>>
Anda sedang membaca ...
Catatan Dahlan Iskan, Manufacturing Hope

Dari The Tarix Jabrix ke Proses Stem Cell

Senin, 02 September 2013
Manufacturing Hope 92

Sutradara muda yang sukses dengan film trilogi The Tarix Jabrix, Iqbal Rais (29 tahun), sudah lebih setahun ini terbaring di rumah sakit. Iqbal menderita kanker leukemia yang sulit disembuhkan.

Semula dia hanya merasa lemas dan sering pusing. Lalu pergi ke dokter di Jakarta. Iqbal dicurigai terkena anemia akut. Dia pun dimasukkan ke rumah sakit. Berbagai obat pun sudah dia minum. Tapi tak kunjung sembuh.

Ketika ayahnya hendak check up ke Malaysia, Iqbal ditawari ikut serta. Sekalian diperiksa di sana. Hasilnya: Iqbal dinyatakan terkena kanker darah. Dan setelah pemeriksaan lebih detail, kankernya sudah menyebar ke sumsum.

Tentu Iqbal tidak ikut pulang ayahnya. Dia meneruskan berobat di sana: dikemo. Ditemani istrinya yang amat tabah. Tapi, hampir setahun di sana, tidak ada kemajuan. Rambutnya sudah gundul. Akhirnya dia balik ke Jakarta. Hidupnya on off antara rumah sakit dan rumah sakit. Juga tidak ada kemajuan. Dia pun mendapat info untuk berobat alternatif di Bali. Dia jalani. Juga tidak memperoleh kemajuan. Agar dekat dengan keluarga, akhirnya Iqbal berobat di Surabaya.

Saya terus memonitor keadaannya. Dia memang selalu mengontak saya setelah membaca buku saya Ganti Hati. Ke mana pun pindah berobat, dia selalu memberi tahu saya. Sebenarnya saya ingin segera mengusulkan cara baru, tapi saya tunggu dulu hasil usaha-usaha yang biasa itu.

Namun, karena tidak juga berhasil, akhirnya saya beranikan mengusulkan cara baru itu. Tapi, bersediakah dia mencoba hal yang masih baru” Akankah dia tahan menderita terus di tempat tidur di rumah sakit” Tidakkah dia berpikir usaha biasa-biasa saja hanya akan terus menjadi beban” Beban untuk dirinya, istrinya, anak tunggalnya yang baru empat tahun, dan beban untuk seluruh keluarganya”

Apalagi, bukankah pengobatan kanker yang mahal itu harus dijalaninya dalam waktu yang panjang?

Mendengar usul saya itu, Iqbal semula agak bimbang. Dia bingung dengan rencana pengobatan baru itu. Iqbal belum banyak mendengarnya: transplantasi stem cell!

Saya terus memberinya pengertian. Juga mengenalkannya dengan tim stem cell Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dan tim stem cell RSUD dr Soetomo Surabaya. Di Unair ada lab stem cell dan bank jaringan. Ada Dr Ferdiansyah dr SpOT yang menjadi ketua regenerative medicine sebagai tim inti penggerak roda kegiatan stem cell.

Dibantu Dr Heri Suroto dr SpOT, Dr Joni Wahyuhadi dr SpBS, Dr Ugrasena dr SpA, Dr Hendy H. dr SpOG, dan Dr Dwikora dr SpOT. Total ada 50 profesor, doktor, dan dokter yang menekuni penelitian stem cell ini. Ketuanya: Prof Dr Fedik Abdul Rantam.

Saya mengenal baik para guru besar dan doktor di tim stem cell itu. Bukan saja karena saya orang Surabaya. Saya memang meminta BUMN PT Kimia Farma bekerja sama dengan Unair. Kerja sama seperti itu juga saya minta dilakukan dengan UI, Unpad, dan UGM.

Awalnya saya mengundang mereka ke Jakarta. Ternyata yang hadir lengkap. Full team. Delegasi itu dipimpin langsung oleh Rektor Unair Prof Dr Fasich Apt. Tim besar ini membeberkan semua temuan yang dihasilkan para peneliti Unair yang bisa diwujudkan secara nyata.

Salah satunya stem cell itu. Tim ini sudah melakukan stem cell kepada sekitar 40 orang dengan berbagai kasus penyakit. Ada yang karena patah tulang akibat kecelakaan, ada yang karena kelainan tulang sejak lahir, ada yang kelainan sampai jalannya membungkuk, serta ada yang karena leukemia, diabetes, stroke, dan kanker pankreas.

Iqbal saya tawari stem cell di Unair itu. Dia pun berdiskusi dengan tim. Iqbal akhirnya menerima. Pertimbangannya: toh berbagai cara sudah dilakukan dan belum berhasil. Hebatnya, Iqbal, sutradara muda berbakat ini, juga ingin mengabdikan dirinya dengan cara mendokumentasikan proses pengobatan yang nanti dijalani untuk kemajuan ilmu pengetahuan.

Minggu lalu proses awal sudah dilakukan. Penelitian atas gen dan cell-nya sudah selesai. Tim Unair sedang mencari cara agar Iqbal sedapat mungkin tidak menggunakan cell-nya sendiri. Kecuali terpaksa. Biasanya cell keluarga dekatnya cocok. Tapi, cell adik dan kakaknya ternyata tidak cocok.

“Padahal, kalau cocok 70 persen saja sudah cukup,” kata Dr Purwati, sekretaris tim stem cell Unair. Dr Purwati, arek Jombang yang alumni Unair itu, mengambil gelar doktor di bidang ini. Juga di Unair. Disertasinya mengenai stem cell untuk pengobatan HIV..

Dalam hal Iqbal, kalau pemeriksaan atas cell orang tuanya nanti juga tidak membuahkan hasil, masih akan dicarikan dari bank cell di luar negeri. Kalaupun tidak bisa, baru akan diambilkan dari cell Iqbal sendiri.

Intinya, menurut Purwati, sejumlah cell imum Iqbal akan diambil. Lalu dikembangkan di laboratorium selama antara 12 sampai 14 hari. Setelah itu cell imum yang sudah dikembangkan tersebut ditransplankan ke dalam darah Iqbal. Untuk itu, proses kemonya diteruskan dulu guna mematikan kankernya. Lalu cell imum yang ditransplankan bekerja.

Saya bangga dengan Iqbal yang siap menjalani semua itu. Ini memang ilmu baru, tapi Iqbal bersedia menjalaninya. Saya akan minta kepada Dr Purwati untuk mempertemukan Iqbal dengan pasien-pasien yang sudah berhasil dengan stem cell tersebut. Untuk membesarkan hatinya.

Kerja sama Unair dengan BUMN sendiri tidak terbatas pada stem cell. Juga pada pengembangan pil KB untuk pria. Penelitinya adalah Prof Dr Bambang Prayogo. Ahli lulusan Unair ini menemukan pil KB untuk pria setelah bertugas lama di Papua.

Waktu itu Prof Bambang mengamati adat yang unik di Papua. Pria yang belum bisa menikah karena belum mampu membayar mahar berupa puluhan babi tetap bisa melakukan hubungan badan dengan kekasihnya asal tidak sampai hamil. Untuk itu, pria Papua memakan daun tertentu sebagai pil KB untuk pria.

Tanaman itulah yang terus diteliti Prof Bambang. Hasilnya nyata. Maka saya pun minta Kimia Farma menyiapkan produksinya.

Belakangan banyak orang kaya kita yang melakukan stem cell ke Eropa, Jepang, Korea, dan Tiongkok. UI (Universitas Indonesia) dan Unair sudah mampu melakukannya! Unair lagi mengarah ke stem cell untuk liver. Agar liver yang sudah sirosis pun bisa diatasi! (*)

Oleh Dahlan Iskan
Menteri BUMN

Diskusi

181 thoughts on “Dari The Tarix Jabrix ke Proses Stem Cell

  1. pertamax

    Posted by aldizy | 2 September 2013, 5:27 am
    • Stem cell pertama kali saya ketahui tahun 2001. Ternyata Indonesia saat ini sudah ada pakarnya, Terimakasih pak Dahlan yang selalu memberdayakan SDM Indonesia unggul yang berserakan di seluruh penjuru dunia.

      Posted by aldizy | 2 September 2013, 5:30 am
    • abah ini mmg top banget deh. slrh kampus top indonesia digerakkan bersama2 bumn utk kemajuan indonesia. adakah orang2 spt abah ini sebelumnya? bahkan sekaliber jokowi pun saya rasa blm sampai disitu. vote dahlan iskan for RI-1

      Posted by @ndokaja | 2 September 2013, 5:41 am
      • bung @indokaya, bagaimana kalo komentar kita tidak membandingkan dengan tokoh lain yang punya kelebihan masing masing? agar tidak memancing pengagumnya beradu argumen yang bisa saling menjelekan? maaf lho ya……

        Posted by haeny | 2 September 2013, 7:36 am
        • sis haeny : janganlah takut kalah sblm berperang, janganlah surut selama bendera sdh dikibarkan, pantang mundur selama layar terkembang.belajarlah sampai kenegeri cina. itu kata pepatah dan ternyata banyak benarnya. kenalilah musuhmu, kuasai medan pertempuran dan terutama kenalilah kekuatanmu. maka kamu akan memenangkan pertempuran. itu kata ahli strategi tiongkok yg cukup legendaris yaitu sun tzu. tokoh2 lain jg sangat bagus, namun dahlan iskan masih lbh bagus, karena karya nyata sdh benar-benar nyata, lintas sectoral, lintas departemen, lintas propibsi dan lintas pulau bahkan lintas negara. ada baiknya juga sis haeny baca tulisan yg sangat menarik dari Johan Yan.
          biarkan juga penggemar tokoh lain berargumen disini utk kita semakin paham ttg mereka.
          dan yqbg pasti, marilah kita semua (termasuk pendukung tokoh lain) utk :
          Vote Dahlan Iskan for RI-1 2014

          Posted by @ndokaja | 2 September 2013, 8:25 am
          • Bukan main rameh betul pendukungnya DI, pake ngatain agan jokowi my lovely, kayak yang bagus aja tuh manusia segala ngatain DI lebih hebat dari Jokowi,,, gini ya gan, ane juga pendukung DI tapi dulu, ane jatuh cinta saat beliau mengatakan ada syarat yang saya minta agar saya mau menjadi Dirut PLN yang setiap tahun merugi, yang pertama, saya tidak mau di gaji, saya tidak mau diintervensi,, disini ane lihat sosok ksatria penyelamat bangsa yang luar biasa, terbukti PLN mengalami surplus setelah bertahun-tahun rugi, kita akui DI memang Ciamik.

            Tapi setelah dia jadi menteri BUMN, ane mulai merasa kinerja nya tidak maksimal lagi, beliau mulai tersandra kepentingan para penguasa (red bukan kepentingan pribadi beliau), saya melihat DI mulai galaw, mulai sulit berbuat, beliau hanya dipaksa oleh beye untuk berkerja atas kemauan beye yang full pencitraan, tapi tidak menyentuh ke akar rumput, terbukti segudang prestasi DI untuk mengangkat BUMN yang sudah mati, kembali hidup, tetapi hidupny tidak berpengaruh banyak terhadap kesejahteraan masyarakat,,,

            kemudian beliau mau ungkap anggota dewan yang tukang peras BUMN tetapi tidak jadi, semakin terlihat jelas Kalau DI sudah terlilit dilingkaran setan Pemerintah korup di bawah pimpinan bang Beye, kemudian DI ikut konvensi partai Demolarat kumpulan manusia korup dan gila, di titik ini saya mulai melihat DI sudah ikut asyik dalam lingkaran setan kegilaan istana, saya melihat DI mulai menikmati kegilaan demi kegilaan,… sayang sekali aset negara yang begitu luar biasa, seorang putera kebanggaan Indonesia dengan segudang prestasi dan pemikiran prestisius harus terkontaminasi oleh tangan-tangan setan politikus kotor dan pada akhirnya ikut larut dalam pesta pora memakan daging bangsanya sendiri, selamat jalan DI yang hebat, kami akan menggenang anda, tidak akan lupa kehebatan anda saat memimpin PLN tapi kini engkau harus gugur dimedan laga, sebab musuh mu terlalu kuasa,,, RIP for DI (ksatria luar biasa yang harus terbunuh karena politik sengkuni).

            Kesimpulannya tidak baik membandingkan jokowi yang imun terhadap segala bentuk politik para sengkuni, dengan DI yang sudah terkontaminasi.

            Saya dulu suka mampir ke blog ini, saya pikir agan blogger sejati, tak di sangkah blog agan jadi blog politik yang menjijikan.
            salam http://www.4lawangitcommunity.blogspot.com
            http://www.bukanpolitik.blogspot.com
            kompasiana name : FeriSapran
            nanti saya akan share di merdeka.com, kompas dan lain-lain, biar blog ente jadi laris manis

            Posted by ferisapran | 2 September 2013, 12:15 pm
          • Yuk gabung ke http://www.facebook.com/groups/dahlaniskangroup/

            Salam hormat,
            Bonzo – Jakarta Barat

            Posted by bonzo | 2 September 2013, 2:04 pm
          • memang biasanya orang2 disekitar orang yang sangat berpengaruh, biasanya ingin mempunyai pengaruh yang sama seperti idola yang diikutinya..bahkan sering kali lebih over acting dari sang idola itu sendiri..Dahlan Iskan sama Jokowi, kedua sosok itu bilang saling mengagumi (inilah sifat kenegarawanan mereka berdua), tapi justru biasanya yang fanatik buta justru pengikut2nya..kalau boleh saya usul mari kita contoh tokoh2 idola2 kita tersebut dengan saling menghormati dan menghargai pendatapat satu dan lainya..Indahnya Indonesia dengan keberagamannya..Yuuk marrii..

            Posted by Sujatmoko | 4 September 2013, 8:46 am
          • Ketika politik didepan, ternyata moral harus kita tendang ke belakang.
            Ternyata ini toh yg kita kejar selama ini.

            Posted by uyung | 5 September 2013, 4:53 pm
    • segala bidang bisa digerakkan oleh seorang Dahlan Iskan , mengapa tidak negeri ini dipercayakan pada beliau untuk memimpinnya? saya percaya 1000 % bahwa berkat kepemimpinannya Indonesia akan maju dan berhasil berkembang pesat disegala bidang, ayo dukung beliau jadi RI-1

      Posted by theo | 2 September 2013, 6:55 am
      • mari…!

        Vote Dahlan Iskan for RI-1 2014

        Posted by @ndokaja | 2 September 2013, 8:13 am
        • main jg ke sini ya gan, karena para pembaca, penulis dan pemberi komentator lebih bervariasi, bukan hanya dua. tiga orang saja … http://ekonomi.kompasiana.com/agrobisnis/2013/08/29/setelah-kegagalan-spekulasi-gita-ada-apa-dahlan-iskan-investasi-sejuta-ha-lahan-dan-sapi-di-australia–584945.html

          Posted by ferisapran | 2 September 2013, 12:23 pm
        • Ferisapran…
          Sebenarnya karakter anda sangat kuat.
          Bukan krn anda kecewa dg dahlan iskan ataupun ada orang yg lebih hebat drpd beliau.
          Anda sudah tersandera oleh sosok lain yg “HARUS” anda dukung karena berbagai faktor.
          Bahkan tokoh yg pernah anda kagumi harus anda lupakan dan kalau perlu anda jegal langkahnya.

          Satu faktor yg munkin bisa mempengarui dan mrubah karakter anda.
          Anda begitu menyayangi kota solo.
          Ini manusiawi, dan lumrah.
          Tanpa anda kami akan terus berjuang dan kami tdk kecewa karena semua itu pilihan anda.
          Sampai jumpa nanti di medan tempur.. di puncak gunung lawu.

          Posted by sorwilis | 3 September 2013, 11:54 pm
          • Terimakasih kk, saya bukan orang Solo, dan saya tidak di paksa harus mencintai tokoh lain hasil rekayasa dan pencitraan, Justru DI pernah telpon wartawan waktu doi membuka jalan tol, yang pencitraan itu siapa,, ok katakanlah dua-duanya pencitraan, tapi pencitraan kan pake capek, kalau jokowi ngak capek2, beda dengan yang suka tidur di rumah petani atau naik ojek, paling banter sekali-dua kali setelah itu selesai sebab itu bukan kebiasaan hakiki beliau,,, satu hal lagi saya bukan orang solo dan tidak perduli dengan kota solo, saya dari bengkulu, saya lahir di lintang 4 lawang,.. pelayanan PLN dan Telkom dikota kami sangat miris dan berada pada titik nadir,, tentu ini bukan karena kinerja DI yang jelek, tapi imbas tetap terasa karena saking bagusnya beliau berkerja, listrik di kota kami tetap bermasalah, jaringan telpon dan speedy rusak sampai berbulan2,,

            Posted by Feri Sapran Ituediwijaya | 22 September 2013, 4:53 pm
      • ~•Alhamdulillah,sblmnya beta sampaikan salam hormat dan salam kenal kepada Kakak Ferisapran.
        Beta senang ngebacanya tulisan Kakak Ferisapran diatas..,
        krn klu beta baca ber-ulang2,sbnarnya Kakak Feri msih cinta dan sayang sama DAHLAN ISKAN,
        wlu achir2 ini agak sedikit “galau” sesuai dlm pengakuannya..
        ~•Insya Allah,klu Kakak berkenan unt bergabung ke http://www.facebook.com “kegalauan” Kakak Ferisapran akan
        hilang dgn “mantap”, krn Kakak akan mendapat informasi dgn lengkap kenapa DAHLAN ISKAN masuk PENCAPRESAN Th.2014 melalui : PD..(dll..dll..dll..).
        ~•SBY,Rakyat (Relawan Dahlanis) sdh sangat “cerdas”,wlu Kita semua mengakui :
        msing2 msih memiliki kelemahan/kekurangan sbg manusia biasa..
        ~•Yang perlu Kakak ingat,yaitu : Disana Kakak juga akan mendapat informasi lengkap,yang intinya :
        DAHLAN ISKAN secara : TEGAS telah menyatakan “TIDAK-MEMINTA Jabatan”,tapi “DIMINTA oleh PD,
        terutama oleh RAKYAT (Relawan-Dahlanis),untuk maju ikut Pencalonan Presiden Th.2014.
        Karena,bagi DAHLAN ISKAN tidak butuh Jabatan,beliau hanya ber-keinginan : “Ibadah” krn ALLAH.
        Demi Peningkatan dan Perluasan Kesejahterakan Rakyat dan Mengangkat Harga-Diri Bangsa Indonesia,
        secara : “.N.Y.A.T.A.” dan ta’tertandingi..
        ~•Alhamdulillah,ini semua sudah terbukti atau terlihat (dibaca)melalui MANUFACTOR HOPE yang ada disini..
        (monggo,slhkan baca MH mulai awal sampai nomer : 92).
        ~•Demikian Kakak Ferisapran,smg berkenan,insya Allah dpt sbg pencerahan dari ke galauan Kakak Ferisapran.
        ~•Semangat-Optimis selalu,bersama DAHLAN ISKAN.
        ~•Salaaaaam Relawan-Dahlanis..
        ~•Vote DAHLAN ISKAN FOR RI.1.2014.

        Posted by N. SORRI.. | 3 September 2013, 10:33 am
    • Yuk gabung ke http://www.facebook.com/groups/dahlaniskangroup/

      Salam hormat,
      Bonzo – Jakarta Barat

      Posted by bonzo | 2 September 2013, 2:08 pm
    • Mantap….jarang pejabat yang peduli nasib orang lain, mungkin Pak Dahlan Iskan satu2nya, tanpa ragu saya dukung Pak Dahlan Iskan jadi Presiden, Allaahuakbar….Allaahuakbar…..Allaahuakbar.

      Posted by Agus | 2 September 2013, 9:30 pm
    • Terima kasih p Dahlan… Sedikit informasi tambahan di harian Djawa Pos (mudah-mudahan saya tidak salah), sekitar dekade tahun 1980 FK Unair juga mempunyai tim yang berhasil menerapkan teknik injeksi yang sangat efektif dengan minimal efek samping karena obat yang disuntikkan tersebut langsung menuju ke organ yang sakit, konon metode ini ditemukan melalui penelitian berdasarkan teknik tusuk jarum Cina. Bahkan dosisnyapun sangat minim. Bahkan pada saat itu Pak Habibie menyatakan bahwa penemuan ini bisa memperoleh hadiah nobel. Sayangnya setelah itu tidak ada kabar beritanya. Mudah2an Bapak bisa menelusuri kembali keberadaan tim tersebut termasuk metode yang akan sangat bermanfaat bagi Indonesia.
      Wassalam

      Posted by Iman. S | 3 September 2013, 1:28 am
  2. …..Semangat pagi Indonesia…

    Posted by yuni | 2 September 2013, 5:27 am
    • Vote Dahlan Iskan for RI-1 2014

      Posted by @ndokaja | 2 September 2013, 5:44 am
      • Teman-teman yang terhormat,

        Mari kita sampaikan aspirasi kita, usul kita secara pribadi kepada Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, agar beliau mempertimbangkan/menjadikan Pak Dahlan Iskan menjadi calon Presiden dari Partai Demokrat. SMS center SBY adalah 9949 ingat ya 9949 dan jangan takut untuk sms, ingatlah beliau dahulu membuka keran itu untuk menerima aspirasi dari rakyatnya. Saya sudah beberapa kali kirim sms ke SBY via 9949.

        Kirimkan sebanyak-banyaknya rakyat indonesia yang menghendaki kemajuan negara kita. Integritas dan Antusias. Presiden adalah takdir Allah. Semoga dengan kita kirim sms aspirasi ke Bapak SBY, menjadi jalan takdir untuk Pak Dahlan Iskan menjadi Presiden RI 2014~2019. Semoga itu menjadi salah satu kontribusi besar Bpk. SBY Demi Indonesia. Demi Indonesia Bismillah…

        Salam hormat,
        bonzo – jakarta barat

        REFERENCE :

        http://finance.detik.com/read/2012/11/27/141356/2102691/4/sby-banyak-dapat-sms-soal-demo-buruh-dan-dahlan-iskan

        SBY Banyak Dapat SMS Soal Demo Buruh dan Dahlan Iskan

        Wahyu Daniel – detikfinance
        Selasa, 27/11/2012 14:18 WIB

        Jakarta – Selama periode 16 Oktober-31 Oktober 2012 Presiden SBY banyak mendapatkan aduan dan tanggapan lewat SMS soal demo buruh dan soal tindakan Menteri BUMN Dahlan membersihkan BUMN dari kongkalikong anggaran dengan DPR.

        Staf Khusus Presiden selaku Pengelola SMS dan PB BOX 9949 JKT 10000 Sardan Marbun mengatakan, unjuk rasa buruh diharapkan dilakukan dengan tujuan untuk meluruskan hal-hal yang dinilai tidak benar, sehingga unjuk rasa dilakukan dengan baik. Sardan meminta agar aksi demonstrasi tidak memaksa dan mengganggu produksi sebuah perusahaan.

        “Pemaksaan serta dampak buruk terhadap produksi perusahaan merupakan hal yang perlu dihindari. Di lain pihak, kesejahteraan buruh perlu disesuaikan dengan kondisi yang memadai dengan UMR sekitar Rp 2 juta,” kata Sardan dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, Selasa (27/11/2012).

        Selama kurun waktu 16-31 Oktober 2012, pihaknya telah menerima 1.930 pengaduan masyarakat.

        Selain soal buruh, pernyataan Menteri BUMN Dahlan Iskan terkait adanya oknum anggota DPR yang melakukan praktik kongkalikong dan meminta jatah kepada sejumlah BUMN memunculkan aduan dari masyarakat kepada SBY.

        Secara keseluruhan terdapat 118 SMS (91,47%) yang mendukung Dahlan Iskan dan 11 SMS (8,53%) menentang. Contoh SMS yang mendukung: “Bpk. Presiden harap Menneg BUMN tetap dapat dipertahankan, jangan BUMN dijadikan sapi perah oleh oknum anggota dewan”.

        Sementara SMS yang menentang: “Tindakan Dahlan Iskan tidak mencerminkan sikap pejabat, justru melemahkan lembaga negara, sepantasnya pejabat macam itu diganti yang lebih bermoral.”

        Dikatakan Sardan , dengan diterimanya 1.930 pengaduan masyarakat, maka sejak Juni 2005 saat mulai Kabinet Indonesia Bersatu II hingga 14 November 2012, SBY telah menerima 3.406.275 SMS dan 113.344 pucuk surat melalui PO BOX 9949 JKT 10000.

        (dnl/ang)
        ————————————-

        Menurut gue, ini adalah gerakan aksi, gak cuma basa-basi, gue gak peduli apa kata orang, itu didepan mata ada saluran yang bisa kita gunakan.., kenapa tidak!!! Teman-teman, mungkin dengan kita kirim SMS ke SBY, anggaplah itu merupakan sedekah Rp. 350 pulsa kita, dengan itu semoga menjadi pembuka jalan Bpk. Dahlan Iskan untuk Indonesia Presiden 2014~2019.

        Kita mungkin bukan siapa-siapa, yang mungkin belum bisa berbuat apa-apa untuk Indonesia, kita disini hanya bisa bicara, menganalisa, atau bahkan beretorika, namun hanya sebatas itu saja. Jadi menurut gue beliaulah yang bisa, melalui Bpk. SBY dan Bpk. DI, kami titipkan masa depan kami dan negeri ini, dari sabang sampai merauke (Lyric lagu Bang Iwan).

        Satu SMS dari kita DEMI INDONESIA.. BISMILLAH…

        Salam hormat,
        bonzo – jakarta barat

        —————————————————————————
        Kepada KELUARGA BESAR https://dahlaniskan.wordpress.com & http://www.facebook.com/groups/dahlaniskangroup/

        Ayo dong mulai promosi, ayo kita semua promosi ke keluarga besar kita, ke teman-teman kita, ke lingkungan kita, ke semuanya tentang Pak Dahlan Iskan Presiden 2014~2019.

        Ane sendiri di kantor promosi banget ke teman-teman kantor dan lingkungan rumah tentang Pak Dahlan Iskan. Sampai-sampai jika ada yang nyebut nama Dahlan Iskan, semua me_refer_nya ke ane

        Ayo dong bantu bergerak, sekecil apapun promosi kita ke orang lain, semoga Insya ALLAH jadi jalan takdir Pak Dahlan Iskan Presiden 2014~2019 DEMI INDONESIA BISMILLAH…

        Salam hormat,
        bonzo – jakarta barat

        Posted by bonzo | 2 September 2013, 1:31 pm
        • aku jd galau nih sejak Pak DI ikut konvensi Demokrat, dia sepertinya hanya utk pajangan aza oleh PD, krn informasi yg kudengar ud ada titipan dr SBY, yg iparnya itu. Aku suka gaya Mahfud MD yg gak jadi ikut konvensi tp tetep mencalonkan diri sbg Capres.

          Posted by yuni | 2 September 2013, 1:56 pm
          • Mbak YUNI,

            Gapapa mbak, tenang aja, gak usah galau, ayo kita promosikan dulu Dahlan Iskan. KITA LIHAT NANTI. Insya ALLAH.

            Salam hormat,
            bonzo – jakarta barat

            Posted by bonzo | 3 September 2013, 12:35 pm
      • Si Beye yang kerbau, ane garansi 100 persen tidak akan mau mendukung DI, ane berani bertaruh, Beye itu tidak lebih dari perpanjangan tangan kapitalis yang menghisap darah dan merebus jantung rakyatnya,,, SBY tidak lebih dari Se ekor Jonggos Kapitalis,, Sedang DI mazhab nya adalah berkerja, DI tidak terlalu paham tentang Timur dan Barat, SBY sedang ingin mendoktrin DI agar bersedia menjadi Pelayanan nafsu bejat kapitalis, SBY sedang melacurkan negeri ini… jadi SBY sangat galau kalau DI tidak mau menjadi penjual ibu pertiwinya agar di perkosa oleh blog bart, ini lah masalah sebenarnya sahabat sekalian,,, DI yang hebat jangan sampai kita dekatkan dengan SBY yang tak lebih dari penjual kehormatan pertiwinya

        Posted by Feri Sapran Ituediwijaya | 22 September 2013, 4:58 pm
  3. pertamax

    Posted by @ndokaja | 2 September 2013, 5:30 am
  4. Info yg bagus, bangga jd putra indonesia. Vote Dahlan Iskan for President 2014.

    Posted by Arifianto | 2 September 2013, 5:35 am
  5. Ilmu baru ne tentang stem cell. Ma kasih pak dahlan

    Posted by Cader Abdul | 2 September 2013, 5:45 am
  6. Bertambah lagi, sesuatu yang membanggakan negeri ini.
    Sinergi yang terus dilakukan antara BUMN dan perguruan tinggi, semoga semakin mengangkat derajat negeri ini dan semakin mengobarkan semangat para peneliti untuk berkarya karena mereka yakin karyanya ada yang meng-apresiasi saat ini.

    Salam Dismania, semoga P.Dis selalu dalam lindungan-Nya.

    Posted by Wanto Kdr | 2 September 2013, 5:47 am
  7. Teman anak saya sdh 6 bulan terserang kanker otak, penglihatan dan pendengarannya sudah sangat berkurang, alumni gontor putri mantingan-ngawi. Apa juga bisa dengan pengobatan stem cell itu, dimana bisa mendapat info lebih lengkap, adakah Dahlanis yang bisa memberikan info? Makasih pak Dahlan, saya dukung jadi RI – 1

    Posted by Kusmiatun | 2 September 2013, 5:52 am
    • barangkali bs ikhtiar mencari info ke RS Dr. Soetomo Srby.
      …..
      Vote Dahlan Iskan for RI-1 2014

      Posted by @ndokaja | 2 September 2013, 5:58 am
    • Bu untuk info lebih lanjt mengenai ini mungkin bisa ke fak. kedokteran unair. diartikel diatas ada nama dokter yg memang berkantor di unair.
      -yg lain yg lebih tahu, mohon membantu

      Posted by Heric | 2 September 2013, 7:54 am
      • setuju sekali, kalo saran saya td adl ke RS Dr. Soetomo tmpt melakukan tindakan medis para ahli de Fakultas Kedokteran Unair tadi. kalo ke kampus bs juga, namun akan lvg tepat kalau lgsg ke RS dan bawalah artikel pak dahlan iskan ini. saya yakin akan bnyk diberikan informasi, karena bagian informasi RS Dr. Soetomo surabaya sgt profesional. semoga bs membantu.
        jangan lupa :
        Vote Dahlan Iskan for RI-1 2014

        Posted by @ndokaja | 2 September 2013, 8:34 am
  8. Langkah menuju kebersamaan…
    Kami melihat bidang kedokteran Indonesia lamban berkembang
    Dibandingkan Malaysia dan Singapura atau negara lain
    Karena…
    Semua
    Di dasari kebersamaan

    Di Indonesia…
    Sebagai orang awam
    Kami melihat..
    Ketika dokter membuka praktik
    Mereka…
    Saling bersaing

    Ternyata dengan kebersamaan
    Akan menghasilkan
    Ilmu pengetahuaan yang luar biasa

    Salut…
    Atas Kebersamaannya

    Hormat
    Kepada
    Pendukung kebersamaannya
    Bp. Dahlan Iskan

    Posted by Muhari Kumis | 2 September 2013, 5:53 am
  9. Utk yg artikel ini, saya segan share. Krn ada bagian tradisi dr suatu daerah yg menurut saya tidak layak. Itu bukan hal yg benar dimata Tuhan.

    Posted by kadek herda | 2 September 2013, 5:55 am
    • beda keyakinan dan pendapat sangat diperbolehkan.
      tapi tetap “Vote Dahlan Iskan for RI-1 2014” kan bli…?

      Posted by @ndokaja | 2 September 2013, 6:00 am
    • justru itu juga perlu kita ketahui (maaf beda pendapat), tidak selalu budaya itu benar, maka bagi para penyebar agama, (saya yakin semua agama tidak ada yang mengajarkan sex bebas, mari kita perbaiki budaya yang ada dengan bijak), sedangkan sisi positif (bukan free sex nya) ada tumbuhan yang merupakan ciptaan Tuhan mereka telah memanfaatkannya, tugas ilmuwan meneliti untuk kebaikan…..

      Posted by haeny | 2 September 2013, 7:49 am
  10. Subhanaallah………
    semoga para dokter dann pak Dis senantiasa mendapat limpahan rahmat Nya

    Posted by masnawie | 2 September 2013, 5:57 am
  11. Stem cell, selayaknya dipublikasikan lebih baik… Terutama ke para artis yg mayoritas westminded

    Posted by Deen mf | 2 September 2013, 6:03 am
  12. 4 Jempol buat Pak Dahlan. 1 orang Pak Dahlan Iskan lebih berarti daripada 1000 orang di Senayan , setuju gak ?

    Posted by Octavianus Irawan | 2 September 2013, 6:06 am
  13. Ini salah satu yang saya salut, para peneliti Indonesian benar2 diperhatikan dan diberdayakan ole DI. Perhatian untuk para peneliti ! kesempatan emas tidak boleh disia-siakan. Jangan biarkan ilmuwan kita lari karena tidak dihargai di negeri sendiri, bersama DI kalian ditempat yg sangat penting !

    Posted by andimustafa | 2 September 2013, 6:08 am
  14. saya mengapresiasi langkah ini sebagai sebuah kemajuan yang luar biasa bagi perkembangan dunia kedokteran di Indonesia, agar kelak bangsa ini mengurangi ketergantungannya pada negara lain..

    salut

    Posted by Fradda | 2 September 2013, 6:16 am
  15. Semoga lekas sembuh mas Iqbal, kami menunggu karya-karyamu. Semangat tarus pak Dahlan, rakyat menantikan hadirmu.
    :
    #pengen dahlaniskan maju di pilpres 2014

    Posted by anomsaksana | 2 September 2013, 6:18 am
  16. Vote Dahlan Iskan for RI 2014

    Posted by novrikov | 2 September 2013, 6:24 am
  17. membangkitkan harga diri bangsa… sangat nyata dan totality…

    Posted by bandung bondowoso | 2 September 2013, 6:27 am
  18. Tak ada alasan untuk tidak memilih Dahlan Iskan untuk RI 1, yg lain sibuk ngurusin kepentingan pribadi dan golongannya . Dahlan Iskan Sibuk dengan memajukan bangsanya.

    Posted by Nur Muhis | 2 September 2013, 6:29 am
  19. Pengetahuan abah sangat komprehensip

    Posted by ali wahyudi | 2 September 2013, 6:32 am
  20. Siap untuk mengenalkan Dahlan iskan ke segenap warga untuk memilih dan mengantarkan beliau menjadi pemenang konvensi partai demokrat dan selanjutnya memilih Dahlan iskan untuk menjadi Presiden RI ..
    Yuk…kini giliran kita untuk kerja…kerja….kerja.. SUKSESKAN DEMI INDONESIA..!!!

    Posted by papanyavara | 2 September 2013, 6:59 am
  21. AYOOO……………. SEMUA PIHAK HRS BISA JD RELAWAN BELIAU AGAR BISA JADI RI 1 DI 2014 SAYA ADALAH YG PERTAMA

    Posted by Warung Imafa | 2 September 2013, 7:23 am
  22. Baru dengar nih, stem cell.
    Makin Semangat deh….

    Posted by msodikvip | 2 September 2013, 7:28 am
  23. Di Indonesia banyak orang pintar, banyak pengusaha kaya yg berhasil dg langkah2 briliant memajukan usahanya, banyak Profesor, Doktor apalagi dokter apatahlagi sarjana. tpi kebanyakan (termasuk saya) masih berpikir sektoral dan parsiil merasa terhebat padahal untuk bidangnya saja bukan apa2. kita butuh seorang managerial yg tanpa pamrih, seorang yg bermotifasi untuk aktualisasi diri (ibadah all out) yang mampu menyentuh hampir semua lini untuk diberdayakan secara arif dan ter”konsep” briliant. kita butuh orang yang pintar mengurusi orang pintar untuk memintarkan anak negeri ini

    Posted by Ridlwan, SE | 2 September 2013, 7:29 am
  24. Di Indonesia banyak orang pintar, banyak pengusaha kaya yg berhasil dg langkah2 briliant memajukan usahanya, banyak Profesor, Doktor apalagi dokter apatahlagi sarjana. tpi kebanyakan (termasuk saya) masih berpikir sektoral dan parsiil merasa terhebat padahal untuk bidangnya saja bukan apa2. kita butuh seorang managerial yg tanpa pamrih, seorang yg bermotifasi untuk aktualisasi diri (ibadah all out) yang mampu menyentuh hampir semua lini untuk diberdayakan secara arif dan ter”konsep” briliant. kita butuh orang yang pintar mengurusi orang pintar untuk memintarkan anak negeri ini. “DEMI INDONESIA”

    Posted by Ridlwan, SE | 2 September 2013, 7:33 am
  25. Salut bt pak Dahlan yg selalu menyatukan dan mengexplore anak2 bangsa yg hebat2..ayo dukung abah jadiRI1!!

    Posted by dhedot | 2 September 2013, 7:39 am
  26. … Ahli lulusan Unair ini menemukan pil KB untuk pria setelah bertugas lama di Papua..dst, ini adalah salah satu contoh bahwa kita jangan selalu menganggap jelek jika kita ditugaskan keluar daerah (papua, aceh dll)…jangan hanya mau di jawa saja..(bahkan mbelani bayar mahal agar bisa tetap dinas di kota besar)…masih sangat banyak kekayaan flora dan fauna indonesia yg belum tereksplorasi..janganlah terus menerus kekayaan kita di eksploitasi orang asing, dinas di luar pulau jawa pastilah ada hikmahnya..artinya keep positive thinking….kalau di jawa jika anda tidak benar-benar superior ya ga akan kelihatan..podo wae dgn yg lain kapasitasnya…..ya kalau mau di jawa terus paling tidak anda juga harus ahli ngurus PKL yg semakin banyak bro.. agar diri anda ada manfaatnya ..ha..ha..KEEP SMILE

    Posted by merry | 2 September 2013, 7:59 am
    • setuju sekali, saya jg sdh bbrp kali keliling slrh indonesia dan melihat potensi yg sangat sangaaaattt luar biasa…., itu juga sdh diperhatikan dan diberdayakan oleh dahlan iskan, bacalah setiap aktifitas yg dilakukan oleh dahlan iskan.
      dan skrg saatnya menyebarkan virus :
      Vote Dahlan Iskan for RI-1 2014

      Posted by @ndokaja | 2 September 2013, 8:51 am
  27. Momentum yang baik demi kemajuan ilmu kedokteran di Indonesia, yang tentunya menjadi harapan kita semua bangsa Indonesia, sukses Bang DI

    Posted by Mangdit | 2 September 2013, 8:01 am
  28. Inilah pentingnya penelitian dalam negeri didukung oleh Pemerintah dan diberi tempat yang layak untuk mengembangkannya.

    Terima kasih pak Dahlan. Anda adalah pemimpin sejati bangsa ini. Tapi mohon jangan melali Partai Demokrat karna banyak sengkuni, mafia dan koruptor di sana. .

    Salam

    Posted by uranoncu | 2 September 2013, 8:10 am
    • pak dahlan sudah memutuskan dan saatnya kita mendukung. dalam pernyataannya, pak dahlan menyampaikan bahwa ada 2 pilihan yaitu, dihancurkan sekalian atau di perbaiki dan pak dahlan memilih untuk memperbaikinya. dan saya yakin juga bila pak dahlan yg memperbaiki akan memberikan hasil yg luarbiasa. seperti halnya waktu di PLN dan BUMN. korupsi disikat habis bahkan sekarang sdg menyusun blueprint BUMN bersih yang terdiri dari 3 level. pak dahlan memahami bahwa jika ingin maju sebagai presiden harus lewat partai politik dan melihat semua parti juga ada tikus2 nya, pak dahlan memilih melalui partai demokrat. cb cek jejak rekam slrh parpol yang ada. sekarang saatnya mantapkan hati, bulatkan tekat untuk : Vote Dahlan Iskan for RI-1 2014

      Posted by @ndokaja | 2 September 2013, 9:04 am
  29. Vote Dahlan Iskan for RI 2014

    Posted by msyatno | 2 September 2013, 8:15 am
  30. semangat pagi………..
    selalu berdayakan kemampuan sdm di republik ini. maju terus pak Dahlan iskan. dimanapun pak Dahlan Iskan berpijak, InsyaAllah akan selalu bermanfaat buat Indonesia-ku…….

    Posted by done | 2 September 2013, 8:21 am
  31. ayo kerja kerja kerja,………

    Posted by MChoir | 2 September 2013, 8:21 am
  32. Mantap abah..

    Posted by Sakinul Wadi | 2 September 2013, 8:33 am
  33. Always Manufacture Hope.. Personal and People Hope.. A Hope for Indonesia.. Semangat Pagi & Salam DahlanIs. Teriring doa untuk kesehatan dan keselamatan untuk Pak Dis dan kita semua para DahlanIs yang penuh energi positif.

    Posted by akadarisman | 2 September 2013, 8:37 am
  34. Untuk anak berkebutuhan khusus bisa tidak ya ? Paling tidak untuk perbaikan sistem syarafnya. Matur suksma – Wargo

    Posted by Wargo | 2 September 2013, 8:39 am
  35. Mudah mudahan perjuangan untuk kemaslahatan kehidupan orang banyak ini memberi berkah dan jaminan syurga buat Pak Dahlan Iskan di dunia dan di Akhirat. Amiin.

    Posted by akik | 2 September 2013, 8:45 am
    • آمِيّنْ… آمِيّنْ… يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ, doa yg sangat baik.
      semoga pak dahlan jg bs memimpin negeri ini dg baik, mari :
      Vote Dahlan Iskan for RI-1 2014

      Posted by @ndokaja | 2 September 2013, 9:11 am
  36. Berita Manufacturing Hope Ini menjadi bacaan yang ditunggu tunggu bukan hanya oleh rakyat yang ada di Indonesia, tapi bagi para WNI yang ada di luar negeri sana, mereka kangen sekali berita kemajuan bangsanya sendiri, berita tentang optimisme di tempat kelahirannya, melihat saudaranya maju dan berkembang,

    mereka bukan tidak mau pulang kampung, tetapi ilmu mereka belum bisa dimanfaatkan secara maksimal di Indonesia, belum banyak tempat bermain sehingga menjadi pemain tangguh,

    persis ketika saya tahun 2001 masuk kuliah jurusan Komputer, 2004 lulus terus orang kampung malah menyuruh saya pergi karena memang mereka yakin pengetahuan saya belum bisa dimanfaatkan maksimal kala itu, bahkan sampai saat ini.

    mereka sedang menunggu waktu yang pas kapan mereka bisa berbagi dan pulang kampung,

    terima kasih pak dahlan anda membangunkan optimisme melebihi pendakwah atau para pembawa motifasi di berita

    Posted by saeful | 2 September 2013, 8:48 am
  37. Mantab, ga singgung konvensi sedikitpun. Terbukti FSB BUMN omdo, pak dahlan tetep kerja koq ga ngaruh harus ikut seleksi konvensi. Malah panitia seleksinya yang disuruh sesuaikan jadwal, keep positive & optimist…..

    Posted by Fris | 2 September 2013, 8:56 am
  38. Salut buat Pak Dahlan. Ternyata benar di kalangan akademisi Pak Dahlan disebut sebagai dewa.

    Ada banyak hasil penelitian, yang dulunya sering diabaikan, kini dikembangkan dengan kerjasama dan dimotori BUMN. Ada banyak Prof dan Dr yang dulunya tak terfasilitasi, kini mendapat peluang mengembangkan kreatifitasnya.

    Lebih dari itu, Pak Dahlan mengajarkan kepada kita, kaum muda, bagaimana caranya menjadi pemimpin, bagaimana memberdayakan sumber daya yang melimpah.

    Saya terharu kini banyak dari rekan-rekan di tanah air yang dibantu Pak Dahlan. Tak hanya urusan kesehatan, tapi soal lain juga, termasuk soal hukum sebagaimana yg menimpa Johan Yan.

    So, Pak Dahlan bukan lagi layak, tapi harus diperjuangkan menjadi RI 1.

    Posted by Dedy Armayadi | 2 September 2013, 9:06 am
    • ….kalau kamu pilih siapa Ho? ….
      ….saya pilih Pak Dahlan iskan pa….
      ….kenapa?
      …karena Pak Dahlan pernah bantu kita…
      dialog yg tidak pernah saya lupakan dari seorang Johan Yan
      sekarang saatnya siapkan langkah utk :
      Vote Dahlan Iskan for RI-1 2014

      Posted by @ndokaja | 2 September 2013, 9:17 am
  39. Hope…..slalu ada Harapan untuk setiap vonis….Bahkan vonis Kematian yg sdh di Tetapkan sejak kita di lahirkan,bahkan sebelumnya…Selamat Berjuang Mas Iqbal Rais…untuk Bangsa Indonesia,untk para Pemimpin,khusus ntuk Abah Dahlan Iskan….Asa selalu ada untk Mereka yg slalu Berjuang…..

    Posted by sekarpamungkas1 | 2 September 2013, 9:14 am
  40. Indonesia maju bersamamu pak..

    Posted by nurkolis | 2 September 2013, 9:33 am
  41. ibarat lagu dari sabang samapai merauke… abah dahlan ilmunya dari a-z…….salam reDI

    Posted by CAK KADIR | 2 September 2013, 9:36 am
  42. pemimpin seperti abah ini belum tentu muncul 100 tahun sekali di indonesia ini..maka jangan sampaimkehilangan momentum,mumpung beliau masih segar bugar…VITE FOR HIM 2014 !!!

    Posted by CAK KADIR | 2 September 2013, 9:38 am
  43. VOTE HIM FOR PRESIDENT 2014

    Posted by CAK KADIR | 2 September 2013, 9:40 am
  44. Stem cell sebenarnya bukan barang baru…Alhamdulillah anak saya yg terakhir sudah ikutan stem cell dgn menyimpan darah tali pusarnya pada saat lahir ke salah satu vendor di jakarta (yg berkantor pusat di luar negeri/singapore).

    Stem cell ini berupa pengambilan darah tali pusar ibu pada saat bayi dilahirkan, cuma sekantong kecil aja kok. Darah ini memang terbuang sia-sia pada proses melahirkan.

    Tingkat kecocokan sangat tinggi jika digunakan utk ibu, bapak, saudara si bayi atau si bayi sendiri yg memerlukannya.

    Selain itu, stem cell ini bisa diambil juga dari sumsum tulang belakang pasien, tetapi sangat menyakitkan, kesulitan sangat tinggi, resiko sangat besar dan tentunya biaya sangat besar.

    Jadi, bagi rekan2 yg peduli dgn keluarga alangkah baiknya menyimpan darah tali pusar istrinya saat melahirkan untuk menjaga2 hal buruk di masa depan (untuk jaga2) tetapi jika sudah stop melahirkan tentunya tidak ada cara lain untuk mendapatkannya dengan cara yg sangat mudah.

    Saya bukan agen provider stem cell, sekedar sharing, harga daftar sekitar Rp. 15jutaan dan berlangganan/kontrak per tahun kurang dari Rp. 2 juta. Biaya tahunan ini adalah biaya utk penyimpanan di tempat yg aman dan tidak rusak jika digunakan suatu saat (memang siapa yg kepingin menggunakannya..??? amit2 deh!!!, tapi kalo terjadi sesuatu seperti cerita Pak DIS, tentu beban menjadi tidak terlalu berat lagi).

    Mahal..? tentunya relatif, sebungkus rokok harganya Rp. 10ribu, kalo setahun Rp. 3,6juta…masih mahal? Lebih mahal kalo cerita pak DIS ini terjadi pada keluarga kita dan kita tidak berusaha mengantisipasinya..!! piss..

    Posted by busan | 2 September 2013, 9:53 am
  45. Saya fans DI. Kagum dgn langkah2 beliau termasuk yg hari ini. Bagi timses DI, 2 hal saran saya agar DI mkin berkibar:
    1. Bereskan KRL jabodetabek. 600ribu penumpang KRL. Naik drastis. Lihat di detik.com pg ini Jonan bgtu bangga. Tp lihat komen penumpang hampir semuanya tdk puas dgn kapasitas KRL yg tdk layak dan tdk manusiawi lagi. KRL panas, jls tak ber AC, cmn kipas angin, itupun kadang2 tak ada. Dan KAI/KCJ yg notabene BUMN anah buah DI, tak pernah sekalipun kasih komentar/rencana pernaikan ttg hal ini. Knpa AC tdk ada freon? Gak dirawat? Gak diservice?/atau kurang daya PLN? Jlskan pd publik hal ini. Minta maaf (KAI paling anti minta maaf dgn tulus) kalau emang kurang maksimal. Kalau kurang daya PLN (inikan BUMN), DI dudukkanlah Jonan sama dirut PLN. 600ribu konsumen bro. Itu suara loh itu..
    2. Terkait PLN, byk saudara2 saya di Sumatera yg mengeluh ttg kinerjanya yg hampir2 sama dgn masa sblm DI. Jls DI berbuat byk utk Sumatera, tp yg tiap hr dirasakan masyarakat (termasuk ibu2) adlh listrik yg byar pet. Silahkan cek daerah Sumbar, riau, Jambi.. Pdhal yg tiap hari dirasakan itulah sumber kepuasan dan kantong suara nantinya.

    Smga sampai ke tangan DI, dan bisa dibenahi.
    Bravo DI di 2014…

    Posted by sutan sjah | 2 September 2013, 10:06 am
  46. Mudah2an biayaanya bisa terjangkau Pak…

    Posted by AndikA | 2 September 2013, 10:15 am
  47. Biasanya saya baca manufacturing hope lewat jawa pos, ini iseng-iseng lewat blog ini, ternyata komennya positip semua. Terima kasih atas semua tulisan pak DI yang inspiratif, tentu ini memantapkan hati saya untuk selalu mempromosikan anda sebagai pemimpin masa depan Indonesia yang (meminjam tag-line) mas Ganjar Pranowo : “mboten ngapusi mboten korupsi”pokoknya kalau takdir membawa anda menjadi RI 1, siap deh pak, sekarang sih tetap KERJA …KERJA ….KERJA

    Posted by bambang sukra | 2 September 2013, 10:27 am
  48. Hormat Graak,untuk Pak DI ,semoga Iqbal Rais segera sembuh ,dan yang tidak kalah penting mari kita kumpulkan uang receh kita untuk membantu pengobatan rekan Iqbal Rais.Mumpung saya baru terima uang pensiun ,uang 50.000 ini harus saya transfer kemana ?

    Posted by menik | 2 September 2013, 10:35 am
  49. jayalah ilmuwan indonesia. aku makin bangga dan cinta merahputih
    pak @ndokaja bikin lapak makin larismanis. salam knal pak @ndokaja.
    bang bonzo mana ya koq blm nongol

    Posted by fia | 2 September 2013, 12:05 pm
  50. Hebat arek2 UNAIR! Bangga juga jadi anak UNAIR.

    Posted by Mochamad Yusuf | 2 September 2013, 12:26 pm
  51. satu demi satu hasil kerja keras anak bangsa ini terbuka, membuat kebanggaan dan harga diri bangsa semakin naik naik. “Beri kepadaku 10 pemuda bangsa ini, akan kurobah dunia”, demikianlah kata sang proklamator, ungkapan itu sekarang sedikit bergeser dengan tema yang hampir sama, ” Berikanlah kepadaku 10 orang peneliti, akan ku bangunkan Indonesia”, demikian kata Pak Dahlan Iskan.

    Posted by Manihot Ultissima | 2 September 2013, 12:54 pm
  52. http://politik.kompasiana.com/2013/09/01/dahlan-iskan-vs-jokowi-588734.html

    Johan Yan

    Dahlan Iskan VS Jokowi
    OPINI| 01 September 2013 | 09:08 Dibaca: 3657 Komentar: 141 21

    Saya dan Jokowi
    Ayah saya 68 tahun adalah seorang yang luar biasa, dia adalah pahlawan keluarga kami, 15 tahun yang lalu papa terserang penyakit stroke pertama kali ketika siang itu sedang mengendarai vespa kesukaannya, papa terjatuh sejak saat itu hidup papa berubah, papa tidak dapat beraktifitas secara bebas seperti manula pada umumnya, aktifitas kesehariannya hanya makan, tidur, dan menonton televisi, maka jangan heran papa adalah seorang yang sangat luas wawasan dan pengetahuannya, setiap hari lebih dari 12 jam informasi dari media apa saja masuk ke otaknya yang tua, sayapun tidak seluas papa pengetahuannya maka dalam pengambilan keputusan penting dalam hidup dan perusahaan saya sering berkonsultasi kepadanya. Ayah saya adalah sumber motivasi saya dan pahlawan bagi saya.
    Saya adalah Johan Yan, saya seorang Kolektor benda cagar budaya, Saya memiliki Gelar pangeran kehormatan dari Sinuhun Pakubuono XIII, saya pun mendapat kehormatan dari komisi kepemudaan PBB sebagai orang yg peduli terhadap budaya Indonesia, sebagai seorang Motivator pemegang 6 rekor MURI, saya memiliki kantor di jakartan Surabaya dan Singapura, lebih dari 267 perusahaan pernah saya tangani, maka saya bisa dikatakan seorang yang sangat peduli pengalaman masa lalu, dan seorang yang sangat idealis. Saya selalu berbicara tentang fakta dan pengalaman sebab itulah pekerjaan saya.
    Yah itulah kami, sebulan sekali saya pulang ke rumah orang tua saya sekedar menjenguk keadaan orang tua, melihat kebahagiaan mereka yang sederhana dan mencicipi makanan mama yang terkenal dengan “sihir cinta nya” sebab saya tidak pernah berhenti mencicipi masakan mama saya di piring yang pertama, saya juga kangen dengan suara anak anak saya yang bahagia bersama dengan kakek neneknya.
    Beberapa hari yang lalu seperti biasanya saya masuk kekamar papa, dan di ruang home theater yang besar papa duduk di kursi malasnya menikmati cui mie malang kesukaannya sambil menyantap berita berita terbaru, koran di tangan kiri, sumpit mie di tangan kanan dan chanel pemberitaan “TV one” di depan mata, itulah papa.
    Saya tersenyum dan berkata “papa bagaimana keadaannya?” Papa tersenyum dan kembali bertanya “ho kamu gimana”, “baik pa”, pelan pelan saya mulai membuka topik pembicaraan “aneh dan agak serius” sambil menunggu masakan mama selesai dimasak, “pa, entar pilpres pilih siapa pa?” Papa menjawab “jokowi” dengan sangat cepat.
    Aku tertegun sebab aku pernah mengatakan kepada papa bahwa aku pernah membuat surat terbuka kepada Dahlan Iskan, dan aku pun pernah bercerita kepada papa bahwa aku berhutang budi kepada Dahlan Iskan sebab abah pernah menolong aku ketika aku terkena masalah, akupun pernah bercerita bahwa Dahlan Iskan pernah memotivasi ratusan direktur rekanan saya, (http://politik.kompasiana.com/2013/08/24/new-hope-berlarilah–586734.html) saya berharap papa menjawab “Dahlan Iskan” dan bukan nama yang lain,…
    “Kenapa pa?” Aku bertanya ingin tahu, maka mulailah papa bercerita dari A sampai Z semua prestasi Media Darling tersebut dari kota solo hingga jakarta, saya duduk mendengarkan kata kata yang persis sering saya dengar di TV dan saya baca di koran, papa mengulang semuanya dengan sempurna, denagn suara sedikit pelat karena stoke papa bercerita dengan berapi api semua data yang masuk diotaknya, saya mendengarkannya dan berharap segera menemukan “Z” diakhir ceritanya, dan saya menemukannya setelah lebih dari 18 menit berlalu.
    “Jokowi bagus pa”, saya mencoba memotong pembicarannya, “jokowi bagus pa” ya karena saya pernah berjumpa beliau, ketika penganugerahan gelar pangeran ku di keraton solo jokowi juga hadir, saya tahu persis media darling fenomenal ini adalah seorang yang baik dan sederhana sekali. “Jokowi seorang yang hebat, luar biasa dan dahsyat!” “Papa pernah ketemu langsung dengan Jokowi?”, “belom” papa menjawab sambil mengarahkan pandangan matanya di layar TV, saya cukup heran dan kagum, selama 15 tahun terakhir papa praktis tidak kemana mana, papa tidak pernah ke Jakarta atau kota Solo, tetapi papa bisa sefanatik itu, ini luar biasa, saya pikir media sangat bertanggung jawab memasukkan figur Jokowi di otak papa saya, bahkan menjadikannya sebagai pahlawan dan superman di hatinya.
    Beberapa detik kemudian saya menerima pertanyaan yang saya tunggu tunggu dari tadi “kalau kamu pilih siapa ho”, “aku pasti pilih Dahlan pa”, tiba tiba papa mengalihkan pandangan dari TV dan menatap saya tajam, pandangan mata aneh yang meminta penjelasan lebih, aku berusaha menutup argumen yang mungkin akan papa berikan dengan segera berkata “hidup mati aku pilih Dahlan Iskan pa”
    “Kenapa ho pilih Dahlan Iskan?” Ehmn duuuuuuueeeeeerrrr bagai kilat di siang bolong ini pertanyaan yang sulit saya jawab, sejak kecil, papa adalah pahlawanku, dan penasehatku, saya bukan seorang jurkam Dahlan Iskan yang memiliki segudang data prestasi beliau, sebab saya yakin banyak prestasi beliau yang tidak di catat oleh media, Ya saya penulis “13 rahasia terlarang Dahlan Iskan” di kompasiana (http://politik.kompasiana.com/2013/08/29/13-rahasia-terlarang-dahlan-iskan-588159.html) tetapi hanya itu yang saya tahu tentang Dahlan Iskan, lagi pula saya tidak ingin berdebat panjang dengan papa tentang seorang Dahlan Iskan.
    Beberapa detik saya terdiam lalu saya berkata 1 kalimat “ya pa karena Dahlan pernah tolong aho (nama cina saya)”, saya menunggu kata kata lanjutan dari papa tetapi dia diam, dia kembali pandangannya ke TV layar lebar didepannya. Yaaaa Tuhan, aku tidak tahu apakah kata kata itu menyakita hatinya yg pasti, aku tau otak papa mulai berfikir dan mengolah data sebanyak banyaknya untuk menerima kata kata saya ini “ya pa karena Dahlan pernah tolong aho” ya Abah (panggilan akrab Dahlan Iskan) pernah menolong saya dan bukan hanya saya, Abah pun pernah menolong memotivasi 518 Direktur dan 4073 manajer ketika krisis industri tahun 2008 lalu (Video Dahlan Iskan bergairah : http://www.youtube.com/watch?v=ZLzhwQJkprE)
    Terngiang kembali ketika saya menghadapi masalah di facebook, dan bagaimana heroiknya seorang Dahlan Iskan pagi pagi buta selepas subuh mencari nomer HP saya dari sekian ratus juta penduduk indonesia ini hanya untuk menulis sebuah pesan SMS motivasi : “Sy td mlm minta dicarikan no HP anda dan sdh dapat. Sy akan lakukan sesuatu utk kebaikan bersama semua pihak. Kita bersama-sama berusaha untuk keadaan lbh baik ya. ” Hingga kami semua dapat berdamai kembali.
    Papa tahu semuanya pengalaman itu, setelah beberapa saat menatap TV nya papa menunduk “Ya Ho, Dahlan pernah tolong kita”, saya berusaha mengabaikan pembicaraan lebih lanjut. Dan seperti mendapat pertolongan, saya mendengar teriakan mama dari dapur, mengatakan bahwa makanan sudah siap, kami sekeluarga sangat patuh dengan mama, sebab kalau kami terlambat beberapa detik saja menjawab, maka mama akan sangat tersingung, hehehe benar benar keluarga yang aneh, di meja makan pun saya tidak berusaha bertanya apa pilihan mama di capres nanti sebab aku tahu mama akan menjawab “megawati” itu bukan karena mama pengamat berita tetapi hanya karena megawati seorang wanita, yah mama hanya memilih capres yang sama dengan dirinya, yaitu wanita.
    Kami keluarga demokrasi, papa jokowi, mama megawati, dan saya Dahlan Iskan, mungkin pembantu saya akan memilih prabowo atau Wiranto sebab aku dengar pembantu saya suka dengan tentara.
    Siang itu selepas makan ditaman depan rumah saya merenung kembali pembicaraan saya dan papa, papa sangat kuat memegang pilihannya karena media, media berhasil menjadikan papa saya seorang Jokower, papa hafal prestasi beliau bagi jakarta dari A sampai Z, dan saya? Apa yg saya tahu tentang Dahlan Iskan? Saya tidak tahu apa apa tentang beliau saya hanya punya pengalaman dengan beliau, Dahlan Iskan bagi saya adalah seorang Pahlawan berbaju putih, Dahlan tidak pernah menjual kisah heroiknya di media, dia hanya melakukan semuanya demi Indonesia, banyak orang mencibir beliau karena naik ojek, tidur di rumah penduduk, bersihkan WC, sapu jalan, dan naik kereta api, tetapi bagi saya itu bukan pencitraan sebab saya sudah tahu dan kenal beliau sejak 2008 bahkan sejak beliau belum jadi apa apa, itu semua sudah biasa dilakukan beliau, sudah biasa dahlan sapu pabrik, tidur di gudang, itu bakan hal yang istimewa bagi seorang Dahlan, lalu apakah Dahlan harus berubah setelah menjadi mentri? Beberapa kali saya mencoba menghubungi abah, namun sejak peristiwa terformatnya BB saya, saya kehilangan kontak dengan beliau.
    Pembicaraan hari itu benar benar mempermalukan saya, saya baru sadar sebenarnya saya tidak benar benar mengenal dia yang saya sebut sahabat, dan dia yang menolong saya selama ini, saya hanya dapat memberi 1 alasan kepada papa saya mengapa saya memilih Dahlan Iskan “ya pa karena Dahlan pernah tolong aho”
    Saya kaget, papa saya dengan berjalan tertatih tatih ke taman depan, ini hal yang tidak biasa dilakukannya, pasti ada sesuatu penting yang ingin disampaikan, saya bergegas membopohnya dan kita duduk menghadap sebuah pohon kamboja kecil didepan rumah, papa memandang pohon itu dan berkata “Ho kita pilih Dahlan Iskan”, aku kaget dan benar benar kaget, dengan mata berkaca kaca papa kembali mengulangi kembali kalimat pelatnya “kita pilih Dahlan iskan” , “kita pa?” , “ya kita pilih Dahlan”
    Saya tidak berani bertanya “kenapa?” Lagi pula pembicaraan itu sudah berhenti, malam hari ketika saya hendak pulang ke surabaya meninggalkan pandaan kota orang tua saya, papa melambai tangan perpisahan, dia tahu, kalimat sore hari tadi meninggalkan tanda tanya besar, dan papa pun tahu aku tidak berani bertanya “kenapa?” Pada lambaikan tangan yg terakhir papa berkata dengan suara pelat nya “ya ho karena Dahlan pernah tolong kita”
    Satu jam perjalanan menuju surabaya, saya menangis, bukan karena saya memenangkan seseorang untuk memilih abah, tetapi karena saya tau papa berubah karena sebuah pengalaman, bukan karena sebuah informasi, bagi rakyak kecil pengalaman lebih berbicara dari pada informasi, teladan lebih kuat dari semua pemberitaan di media, “terima kasih papa”
    Kita semua pernah mengalami Dahlan, apa yg Dahlan lakukan adalah hal hal yang sederhana, menyapu, membersihkan WC, tidur di rumah penduduk, membaca Quran, bersholat di masjid itu hal yang sederhana tetapi semua kesederhanaan itu membawa beliau di kenal dan dicintai rakyat.
    Dahlan yang saya kenal adalah seorang Raja media dengan 207 koran dan media cetak, 37 stasiun TV lokal, 40 percetakan tentu sangat mudah baginya untuk menjadi MEDIA DARLING dalam 24 jam, tetapi itu tidak abah lakukan, sebab MEDIA DARLING bukan tujuan hidup beliau, “abah tidak mau jadi orang lain” abah mau tetap menjadi abah yang sederhana, seorang menteri yang tidak malu untuk sapu lantai dan cuci WC, seorang menteri yang sederhana di mata Rakyat, abah lebih suka menjadi diri sendiri menjadi PEOPLE DARLING, hingga setiap orang berkata “saya pilih abah karena saya ada pengalaman dengan abah” bukan karena saya pernah bertemu dengannya, tetapi karena apa yg abah lakukan itu saya lakukan dalam keseharian saya. Itulah abah.
    Saya cuma berandai andai seandainya JOKOWI dapat bersama sama DAHLAN ISKAN memimpin bangsa ini saya yakin papa dalam kondisi stroke akan senang dan bahagia saya ajak ke jakarta, kami siap jadi jurkam Jokowi dan Dahlan, walau papa stroke dan bicaranya pelat, tetapi beliau jurkam yang berapi api, semoga surat ini di baca oleh Dahlan dan Jokowi, bersatulah DEMI INDONESIA, sampai sejarah mencatat kalimat ini “Ya kami pilih Jokowi dan Dahlan karena mereka pernah tolong INDONESIA” amien
    Beberapa hari setelahnya Saya baca kembali surat ini depan papa dan dia terharu bahagia, “kamu hebat ho, kita pilih mereka” katanya semoga Jokowi dan Dahlan dapat menolong lakukan sesuatu DEMI INDONESIA

    Posted by CAK YADI | 2 September 2013, 1:28 pm
  53. Teman-teman yuk kita gabung dan kumpul-kumpul di http://www.facebook.com/groups/dahlaniskangroup/
    Terbuka untuk siapapun kita.

    Salam hormat,
    Bonzo – Jakarta Barat

    Posted by bonzo | 2 September 2013, 2:11 pm
  54. hal yang kelihatannya luput dari pengamatan awam
    namun mendapat konsen yang serius dari pak Dahlan iskan
    tentu keluarga Iqbal pastilah bangga bahwa anaknya
    mendapat perhatian yang demikian serius dari orang sekelas Dahlan Iskan
    yang masih menduduki jabatan menteri

    Posted by Hollow | 2 September 2013, 3:58 pm
  55. ditunggu kabar Stem Cell nya pak Iqbal yaa, Pak Dahlan (y)
    kalo ini berhasil, lebih dari cukup untuk menyebarkan bahwa Stem Cell di Indonesia juga aman (y)

    Posted by rezagty | 2 September 2013, 4:46 pm
  56. Pak Dahlan Iskan mengundangnya dgn kesungguhan hati, sehingga Full Team datang ke KemenBUMN.
    (Kalau perlu satu Unair bakal datang kalo tempatnya cukup pak…)…

    Universitas di negri ini byk yg tak terperhatikan, jadi sarjana teori saja, mau terapan terkendala dana penelitian dan mau dijual kemana nantinya… Lewat KIMIA FARMA, Pas bgt ketemu jodohe…
    Saya yakin 90% Universitas pasti mendukung Dahlan Iskan for RI-1…
    Para Rektor yg mengerti jalan pikiran dahlan iskan tentunya akan mendukung pula.

    Posted by PUTU | 2 September 2013, 7:32 pm
  57. Silakan Baca resume singkatnya di :

    Posted by PUTU | 2 September 2013, 10:31 pm
  58. Saya suka dua duanya, saya suka pak Dahlan juga cinta Jokowi. Semoga salah satu dari mereka berdua ini yg jadi presiden. Jangan sampai yg lain.

    Posted by rinis novianti | 3 September 2013, 1:19 am
  59. bagaimana dengan gagal ginjal apakah juga bisa ? alangkah bahagianya para penderita gagal ginjal bila bisa sembuh dan gak perlu lagi harus cuci darah seumur hidupnya….

    Posted by safrina | 3 September 2013, 10:34 am
    • Mungkin Anda bisa menghubungi Fak.Kedokterna Airlangga untuk memperoleh informasi tsb. Setahu saya sampai saat ini gagal ginjal diatasi dengan transplatasi ginjal. Tapi… siapa tahu. Semoga cepat sembuh. Salam

      Posted by iman | 3 September 2013, 10:41 am
  60. semoga dengan perkembangan stemcell ini, dunia kesehatan kita semakin maju dan canggih. vote dahlan iskan for presiden, kalo calon2nya itu2 saja. siap golput ane eheheheh

    Posted by sewa mobil di bali | 3 September 2013, 10:36 am
  61. Membaca tulisan ini, sy teringat buku “Ganti Hati”. Kisah orang yg penuh keberanian menghadapi takdir hidupnya dengan segala rasionalitas dan kekuatan spiritualnya. DI tidak memprotes ketika 7 Agustus 2007, saat siuman dari “ganti hati”, disebut sebagai hari kelahirannya yg kedua, setelah hari kelahiran pertamanya menimbulkan perdebatan, 17 Agustus 1951 atau Selasa Legi 21 Agustus 1951. Yg pasti dan resmi, layaknya bayi umumnya, DI lahir ketika G, Kelud meletus. Sama seperti Soekarno, lahir saat G. Kelud meletus 1901.

    Orang Jawa pedesaan, ketika hari – hari ini sayup mendengar DI diharapkan banyak orang memimpin Negri ini, mulai menimbang dan mungkin meyakini, akankah Ibu Pertiwi (Jawa maksudnya) merestui DI menjadi RI-1? Meneruskan pendahulunya yg kelahirannya juga “dilontarkan” oleh tanah Jawa melalui “gua garba” yg sama? (Gunung Kelud). Wa-Allahu a’lam. Yg pasti, banyak orang mulai terbuka mengakui bahwa kapasitas dan kompetensi DI cukup memadai untuk memimpin Negri ini. – catatan Minke (begitu orang memanggilku ….)

    Posted by Minke | 3 September 2013, 11:16 am
  62. Mari fokus menguatkan internal kita supaya solid mensussekan DI sebagai presiden ga usah mikir atau membandingakan dengan orang lain, dan kita ga usah nanggapin jika orang lain membandingkan setuju!

    Posted by munduf | 3 September 2013, 11:17 am
  63. Maaf Kakak Rinis Novianti ;
    Beta sangat suka dengan DAHLAN ISKAN krn Prestasinya n.y.a.t.a. langsung menyentuh : Rakyat dan Bangsa,
    dan beta juga suka sama Jokowi,wlu smtr yg beta baca dan lihat , msih hanya ber-bentuk program2 doank….
    Mari Kita sama-sama : vote DAHLAN ISKAN FOR RI.1 2014…
    Semangat-Optimis selalu,bersama DAHLAN ISKAN.
    Salaaaaam Relawan-Dahlanis seluruh Dunia…Txqu.

    Posted by N. SORRI.. | 3 September 2013, 11:38 am
  64. ~•Alhamdulillah,sekarang hampir semua Universitas Negeri di Jagat Raya Indonesia
    su mau untuk saling mengisi Kemerdekaan RI melalui Kerja-sama dgn BUMN sesuai : Disiplin-Ilmu atau Profesi masing2 Perguruan Tinggi…
    Mulai dari : IPB,UI,ITB,UNPAD,UNDIP,UGM,ITS,dan UNAIR juga bbrp Perguruan Tinggi yg blm disebut satu persatu..
    ~•Smua dilakukan olh DAHLAN ISKAN,ta ada “niat” yg lain selain hanya ingin Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat.
    ~•Selamat kepada para Peneliti (Team) dari UNAIR yg tlh bekerja dgn “arief” dan “bijaksana” secara : n.y.a.t.a ,
    atau langsung dirasakan oleh Masyarakat Demi Kesehatan dan Harga Diri Bangsa Indonesia…
    ~•Smg Allah,khan melimpahkan kemudahan dan kesehatan Kakak Iqbal dlm proses Stem Cell diatas..
    Dan ini merupakan contoh buat orang2-kaya di Indonesia,kelaq klu akan Stem Cell tdk perlu lagi ke Luar Negeri,
    karena Negara-Indonesia telah mampu….dan berhasil…
    ~•Semangat-Optimis selalu,bersama DAHLAN ISKAN.
    ~•Salaaaam Relawan Dahlanis di seluruh Dunia.

    Orang “cerdas” tentu akan : VOTE DAHLAN ISKAN FOR RI.1 2014…

    Posted by N. SORRI.. | 3 September 2013, 1:34 pm
  65. maaf yang sebesar-besarnya, saya baru bergabung dengan blog ini..,
    harapan saya agar lebih banyak lagi pejabat negara yang punya pola pikir seperti pak Dahlan Iskan,

    Posted by willidarwin | 3 September 2013, 3:12 pm
  66. maaf saya baru bisa bergabung dengan blog ini,
    harapan saya kedepan banyak pejabat negara yang memiliki pola pikir seperti Pak dahlan Iskan,
    agar bangsa ini bisa cepat maju..

    Posted by willi cahyadi darwin | 3 September 2013, 3:13 pm
    • Alhamdulillah dan selamat bergabung Kakak Willi Cahyadi Darwin,smg dgn bergabung Kakak disini,
      akan mendapat “pencerahan” tentang Keberadaan dan Prestasi dari : DAHLAN ISKAN…
      Mungkin untuk lengkapnya,monggo Kakak buka MH sblm2nya, tentu Kakak Willi akan tertarik dan semakin
      percaya, klu DAHLAN ISKAN selama ini memang tdk pernah berhenti dari Prestasi…DEMI INDONESIA.
      Semangat-Optimis selalu,bersama DAHLAN ISKAN.
      Salaaam Relawan-Dahlanis.
      Vote DAHLAN ISKAN FOR RI.1 2014.

      Posted by N. SORRI.. | 3 September 2013, 9:58 pm
  67. prediksi sgp rabu
    04.09.2013
    *********
    77 – 92 – 42
    **********
    14 – 63 – 46
    dan untuk
    mengetahui
    lebih lanjut
    silahkan
    KLIK DISINI
    di jamin anda akan lihat hasilnya.

    Posted by togeljitu772013 | 3 September 2013, 3:53 pm
  68. selamaaaaat pak…. smg selalu amanah… jangan lupa tugasnya jd menteri bumn yah… fokus pak… fokus….

    Posted by lia | 3 September 2013, 5:13 pm
  69. Hari ini lega rasanya, telah mendaftar jadi relawan Demi Indonesia… Ayo kawan kawan rapatkan barisan! Berjuang untuk DI FOR PRESIDENT 2014..! Oh ya, selamat datang buat Pak Willi di ”rumah” para Dahlanis……

    Posted by Kausar ali | 3 September 2013, 6:24 pm
  70. Selamat datang Steam Cell…

    Posted by sampurno | 3 September 2013, 7:25 pm
  71. Luar biasa pa Dahlan Iskan. Penggabungan pibadi positif antara kepedulian, pengembangan ilmu pengetahuan, fasilitasi dan penghargaan atas hasil temuan anak bangsa sampai kepada pengembangan BUMN terkait pengobatan. Menyatupadu memenuhi harapan.

    Namun ada hal yg mengganggu fikiran atas diselipkannya tiga alinea terkait temuan Pil KB.

    “Kerja sama Unair dengan BUMN sendiri tidak terbatas pada stem cell. Juga pada pengembangan pil KB untuk pria. Penelitinya adalah Prof Dr Bambang Prayogo. Ahli lulusan Unair ini menemukan pil KB untuk pria setelah bertugas lama di Papua.

    Waktu itu Prof Bambang mengamati adat yang unik di Papua. Pria yang belum bisa menikah karena belum mampu membayar mahar berupa puluhan babi tetap bisa melakukan hubungan badan dengan kekasihnya asal tidak sampai hamil. Untuk itu, pria Papua memakan daun tertentu sebagai pil KB untuk pria.

    Tanaman itulah yang terus diteliti Prof Bambang. Hasilnya nyata. Maka saya pun minta Kimia Farma menyiapkan produksinya.”

    Secara Ilmu pengetahuan dan keperluan medis sangatlah penting …. akan tetapi tidak harus juga semua informasi terkait temuan tertentu dipublis terlalu dini dengan mempertimbangkan sosbud masyarakat indonesia yang beragam. Hal ini untuk menjaga kontroversial bagi kalanangan tertentu yg bisa menimbulkan kontraproduktif.

    Posted by mang encep | 4 September 2013, 10:54 am
  72. Alhamdulillah hari ini dapat 3 orang untuk mau lebih mengenal Dahlan Iskan.. dan setuju untuk menjadikan Dahlan Iskan calon Presiden RI. Malah berjanji untuk memprovokasi siapa saja agar lebih mengenal Dahlan Iskan.. siiip Demi Indonesia Jaya VOTE Dahlan Iskan.

    Posted by papanyavara | 4 September 2013, 11:39 am
  73. Hati-hati mas, manusia super biasanya sering anggap enteng masalah dan orang lain. Semoga sampeyan tidak demikian. adanya. Good luck !

    Posted by Rudy. M. Saragi | 4 September 2013, 7:23 pm
  74. Apakah masuk konvensi langkah yang tepat ?
    Mungkin sitir an CakNur versi 2013 pun muncul : ” DI YES!, Demo*** NO! ”
    Tapi ini membingungkan ?

    Posted by Juned | 5 September 2013, 2:51 am
  75. Semoga cepat sembuh mas Iqbal dan stem cell ini adalah suatu terobosan baru bagi dunia kesehatan. Terimakasih Pak DI sudah bisa menjembatani antara dunia penelitan dengan kebutuhan masyarakat akan kesehatan.

    Posted by Alfi | 6 September 2013, 3:51 pm
  76. @ Mang Encep & Mas Juned

    Mang Encep, sebenarnya saya juga mempunyai pandangan yang sama dengan Anda, bahwa informasi tentang historis penemuan pil KB untuk pria ini disajikan “kurang santun”. Namun setelah saya bolak balik pikiran ini dan saya temukan:justru disitulah kekuatan tulisan ini. Sejatinya melalui tulisan ini Bung Dahlan Iskan disamping mau mempromosikan Stem Cell Unair / RSUD dr Soetomo Surabaya juga memberi informasi badwa pil KB pria yang diproduksi Kimia Farma ini sangatlah “ampuh”. Sudah teruji nyata secara tradisional. Jika diolah secara modern tentu akan menghasilkan sesuatu yang lebih.

    Mas Juned, Menurut Anda adakah jalan lain bagi Dahlan Iskan untuk mengikuti Pilpres 2014 selain harus mengikuti Konvensi PD ini? Jawabnya: Tidak ada!!!
    Ikut calon independen, Undang undang tidak mengijinkan karena harus melalui partai politik.
    Ikut partai gurem, tidak akan memenuhi Presidential Threshold yang minimal 20%.
    Ikut partai besar lainnya, tidak mungkin karena di masing-masing partai sudah mempunyai calon masing-masing.
    Lalu…? Jadi menurut saya, masuk konvensi PD adalah langkah yang tepat.

    Salam tuk DahlanIS. www

    Posted by aditama@putra | 6 September 2013, 8:36 pm
    • Apa benar tidak ada jalan lain ? kalau ijtihad itu yang pasti.
      Dengan masuk konvensi, saya rasa yang tidak ada jalan lain, sitiran nya menjadi : ” DI YES!, Demo*** YES! ”
      dengan sitir an tersebut : Demo*** diuntungkan dan tidak sebaliknya!

      Karena Presidential Threshold 20% yang ada maksud : “UU No 42/2008”, maka saudara berpikir tidak ada jalan lain.
      Atau
      saudara berpikir DI tidak layak jual ?
      bahkan ke partai besar sekalipun ?
      apakah demo*** akan menjadi partai besar di tahun 2014 ?

      Dan saya tetap paham, bahwa ini: “ijtihad”

      Posted by Juned | 8 September 2013, 2:57 pm
  77. Good article

    Posted by Djoko Prasodjo | 8 September 2013, 5:51 am
  78. trimakasih pak dahlan. Kau bangkitkan semangat bangsaku

    Posted by harsia | 8 September 2013, 1:45 pm
  79. MH edisi bsok snin kira2 apa ya? kbr brita bbrp daerah pln byarpet

    Posted by fia | 8 September 2013, 4:51 pm
  80. @ Mas Juned, memang masih ada jalan lain, tapi riskan. Yaitu menunggu direvisinya UU No 42 thn 2008 ttg pilpres mengenai Presidential Threshold itu. Masalahnya adalah bgmn kalau UU tsb gagal direvisi? “DI YES, Demo*** YES” terpaksa tidak bisa dihindari memang!

    Posted by aditam@putra | 8 September 2013, 6:31 pm
  81. @Mas Juned: Apakah demo*** akan menjadi partai besar di tahun 2014? Insyaallah ya, jika secepatnya Bung Dahlan Iskan dicapreskan demo***. Pilpres 2004 dan 2009 saya tidak ada pilihan, datang ke TPS memang ,tp tidak ada yang saya pilih. Sayapun tidak pernah bermimpi memilih demo***, tapi mau bagai mana lagi. Terpaksalah nanti… Tentu yang begini ini banyak sekali?

    Posted by aditam@putra | 8 September 2013, 7:02 pm
  82. good kang articlenya ?

    Posted by Kelom Geulis | 8 September 2013, 8:17 pm
  83. sinergi yg sgt bagus utk trs dikembangkan..mendukung utk kemajuan bangsa.Demi Indonesia..kerja kerja kerja !!

    Posted by koreksi diri | 13 September 2013, 7:57 am

  84. gak perlu ngabisin uang ratusan juta pak..disini ada
    http://www.aolcoustic.jeunesseglobal.com

    Posted by ziaurrahman | 31 Desember 2013, 2:23 pm
  85. Buat forum yuk untuk para patien yang sudah berhasil sembuh berkat stem cells,dengan demikian patien yg akan berobat dengan cara stem cells menjadi tidak ragu ragu lagi.Di Jakarta ada ga yach

    hanafi

    Posted by hanafi tan | 10 Mei 2014, 3:52 pm
  86. Pak,bolehkan sy minta no tlp yang bs dituju utk pengobatan stem cell?sy ingin sekali anak sy normal,anak sy tekena Cerebral Palsy..mohon dengan sangat info nya pak Dahlan.trims sebanyak-banyaknya pak..

    Posted by irwan limin | 11 Juli 2014, 3:08 pm
  87. Sy menarik trhadap kisah stem cell yg sudah berhasil pada bapak dahlan iskan dn lainnya.. Sy adalah penderita gagal ginjal kronik yg saat ini sudah cuci darah 7bulan..cuci darah seminggu dua kali sesuai anjuran dokter..

    Sy mau tanya atau mohon informasi stem cell ni apa bisa untuk mengobati ginjal kronis / ginjal mengecil..mohon pak bqntuannya..bisa kontak sy melalui email mukhlismunir@gmail.com atau hp. 085261785854

    Atas bantuannya sy ucapkan terimakasih

    Posted by mukhlis munir | 15 Agustus 2015, 1:14 am
  88. pak dahlan, ad cara agar bisa menghubungi para ahli stemcell kebanggaan bangsa ini? Agar manfaatnya lebih dirasakan masyarakat luas…

    Posted by apri | 29 Oktober 2015, 12:51 pm
  89. Apakah stem cell itu mahal p dahlan..mslhnya kan byk yg kna sirosis hati tpi tdk tertolong..dn biayanya yg mahal bagi yg tidak mampu..mksh

    Posted by Hana | 4 Juli 2016, 7:47 am

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: