekaan negeriku

    Posted by Widi | 19 Agustus 2013, 6:00 am
  3. Bangga

    Posted by Joko Widayanto | 19 Agustus 2013, 6:01 am
  4. sesuatu hal yang mungkin..apabila segenap karyawan bekerja bersama-sama..menghilangkan sekat sekat otoriter yg memunculkan raja raja kecil di sektor hulu ataupun hilir..

    Posted by mbah wir | 19 Agustus 2013, 6:01 am
  5. Vote Dahlan Iskan for RI 1

    Posted by apasaja | 19 Agustus 2013, 6:10 am
    • di hari kemerdekaan ini satu kebanggaan lagi yg dipersembahkan oleh anak bangsa di bawah pimpinan P.DIS, mengharukan sekaligus sangat membanggakan kinerja BUMN di bawah kendali beliau, kebanggaannku pada beliau semakin tinggi dan mengubah persepsiku bahwa P.DIS tdk perlu jadi RI 1 sekarang berubah 180 derajat ” SAYA DUKUNG PENUH P.DIS U JADI RI 1 ” , karena aku berharap besar agar negara ini bs berubah seperti harapan pendirinya. Vote to RI 1 , aku bangga padamu. JAGA KESEHATAN U 2014 dst. Salam u Dahlanis MERDEKA !!!!!!!!!

      Posted by sulistiono | 19 Agustus 2013, 8:19 am
  6. Akhirnya, kinerja BUMN Indonesia go Internasional, maju terus BUMN Indonesia jadi kebanggaan bangsa.

    Posted by muklisin | 19 Agustus 2013, 6:20 am
  7. tapi di pertamina hulu memang banyak sekali masalah… tikus2nya bertebaran dimana-mana,. sampai2 menimbulkan bencana ledakan/kebakaran dimana-mana. tanpa dukungan sepenuh hati dari negara, pertamina tetap akan menjadi jarahan semua pihak dari hulu sampai hilirnya. kasus di skk migas harus bisa menjadi tonggak utm pembersihan sektor migas dan pertaminaa di seluruh level nya….. Abah DIS, sy berdo’a kamu bisa berjihad di sini untuk indonesia yg lebih baik. …..AMIEN YRA

    Posted by bandung bondowoso | 19 Agustus 2013, 6:24 am
    • Pak BANDUNG BONDOWOSO Pertamina di bawah Meneg BUMN yaitu pak Dahlan Iskan, sedangkan SKK Migas dibawah kementrian ESDM Pak Jero Wacik, jadi beda Menterinya

      Posted by CAK YADI | 19 Agustus 2013, 4:26 pm
      • itu dia Cak Yadi, yg bikin riweuh bin rumit, belum lagi ngadepin ruwetnya birokrasi…….tapi saya sedikit lega setelah pak dahlan siap ikut konvensi walau masih ada tahapan selanjutnya setelah memenangkan konvensi.

        Posted by erust | 24 Agustus 2013, 11:32 pm
  8. Subhanalloh…Itulah kuasa Alloh…Bila sdh berkehendak mudah saja msrubah sesuatu yg sangat mustahil sebelumnya….:.Pertamina…Adalah awal…Akan ada pertamina atau bumn lain di Fortune 500, bila abah dahlan masih diberi kesempatan terus mengurus bumn

    Posted by Ade | 19 Agustus 2013, 6:24 am
  9. Selamat buat Pertamina, momentum untuk terus berbenah dan mandiri dari segala intervensi sehingga dapat menjadi perusahaan yang lebih bertangungjawab dan berkelanjutan. .

    Posted by taufik | 19 Agustus 2013, 6:25 am
  10. semoga merdeka dari intervensi….

    Posted by rokim | 19 Agustus 2013, 6:26 am
  11. Tapi petronas nomer 75 lo pak ayooooooo masih banyak PRNya

    Posted by ary | 19 Agustus 2013, 6:31 am
  12. Memang seharusnya BUMN berlaku sebagai korporasi yang hebat dan akhirnya kembali ke bangsa dan negara ini.

    Posted by Budi S | 19 Agustus 2013, 6:32 am
  13. Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

    Posted by tarigan1902 | 19 Agustus 2013, 6:35 am
  14. Alhamdulillah. Bersyukur atas prestasi yang diraih pertamina. Pelajaran yang dapat dipetik adalah: bebas intervensi dan kepentingan. Alangkah besarnya Pertamina. Ternyata efek serangan Pak Dahlan ketika ribut dengan DPR itu memberikan dampak signifikan. Meski banyak yang mencomooh, dan salah anggap, Pak Dahlan akhirnya dapat mengurangi intervensi dan kepentingan para begundal politik yang terkutuk.

    Posted by Dedy Armayadi | 19 Agustus 2013, 6:39 am
  15. Dengan kondisi Pertamina yg masih banyak kebocoran (bahkan Kebobolan) saja keuntungan 25Trilyun di tahun 2012. bagaimana lagi bila kebobolan2 itu dan kebocoran2 itu tidah ada lagi, saya sangat yakin pendapatan pertamina bisa berlipat ganda bahkan mungkin bisa 20 kali lipat. saya mendukung terus upaya bersih2 yang dilakukan pertamina

    Posted by Ridlwan, SE | 19 Agustus 2013, 6:54 am
  16. Sungguh.di saat seolah merasa malu dengan kebobrokan negeri,harapan bahwa masih banyak orang2 yg mempunyAi niat baik untuk mengembangkan negeri. Terus berjuang.

    Posted by ira | 19 Agustus 2013, 7:01 am
  17. Ayo ciptakan Hermawandi 2x yang lain….. sudah saatnya kita berubah ….. masa negara OPEC kok jadi pengimpor minyak… aneh kan?? jadikan awal yang baik ini untuk menjadi penyemangat di Hari Kemerdekaan ini….. Merdeka … merdeka…. merdeka…jadilah kita sebagai pemakai dan pecinta produk dalam negeri..

    Posted by Suhardi | 19 Agustus 2013, 7:02 am
  18. Senang dan gembira juga membaca penuturan beliau……Abah DI jalan terus…..kami yang masih waras 1000% mendukung…..

    Posted by Yus | 19 Agustus 2013, 7:10 am
  19. PERTAMINA Peringkat 122 Fortune Global 500, Kalau setingkat lagi mjd 121 pasti abah kasih nama baru unt Pertamina menjadi WIRO ” PERTAMINA ” SABLENG , atas kerja keras nya kerja kerja kerja,

    Posted by Bmb GorangGareng | 19 Agustus 2013, 7:24 am
  20. Mohon Pak DI terus mendukung pogram percepatan peningkatan produksi yang dilakukan Pertamina untuk mengakselerasi harapan Pak DI. terima kaish untuk semua dukungannya Pak, dari mulai Brigade 300K dan lainnya Pak..

    Posted by diponegoro | 19 Agustus 2013, 7:28 am
  21. MERDEKA….MERDEKA………MERDEKA ….JAYALAH NEGERIKU.

    Posted by jatmiko | 19 Agustus 2013, 7:36 am
  22. Alhamdulillah, dengan terus semangat..kami tunggu Perushaan Merah Putih yang masuk daftar Fortune 500.
    Dahlan Iskan = Produk Bermutu Indonesia

    Posted by Widodo Puji | 19 Agustus 2013, 7:40 am
  23. allahhukbar….merdeka
    majaulah bangsaku
    majulah Dahlan Iskan untuk RI1
    salam Demi Indonesia

    Posted by supriyadi | 19 Agustus 2013, 7:46 am
  24. Luar Biasa. Siapa dulu menterinya? Dahlan Iksan harus jadi R1 2 , satu paket dengan Prabowo. Pak Jangan mau dilamar oleh Demokrat nanti rusak.

    Posted by uranoncu | 19 Agustus 2013, 7:52 am
  25. mantep joss gandoss………kami tunggu hermawandi-hermawandi yang lain. kalo Dahlan Iskan just only and the only one……….maju terus Indonesia-ku

    Posted by done | 19 Agustus 2013, 8:02 am
  26. “Bayangkan kalau Pertamina bisa merdeka dari segala macam intervensi dan kepentingan. Alangkah besarnya dia!”
    Oooooooooo….. jadi selama ini belum terbebas dari intervensi dan kepentingan ya……….. apa kabar pak mentri Jero Wacik, Bpk Presiden SBY dan Bu Ani,……..

    Posted by satria madang dolan | 19 Agustus 2013, 8:06 am
  27. Alhamdulillah. Kado manis untuk HUT Republik Indonesia.

    Posted by serama | 19 Agustus 2013, 8:08 am
  28. Selamat untuk PT Pertamina yang masuk Perusahaan ke 122 Versi majalah Fortune dan tahun depan rangkingnya bisa naik lagi, dan Mudah-mudahan BUMN lain bisa mengikuti Amin YRA, Selamat untuk Abah DIS dan Ibu Karen Agustiawan, BUMN keuntungan naik jelas untuk rakyat Indonesia Juga , yaitu pembayaran pajak, deviden yang harus disetor negara, serta adanya CSR manfaatnya langsung ke Masyarakat/rakyat

    Posted by CAK YADI | 19 Agustus 2013, 8:11 am
  29. Apalagi jika 2014 blok Mahakam benar-benar berhasil dikuasai Pertamina… joooos langsung melejit deh keperingkat 50 besar 500 Fortune. Do’aku untuk kejayaan bangsa ini kedepan Amiin, sehatlah selalu Pak Dahlan Iskan, kami mendukung pencapaianmu dan RI 1 pantas menjadi milikmu.

    Posted by Manihot Ultissima | 19 Agustus 2013, 8:14 am
  30. MERDEKA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Posted by msyatno | 19 Agustus 2013, 8:14 am
  31. Semoga BUMN bisa terus maju tanpa intervensi yang merugikan, harapan harus terus ditumbuhkan melawan pesimisme. Salam senin pagi….

    Posted by Fris | 19 Agustus 2013, 8:19 am
  32. Apalagi kalo pertamina kembali mengambil peran skk migas,10 besar fortune 500 pasti

    Posted by fajar | 19 Agustus 2013, 8:24 am
  33. Petronas Nomor 75 :)

    Posted by Petronas | 19 Agustus 2013, 8:31 am
  34. Ayo tunjukkan eksistensi dukungan dan kekaguman kita terhadap Dahlan Iskan. Ini rumah kita, termasuk yg di fp ato grup fb, selama tak ada yang ngusik, cukuplah untuk pompa semangat kita. Sekarang ayo ekspansi, counter komentar negatif di detik, kompasiana, merdeka dll. Kl bisa sih bikin artikel (bagi yang bisa). Vote setiap survey capres. Sebarkan berita n link tentang Dahlan Iskan di akun fb, twitter, blog masing-masing dll. Kenalkan pula di dunia nyata.

    Posted by apasaja | 19 Agustus 2013, 8:44 am
  35. pak dahlan yth.
    di tempat kami, pulau kundur kab.karimun propinsi kepri sudah 2 tahun BBM langka.
    harga eceran 1.2 liter Rp. 15000

    Posted by wong cilik | 19 Agustus 2013, 9:23 am
  36. Go Pertamina…Go Pak Dahlan…semoga blok blok yang dikuasai asing bisa di ambil alih. Amin

    Posted by erik | 19 Agustus 2013, 9:26 am
  37. Semoga di 2014 Pak Dis bisa memimpin Indonesia….. sehingga Indonesia bisa Jaya dan Merdeka seutuhnya!!!!!!!!!!!!! Maju terus Pak Dahlan

    Posted by Hadi S | 19 Agustus 2013, 9:26 am
  38. alhamdulillah sebuah tekad dan semangat yang akhirnya terbayar dengan sebuah prestasi

    Posted by tiyang jawi | 19 Agustus 2013, 9:36 am
  39. MH kali terasa sekali kebanggaan Abah DIS..secara pribadi sy jg amat bangga dan meneteskan airmata membacanya..Salut Luarbiasa untuk Wanita Hebat Ibu Karen Agustiawan.. Kartini Indonesia yg luarbiasa,.. Semoga tetap bertahan di arus korupsi yg luarbiasa keji…Doa selalu untuk Pertamina dan para pengawalnya..

    Posted by sekarpamungkas1 | 19 Agustus 2013, 9:41 am
  40. Alhamdulillah….salut untuk Abah DIS & sluruh jajaran pertamina yang telah bekerja keras, kerja…kerja…kerja…

    Posted by alfarisistamp | 19 Agustus 2013, 9:58 am
  41. Salut utk Pertamina, terutama utk Ibu Karen sbg penggembalanya.
    Harapan saya, dengan prestasi ini, semoa Pertamina dapat mempercepat pembayaran atas hasil pekerjaan-2 para kontraktornya, dari yang rata2 sampai 4 -6 bulan bisa menjadi paling lama “40-days after invoice submitted”.
    Kontraktor adlh mitra,yg mengerjakan program2nya dengan dibeayai dulu olh kontraktor, jd janganlah dibebabni dg bunga /interest yg makin brtambah. bSaya yakin kelah bisa minimal menyamai Petronas diperingkat 75. Selamat

    Posted by Mas Bei Rubowo | 19 Agustus 2013, 10:27 am
  42. Jika Pertamina sedemikian Digdaya masuk Fortune 500, bagaimana jika gunung emas di Papua di kelola BUMN. Maka BUMN tersebut saya yakin juga akan masuk Fortune 500 juga. Semoga sumberdaya alam Indonesia dalam dikelola oleh anak negeri.

    Posted by habib | 19 Agustus 2013, 10:39 am
  43. salut utk ibu karen agustiawan. hebat utk brigade300K. jempol utk hermawandi

    Posted by fia | 19 Agustus 2013, 11:53 am
  44. Kok jadi meningkatkan konsumtif minyak bumi, hhhm

    Posted by quinque | 19 Agustus 2013, 11:54 am
    • trus maunya impor terus-terusan? ntar komisinya dapat berapa? emang enak,,,,,,,,,,,,,,,,,,

      Posted by Suhardi | 19 Agustus 2013, 1:51 pm
    • berpikirnya jangan tersekat-sekat. Dengan keuntungan pertamina yg lebih besar akan ada dana yang lebih besar buat memperbaiki taraf hidup rakyat Indonesia, entah dalam bentuk CSR atau yang lainnya. Dan saat ini usaha di bidang migas masih sangat menguntungkan. Tapi terus berusaha menciptakan green energi, mobil listrik kan tidak berhenti di bawah abah DIS? Sesuatu itu ada rencana jangka panjang dan pendeknya. Jangan digebyah uyah.

      Posted by isurachwanto | 19 Agustus 2013, 2:04 pm
  45. Mantappp…4 jempol deh buat pertamina, semoga cepat mandiri…

    Posted by Gusti Dindi | 19 Agustus 2013, 1:44 pm
  46. Coba ka;au BLOK MAHAKAM jadi “dikasih/Dipercayakan” ke Pertamina…seperti kata Abah dulu…Petronas lewat… semoga yang punya kekuasaan atas Bolk Mahakam, mau ” berbagi” dengan Pertamina…

    Semoga…

    mari kita doakan bersama. Salam ACI.Gbu all

    Posted by wning | 19 Agustus 2013, 3:15 pm
    • Betul Bu WNING, sebetulnya Pertamina Mampu untuk mrngelola Blok Mahakam, banyak pegawai anak muda lulusan dalam dan luar negeri, masalah biaya kalau kurang dari intern Perusahaan ya Pembiayaan dari Sindikasi BUMN Bank dalam negeri
      Sekarang jarang muncul bu WNING, bagus tulisan-tulisannya dahulu, menulis lagi saja penuh inspirasi, biarkan kata orang

      Posted by CAK YADI | 19 Agustus 2013, 3:50 pm
      • He he he…terima kasih Bro…terharu rasanya, ternyata ada juga yang ” kangen” dengan tulisan saya….sebenarnya itu ide dari mana saja…tapi saya rangkum dengan bahasa saya, kemudian saya sajikan ke pembaca blok ini…

        Saya akui, sejak ada yang ” KEBERATAN” saya membuka lapak di blog ini, ( walaupun banyak juga yang membela saya…) saya jadi kagok buat menulis lagi…

        Doakan saja semoga SIKON nya membaik… semoga suatu saat saya bisa kembali menulis lagi… salam kangen buat temans….semuanya. GBU all.

        Posted by wning | 22 Agustus 2013, 5:26 am
        • akhirnya Bu WNing muncul lagi…. gitu dong bu …salam buat bu dan keluarga.

          Posted by Suhardi | 22 Agustus 2013, 7:01 am
        • Di Blok ini dahulu ramai sekali minimal 400, disamping ajang silaturochim, bisa juga tambahan ilmu-ilmu/wawasan baru, dan penghuni lama jarang singgah disini.

          Tetap saja menulis ada pepatah biarkan mengonggong kafilah tetap berlalu, seperti Abah DIS dibilangin lebay, pencitraan dll, tetap dilakukan dan tetap menulis.

          Untuk masalah Blok Mahakam mudah-mudahan dikelola Pertamina hasilnya untuk kemakmuran rakyat Indonesia, atas perjuangan Abah DIS dan Direktur Pertamina, dan seluruh Rakyat Indonesia Amin2 YRA

          Salam semuanya

          Posted by CAK YADI | 22 Agustus 2013, 11:13 am
        • sugeng rawuh mbak ning, sy kira sibuk dg keluarga barunya shgga tdk sempat menulis, sy kangen dg tulisan senior2 spt p.erick, pak de, p.putu dll yg akhir2 ini menghilang semua . WHY ?????? Apa ada masalah ??? blog ini skrg jadi kurang berasa bagaikan masakan tanpa garam. Kemana semua ??????

          Posted by sulistiono | 22 Agustus 2013, 2:11 pm
    • masalahnya penguasa …….menjelang 2014…….ada banyak alasan dan kepentingan

      Posted by Mustahil | 19 Agustus 2013, 5:49 pm
  47. Reblogged this on Unlimited Limitation.

    Posted by Nur Chariroh '14 | 19 Agustus 2013, 3:38 pm
  48. http://politik.kompasiana.com/2013/08/06/mencapreskan-dahlan-iskan-demokrat-panen-suara-582481.html

    Zamzani Sutriyanto

    Mencapreskan Dahlan Iskan, Demokrat Panen Suara

    OPINI | 06 August 2013 | 06:44 Dibaca: 671 Komentar: 33 6

    Kesediaan Dahlan Iskan mengikuti konvensi capres Partai Demokrat, disambut gegap gempita para pendukungnya. Berhasil menggenjot gairah elemen pendukungnya untuk menularkan virus pemikiran dan gagasan Dahlan Iskan. Pendukung setia Dahlan Iskan berhimpun dalam berbagai bentuk komunitas. Komunitas Dahlanis Indonesia, Saba Desa, TrenDI, Relawan Dahlan Iskan, Demi Indonesia, dan masih banyak lagi komunitas lain dengan nama berbeda. Mereka telah menyatukan tekad, berjuang bersama guna menghantarkan Dahlan Iskan menjadi Presiden RI 2014. Jumlah pendukung setia Dahlan Iskan diperkirakan mencapai puluhan juta orang. Menyebar di seluruh penjuru tanah air, dari Sabang sampai Merauke.
    Berbagai macam komunitas pendukung Dahlan Iskan tersebut, berkantor pusat di kawasan Hang Tuah, Jakarta Selatan. Seorang pengagum sekaligus pendukung setia Dahlan Iskan, merelakan rukan miliknya, dijadikan sebagai kantor pusat.
    Dahlanis Indonesia telah membentuk struktural komunitasnya sampai ke tingkat daerah. Mereka menyebutnya, Rukun Tetangga (RT) untuk tingkat Kabupaten/Kota, Lurah untuk tingkat provinsi, dan Wali sebagai sebutan pengurus di tingkat pusat. Komunitas TrenDI telah menerbitkan Tabloid TrenDI, yang terbit setiap sebulan sekali. Komunitas Saba Desa, secara rutin menyelenggarakan serangkaian kegiatan dengan melibatkan masyarakat luas. Mereka saling bersinergi baik di dunia maya maupun nyata.
    Seperti dikutip dari pemberitan TEMPO.CO, Jakarta pada 3 Agustus 2013.
    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, menyatakan siap mengikuti konvensi Partai Demokrat guna menjaring calon presiden 2014. Pernyataan Dahlan ini disampaikan melalui seorang sumber kepada Tempo usai sholat tarawih di rumah dinas Dahlan Iskan di Jakarta, Jumat malam, 2 Agustus 2013.
    Menurut sumber, Dahlan Iskan telah diminta oleh Ketua Umum Partai Demokrat yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina, Susilo Bambang Yudhoyono, untuk mengikuti konvensi Partai Demokrat. “Dahlan Iskan menyatakan siap mengikuti konvensi Partai Demokrat,” ucap sumber mengutip keterangan Dahlan usai dihubungi Presiden SBY yang juga Ketua Dewan Pembina Partai.
    Ketika Tempo menemui Dahlan untuk konfirmasi, lelaki kelahiran Magetan, Jawa Timur, itu menjawab singkat, “Ndak ndak saya tak mau menjawab pertanyaan seputar konvensi.” Selanjutnya Dahlan berpamitan kepada tetamu di rumah dinasnya. “Jangan tanya soal itu ya, Mas. Besok saya umrah, mohon doanya,” pamit Dahlan.

    Seandainya nanti Dahlan Iskan, benar berhasil memenangkan konvensi capres Demokrat, setidaknya terdapat empat keuntungan yang bisa diperoleh Partai Demokrat.

    1. Memiliki seorang capres yang berintegritas, dan memiliki kapabilitas serta akseptabilitas tinggi.
    Usai menjalani operasi ganti hati pada 2007, Dahlan Iskan berkomitmen untuk mewakafkan dirinya, demi kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Kehidupan dunianya sudah berhenti. Apa pun sudah didapatkanya. Sehingga ketika kelak menjadi presiden, terdapat jaminan, ia akan bekerja penuh dan menomor satukan kepentingan rakyat.
    Kapabiltasnya sudah terbukti, dikala ia menjabat Dirut PLN dan sekarang selaku Menteri BUMN. Di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid 2, Dahlan Iskan dinobatkan sebagai menteri dengan kinerja terbaik (Hasil Survei LSN). Karakter pribadi dan kepemimpinannya yang merakyat, menyebabkan ia bisa diterima oleh berbagai kalangan dan lapisan.

    2. Mendongkrak popularitas dan elektabilitas Partai Demokrat.
    Tatkala Dahlan Iskan sudah ditetapkan sebagai salah satu peserta konvensi capres Demokrat, secara otomatis, barisan pendukungnya yang berkisar puluhan juta orang itu, akan memberikan hak suaranya pada Partai Demokrat di Pileg 2014. Targetnya, minimal memperoleh 20 persen suara sah nasional, agar dapat mengusung pasangan capres-cawapres, tanpa harus berkoalisi dengan partai peserta pemilu yang lain.
    3. Berpeluang besar memenangkan Pileg 2014.
    Peluang Partai Demokrat untuk menjadi jawara pemilu, seperti halnya pada pemilu 2009, menjadi makin terbuka lebar karena terjadinya limpahan suara dari para pendukung setia Dahlan Iskan.

    4. Berpeluang besar memenangkan Pilpres 2014.
    Ketika Dahlan Iskan ditetapkan sebagai pemenang konvensi capres Partai Demokrat, para pendukung setianya akan bahu-membahu dengan Partai Demokrat untuk memastikan kemenangan Dahlan Iskan menjadi presiden RI 2014. Belum lagi jika ditambah kekuatan dari partai peserta pemilu yang bersedia berkoalisi dengan Partai Demokrat, peluang untuk memenangkan Pilpres 2014 menjadi makin tak terbendung.

    Posted by CAK YADI | 19 Agustus 2013, 3:39 pm
    • Setuju sekali dengan pemberitaan ini. Saya siap 4 suara dari keluargaku. Semoga ini adalah jalan takdir yang di maksud pak Dahlan Iskan. Ayo ….. seluruh pengagum pak DI, Tunjukkan kalau kita ada. saya sendiri mempunyai perbandingan pribadi bahwa pak DI bakal menang dibanding peserta konvensi yang lain. semoga Allah mengabulkan. AMIEN

      Posted by Wahyu S | 21 Agustus 2013, 9:49 am
    • Siap cak yadi, begitu Pak Dahlan menyatakan siap, dukungan bakal tidak terbendung …

      Posted by Dedy Armayadi | 21 Agustus 2013, 12:32 pm
  49. Ayo rebut blok mahakam dan tambang emas Papua….

    Posted by andimustafa | 19 Agustus 2013, 4:19 pm
  50. pak Dis udah ditantang bu Karin untuk Keuntungan 171 T kalau blok mahakam diserahkan ke Pertamina …..siapa takut

    Posted by seno | 19 Agustus 2013, 5:09 pm
  51. Terima kasih pak, masuknya Pertamina dalam Forbes500 merupakan suatu hadiah tersendiri di HUT RI ke-68 ini. Terima kasih kepada seluruh insan Pertamina yg telah membuktikan kontribusinya kpd negara. Jaga integritas diri harkat dan martabat dg setinggi-tingginya.
    Agar dikemudian hari Pak Dis tidak ‘lenger-lenger’ lagi diharapkan utk menjalin komunikasi intens dg orang2 spt Pak Mahfud MD, agar lebih ‘all out’ dalam mengkader orang2 terbaik negeri ini (bukannya mengkader Serigala). Amat disayangkan waktu yg terbuang percuma.
    Sepertinya barisan pendukung Pak Dis perlu melakukan sesuatu di sini . . .

    I love Dis day . . . .

    Posted by ariel | 19 Agustus 2013, 6:04 pm
  52. Benar kata orang2tua dahulu sebenarnya kita sangat kaya raya. Tetapi kekayaan kita salah urus,kita selalu mempercayakan pengelolaannya kepada pihak asing.Kita tidak percaya kepada kemampuan diri sendiri. Jaman sekarang masih seperti itu, apa kata dunia??? Maju terus Bangsaku!!! Pak Dis n Bu Karin pimpinlah pemuda2 kita, biarkan dunia bergoncang hebat lewat fortune 500. Merdeka!!!

    Posted by i ketut robet | 19 Agustus 2013, 6:28 pm
  53. Reblogged this on .

    Posted by himgoveraunivet | 19 Agustus 2013, 8:03 pm
  54. Saya selalu pake pertamax. . .
    Kira2 kalo 10juta kendaraan pake pertamax ada efek ndak ya ?

    Posted by Posag | 19 Agustus 2013, 8:14 pm
  55. Petronas itu ibarat ABG, umurnya baru beberapa tahun saja. Dia byk belajar dari Pertamina, dia didukung oleh kebijakan2 yg strategic. Kalau saja perlakuan Pertamina sama dgn Petronas. SAYA JAMIN… PERTAMINA=3x PETRONAS. Dahlan Iskan sudah mulai membuka JALAN. yg dibutuhkn adalah DUKUNGAN. YA KITA DUKUNG TERUS… MERDEKA BUMI DAN KEKAYAAN ALAM NKRI.

    Posted by PUTU | 19 Agustus 2013, 8:42 pm
    • betul sekali bli putu…. apalagi pertamina boleh jual sesuai dengan harga yang sama dengan petronas….. maka akan lewatlah petronas…. gak ada apa-apanya…..subsidinya untuk pembangunan infrastruktur kita yang memang lebih banyak dikorupsi… mudah2an pak DI bisa menyelesaikan persoalan ini semua … amin..

      Posted by Suhardi | 23 Agustus 2013, 6:02 am
  56. merdeka!!!
    mari kita dukung dahlan iskan jd RI 1

    Posted by abdillah | 19 Agustus 2013, 11:02 pm
  57. itu baru pertamina, setelah itu BUMN karya, bank mandiri dan BUMN lain yang berpotensi masuk fortune global 500

    Posted by indra | 19 Agustus 2013, 11:09 pm
  58. Saya sangat bangga punya mentri pak dahlan….andai kam ada 5 dahlan menjadi mentri indpnesia pasti maju…..

    Posted by abdul rafar | 20 Agustus 2013, 4:55 am
  59. prestasinya kecepetan nih hehe..politik kt saat ini kok cenderung “merusak” ya,ayolah politikus kt kmblilah ke ‘jln’ yg benar & berilah kami teladan.Selamat utk Pertamina..Selamat utk MenBUMN Dahlan Iskan & selamat utk slrh bangsa Indonesia..kerja kerja kerja !! Demi Indonesia..

    Posted by koreksi diri | 20 Agustus 2013, 6:50 am
  60. *sambil membayangkan Pertamina yang bebas intervensi. sambil membayangkan mafia-mafia migas ditangkapi dan disita hartanya karena memperolehnya dengan cara kongkalingkong dan mengeksploitasi yang semestinya menjadi hak rakyat sesuai amanat UUD 45 pasal 33.

    Belum terlalu terlambat bagi Indonesia untuk merebut kembali kekayaan alam yang menjadi hak-nya untuk dikelola sendiri dan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat. Pak Dis membuka mata kita bahwa putera-puteri bangsa Indonesia khususnya yang di Pertamina memiliki kemampuan untuk berdiri diatas kaki sendiri membangun dan menjalankan pengelolaan kekayaan alam yang dimiliki secara optimal. Semoga Pak Dis selalu sehat dan dalam lindungan-Nya. Salam DahlanIs.

    Posted by akadarisman | 20 Agustus 2013, 7:49 am
    • betul bung akadarisman…. kekayaan sda kita seharusnya dipergunakan sebesar besarnya untuk kemakmuran rakyat indonesia bukan “rakyat” pengusaha atau penguasa…. andai blok mahakam jadi dikelola oleh bangsa kita sendiri (pertamina) maka jangankan petronas yang nomor 75, nomor 50 pun rasanya pertamina sanggup…… dan yang penting CSR nya unutk kepentingan pembangunan rakyat indonesia……… hidup pertamina…. hidup indonesia…. merdeka…merdeka..merdeka

      Posted by Suhardi | 20 Agustus 2013, 1:25 pm
    • met muncul lagi Bung akadarisman , mbok ya temen2 lama diajak muncul lagi biar tambah greng gitu lho

      Posted by sulistiono | 22 Agustus 2013, 2:14 pm
  61. tugas dan fungsi skk migas sebaiknya diserahkan ke pertamina saja
    pertamina sekarang sudah relatif lebih bersih

    Posted by platstainless | 20 Agustus 2013, 9:22 am
  62. lndonesia mulai mendunia,smg smkn menjadi good governance…

    Posted by abdillah | 20 Agustus 2013, 11:26 am
  63. SATU LANGKAH HEBAT LAGI UNTUK MERAIH KEMBALI KEJAYAAN HARGA DIRI BANGSA……TOP MARKOTOP PAK DIZ…AMBIL PERSIAPAN DAN ANCANG2 DI TIKUNGAN SELANJUT’NYA…AYO KEMON NGEEBUTTTTTTTT PAK DIZZZ….KERJA,,,KERJA,,,,KERJA,,,,!!!!

    Posted by mbah mangun | 20 Agustus 2013, 12:23 pm
  64. PAK DIZ….2017 TINGGAL SEBENTAR LGI…..TOLONG AKSES TOL DI TUTUP DAN DI BERI PALANG PINTU SETINGGI2NYA….UNTUK MAHAKAM…SAAT’NYA BLOK MAHAKAM DI NIKMATI OLEH RAKYAT BANGSA KITA SENDIRI..DAN MENGEJAR LAGI HARGA DIRI BANGSA KITA YG DULU TERGADAIKAN….AYOO KITA KEMON NGEBUT PAK…KERJA,,KERJA,,KERJA……

    Posted by mbah mangun | 20 Agustus 2013, 12:40 pm
  65. Iim

    Masto

    Posted by Sunyoto | 20 Agustus 2013, 2:16 pm
  66. Iim270363@gmail.com

    Masto

    Posted by Sunyoto | 20 Agustus 2013, 2:18 pm
  67. Semoga Allah SWT memberikan limpahan kesehatan dan keselamatan selalu kepada anak-anak bangsa yang dengan tulus telah memberikan kontribusi dan memiliki dedikasi yang tinggi untuk kemajuan dan kejayaan bangsa dan negara RI ini, semoga beliau-beliau tetap terus memberikan kontribusi cemerlangnya untuk kemajuan, kejayaan dan kesejahteraan bangsa NKRI ini. Selamat pak DI beserta Jajarannya di BUMN

    Posted by agus siswanto | 20 Agustus 2013, 2:36 pm
  68. Kata Hasan Bisri. dari BPK. dalam ILC TV One. Aturan BP MIgas agak aneh. Cost recovery yang dibebankan ke negara mencapai lebih dari 200 juta USD. Ini dalam tiga tahun terakhir. Padahal, ini tidak boleh dibebankan kepada negara. Edan …… Rudi Rubiandini menganggap ini tidak merugikan negara. Aneh. Rubi Rubiandini diam-diam Bangsat.

    Posted by Widi | 20 Agustus 2013, 10:32 pm
  69. luar biasa bapak =))

    Posted by Aksesoris Mobil Gading | 21 Agustus 2013, 10:49 am
  70. Vote DIS for RI-1

    Posted by warnoto | 22 Agustus 2013, 2:30 am
  71. Sebagian pegawai Pertamina yang biasa nepotis sebenarnya tidak suka pada DI, karena mereka takut anak dan familinya tidak bisa masuk dengan mudah seperti dulu.

    Posted by mujiburo | 22 Agustus 2013, 5:26 am
  72. Pak DI adalah ancaman nyata bagi mereka yang selama ini merasakan nikmatnya kue nepotimes, korupsi, dan kolusi

    Posted by Fortuna | 22 Agustus 2013, 8:30 am
  73. “Kapitasi tidak diganggu itu maksudnya bisnis Pertamina boleh untung. Artinya, bisnis Pertamina harus marked to market (minyak dijual dengan harga pasar, tidak ada subisdi) dan TIDAK ADA SINERGI BUMN, yang “mengakibatkan Pertamina merugi”. Saya yakin bisa.

    Itu semua kan sama dengan perlakuan pemerintah Malaysia terhadap Petronas. Dan kalau bisa, CEO Pertamina tidak bisa dipanggil siapapun, kecuali oleh Presiden.”

    http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/437268-karen-agustiawan–pertamina-mampu-kalahkan-petronas

    Posted by uyung | 22 Agustus 2013, 9:11 am
    • Betul, saya lebih setuju BBM dijual dengan harga pasar tapi tersedia dengan harga yg sama & jumlah memadai di seluruh wilayah NKRI daripada disubsidi tapi beberapa daerah harganya melebihi non subsidi sekalipun & jumlahnya sangat minim.

      Posted by Fris | 22 Agustus 2013, 9:16 am
      • Orang POLITIK gak mau…..nanti Jualan politiknya gak laku….( alasannya membela rakyat miskin,padahal rakyat miskin gak punya kendaraan jadi gak beli BBM ya..)

        Posted by Mustahil | 25 Agustus 2013, 12:37 pm
  74. Maaf beribu maaf , sepertinya P DI sangat sempurna dgn kepandaiannya, akan tetapi kepedulian terhadap umat muslim ternyata sangatlah kurang, contohnya menyikapi pembantaian umat muslim di mesir, beliau tidak berani bersikap dan terkesan lebih setuju atau pro tindakan kudeta yg jelas2 melanggar ham, bagaimana saya akan memilih anda kalau anda tidak peduli dengan umat yang banyak dizalimi, renungkan

    Posted by dan | 23 Agustus 2013, 12:41 am
    • bukan tidak ada kepedulian….. mari kita lihat diri kita sendiri…. apa kita juga peduli dengan tetangga kita yang kurang beruntung?….. bukan pada wewenang beliau untuk itu……. mungkin klo sudah RI 1 insya ALLAH pak DI akan berusaha mencari jalan terbaik….

      Posted by Suhardi | 23 Agustus 2013, 6:05 am
      • Tahun 2013 Abah DIS naik CN 295 safari ke Indonesia Timur
        Tahun 2014 Abah DIS naik pesawat Kepresidenan yang sudah jadi, Amin2 YRA

        Posted by CAK YADI | 23 Agustus 2013, 3:47 pm
      • jangan tetangga … dulur………apakah saudara DAn . juga peduli dengan kerabat2..nya yg kurang mampu…. , .. yg notabene..muslim.. dan masih saudara…., liat. diri sendiri aja.. gk usah liat orang lain. apabila kita. bisa memperbaiki diri sendiri insya allah semua nya akan baik dan peduli sama orang lain…

        Posted by bu kek siansu | 23 Agustus 2013, 9:14 pm
    • Kepedulian terhadap umat islam tidak semata-mata dapat dilihat dari urusan Mesir. Buklah mata, ada banyak sumbangan Pak Dahlan terhadap umat muslim. Dakwah bil hal, pendirian pesantren modern, dukungan BUMN untuk Masjid, dukungan BUMN dalam renovasi Ka’bah, dll adalah bentuk2 kepedulian yang dimotori Pak Dahlan. Soal kepedulian itu, kita bahkan tak bisa menyainginya.

      Posted by Dedy Armayadi | 23 Agustus 2013, 9:06 am
    • Persoalan Mesir tidak semata-mata masalah keyakinan (AGAMA) (militer Mesir Juga mayoritas Muslim) tetapi lebih pada Politik Kekuasaan,….. anda harus lebih jeli dalam menyikapi ini

      Posted by Jatmiko | 23 Agustus 2013, 3:40 pm
    • Ngaji masih Alif Ba’ Ta’ Tsa’….. uda mikir peduli ama negara lain… , apakah saudara2 kita yg di negara kita yg notabene muslim.. kita peduli………….., ngaji dulu lagi sana…

      Posted by bu kek siansu | 23 Agustus 2013, 9:16 pm
  75. Kata Jawa Pos. Dahlan Iskan siap ikut konvensi. Ini karena perintah presiden yang kedua kalinya. Aku siap mendukung sebagaimana TB Silalahi.

    Posted by Widi | 23 Agustus 2013, 2:01 pm
  76. Tahun 2013 Abah DIS naik CN 295 safari ke Indonesia Timur
    Tahun 2014 Abah DIS naik pesawat Kepresidenan yang sudah jadi, Amin2 YRA

    Posted by CAK YADI | 23 Agustus 2013, 3:48 pm
  77. siap mendukung DI…,

    Posted by angel | 24 Agustus 2013, 10:05 am
  78. sip

    Posted by zainal | 24 Agustus 2013, 1:27 pm
  79. dah lama tak tengok blok ini, ternyata buanyaaaaaaaaaaaak menghuni baru, salam kenal, yg lama lama pada sibuk menyiapkan strategi yg akan dipersembahkan untuk sang maestro MH Pak Dahlan Iskan

    Posted by erust | 24 Agustus 2013, 11:55 pm
  80. Saya yakin pertamina dan BUMN lainnya akan lebih merdeka jika pemuda2 indonesia yg memiliki idealisme tinggi akan reformasi birokrasi mampu ikut serta dalam pembangunan bangsa kita. Karena korupsi sudah jadi tradisi. Tapi saya yakin semua ini akan berlalu dan bangsa indonesia aka kebih baik. Karena amerika pun mengalami periode yg sama pada tahun 60an mafia, korupsi, mirip indonesia sekarang. Jadi perkiraan saya 60 tahun lagi baru indonesia bisa seperti amerika saat ini.

    Posted by Gde Semadi Putra | 25 Agustus 2013, 8:40 am
  81. Selamat Ulang Tahun Pak DiS, semoga hope-hope ini dapat membangun Indonesia tercinta dengan menumbuhkan semangat kebanggaan, kebangsaan dan optimisme untuk membangun negeri. Tak lupa pula, semoga Pak Dis dapat tetap merdeka (independent) seandainya memenangi konvensi capres dari partai demokrat dan tidak mendapat intervensi politik.
    Doa kami selalu untukmu Abah Dahlan, semoga kesehatan dan keselamatan senantiasa menaungi dan mengelilingi Bapak beserta keluarga, dan kita semua. Amiin..

    Posted by Sotya | 26 Agustus 2013, 2:22 pm
  82. Jangan tanggung tanggung… Kolaborasikan DI dan Jokowi untuk RI-1 atau RI-2…. terserah siapa yang di RI-1, maka INDONESIA akan meledak dan bikin keder negara tetangga dan dunia international lainnya.
    Semoga mereka diberi kesehatan dan kekuatan untuk memimpin negara ini. Amin.

    Posted by Yon Maryono | 27 Agustus 2013, 1:31 pm
  83. Selamat atas kesuksesan Pertamina yg bisa menembus Fortune 500,semoga kedepannya bisa lebih baik dr yg terbaik.Pesan dari sy untuk Pa Dahlan tlong perhatikan sistem marketing pelumas pertamina,karena yg terjadi skrg harga yg ada d pasaran hancur shingga perang harga antar distrbtor sudah bukan hal yg asing.Dengan kejadian sprti itu timbul ketidakpercayaan dr outlet untk menjual pelumas pertamina krn tertekan oleh rusakny harga,sehingga dijadikan kesmptan bagi kompetitor lain.

    Posted by dedo muharam | 31 Agustus 2013, 10:12 pm
  84. Terimakasih banyak MBAH karena melalui jalan togel ini saya sudah bisa melunasi semua hutang2 saya bahkan saya juga sudah punya usaha sendri,berkat bantuan MBAH KABOIRENG yang telah memberika anka ‘GHOIB’ nya kepada saya yaitu [0205} dan alhamdulillah berhasil karna sudah 3 kali saya membuktikan hasil ramalan MBAH itu semua selalu terbukti dan tidak pernah gagal,jika anda mau bukti bukan kata kata silahkan hubungi MBAH KABOIRENG di 082322212111 nomor ritual meman selalu tepat dan terbukti.JANGAN RAGU UNTUK MEMBUKTIKANNYA KLIK DISINI

    Terimakasih banyak MBAH karena melalui jalan togel ini saya sudah bisa melunasi semua hutang2 saya bahkan saya juga sudah punya usaha sendri,berkat bantuan MBAH KABOIRENG yang telah memberika anka ‘GHOIB’ nya kepada saya yaitu [0205} dan alhamdulillah berhasil karna sudah 3 kali saya membuktikan hasil ramalan MBAH itu semua selalu terbukti dan tidak pernah gagal,jika anda mau bukti bukan kata kata silahkan hubungi MBAH KABOIRENG di 082322212111 nomor ritual meman selalu tepat dan terbukti.JANGAN RAGU UNTUK MEMBUKTIKANNYA KLIK DISINI

    Posted by togeljitu772013 | 3 September 2013, 3:56 pm
  85. Hal yang tidak pernah terbayankan kini menjadi kenyataan dengan keluargaku,,,untuk MBAH.RINGGO kami ucapkan banyak terimakasih karna berkat bantuannya ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah,karna nomor “GHOIB”untuk pasang togel,hasil ritual MBAH RINGGO meman benar2 merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karna baik rumah sudah disita,,warung makan jg sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma kontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya MBAH RINGGO lah yang bisa merubah nasib kami..MBAH RINGGO orang paling bersejarah kepada keluarga saya…!!! Kepada teman2 yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib baik dari pada sekaran HBG: 0852~0521~3777-MBAH RINGGO,dengan penuh harapan INSYAH ALLAH pasti tercapai dan sudah terbukti.

    Posted by alex | 9 September 2013, 6:59 am
  86. MANTAPP pingin rasanya ku berguru ke Bapak Dahlan Iskan

    Posted by Hanif | 21 September 2013, 8:46 am
  87. SAYA IBU EDAH INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA ORANG BAHWA MUNKIN AKU ADALAH ORANG YANG PALING MISKIN DIDUNIA DAN SAYA HIDUP BERSAMA SUAMI DAN 4 BUAH HATI SAYA SELAMA 10 TAHUN DAN 10 TAHUN ITU KAMI TIDAK PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMEWAHAN,,SETIAP HARI SAYA SELALU MEMBANTIN TULANG BERSAMA SUAMI SAYA UNTUK KELUARGA SAYA NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH CUKUP UNTUK KEBUTUHAN HIDUP KELUARGA SAYA..AKHIRNYA AKU PILIH JALAN TOGEL INI DAN SUDAH BANYAK PARA NORMAL YANG SAYA HUBUNGI NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH MEMBAWAKAN HASIL DAN DISITULAH AKU SEMPAT PUTUS ASA AKHIRNYA ADA SEORANG TEMAN YANG MEMBERIKAN NOMOR MBAH POJI,,SAYA PIKIR TIDAK ADA SALAHNYA JUGA SAYA COBA LAGI UNTUK MENGHUBUNGI MBAH POJI DAN AKHIRNYA MBAH POJI MEMBERIKAN ANGKA GHOIBNYA DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..KINI SAYA SANGAT BERSYUKUR MELIHAT KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,DAN TANDA TERIMAH KASIH SAYA KEPADA MBAH POJI SETIAP SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN MBAH POJI…BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI {{{–0852–3096–3269–}}} MBAH POJI

    Posted by IBU EDAH | 27 November 2013, 1:35 pm
  88. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA MBAH RINGGO BERKT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN MBAH YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI MBAH RINGGO DI 085/205/213/777/

    Posted by TOGEL | 6 Desember 2013, 7:59 pm
  89. Pertamina berarti masih banyak ‘belenggu’ ya pak! Mungkin jalan satu2 nya kalau pak DI sudah jadi RI 1, bisa melepas belenggu2 itu, aminn

    Posted by Batik Novita | 19 Januari 2014, 1:32 am
  90. Your are the person who chosen to live this life by God. Why God choose you? Because you have the strength to cope with any difficulties that given

    Posted by NADIA TURAHMAH RONEFI | 8 Juli 2014, 3:29 am

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.751 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: