>>
Anda sedang membaca ...
Catatan Dahlan Iskan, Manufacturing Hope

Tiba Begitu Ruwetnya, Pulang Begitu Indahnya

Senin, 23 September 2013
Manufacturing Hope 95

Hampir 3.000 pemain bridge dan keluarga mereka dari seluruh dunia berkumpul di Bali. Mereka lagi bertanding di kejuaraan dunia ke-43 yang berlangsung di Nusa Dua.

“Waktu tiba di Bali Anda mungkin mengeluh. Bandaranya ruwet dan jalan menuju Nusa Dua macetnya bukan main,” kata saya dalam pidato pembukaan Kamis lalu.

“Tapi waktu Anda-anda meninggalkan Bali minggu depan keadaan sudah berbeda. Anda kembali ke bandara akan melewati jalan baru di atas laut yang sangat indah. Dan Anda akan meninggalkan Bali melalui bandara baru yang juga sangat indah,” kata saya.

Saya adalah Ketua Umum Pengurus Besar Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (GABSI). Peserta dari 63 negara itu bertepuk tangan gemuruh. Kejuaraan dunia ini memang berlangsung hampir dua minggu sehingga bisa mengalami dua dunia: tiba serba ruwet pulang serba indah.

Jalan tol dan bandara baru Bali itu diresmikan Bapak Presiden SBY hari ini. Inilah jalan tol terindah dengan waktu pembangunan tercepat di Indonesia. Dua-duanya didesain, dibangun, dibiayai, dan dioperasikan oleh BUMN: PT Jasa Marga Bali untuk jalan tol dan PT Angkasa Pura 1 untuk bandara.

Selama seminggu ke depan masyarakat diberi kesempatan secara gratis untuk mencoba tol atas laut. Sekalian untuk menguji keandalan sistemnya.

Sedang untuk New Ngurah Rai, ujicoba sudah dilakukan Jumat lalu dengan mengalihkan seluruh kedatangan internasional ke bandara baru. Alhamdulillah. Lancar. Mulai dari sistem imigrasi, visa on arrival, bea cukai, sampai ke pengambilan bagasinya.

Penggunaan bandara baru, di mana-mana di seluruh dunia, selalu ruwet. Terutama handling bagasinya. Karena itu boyongan bandara ini dilakukan bertahap. Untuk seluruh keberangkatan internasional baru boyongan tanggal 29 minggu depan.

Kalau boyongan itu nanti lancar, maka ini akan mengulang sukses boyongan di Medan dari bandara Polonia ke Kuala Namu, Juli lalu.

Akhir tahun ini akan menyusul bandara baru Sepinggan Balikpapan yang selesai dibangun. Juga tidak kalah indah dan besarnya. Bahkan bandara baru Sepinggan ini akan jadi bandara-mal pertama di Indonesia. Di dalam bandara itu benar-benar ada mal sungguhan.

Pada saat yang hampir bersamaan Terminal 2 Bandara Juanda Surabaya juga selesai dibangun. Hanya bandara baru Semarang yang masih memerlukan proses. Perencanaan sudah matang, dana BUMN sudah tersedia, dan kegiatan fisik sudah lama siap dimulai. Tapi lokasinya masih harus di-clear-kan. Bandara baru itu akan menempati tanah milik TNI sehingga harus diselesaikan prosesnya.

Bandara memang persoalan rumit. Jumlah pesawat bertambah terus dengan derasnya. Pertambahan penumpang juga tidak terbendung. Pengaturan lalu-lintas udaranya benar-benar menantang.

Banyaknya pesawat yang dulu harus muter-muter di udara menunggu giliran landing sudah bisa diatasi. Caranya: Airnav Indonesia, BUMN baru, meningkatkan kapasitas sistemnya untuk Soekarno-Hatta Jakarta. Kalau dulu satu jam hanya bisa naik-turun sebanyak 60 kali, sekarang sudah bisa 69 kali.

Bahkan Airnav mengatur lalu-lintasnya sejak dari bandara asal. Keberangkatan pesawat dari bandara asal akan diminta maju atau mundur beberapa menit daripada memaksa berangkat on time tapi harus muter-muter di udara Jakarta menunggu giliran landing.

Memang ke depan sudah harus diputuskan untuk mengurangi frekuensi penerbangan dari dan ke Jakarta. Antre take off di Cengkareng sudah sangat mengganggu kepastian jadwal pesawat. Urgensi banyaknya penerbangan dari Jakarta ke Surabaya (lebih 40 kali sehari) atau Jakarta-Medan (lebih 30 kali sehari) harus dipertanyakan. Untuk apa harus 40 kali sehari” Bukankah 30 kali juga sudah cukup?

Perusahaan penerbangan sudah harus di-warning untuk segera memiliki pesawat yang lebih besar dari B737 atau sejenisnya. Tentu yang masih ekonomis untuk jarak pendek. Membangun landasan ketiga di Cengkareng memang penting, tapi terobosan manajemen lebih penting lagi.

Saya ingat apa yang dilakukan Dirut Pelindo II RJ Lino di Padang. Di masa lalu kapal harus antre sampai 15 hari di pelabuhan Teluk Bayur. Semua pihak berpendapat harus segera dibangun dermaga baru. Tentu amat mahal. Hanya Lino yang tidak sependapat. Dia lakukan perubahan manajemen.

Lino benar. Sejak enam bulan lalu kapal tidak perlu antre sama sekali di Teluk Bayur. Kapal datang bisa langsung berlabuh.

Dermaga baru tidak jadi dibangun. Uang triliunan bisa dihemat. (***)

Dahlan Iskan
Menteri BUMN

Diskusi

108 thoughts on “Tiba Begitu Ruwetnya, Pulang Begitu Indahnya

  1. kebanggaan bersama milik bangsa

    Posted by lutfihelmi | 23 September 2013, 5:10 am
  2. Lho….kok belum ada komentar..sih…wah kepagian nih..

    Posted by offick | 23 September 2013, 5:14 am
    • Semangaattt Pagiii.

      Keliatannya masih terbawa suasana Indonesia Juara AFF U-19.
      Semakin lengkap kebanggaannya dengan info MH kali ini.
      Sukses selalu BUMN, selamat berjuang untuk P. Dis.

      Posted by Wanto Kdr | 23 September 2013, 6:03 am
  3. Vote DI-19 for President……

    Posted by Mas Arfan | 23 September 2013, 5:15 am
  4. Powered by Telkomsel BlackBerry®

    Posted by kumaladewi_46@yahoo.com | 23 September 2013, 5:16 am
  5. Pertamax. Selamat bekerja.

    Posted by Widi | 23 September 2013, 5:18 am
  6. Angkasa pemersatu negara kepulauan Indonesia…kenapa nggak…ditangan dingin Pak Dahlan…dengan semangat kerja..kerja..kerja….pasti terlaksana

    Posted by affandi | 23 September 2013, 5:19 am
  7. Mantaps…like dis way.
    Semangat!

    Posted by msodikvip | 23 September 2013, 5:19 am
  8. Infrastructure sangat penting setelah bandara saya mohon tol dikebut pak birokrasi yg bikin perijinan jadi lamaaaaa di babat

    Posted by ary | 23 September 2013, 5:21 am
  9. Mendukung Abah Dahlan Iskan menjadi Presiden RI 2014. Lanjutkan

    Posted by Djoko Sawolo | 23 September 2013, 5:31 am
  10. Mendukung kecermelangan bpk RJ LINO. Lanjutkan

    Posted by Djoko Sawolo | 23 September 2013, 5:34 am
    • DIS UNIVERCITY telah menghasilkan orang2 yg berkualitas di bidangnya dan posisinya masing2 u membangun Indonesia lewat jalur BUMN. Sistem rekrutmen yg bersih dari intrik2 kepentingan pribadi ato golongan betul2 bisa mengangkat kinerja BUMN menjadi kuda TROYA di bawah komandan Prof. Dahlan Iskan. Selamat berjuang Abah semoga HIDUP KE DUA ABAH BERGUNA BAGI BANGSA INDONESIA DAN GENERASI BERIKUTNYA. Salam DAHLANIS

      Posted by theo | 23 September 2013, 7:20 am
      • Anda nulis Univercity yang bener University

        Posted by Cak Kandar | 23 September 2013, 5:09 pm
      • Berulangkali sudah beliau sampaikan kepada presiden, bahwa senjata bagi presiden yang utama adalah APBN dan BUMN. Maka dari itu, sebagai pembantu presiden dan orang yang diberi amanah presiden, beliau insya Alloh sepenuh hati dan tidak main2 dalam mengelola BUMN, agar apa yang menjadi cita2, sasaran dan tujuan presiden untuk mengelola negara bisa tercapai.

        Posted by PEMERHATI | 23 September 2013, 9:15 pm
        • Berulangkali sudah beliau sampaikan kepada presiden, bahwa senjata bagi presiden yang utama adalah APBN dan BUMN.

          wah setuju sekali….kalau di pemda berarti apbd dan upt-uptnya

          jika apb tak terkelola dengan jelas: maka ia akan menjadi bancaan!

          Posted by puji | 1 Oktober 2013, 9:15 am
  11. Mantaaap.., like DIS
    Vote DI 19 pada pilpres 2014

    Posted by mahfud | 23 September 2013, 5:59 am
  12. I love dis way…kalau bapak mau tanda tangani buku koleksi saya tentang bapak.i will vote you for RI 1..!!!!!

    Posted by asriprast82 | 23 September 2013, 6:16 am
  13. Pantesan pinter…hla wong main bridge itu susah dan HARUS banyak TRIK….maka Abah juga banyak trik untuk memecahkan masalah…

    Hati senang karena semalam U 19 MENANG…sesudah menunggu 22 tahun…..
    Seperti halnya kita harus menunggu untuk punya presiden yang Cerdas, Amanah dan Rajin…

    Semoga kita tidak salah pilih dan penantian kita tidak sia-sia… Amin

    Morning all. GBU. Salam Aku Cinta Indonesia

    Posted by wning | 23 September 2013, 6:18 am
    • akhirnya muncul juga komen dari bu Wning….. lama gak muncul juga ya bu…. semoga sehat selalu….seperti sudah berbuka puasa setelah lama gak ada gelar …… Hidup Garuda Jaya Muda…. hidup Pak DI

      Posted by suhardi | 23 September 2013, 6:37 am
    • sugeng enjang mbak ning, met mengudara lagi smoga sehat n sejahtera selalu. Abah DIS memang jago u managemen perencanaan di darat , laut dan udara, pokoknya vote RI 1 u 2014 , i love DIS all.

      Posted by theo | 23 September 2013, 7:10 am
      • Matur suwun Bro Theo dan Bro Suhardi…. terharu rasanya MASIH ADA yang inget n “kangen” saya ? ( ceile…kangen he he he)

        Diknas belakangan ini berusaha menyamakan manajemen / adm sekolah NON FORMAL untuk mengikuti sekolah formal…

        Saya jadi agak ” keteteran” he he he…makanya lebih sering menjadi pemerhati…atau komennya tidak panjang dan laaaama ( iklan choki-choki kali…)

        Somehow , Abah sudah memulai memilih JALAN menuju RI 1… kita ikuti dan kita dukung saja.
        Semoga jalan yang ditempuh Abah adalah jalan yang benar dan mencapai sasaran…dus! bukan jalan berliku yang ujungnya ( ternyata ) buntu….

        JANGAN APRIORI DENGAN PILIHAN ABAH TENTANG PARTAI DEMOKRAT….saya yakin Abah punya agenda tersendiri… “Why Demokrat”…. Sambil jalan ( di dalam partai Demokrat), Abah bisa BERSIH-BERSIH…. Ingat saja bagaimana Abah menggebrak BUMN dalam rangka perbaikan manajemen serta BERSIH-BERSIH BUMN ( agar tidak korup maupun dijadikan sapi perah…remember ? )

        Biasakan kita ber- POSITIF THINKING…agar hati kita bersih, ringan…dan itu sekaligus doa kita…
        Miss U all. GBU. Salam ACI.

        Posted by wning | 24 September 2013, 5:32 am
        • semoga dahlan iskan center terbentuk
          dan setiap pengagum bisa berkontribusi
          sampai pemda
          tak hanya untuk sekedar presiden
          kita perlu pemimpin nasional, atau wali Indonesia.
          ktp siap kirim!

          Posted by puji | 1 Oktober 2013, 9:24 am
    • CAR = Cerdas Amanah Rajin, dan
      BIR = Bersih Indah Rapi. Orangnya bersih dari kasus, hasil kerjanya Indah dan Rapi
      4@s = Kerja Keras, Cerdas, Tuntas, Ikhlas

      link-nya :
      https://dahlaniskan.wordpress.com/
      http://dahlanis.com/
      http://dahlaniskan.net/
      http://thedahlaniskanway.wordpress.com/
      http://kickdahlan.wordpress.com/about/

      top-markotop.

      Posted by PEMERHATI | 23 September 2013, 8:24 pm
  14. Luar Biasa Sekali Pak DI, Saya Bangga membacanya !

    Posted by andimustafa | 23 September 2013, 6:20 am
  15. Jaya di darat, laut dan udara…

    Posted by yuni | 23 September 2013, 6:20 am
  16. lanjutkan! Vote Dahlan Iskan for RI-1

    Posted by aditam@putra | 23 September 2013, 6:35 am
  17. Hidup PAk DI….. semoga ditangan beliau INDONESIA JAYA……

    Posted by suhardi | 23 September 2013, 6:38 am
  18. vote dahlan iskan for RI 1

    Posted by AnomSaksana | 23 September 2013, 6:46 am
  19. DI Presiden RI 2014

    Posted by Arya Sutha | 23 September 2013, 6:59 am
  20. Selalu, kabar kabar baik yang menghangatkan hati, sedikit demi sedikit mengembalikan optimisme bahwa bangsa besar ini mampu bangkit dengan kepemimpinan yang tepat! Terima kasih DIS dan team pekerja keras yang jujur di seantero BUMN!

    Posted by akreshna | 23 September 2013, 7:09 am
  21. Salam untuk semua, selamat pagi…… dan selamat bekerja

    Posted by MChoir | 23 September 2013, 7:11 am
  22. Maaf pak, bulan puasa yang lalu kapal saya mau bongkar di teluk bayur, antrinya berhari hari juga.
    memang perlu dibangun dermaga baru pak…
    Kalau ada yg lapor gak perlu antre di pelabuhan teluk bayur, perlu dipertanyakan kredibilitas orang tersebut.
    Tolong dong pak, pelayanan Pelni di perhatikan.
    kalau manajemen gak mampu, lansung ganti…

    Posted by Denny | 23 September 2013, 7:11 am
    • Pak Dahlan mengungkapkan tentang Zero Waiting Time di Teluk Bayur ini pada MH 77 yang tertanggal 13 Mei 2013
      Mungkin Pak Denny bisa memperjelas berapa lama antri yang dibutuhkan itu. Karena kalau terjadi di bulan puasa berarti kejadiannya di sekitar bulan Juli 13 atau awal Agustus 13. Mungkin ada rekan yang bisa bantu jelaskan tentang keluhan Pak Denny ini

      Posted by Eko | 23 September 2013, 9:23 am
      • Saya sudah lupa pastinya tgl berapa, tp seingat saya minggu pertama bulan puasa. kita antri lebih dari seminggu.
        Kapal kami kapal kargo lokal bawa pupuk dan kami bongkar muatan di pelabuhan kontainer yg kebetulan lg kosong. Jadi kalau sewaktu-waktu ada kapal kontainer datang, ya siap-siap diusir dulu.

        Posted by Denny | 23 September 2013, 1:58 pm
  23. kebanggaan yg trs berlanjut..maju trs Pak,rakyat mendukungmu.Demi Indonesia..kerja kerja kerja !!

    Posted by koreksi diri | 23 September 2013, 7:14 am
  24. “Dermaga baru tidak jadi dibangun. Uang triliunan bisa dihemat”

    Semoga semua petinggi bangsa ini berfikir seperti abah, bagaimana caranya menghemat uang negara (rakyat) namun tetap dapat memberikan pelayanan yang prima serta dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cara memperbaiki manajemen terlebih dahulu jika mentok baru membuat yang baru.
    Bukan berfikir proyek-proyek dan proyek.

    Posted by denbagus | 23 September 2013, 7:16 am
    • Seringkali terdengar berita miring, bagaimana pejabat/ birokrat adu balap cepet2an dan gede2an menghabiskan anggaran jelang deadline akhir tahun anggaran, yang katanya “berprestasi jika bisa menyerap/ menghabiskan anggaran”. Jika tidak bisa menyerap anggaran dianggap tidak berprestasi. Wallahu alam bish showab.

      Posted by PEMERHATI | 23 September 2013, 8:30 pm
  25. Kalau sekedar membaca atau medengarkan cerita pak Dis, mungkin bisa saja kita menganggap beliau membual dan melebih-lebihkan cerita. Tapi jika kita melihat langsung “karya besar” dan pernah terlibat dalam mewujudkan sesuatu pekerjaan besar yang rumit maka apa yang disampaikan oleh pak Dis merupakan suatu prestasi luar biasa yang tidak semua pemimpin bisa mengorganisir, memimpin dan mewujudkan itu semua. Dokumentasi dan publikasi atas prestasi tersebut juga penting untuk membangun rasa percaya diri bangsa bahwa Kita Bisa dan tidak perlu dianggap sebagai upaya pencitraan atau kampanye untuk kepentingan jangka pendek/politis. Seorang dengan jiwa negarawan ketika menyatakan sesuatu maka pernyataan itu adalah sesuatu janji yang harus diwujudkan dan segenap komponen organisasi harus bahu membahu mewujudkan itu.

    Akhirnya lagi-lagi kita dapat memetik sebuah teladan dan inspirasi dari sebuah hasil karya yang semula dibangun dari sebuah HOPE. Dan satu persatu HOPE itu akan tampak hasilnya dan menjadi sebuah tatanan kebangsaan yang insya allah menjadi terus makin baik dan baik lagi di masa depan. Dan menjalankan itu bukan perkara mudah namun membutuhkan kepemimpinan yang luar biasa. Semoga kita bisa memetik hikmah atas itu semua dan bisa meniru teladan Pak Dis untuk membangun dan mewujudkan HOPE kita semua. Semoga kesehatan, keselamatan, bimbingan dan rahmat Allah SWT selalu tercurah untuk Pak Dis dan kita semua para pencinta Indonesia dan berkarya untuk Indonesia yang lebih baik. Salam DahlanIs dan Semangat Pagiii!!!🙂

    Posted by akadarisman | 23 September 2013, 7:45 am
  26. tendangan pak Dahlan Iskan emang JEBREEEEEETTTTTTTTT…………..mantep tenaaannnn

    Posted by done | 23 September 2013, 7:56 am
  27. SELALU MENGINSPIRASI…… WUJUDKAN HARGA DIRI BANGSA… VOTE DI !!!!!

    Posted by @sure_rip | 23 September 2013, 8:12 am
  28. Selalu ada yg baru dan membanggakan membaca MH…kebanggaan untk Garuda Muda jg…tp tetep Gemes karena ikut konvensi PD..

    Posted by sekarpamungkas1 | 23 September 2013, 8:13 am
    • Iya, rasanya masih kurang ikhlas pak DI ikut konvensi. Apa boleh buat tidak ada/belum ada kendaraan lain

      Posted by susanto | 23 September 2013, 12:55 pm
    • Saya rasa itu memang sudah konsekuensi dan kehendak beliau yang tdk ingin terkekang (apalagi disetir) parpol. Terbukti dari cara cara beliau mengangkat Dirut/ direksi bumn, yang harus dengan catatan tidak ada backing parpol, agar profesional. Dan wanti-wantinya : “Dirut/ Direksi yang ketahuan menyogok DPR dan jadi sapi perah parpol, akan dipecat”.
      Yang penting kita doakan agar menang konvensi, kemudian mari kita lanjutkan dukungannya dalam bentuk lain yang lebih intens. Kita buat brosur tentang link2 dan site2 DI, atau buku2 saku tentang DI, kemudian kita sebarkan melalui koordinator2 kecamatan tim pemenangan DI for president”

      Posted by PEMERHATI | 23 September 2013, 9:27 pm
    • Aku sudah lupa caranya nyobloss, nanti 2014 aku mau nyobloss jika DI menang konvensi. Titik tanpa koma.

      Posted by Adi | 23 September 2013, 10:13 pm
  29. Reblogged this on Nichoz Blog.

    Posted by Nichoz Ahmad | 23 September 2013, 8:16 am
  30. “met me at sepinggan ”

    begitulah branding sepinggan,

    Posted by saeful | 23 September 2013, 8:25 am
  31. kualanamu air port, Horass medan …

    Posted by saeful | 23 September 2013, 8:26 am
  32. ngurah rai Air port

    Posted by saeful | 23 September 2013, 8:27 am
  33. kami bangga jadi Bangsa Indonesia, Terima kasih BUMN, kami tidak malu menyematkan garuda di dadaku, seperti timnas saja hehehe

    Posted by saeful | 23 September 2013, 8:29 am
  34. terminal 2 juanda

    Posted by saeful | 23 September 2013, 8:30 am
  35. Udara sudah,laut juga sudah,
    Daratnya kapan Pak !!??
    Sekarang naik bus atau naik angkot di Malang nunggu lama,jalan sempit kendaraan terlalubanyak, kususnya sepeda motor.

    Posted by Nur fadillah | 23 September 2013, 8:38 am
  36. sue sue bosan juga bacanya…..

    Posted by keitaro | 23 September 2013, 9:28 am
  37. Sepertinya artikel ini menyisakan cerita yang menggantung, dan menjadi penasaran dengan strategi P. Lino di Teluk Bayur, atau saya pernah terlewat mengenai cerita P. Lino di Teluk Bayur. Mohon di share infonya.. Terima Kasih Pak DIS.

    Posted by Erwin Saptadi | 23 September 2013, 9:32 am
  38. Kalau semua masalah harus diselesaikan Pak Dahlan, maka satu-satunya jalan kita harus sepakat mengusung beliau jadi Presiden RI tahun 2014 nanti, Insyaallah ditangan dingin beliau berikut gerbong orang-orang baik di belakang beliau akan menjadikan Daratan, laut dan udara Indonesia akan merdeka 100 persen.

    Mari satukan tekad, bulatkan suara demi Indonesia, demi masa depan cemerlang. let’s Vote for President RI 2-14.
    Insyaallah Dah;lan Iskan akan membawa perubahan besar bagi bangsa ini. Amiiin Ya Rabbal Alamin.

    Posted by Manihot Ultissima | 23 September 2013, 9:34 am
  39. @manihot Ultissima
    Siaaappp…kita dukung sepenuh Hati

    Posted by Century | 23 September 2013, 10:55 am
  40. SelAMat pAGi BALI, apa kabar @Bli PUTU? Lagi nikmati tol yang indah itu, ya?

    Posted by aditam@putra | 23 September 2013, 10:57 am
  41. Vote Dahlan for President 2014

    Posted by samfxtrader | 23 September 2013, 11:21 am
  42. Perlahan tapi pasti. Yang dulu bilang pencitraan berubah sikap. Vote pak Dahlan RI 2014!

    Posted by Dedy Armayadi | 23 September 2013, 11:37 am
  43. bangsa ini perlu perubahan manajemen segera!!!!

    Posted by abdillah | 23 September 2013, 12:01 pm
  44. wah…wah..! Sekarang wisatawan mancanegara bakal lebih betah ke Bali. hehehe bisa kita harapkan kenaikan kunjungan turis mancanegara ke Bali dong?! :3

    Posted by Rifai Prairie | 23 September 2013, 12:03 pm
  45. Hmm… VotePak Dahlan?? hehee bukannya gak setuju tapi masih banyak kasus di BUMN yang perlu dibenahi. Tapi selama menjabat menteri BUMN, pak Dahlan menunjukan kinerja yang luar biasa. tengok saja mottonya “KERJA KERJA KERJA!!”😀 Pak Dahlan Top dah!

    Posted by Rifai Prairie | 23 September 2013, 12:04 pm
  46. Closingnya tanda tanya. Bikin penasaran. Gimana pak, caranya pak Lino mengatasi keruwetan pelabuhan Padang?

    Posted by ernal rosa | 23 September 2013, 12:48 pm
  47. cara pak lino mengatasi keruwetan pelabuhan padang akan jd topik untuk mh minggu depan.sabar y….

    Posted by bendot | 23 September 2013, 2:14 pm
  48. Buat yg kenal sama ibu siti zuhro dari LIPI. Ttp pesan tiap senin suruh baca MH n update berita abah setiap saat. Biar g asal ngablak aja kl ksh komen outsource bumn. Emang yg udh dia krjain buat negara ini apa? Doa kami bersamamu bah.

    Posted by tony bastian | 23 September 2013, 4:04 pm
  49. slamat sore pak…. saya salut dengan bapak yang terus berupaya mengembangkan indutri trategis di inonesia melalui BUMN, sehingga bisa menhasilkan pundi-pundi uang untuk kesejahteraan bangsa,,, oh ya di TV kami melihat indonesai mempunya kekayaan alam berupa URANIUM di bawah tambang FREEPORT di kedalam 400 M, saya punya usul bagaimana kalau kalau URANIUM tersebut di Tambang serta kTAMBANG URANIUM TERSEBUT DI KELOLA OLEH BUMN, karena HARGANYA 100 X LIPAT HARGA EMAS ,,, sehingga banyak mengasilkan sumber devisa untuk negara,,, sudah cukup kami kira Tambang emas di serahkan ke PREEPOTR, karena yangmeikmati hasilnya adalah orang Asing/AS,,, sedangkan kita hanya dapat LIMBAHNYA SAJA,,,, RUGI DONG…. TAPI kalau BUMN yang mengelolanya, maka 100% keuntungan INDUSTRI PERTAMBANGAN URANIUM ini DI NIKMATI OLEH MASYARAKAT INDONESIA…… TOH INDONESIA MEMPUNYAI SDM-SDM YANG TIDAK KALAH DARI BANGSA LAIN … TRIMS,,,,
    KAMI TUNGGU GEBRAKAN BAPAK,,,,, SLAMAT BERJUANG UNTUK BANGSA DAN NEGARA YANG KITA CINTAI INI….

    Posted by RIKOPUTRA | 23 September 2013, 5:25 pm
  50. Mantap, DI for president

    Posted by gunawan | 23 September 2013, 7:40 pm
  51. Pak DI kenapa masih pakai WP yg gratis

    Posted by fiksikulo | 23 September 2013, 8:16 pm
  52. “Kita semua harus menerima kenyataan, tapi menerima kenyataan saja adalah pekerjaan manusia yang tak mampu lagi berkembang. Karena manusia juga bisa membikin kenyataan-kenyataan baru. Kalau tak ada orang mau membikin kenyataan-kenyataan baru, maka ‘kemajuan’ sebagai kata dan makna sepatutnya dihapuskan dari kamus umat manusia.”

    DI mesti kita beri otoritas yg lebih besar lagi, nanti, di tahun 2014. Untuk membuat kenyataan – kenyataan baru di Negri ini. Agar kata ‘kemajuan’ tidak terhapus dari kamus umat manusia.

    Posted by Minke | 23 September 2013, 8:22 pm
  53. Dear Pak Dahlan…

    saya boleh protes ya Pak… sepertinya pelindo III perlu diperhatikan juga Pak, saya coba kontak ke Pelindo III untuk pengembangan bisnis perusahaan saya di Waingapu, akan tetapi, tidak ada satupun nomor telepon yang terdaftar di Web http://www.pp3.co.id yang nyambung,
    mungkin masalah ini terlalu sepele, akan tetapi, menurut saya, dari yang sepele ini kita bisa melangkah menjadi lebih berbobot

    matur nuwun Pak…

    Guntur Bayu

    Posted by Guntur Bayu | 24 September 2013, 8:53 am
  54. Ciri tulisan Pak Dahlan Iskan :

    1.Selalu memuji anak buahnya yang pantas dipuji
    2.Tidak suka menyalahkan situasi atau orang lain
    3.Tidak menonjolkan diri
    4. Inspiratif, kalau ada masalah ada solusi untuk diselesaikan dengan perbaikan manajemen.

    Dan itulah sifat dari Abah DIS, ciri kalau keagamaan sudah kuat, besok kalau jadi Presiden, bisa kasih solusi kalau ada masalah dan memuji anak buahnya yang berhasil dan pantas dipuji

    Posted by CAK YADI | 24 September 2013, 9:10 am
  55. Pada dasarnya tidak ada aturan partai manapun yg menyuruh korupsi, termasuk partai Demokrat. Hanya oknum yg memegang amanah yg terlena untuk korupsi.
    Kita harus berbenah, semua dimulai dari diri kita sendiri.
    salam hormat untuk pak SBY, juga untuk pak Dahlan Iskan (the next RI 1)

    Posted by yudharifai | 24 September 2013, 10:50 pm
  56. @yudharifai. Memang benar bahwa pada dasarnya tidak ada partai manapun yang membuat “aturan tertulis” ataupun “juknis” untuk pengurus atau anggotanya melakukan korupsi, kecuali partai GilA. Kalau ada sudah pasti dibubarkan oleh MK sesuai UUD’45 pasal 24 karena ada alat bukti bahwa parpol tsb secara kelembagaan telah melakukan perencanaan korupsi yg merupakan extra ordinary crime itu. Tapi masalahnya adalah bagaimana jika korupsi itu dilakukan oleh pengurus inti secara jamaah untuk diri sendiri dan kegiatan partai apakah itu hanya oknom? Makanya banyak pengamat yang mengatakan jika nanti terbukti, PKS dan PD dapat dibubarkan!?

    Posted by aditam@putra | 25 September 2013, 12:26 am
  57. bangga mempunyai anak bangsa seperti beliau🙂

    Posted by kemenag kota malang | 25 September 2013, 8:07 am
  58. hebat….

    Posted by safrina | 25 September 2013, 9:43 am
  59. Tak sabar nunggu launcing Selo, ada yang punya kabar?

    Posted by susanto | 25 September 2013, 10:20 am
  60. Mobil Listrik Selo Masuk Balai Sertifikasi ……… http://dahlaniskan.net/mobil-listrik-selo-masuk-balai-sertifikasi/

    Posted by msyatno | 25 September 2013, 10:50 am
  61. @yudharifai. Pks dan demokrat bubar gak masalah? Lalu bagaimana dg nasib kovensi yg di dalamnya menurut anda ada the next RI-1???

    Posted by aditam@putra | 25 September 2013, 11:57 am
  62. maksud saya Konvensi PD

    Posted by aditam@putra | 25 September 2013, 12:03 pm
  63. Mau pks bubar, mau demokrat buyar, mau the next RI-1 gagal, memang masalah buat gue? Yang penting jokowi mantep tep tep…

    Posted by rizkya | 25 September 2013, 12:12 pm
  64. Saya salut dengan Pak Dis. Gebrakan baru yang dicetuskan Pak Dis mulai tampak sedikit demi sedikit namun pasti. Semoga Pak Dis dikaruniai kesehatan, kemudahan, dan kelancaran dalam mengemban amanah ini.

    Posted by khusna khairunnisa | 25 September 2013, 3:57 pm
  65. Apakabar dg selonya pak saya denger dah lulus uji,,, selamat ya pak,,, masyakat indonesia masih meragukan dg keandalan mobil listrik terutama
    1, safety…. Buktikan pak kalo mobil ini benar2 aman
    2, jakarta sering d landa bajir, nyetrum ga kalo kena banjir, tes itu biar yakin
    3, kalo d tengah2 tol kehabisan listrik? Gmn coba? Apa sebaiknya d pasang panel surya d atap mobilnya, jd kalo kehabisan listrik tinggal d jemur deh
    4, kecepatan… anak muda sekarang ga mau yg lemot2, coba pak tantangin adu cepat balapan dg mobil bensin d sentul

    Semoga sukses pak saya tunggu d pamerin d monas…

    Posted by khasanromadlon | 25 September 2013, 4:45 pm
    • Kecepatan saya kira bisa lah di adu dengan yg konvensional. Cuma utk safety tabrak wah butuh pengorbanan lagi utk test tabak tebing…tp yg tuxuci selamat itu real test tabrak dg kecepatan diatas 60km.

      Problem yg sulit kyknya kalau kehabisan listrik, secara infrastruktur belum siap. Mau ngecas juga butuh waktu lama ga bisa kyk BBM isi langsung jalan lagi. Kemudia berikutnya kalau kena banjir, ini juga rentan kyknya.

      Posted by susanto | 25 September 2013, 6:54 pm
    • Sebaiknya pak Jokowi jangan diakselerasi terlalu cepat. Belum sampai 5 tahun sudah berubah dari walikota menjadi presiden bisa mengalami cultural shock. Lompatannya sangat besar.

      Dimanapun akselerasi yg terlalu cepat banyak side efek tak terduga yg umumnya negatif jika tidak dimaintain &monitor dengan seksama.

      Yang saya amati Jokowi / pendukung cenderung alergi kritik, semua kritik di counter habis-habisan (biasanya banyak hujatan & ‘menguliti’ sisi pribadi yg pengkritik yg tdk bisa meng-counter) sampai dikesankan pak Jokowi tanpa cela. Ini bukanlah budaya yg baik saya kira.

      Posted by susanto | 25 September 2013, 7:07 pm
  66. Good Job and Good Luck !. Lanjutkan !

    Posted by Rudy M. Saragi | 25 September 2013, 7:50 pm
  67. Maaf, ikut sharing. Apa yg disampaikan mas aditam terkait pembubaran parpol sudah benar, namun masih perlu tambahan. Disebutkan dalam UU No 24 thn 2003 tentang MK pasal 68 ayat (1), bhwa permohonan pembubaran parpol hanya bisa diajukan oleh pemerintah. Mengingat hal tsb, tdk mungkin pemerintahan SBY mengajukan permohonan kpd MK untuk membubarkan PD yg partainya SBY sendiri. Begitu juga terhadap PKS, semuanya akan berbalik ke SBY sendiri. Jadi, PD tetap aman dan konvensi tetap jalan terus. Begitupun PKS tetap selamat. Tapi entah setelah pemilu nanti, jika suara tidak memenuhi electoral threshold 3,5 % pasti akan bubar dengan sendirinya.

    Posted by yuly | 25 September 2013, 9:30 pm
  68. trima kasih ats sharingnya mbak/mas yuly

    Posted by aditam@putra | 26 September 2013, 7:26 am
  69. Pak Dahlan Iskan, selain gebrakan-gebrakan hebat berbasis pembenahan manajemen yang telah ditunjukkan oleh berbagai pimpinan BUMN Anda, saya punya daftar sederetan gebrakan berbasis inovasi yang bisa dilakukan oleh para pimpinan BUMN, yang pasti akan membuat lompatan-lompatan baru untuk kemaslahatan Indonesia, mulai dari pemanfaatan waste pertamina (coke) untuk inalum yang sebentar lagi menjadi milik RI, pemasyarakatan budidaya gaharu untuk reboisasi dan komoditas ekspor andalan, pemberdayaan tambang mineral rakyat yang mestinya bisa mengisi UU Minerba yang gagal dijalankan, pemanfaatan batubara muda yang tidak berharga menjadi emas hitam andalan ekspor… dan banyak lagi. Kapan Anda siap untuk memilih dan mengeksekusinya melalui para jawara BUMN kita? KS, Business Innovation Center (BIC).

    Posted by Kristanto Santosa | 29 September 2013, 6:19 am
  70. woi para dahlanis sesat penjilat bokong dahlan iskan lainnya, saya tegaskan SAYA ORANG BAIK2 yang hidup di negeri ini dengan baik2 tepatnya di provinsi riau kota pekanbaru. saya tidak peduli jika si dahlan naik dari Dirut PLN ke menteri BUMN. saya tidak peduli kalo si dahlan naek jadi presiden, saya hanya peduli saya dan keluarga saya tidak menderita. tapi saya mau katakan bahwa saya dan keluarga saya dan seluruh rakyat riau saat ini telah menderita karna ulah pemadaman listrik lebih dari 6 jam setiap hari oleh PLN (Perusahaan Lilin Negara) milik BUMN yg diketuai oleh si dahlan iskan, seandainya si jokowi yg jadi menteri BUMN, saya juga akan anjing-anjingin itu si jokowi !!!! oey para dahlanis sesat penjilat bokong dahlan iskan lainnya, karna kalian tidak seperti kami yg menderita tiap malam hidup dengan diterangin lilin dan lampu minyak, sebaiknya diam saja…!!! urusan saya hanya sama si Dirut PLN dan menteri BUMN negara kalian ini !!! kasih tau sama tuan kalian, agar cepat atasi krisis listrik di provinsi kami ini !!!! jangan hanya makan gaji buta saja dan sibuk maen sinetron bilang !!!! anak2 kami nangis2 karna gelap, menderita kepanasan dan digigiti nyamuk tiap malam, kami pun susah tidur, pembayaran listrik kami bukannya berkurang malah membengkak, sektor perekonomian kami banyak yg tergantung dengan listrik akhirnya kolaps, barang2 elektronik kami pada rusak, harga lilin makin mahal di provinsi riau ini. 1 biji harganya 1500 rupiah, si pengusaha ngeruk untung dengan adanya krisis listrik PLN ini. anak sekolah belajar dengan diterangin lilin di seantero riau ini…kami provinsi kaya SDA alam seperti minyak !!!! kemana hasilnya hah??? apa hasilnya kami dibuat gelap gulita ini hah para anjing2 dahlanis sesat kaya kalian yg sudah enak menjilati bokong si dahlan hah??! lalu apa saja kerja si dahlan menteri BUMN yg dipilih si SBY itu hah?? apa mau tau dia soal penderitaan kami hah? jadi bilangin sama tuanmu itu SEGERA ATASI KRISIS LISTRIK DI PROVINSI RIAU ATAU MUNDUR SAJA DARI KURSI BUMN DAN BERIKAN PADA YANG MAMPU NGATASI KRISIS LISTRIK PLN !!! ATAU SAYA DAN RAKYAT RIAU LAINNYA SIAP UNTUK MEMAKI2 si DAHLAN yg cuek itu !!! mau tau info lebih jelasnya silahkan search saja di internet tentang kondisi listrik kami, atau baca saja koran Riau Pos (group jawa pos milik si dahlan pantek itu) Hari sabtu tertanggal 28 September 2013 dan koran MX Pekanbaru hari Senin tertanggal 30 September 2013 biar terbuka mata kalian para dahlanis penjilat bokong dahlan iskan !!! GANYANG Dirut PLN !!! GANYANG menteri BUMN !!!

    Posted by marwan | 30 September 2013, 2:03 pm
  71. Salut dan sukses untuk proyek tol ini pak, karena akan meningkatkan citra bangsa di mata dunia, terutama Bali sebagai ikon nya. Semangat berinovasi pak.. kami dukung dan selalu siap berpartisipasi

    Posted by Batik Novita | 19 Januari 2014, 1:03 am
  72. Vans come in useful in a whole range of situations.
    There is a “Shop Vintage” section to that offers up some
    handpicked vintage goodies. ^ “Israeli Aggression on Lebanon”,
    19 July and 21, 2006, in As-Safir, Retrieved on 2006-08-03.
    He then along with his partners; Jim Van Darren, Gordy Lee and
    Serge decided to move to Southern California. A Northeastern Pennsylvania
    family vacation at Poconos whisks you away from the everyday stress for an unforgettable
    getaway. You should also expect your driver to display to
    you and your party friendliness, professionalism and class at all times.

    Posted by dostawcze auta | 30 Juni 2015, 6:09 pm

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: