>>
Anda sedang membaca ...
Catatan Dahlan Iskan, Manufacturing Hope

Tantangan Baru dari Empat Ruas Itu

Senin, 16 Juni 2014
Manufacturing Hope 132

Tiga jam sebelum mendarat di New York Sabtu malam WIB, saya menerima SMS dari Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. Agak panjang. Dilaporkan hasil rapat tentang pembebasan lahan jalan tol Palembang-Indralaya sebagai berikut.

Pertama, lahan Palembang-Pemulutan (7 km) telah tuntas pembebasannya. Kedua, lahan Poros (15 km) dan Exit (4 km) sedang dalam proses (pengukuran, sosialisasi, dan lain-lain). Pembayaran ganti rugi mulai bulan depan. Insya Allah tuntas bulan September. Ketiga, dengan penjelasan tersebut, saya mohon pekerjaan dapat dimulai tanggal 1 Juli 2014.

Saat itu juga, di atas ketinggian 12.000 km di atas udara Iceland langsung saya jawab: siaaaaap!

Hari itu, sepanjang penerbangan pesawat A380 dari Dubai ke New York selama 13 jam, saya bisa terus bekerja. Saya diskusikan persiapan pembangunan jalan tol Sumatera. Terutama empat ruas yang kelihatannya bisa segera dimulai.

Berita baik itu saya peroleh dari Menko Perekonomian Chairul Tanjung (CT). Dalam rapat dengan semua eselon satu Kemenko Perekonomian dan eselon satu Kementerian BUMN Kamis lalu, Pak CT menyampaikan bahwa menteri pekerjaan umum sudah setuju menunjuk PT Hutama Karya/HK (Persero) sebagai perusahaan yang akan mengerjakan empat ruas jalan tol Sumatera. Yakni: Medan-Binjai, Pekanbaru-Dumai, Palembang-Indralaya, dan Bakauheni-Tebanggi Besar.

“Saya tidak ada kepentingan dengan HK. Siapa pun yang ditunjuk saya setuju. Asal segera disetujui,” ujar Pak CT menirukan pembicaraannya.

Memang sejak hampir setahun lalu saya mengajukan PT HK untuk menangani proyek itu. Saya juga tidak mempunyai kepentingan apa-apa dengan BUMN yang satu ini. Bahwa saya mengajukan PT HK semata-mata karena tinggal perusahaan inilah satu-satunya BUMN Karya yang masih 100 persen milik negara. Yang lain-lain sudah go public.

Untuk yang sudah go public (Wika, Waskita, Adhi, dan PP), pemerintah tidak bisa menugasi begitu saja. Kalau ditugasi untuk mengerjakan proyek yang kurang menguntungkan, mereka bisa menolak. Padahal, empat ruas jalan tol tersebut belum layak secara komersial. Saya tentu tidak mengusulkan beberapa BUMN lain yang masih 100 persen milik negara (seperti Brantas Abipraya dan lain-lain) karena kelompok ini masih terlalu kecil untuk tugas berat tersebut.

Memang ada kelemahan HK yang membuat proses penugasannya ini berlarut-larut. Misalnya adanya peraturan yang mengharuskan pengelola jalan tol adalah perusahaan khusus jalan tol. Sedangkan HK adalah perusahaan kontraktor umum. Untuk kelemahan ini saya bisa selesaikan.

Meski kelihatannya sulit, bagi saya ini mudah sekali. Saya minta HK mengubah akta perusahaannya menjadi perusahaan jalan tol. Ini pekerjaan ringan. Satu minggu bisa selesai. Proyek-proyek non-tol yang selama ini menjadi bidang usaha HK diserahkan saja ke anak perusahaan. Beres.

Memang, di samping berita gembira itu, Pak Menko menyampaikan tantangan: bisakah tanpa APBN sama sekali. Saat itu juga langsung saya jawab: seharusnya bisa, karena itu akan saya usahakan.

Saya tahu jawaban saya itu kurang disukai manajemen PT HK. Perusahaan ini maunya dibantu APBN sebesar Rp 7 triliun. Bukan main gigihnya teman-teman HK berjuang untuk mendapatkan dana APBN.

Itu agak bertentangan dengan keinginan saya agar BUMN jangan minta-minta APBN. Selama dua tahun jadi menteri BUMN, saya selalu menolak untuk meminta penyertaan modal negara (PMN).

Kalau toh ada PMN selama dua tahun terakhir, itu bukanlah PMN dalam bentuk dana segar. Artinya, PMN itu hanyalah berupa pengesahan proyek negara di masa lalu yang setelah jadi proyeknya diserahkan ke BUMN. Saya istilahkan hal ini dengan PMN non-cash.

Seusai rapat dengan Pak Menko itu, saya langsung rapat-rapat dengan BUMN Karya, terutama dengan direksi HK. Saya juga minta saran dan pandangan BUMN Karya yang lain untuk bisa ikut gotong royong. Kami tahu APBN kita lagi sulit. Subsidi BBM begitu menyiksa keuangan negara. Karena itu, meminta dana APBN sangatlah tidak bisa diterima.

Jumat sore lalu, sambil berangkat ke bandara untuk menuju Dubai, saya bicarakan lagi membangun empat ruas tol itu tanpa APBN. Dirut PT Jasa Marga Tbk Adityawarman ikut urun rembuk.

Akhirnya ditemukan cara itu. Syaratnya, pemerintah daerah setempat benar-benar harus bisa membantu pembebasan tanahnya. HK sudah siap memulai kapan saja. Asal tanahnya sudah bebas.

Karena itu, dalam penerbangan dari Jakarta ke Dubai, saya hubungi berbagai pihak yang terkait dengan jalan tol ini. Termasuk Gubernur Alex Noerdin. Untunglah, di beberapa penerbangan internasional kini sudah disediakan fasilitas komunikasi SMS, e-mail, dan telepon. Hasil-hasil rapat Pak Alex di Palembang, misalnya, bisa saya ikuti selama penerbangan itu.

Demikian juga, saya bisa terus mendalami keinginan ahli ITB Dr Eman Kartasasmita untuk mengembangkan tanaman stevia yang akan diproduksi PT Kimia Farma Tbk. Dr Eman, dalam komunikasi SMS dan e-mail selama penerbangan ini, menyebutkan bahwa dirinya ingin mengembangkan zat pemanis yang bisa 24 kali manisnya dari gula.

Minggu ini, selama saya berada di AS, Maroko, dan Aljazair, direksi HK sudah harus merumuskan langkah dan strategi mengerjakan empat ruas jalan tol Sumatera itu tanpa APBN.(*)

Dahlan Iskan
Menteri BUMN

Diskusi

66 thoughts on “Tantangan Baru dari Empat Ruas Itu

  1. keduax..ttp semangat !! Demi Indonesia..kerja kerja kerja !

    Posted by koreksi diri | 16 Juni 2014, 6:19 am
  2. Saya org Duri. Antara Dumai -Pekanbaru. Kpn ya mulai di bangun?

    Posted by arios | 16 Juni 2014, 6:21 am
    • Wahai Saudara saya yang bersuku bangsa. Kita samua basudara. Ayo bantu & dukung pembebasan lahan dan tanahnya. Beri pengertian Saudara2 Duri yang lainnya. Agar selekasnya dibangun.

      Bravo Saudara Duri

      Posted by pemerhati | 16 Juni 2014, 7:59 am
  3. Mantap sekali pak Dahlan, anytime anywhere tetap saja dapat bekerja untuk kepentingan bangsa ini.

    Posted by Romi Radjalangu | 16 Juni 2014, 6:22 am
    • Kalau yang lain, dalam pesawat, barangkali : ngantuk, tidur, ngobrol, cerita, nyusun rencana belanja, nyusun anggaran belanja oleh2, atau apa lagi, ya, kira2 ?
      Kalau fanggota DPR sih, yang pernah rame terdengar, sembari dinas, ditumpangin pelesir istrinya.

      Posted by pemerhati | 16 Juni 2014, 8:12 am
  4. salam. smangat slalu . teman teman

    Posted by cah wonogiri | 16 Juni 2014, 6:28 am
  5. Semangat senin pagi… Keep positive & optimist , mantab abah masih tetep ga bahas copras capres. Tetep kerja kerja kerja….

    Posted by Fris | 16 Juni 2014, 6:38 am
  6. hebat kolaborasi CT + ABAH

    Posted by Heiruddin | 16 Juni 2014, 6:39 am
  7. yg begini dibilang suka pencitraan?
    sekarang koq sepi bener. pada kemana ya?

    Posted by bu rt | 16 Juni 2014, 7:00 am
  8. Sepi, pada bingung mau dikemanain idealisme mh, padahal kita harus selalu optimis, semangat! Bukankah itu tujuan mh?

    Posted by imtaza.com | 16 Juni 2014, 7:25 am
  9. SAYA PENGGEMAR BERAT ABAH DIS TP SY KECEWA KARENA ABAH GABUNG SAMA JOKOWI

    Posted by Warung Imafa | 16 Juni 2014, 7:26 am
    • Ini masalah ngurus “DUNIAWI” spesifik Indonesia SAAT INI. Bung DIS sebenarnya yang paling tepat, tapi SBY serba ragu, sehingga peluang habis. Lha yang mirim Bung DIS ya yang No. 1 .

      Posted by zauhar | 16 Juni 2014, 7:37 am
      • Salah satu ayat pilihan yang terkenal dan sering terdengar : “Maa kholakta hadza baatilan subhanaka fa qinaa adzaaban naar”. Ya, Alloh, tidak ada satupun ciptaanMU yang sia-sia. Maka, jauhkan kami dari api neraka (karena selalu mencaci dan mengecilkan hal2 yang sepele).
        Bahkan selembar daun jatuhpun, diatur dan bermanfaat (tidak sia-sia). Maka,apapun yang terjadi pun telah diatur oleh NYA.
        Janganlah engkau (terburu2) mengira baik, padahal (kelak mungkin) buruk bagimu. Dan sebaliknya, janganlah engkau (terburu2 memvonis) buruk, padahal (barangkali kelak akan) baik bagimu”.
        Islam, rahmatan lil alamiin, bagi orang2 yang berpikir, telah mengatur dan mengantisipasi segala sesuatunya sabar, tenang, tentram dan damai, agar tidak timbul gejolak dan kerusakan, serta ketidak-adilan.
        Hanya manusianyalah yang selalu ceroboh, tidak mawas diri, dengan akal, pikiran plus hawa nafsu dan emosinya.

        Waslm.

        Posted by pemerhati | 16 Juni 2014, 8:26 am
        • Jadi, seharusnya masalah “duniawi” harus tetap bersandarkan tuntutan agama. Karena segala sesuatunya lengkap telah dituntunkan dalam Al-Qur’an. Patut ditauladani slogan Padang Sumbar : “Adaik basandi syara’. Syara’ basandi kitabulloh”. Adat kebiasaan dan perilaku berdasarkan syari’at. Syari’at harus dan tentu bersandarkan pada kitabnya Alloh (=Al-Qur’an).
          Jika mengurus duniawi dilepaskan dari ukhrowi, maka namanya “sekuler-isme” or “liberal-isme”. Padahal, tujuan diciptakan manusia, selain untuk “menyembah kepadaNYA”, juga agar menjadi kalifah/ pemelihara bumi. Tentunya tidak boleh keluar dari “tuntunan” NYA.

          Posted by pemerhati | 16 Juni 2014, 8:36 am
  10. Semoga cepat terlaksana dan sukses. Tentang Stevia yg daunnya manis, berbagai penelitiannya sudah lama ada. Sahabat2 saya melakukannya dgn menanam n menelitinya di kebun percobaan Pasir Sarongge, Pacet pd thn 1986 guna meraih gelar Sarjana Pertanian IPB. Yg harus diingat tanaman ini seperti teh, tumbuh baik di dataran tinggi seperti daerah puncak dan butuh pencahayaan penuh. Dia dpt tumbuh di daerah lebih rendah tetapi mungkin tidak optimal (tumbuh memanjang tp produksi daun sedikit). Tetapi tentu saja selain produksi daun yg optimal, kandungan gulanya jg harus optimal bila kita akan memproduksi pemanis stevia.

    Posted by Endang H | 16 Juni 2014, 7:29 am
  11. Di jaman menko,lama … terhambat terkait “persaingan” poltis. Menko lama masih seperti birokrat kebanyakan. Walau agak terlambat … nggak pa pa . Teruskan pak CT untuk membuat fondasi/ rel perekonomian Indonesia menuju masa depan ( ini belum dilakukan dengan baik oleh menko lama ).

    Posted by zauhar | 16 Juni 2014, 7:32 am
  12. Ajarkn pd mereka Bah, bgmn kerja ikhlas itu…..km telah didlolimi, insyllh doamu maqbul. Doakn kebaikn utk para pemimpin2 kits dn org2 yg tlh mndlolimimu Abah…,Demi Indonesia walaupun itu kpn trwujud

    Posted by bandungbondowoso | 16 Juni 2014, 7:37 am
  13. CT + ABAH duo mantabbb

    Posted by jatmiko | 16 Juni 2014, 7:52 am
  14. Dasar-dasar road map pembangunan Infrastruktur Nasional telah banyak sekali digagas dan sekaligus sedang diusahakan untuk diimplementasikan oelh bapak Dahlan Iskan, Pemerintah kedepan harus terus mengupayakan ide-ide ini.. sebab kalau tidak maka akan sangat kelihatan sekali siapa Presiden Indonesia sesungguhnya.

    Posted by Manihot Ultissima | 16 Juni 2014, 7:56 am
  15. Alhamdulillah ….. CT sama DI yang selalu berorientasi pada solusi…. Semoga Alloh SWT selalu melindungi Orang” yang baik ini ….. Amin YRA.

    Posted by IaL | 16 Juni 2014, 8:05 am
  16. Dis – CT kayak Dual SIM card saja

    Posted by didin | 16 Juni 2014, 8:19 am
  17. aiih pak dahlan nyebut menko CT terus, kenapa nggak di singgung menko lama pak, padahal keturunan palembang lhoo,

    ini juga mengunci sang bovernoor jika ternyata laporannya tidak sesuai di lapangan kena senggol juga tuh pak gubernur,

    sekaligus memberitahukan bahwa ternyata teknologi canggih A380 masalah komunikasi di persawat sudah bisa diatasi yang selama ini jadi simalakama, tapi pak dahlan nggak ngasih tahu berapa harga yang harus dikeluarkan jika ingin fasilitas itu..

    Posted by shayun | 16 Juni 2014, 8:20 am
  18. Luar biasa, selalu membanggakan,… apapun yang terjadi Manufacturing Hope akan selalu dinanti, siapapun presiden yang kepilih, saya yakin abah DI akan terus berkarya demi kemajuan bangsa (semoga teteap masuk Kabinet)… semangat

    Posted by toni | 16 Juni 2014, 8:23 am
  19. Positif… Hebat… Mantap

    Posted by Cukat | 16 Juni 2014, 8:26 am
  20. l love dis way,walaw kita beda kita tetap satu…

    Posted by abdillah | 16 Juni 2014, 8:30 am
  21. Ilmu gratis cara berpikir strategis

    Posted by Amalia | 16 Juni 2014, 8:38 am
    • ta’ada di bangku kuliah. Daripada belajar keluar negeri mahal bayarnya, lebih baik beli buku2 nya Abah. Dijamin banyak referensi ilmu manajemen baru dan strategi jitu.

      Posted by pemerhati | 17 Juni 2014, 2:38 pm
  22. Kala sebuah diskusi mengenai pemerintah pada suatu malam berkumandang, pemerintah dinilai immature oleh seorang teman saya, beliau berkata pemerintah plin plan, satu contoh RFID sudah pasang? sudah. sekarang pelaksanaannya mana? hilang bak ditelan bumi.
    setelah baca note ini tentang subsidi BBM yang dihapuskan, saya jadi ingat lagi program itu. tolong info donk Pak Dahlan atau siapapun, bagaimana kelanjutannya? juga bagaimana kabar motor dan mobil listrik itu?
    bagaimana mobil SMK?.

    Posted by Mien | 16 Juni 2014, 8:49 am
    • mobil listrik tidak ada undang undang nya, jadi bmenhub tidak berani mengeluarkan izin,
      baik pajak, maupun ketentuannya, baru sedang dibikin entah kapan jadinya wallohu alam, mungkin nunggu jepang produksi massal dulu baru dibuatkan uu nya, menyesuaikan pesanan #ngikik

      masalah RFID masih jalan tapi kayak keong, maklum ESDM yang punya hajat tidak serius,
      lagi bingung nyelamatin diri pasca lengser #ngikik meneh

      subsidi BBM dihapuskan?
      berdoa saja smudah mudahan ada yang berani memegang ucapannya

      Posted by shayun | 16 Juni 2014, 9:15 am
  23. Pecaya deh dengan cara kerja orang ini…. Sayangnya rakyat Indonesia terlalu bodoh tidak memilihnya menjadi presiden …

    Posted by Wonokairun | 16 Juni 2014, 10:24 am
  24. Makanya pilih Jokowi_JK untuk indonesia Jaya, Abah tau betul mana yg terbaik..Koalisi tanpa syarat, kalau yg nomor satu koalisinya saja sdh jelas kelihatan, bnyk partai2 pendukung yang mempunyai bnyk kepentingan.
    Sehebat apa pun Presiden terpilih, jika menteri2nya titipan partai peserta koalisi, maka nasib bangsa ini tdk akan jauh berbeda dg sekarang. Menteri2 titipan hanya sibuk mencari cara untuk mencari untung bagi partainya, tdk bisa all out seperti Abah yang bekerja hanya untuk kemajuan bangsa.

    Posted by Farizal | 16 Juni 2014, 11:11 am
  25. nach ini banyak masalah yang bisa diselesaikan dengan cepat oleh oleh orang orang yang tidak ada kepentingan politis, jadinya bisa cepat. semoga tetap lanjut abah dis

    Posted by lintang rudi | 16 Juni 2014, 11:11 am
  26. Ternyata di beberapa penerbangan internasional sudah dilengkapi fasilitas SMS, email, dan telpon juga, jadi kemungkinan MH370 bukan karna gangguan sinyal ponsel (lho kok jadi bahas MH370)…….. Masih tersisa waktu 5,5 bulan di kabinet IB jilid II, tapi pak Dahlan Iskan bersemangat kerja seperti baru jadi mentri……….. (dialah presiden yang sesungguhnya)

    Posted by desianugrah | 16 Juni 2014, 11:52 am
  27. kalo dihitung2 tinggal 20an Mh yang akan dibaca. tp saya sudah Cpy yag lain. mudh2 abah DI jadi Mentri lagi. krerjanya semangat 45 trus.kalo ini bisa dimanfaatkan pajoko top abis.mari kiat doakan…….amiiiin

    Posted by andi | 16 Juni 2014, 3:43 pm
  28. smoga cepet jadi tolnya

    Posted by mydamayanti | 16 Juni 2014, 4:22 pm
  29. Pak Dahlan, saya melihat Bapak hanya menjadi konseptor, implementasi di Tim Bapak sendiri sepertinya tidak berjalan spt cara Bapak bekerja. Sebagai contoh masalah listrik di Medan yg tidak ada tuntasnya, tol Binjai-Medan dan tol Kualanamu- Medan-Tebingtinggi yg sampai sekarang masih khayalan. Memang semua itu tidak bisa instan, tapi masyarakat juga bosan dengan konsep atau tulisan2 Bapak.Sebaiknya mulai saja dengan yg kecil2 Pak jd kelihatan realisasinya. Saya juga merasa perhatian Bapak (baca:pemerintah ) memang berbeda untuk kami diluar Jawa Bali ini. Saya heran kenapa proyek2 di Jawa Bali bisa dikebut seperti Tol Bali atau Rel Ganda Jkt-Sby, sementara di daerah kami progressnya lambat sekali. Ketimpangan itu terus ada, tolong disadari Pak.

    Posted by Affan | 16 Juni 2014, 6:13 pm
  30. nunggu MH hasil lawatan ke AS maroko dan aljazairšŸ˜€

    Posted by fia | 16 Juni 2014, 10:31 pm
  31. Pak DIS Presiden Idaman ku.. Mudah2an di dalam pk jokowi ada jiwa pk DIS

    Posted by melsi | 17 Juni 2014, 8:42 am
  32. Implementasi dan hasil memang harus ada jarak atau waktu yang harus kita tunggu, tidak bisa tanggal sekian di tulis tentang plan,roadmap,dan proyek di kerjakan terus bulan depan di tunggu hasilnya, kan beliau seorang menteri yang banyak proyek harus di awasi dan di laporkan.
    semngat terus abah dis

    Posted by renal arta | 17 Juni 2014, 10:25 am
  33. perlu dipertahankan duo CT dan DI pada kabinet salam dua jari… #akurapopo

    Posted by jonjack | 17 Juni 2014, 11:28 am
  34. kira-kira siapa yg bisa membendung capres cawapres 2019 Dahlan Iskan-Chairul Tandjung

    Posted by agusteub | 17 Juni 2014, 2:29 pm
  35. assalamualaikum wr, wb.MBAH saya:PAK.DERMAWAN dan SEKELUARGA mengucapkan banyak2
    terimakasih kepada MBAH TARNO atas angka togel yang di
    berikan “4D” alhamdulillah ternyata itu benar2 jebol dan berkat
    bantuan MBAH TARNO saya bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya yang
    ada di BANK dan bukan hanya itu MBAH alhamdulillah sekarang saya
    sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya
    sehari2. itu semua berkat bantuan MBAH TARNO sekali lagi makasih banyak
    yah MBAHā€¦ yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi MBAH TARNO di
    nomor: (((_0823_3954-0847-)))

    dijamin 100% jebol saya sudah buktikan…sendiri….

    Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!

    1″Dikejar-kejar hutang

    2″Selaluh kalah dalam bermain togel

    3″Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel

    4″Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat

    5″Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
    tapi tidak ada satupun yang berhasil..

    Solusi yang tepat jangan anda putus aza….MBAH TARNO akan membantu
    anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
    butuh angka togel 2D_3D_4D SGP/HKG/MALAYSIA dijamin 100% jebol
    Apabila ada waktu
    silahkan Hub: MBAH TARNO DI NO: (((_0823_3954-0847-)))

    angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/

    angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/

    angka GHOIB; malaysia

    angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/

    angka GHOIB; laos

    Posted by yuliana | 19 Juni 2014, 9:50 pm
  36. Jokowi presidenku…. Coblos yg no.2

    Posted by Nikball rubber | 24 Juni 2014, 7:48 am
  37. Maaf pak, kok di atas pesawat boleh nyalain hp yah?….:)

    Posted by biyono aditomo | 1 Juli 2014, 1:35 pm
  38. Ass. wr.wb,saya BAPAK JOKO seorang penjual sate di bogor jawa barat ingin mengucapka banyak terimah kasih kepada KI RANGGONG atas bantuan AKI. kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan KI RANGGOG pula yang telah memberikan angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah telah berhasil memenangkan 5x berturut turut tembus.sekali lagi makasih yaa AKI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 300 ribu dan akhirnya saya menang.Berkat angka gaib hasil ritual AKI RANGGONG saya sudah buka usaha matreal di jakarta dan istri saya juga buka butyk baju dimall mangga dua. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUB/SMS AKI RANGGONG di nomor 082-317-779-848 dan ramalan AKI RANGGONG memang memiliki ramalan GAIBā€ yang dijamin 100% tembus. KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUMKAN DI INTERNETā€¦

    Posted by jokorayo | 3 Desember 2014, 8:17 pm
  39. Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka goib MBAH RINGGO telah saya buktikan juga kemarin saya dapat,awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama MBAH RINGGO 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 85 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih MBAH RINGGO jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan bergbung dengan MBAH RINGGO DI (085205213777)

    Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka goib MBAH RINGGO telah saya buktikan juga kemarin saya dapat,awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama MBAH RINGGO 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 85 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih MBAH RINGGO jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan bergbung dengan MBAH RINGGO DI (085205213777)

    Posted by reski33 | 13 Desember 2014, 9:24 am

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: