>>
Anda sedang membaca ...
Catatan Dahlan Iskan

Revolusi Dunia Transplantasi

Kamis, 20 November 2008
Catatan Dahlan Iskan: Revolusi Dunia Transplantasi

Saya masih di ibu kota Brazil, Brasilia, saat membaca perkembangan hebat di bidang transplantasi ini. Kami, rombongan presiden, sedang bersiap-siap ke Rio de Janeiro, kota terbesar di Brazil, sebelum besok ke Peru untuk APEC Summit.

Ketika membuka internet dan menemukan berita ini, saya langsung membatalkan membuka hal-hal lain. Saya cermati benar berita itu. Luar biasa. Ini akan menjadi terobosan yang tak terbayangkan. Apalagi, bagi dunia Islam yang selama ini kesulitan mendapatkan organ karena kepercayaan agama. Pembibitan organ dari sel diri sendiri itu menjadi jalan keluar yang bisa mengatasi segala-galanya. Kecuali ulama Islam tetap mengharamkannya.

Saya sendiri, meski dinilai berhasil melakukan ganti hati di Tiongkok, tetap saja waswas. Harus selalu hati-hati terhadap apa pun. Bahkan, ketika mengikuti perjalanan Bapak Presiden SBY ke berbagai negara ini, saya sebenarnya juga waswas. Karena itu, saya perlu ke Tiongkok (tempat Dahlan Iskan menjalani operasi, Red) dulu untuk minta izin dokter saya di sana.

Memang, sebelum ini saya sudah melakukan perjalanan ke banyak negara. Tapi, baru sekali ini terbang ke tempat yang amat jauh. Saya selalu berpikir, bahaya tidak ya perjalanan ini? Sampai beribu-ribu kilometer jauhnya? Satu-satunya yang menenangkan saya adalah: ini pesawat kepresidenan. Tentu semuanya akan safe dan di situ ada tim dokter. Kalau ada apa-apa bisa langsung diatasi, meski secara darurat dulu.

Karena itu, begitu tiba di Washington sebelum pertemuan puncak 20 kepala negara, saya sempat ke rumah sakit di Washington. Saya lakukan cek total badan saya setelah terbang lebih 20 jam. Hasilnya, alhamdulillah, tidak apa-apa dan hasil pemeriksaan darah juga baik-baik saja.

Saya sangat antusias membaca pekembangan transplan dengan organ bikinan itu. Dunia akan semakin maju. Saya yakin, 20 tahun yang akan datang semuanya teratasi dengan lebih mudah. (*)

sumber

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: