>>
Anda sedang membaca ...
Uncategorized

Selamat datang di dahlaniskan.wordpress.com

Selamat datang

Ya, selamat datang di dahlaniskan.wordpress.com, Sebuah blog yang saya dedikasikan kepada Bapak Dahlan Iskan, seorang manusia biasa yang luar biasa yang merupakan salah satu inspirator bagi saya.

Blog ini saya tulis setelah saya menyaksikan acara talkshow KICKANDY di MetroTV episode “Bertarung Dengan Maut” dengan menghadirkan bintang tamu Bapak Dahlan Iskan, yang mengisahkan pengalaman beliau pada saat menjalani transplantasi liver. Pengalaman pribadi menjalani transplantasi liver ini sendiri pernah ditulis beliau di koran Jawa Pos secara berseri sebanyak 32 seri, yang pada akhirnya diterbitkan menjadi sebuah buku yang berjudul “Ganti Hati”

Berikut sekilas ulasan talk show KICKANDY episode “Bertarung Dengan Maut” :

Walau terancam tiga penyakit yang mematikan, Dahlan Iskan mengaku telah siap. Ini berdasarkan jejak rekam keluarganya, terutama ibu, paman dan kakak kandungnya yang meninggal dunia dalam usia yang relatif muda yaitu antara 30 – 34 tahun. “Keluarga saya ketika meninggal dunia gejalanya sama, yaitu muntah darah” ujarnya.

Bermula setelah melakukan perjalanan bisnis yang begitu panjang. Mulai dari China hingga Ambon, Dahlan Iskan mengalami muntah darah ketika tiba di rumahnya, Surabaya. Setelah melakukan pengecekan kepada seorang dokter, ternyata liver atau hatinya telah sirosis. Selain itu, hati yang telah rusak juga telah dipenuhi kanker.

“Dokter bilang umur saya tinggal enam bulan. Paling lama dua tahun,” kata Pimpinan Jawa Pos Group ini. Dokter pun langsung menyarankan melakukan tindakan yang tak pernah terbayangkan sebelumnya, yaitu transplantasi. Tindakan ini jelas saja penuh risiko. Apalagi sebelumnya seorang tokoh, Nurcholish Madjid gagal setelah melakukan transplantasi. Cak Nur meningal dunia ketika dirawat di sebuah rumah sakit di Singapura.

Akhirnya dengan penuh pertimbangan, Dahlan Iskan memilih sebuah rumah sakit di Tianjin, China untuk melakukan transplantasi. Bersama tim kecil, yaitu Nafsiah Sabri, istrinya, Robert Lai, sahabatnya dan saudara angkatnya di China menunggu donor hati. Tim kecil ini tinggal di China sampai mendapat donor hati untuk di cangkokan ke dalam tubuh Dahlan Iskan selama enam bulan.

Kisah Dahlan Iskan ini sangat menarik untuk diangkat di Kick Andy. Terutama bagaimana detik-detik menjelang operasi menunggu donor hati yang tak kunjung datang. Juga bagaimana perjuangan seorang sahabat Dahlan Iskan, Robert Lai yang begitu gigih menjaga, merawat dan membersihkan kamar perawatan. Salah satu kegagalan pasien transplantasi adalah pasca operasi. Hal ini juga diungkapkan Prof Sulaiman Phd, seorang ahli liver dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. “Transplantasinya sebenarnya tidak berbahaya. Tapi justru virus sesudah operasilah yang sangat mematikan.” ujar dokter yang pernah merawat almarhum Nurcholish Madjid ini.

Dengan berhasilnya transplantasi hati Dahlan Iskan, ternyata tidak hanya melegakan keluarganya saja. Keluarga Nurcholish Madjid juga merasa bersyukur. Waktu itu banyak orang berpendapat, Cak Nur meninggal dunia karena dimurkai Allah makanya mukanya hitam. Ternyata yang terjadi tidaklah demikian. Orang yang menderita sirosis hati pasti mukanya hitam. Begitu juga Dahlan Iskan. Namun setelah transplantasi mukanya kembali bersinar. “ Kalau muka menjadi hitam, itu karena kotoran ikut beredar melalui aliran darah karena hati yang telah rusak,” kata Dahlan Iskan, yang mengaku berasal dari keluarga miskin.

Kini Dahlan Iskan mempunyai dua “Mercy”. Satu Mercy adalah salah satu mobil Mercy seri 500 seharga Rp 3 miliar. Mercy yang lain adalah lambang mercy di perutnya, bekas operasi transplantasi hati yang harganya konon lebih dari harga mobil itu.

Dalam penulisan blog ini sendiri tidak ada suatu unsur komersial, saya menulis blog ini karena saya kagum pada sosok Dahlan Iskan, seorang pekerja keras, pantang menyerah dan sederhana.

Semoga bermanfaat.

Pramudya Putra Utama

Iklan

Diskusi

17 thoughts on “Selamat datang di dahlaniskan.wordpress.com

  1. OOoh, begitu ya,….
    saya kira ini situsnya pak Dahlan

    Soalnya memakai nama dia,
    mestinya pakai nama mirip aja
    misalnya, CEOJAWAPOS

    atau pakdahlan.wordpress.com

    saya agak kecele,………

    Posted by papariza | 2 Mei 2008, 2:34 am
  2. Terima kasih banyak, aku juga pengagum Pak Dahlan dan senang dengan gaya tulisan beliau, jadi aku kebantu karena bisa baca sebagian tulisan beliau yang aku belum baca dan koleksi, trimss ya…

    Posted by ramlee | 2 Juli 2008, 7:55 pm
  3. saya juga pengagum pak dahlan.trimakash dengan blog ini saya menjadi lebih banyak mendapatkan inspirasi. semoga sukses dan jalan terus

    Posted by oedien | 19 Juli 2008, 11:20 am
  4. Luar biasa, baru cerita penggalan ini saja, sudah memberikan nuansa kekaguman akan kebesaran hati sesosok manusia yang mulia Pak Dahlan Iskan, dan seorang sahabat yang juga sangat mulia (Mr. Robert Lai) yang mungkin sulit didapatkan di dalam kehidupan sehari2 sekarang ini. Kesabaran dan kepasrahan tercemin dalam kisah ini, mengkilas balik akan kebesaran dan keagungan sang Pencipta terhadapa semua kehendaknya…..akan mahluk pilihanNya. Semoga beliau tetap sehat dan beraktivitas kembali dan memberikan “warna” baru buat Jawa Pos.

    Posted by Hanaba | 17 Mei 2010, 9:55 pm
  5. hoho..baru ini kali liat blog ini
    saya juga kagum dengan pak Dahlan Iskan
    Sya sudah baca beberapa buku tulisan beliau
    thanks udah share tulisan2 beliau di blog ini
    sangat inspiratif.. 🙂

    Posted by Ruth | 18 Mei 2010, 8:42 pm
  6. Saya tidak begitu mengenal pak Dahlan tetapi sejak memimpin PLN dan membawa perubahan besar, saya sekarang jadi memburu berita2 seputar beliau.
    Blog ini sangat membantu. thanks bro

    Posted by Tarmizi | 24 Oktober 2011, 8:13 pm
  7. Mas/Pak, saya cari² di kick andy sampai youtube tuh episode yg berjudul “Bertarung Dengan Maut” kok gak ada ya? klo pak Pram atau pembaca yg lain punya/tahu video tersebut tolong diinformasikan dooong saya pengen banget nonton video tersebut.

    Posted by Erust | 4 November 2011, 2:39 pm
  8. saya mulai dulu adalah pengagum p.dahlan dan selalu mengikuti tulisan bapak di JP, apalagi stelah beliau sakit parah tetapi bisa mengatasinya dengan sabar ihklas dan berserah diri pada yang mencipta, dan terlebih lagi sejak beliau menjabat dir.PLN, luaaaaaaaar biasaaaaaaaaa……saya lebih hormat dengan program-program yang dilaksanakan denggan penuh keberanian dan ternyata sangat berhasil. maju terus, pantang mundur, sabar , ikhlas…….Insya Allah negri ini akan makmur tanpa ada masalah seandainya pemimpinnya seperti bapak semua……..!

    Posted by ach. risqi basuki | 29 November 2011, 4:36 pm
  9. Terima kasih kepada Pramudya Putra Utama, yang telah mendedikasikan blog ini kepada anak2 bangsa, sehingga timbul kebanggaan akan negara Indonesia yang masih mempunyai orang2 seperti Bapak Dahlan Iskan.
    Semoga beliau tetap sehat, dan diberi waktu yang cukup untuk bisa menyelesaikan berbagai permasalahan di negara yang sama2 kita cintai ini..
    Mari kita dukung bersama..

    Posted by Agus Mardi Santoso | 30 November 2011, 6:18 pm
  10. Saya Mengenal pak Dahlan sewaktu jadi Direktur PLN, saya bangga punya pejabat seperti beliau, manusia biasa yang luar biasa, yang lebih bangga lagi saya dapat bersalaman dan ngobrol sebentar, setelah beliau memberi ceramah pada tarawih Ramadhan di mesjid Syuhada Yogyakarta pada bulan suci tahun 2011 kemarin, sederhana, tidak sombong & rendah hati, seandainya para pemimpin negeri ini seperti Pak Dahlan, betapa sejuknya Indonesia !!, saya tidak mengkultuskan beliau, tapi ini contoh kecil buat pemimpin bangsa ini…

    Posted by Emha Hermana | 27 Desember 2011, 6:20 pm
  11. Terima kasih kepada Pramudya Putra Utama untuk dedikasinya membuat blog ini. Saya sangat yakin akan semakin banyak orang yang akan terinspirasi dengan tulisan pak Dahlan Iskan. Semua ini untuk kemajuan bangsa kita, Indonesia.

    Posted by TUHU SANDIKO | 4 Januari 2012, 10:08 am
  12. Muatan blog ini sangat memikat dan mencerahkan. Terimakasih buat administrator apa yang Anda berdua lakukan sangat bermanfaat.

    Posted by Azwar Surahman | 7 Januari 2012, 10:34 am
  13. mau ngucapin thx yang dalam untuk admin blog ini. banyak pelajaran yang saya dapat dari tulisan-tulisan pak dahlan di blog ini. jangan pernah bosan update tulisan-tulisan beliau ya om admin. hehehe 😆

    Posted by Nur Ali Muchtar | 7 Januari 2012, 11:42 am
  14. saya juga sangat merasa terkesan dengan ada nya blog ini. semoga kejadian yang dialami oleh Pak dahlan iskan ini dapat kita ambil sisi positif nya sehingga bermanfaat bagi kita. maju terus pantang mundur!!

    Posted by thomas briandi ginting | 23 Februari 2012, 12:35 pm
  15. saya pendukung beliau untuk jadi presiden 2014……..aku jamin indonesia maju pesat jadi negara maju nantinya,,,kalo bisa pasangannya jusuf kalla…

    Posted by LUKMAN ZAMMARI.DRS. | 20 Maret 2012, 9:28 am
  16. setelah membaca ini sy jadi tau, sy begitu mengidolakan pak dahlan iskan, terimakasih atas adanya blog ini 😀

    Posted by Syarlaili Humairoh | 20 Mei 2012, 4:17 am
  17. Penyebab Terjadinya Kanker Serviks. Penyebab terjadinya kanker seviks ialah Human papilloma merupakan penyebab dari kanker serviks. Sedangkan penyebab banyak kematian pada kaum wanita adalah virus HPV tipe dan . Virus ini sangat mudah berpindah dan menyebar tidak hanya melalui cairan tapi juga bisa berpindah melalui sentuhan kulit.

    Posted by DONITA SARI | 11 Februari 2015, 2:58 am

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: