>>
Tentang Blog ini

Selamat datang

Ya, selamat datang di dahlaniskan.wordpress.com,  Blog ini BUKAN merupakan personal blog dari Dahlan Iskan. Blog ini hanya sebuah KliBlog (Kliping Blog) dari Catatan Dahlan Iskan yang diterbitkan di surat kabar Jawa Pos, Ya hanya kliping, tak lebih dari itu. Sebuah blog yang saya dedikasikan kepada Bapak Dahlan Iskan, seorang manusia biasa yang luar biasa yang merupakan salah satu inspirator bagi saya.

Blog ini saya tulis setelah saya menyaksikan acara talkshow KICKANDY di MetroTV episode ”Bertarung Dengan Maut” dengan menghadirkan bintang tamu Bapak Dahlan Iskan, yang mengisahkan pengalaman beliau pada saat menjalani transplantasi liver. Pengalaman pribadi menjalani transplantasi liver ini sendiri pernah ditulis beliau di koran Jawa Pos secara berseri sebanyak 32 seri, yang pada akhirnya diterbitkan menjadi sebuah buku yang berjudul “Ganti Hati” (catatan tersebut dapat dibaca di Pengalaman Pribadi Menjalani Tranplantasi Liver)

Berikut sekilas ulasan talk show KICKANDY episode ”Bertarung Dengan Maut” :

Walau terancam tiga penyakit yang mematikan, Dahlan Iskan mengaku telah siap. Ini berdasarkan jejak rekam keluarganya, terutama ibu, paman dan kakak kandungnya yang meninggal dunia dalam usia yang relatif muda yaitu antara 30 – 34 tahun. “Keluarga saya ketika meninggal dunia gejalanya sama, yaitu muntah darah” ujarnya.

Bermula setelah melakukan perjalanan bisnis yang begitu panjang. Mulai dari China hingga Ambon, Dahlan Iskan mengalami muntah darah ketika tiba di rumahnya, Surabaya. Setelah melakukan pengecekan kepada seorang dokter, ternyata liver atau hatinya telah sirosis. Selain itu, hati yang telah rusak juga telah dipenuhi kanker.

“Dokter bilang umur saya tinggal enam bulan. Paling lama dua tahun,” kata Pimpinan Jawa Pos Group ini. Dokter pun langsung menyarankan melakukan tindakan yang tak pernah terbayangkan sebelumnya, yaitu transplantasi. Tindakan ini jelas saja penuh risiko. Apalagi sebelumnya seorang tokoh, Nurcholish Madjid gagal setelah melakukan transplantasi. Cak Nur meningal dunia ketika dirawat di sebuah rumah sakit di Singapura.

Akhirnya dengan penuh pertimbangan, Dahlan Iskan memilih sebuah rumah sakit di Tianjin, China untuk melakukan transplantasi. Bersama tim kecil, yaitu Nafsiah Sabri, istrinya, Robert Lai, sahabatnya dan saudara angkatnya di China menunggu donor hati. Tim kecil ini tinggal di China sampai mendapat donor hati untuk di cangkokan ke dalam tubuh Dahlan Iskan selama enam bulan.

Kisah Dahlan Iskan ini sangat menarik untuk diangkat di Kick Andy. Terutama bagaimana detik-detik menjelang operasi menunggu donor hati yang tak kunjung datang. Juga bagaimana perjuangan seorang sahabat Dahlan Iskan, Robert Lai yang begitu gigih menjaga, merawat dan membersihkan kamar perawatan. Salah satu kegagalan pasien transplantasi adalah pasca operasi. Hal ini juga diungkapkan Prof Sulaiman Phd, seorang ahli liver dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. “Transplantasinya sebenarnya tidak berbahaya. Tapi justru virus sesudah operasilah yang sangat mematikan.” ujar dokter yang pernah merawat almarhum Nurcholish Madjid ini.

Dengan berhasilnya transplantasi hati Dahlan Iskan, ternyata tidak hanya melegakan keluarganya saja. Keluarga Nurcholish Madjid juga merasa bersyukur. Waktu itu banyak orang berpendapat, Cak Nur meninggal dunia karena dimurkai Allah makanya mukanya hitam. Ternyata yang terjadi tidaklah demikian. Orang yang menderita sirosis hati pasti mukanya hitam. Begitu juga Dahlan Iskan. Namun setelah transplantasi mukanya kembali bersinar. “ Kalau muka menjadi hitam, itu karena kotoran ikut beredar melalui aliran darah karena hati yang telah rusak,” kata Dahlan Iskan, yang mengaku berasal dari keluarga miskin.

Kini Dahlan Iskan mempunyai dua “Mercy”. Satu Mercy adalah salah satu mobil Mercy seri 500 seharga Rp 3 miliar. Mercy yang lain adalah lambang mercy di perutnya, bekas operasi transplantasi hati yang harganya konon lebih dari harga mobil itu.

Dalam penulisan blog ini sendiri tidak ada suatu unsur komersial, saya menulis blog ini karena saya kagum pada sosok Dahlan Iskan, seorang pekerja keras, pantang menyerah dan sederhana.

Semoga anda dapat mengambil bermanfaat dari KliBlog ini.

salam

pramudyaputrautama
@pramudyapu

Note : Bagi pembaca yang berniat mentautkan link blog : dahlaniskan.wordpress.com dipersilakan

Diskusi

344 thoughts on “Tentang Blog ini

  1. Mohon ijin menautkan link ini ke blog saya..

    Posted by restmind | 30 Oktober 2008, 4:30 pm
    • Mohon ijin menautkan link ini ke email saya..

      Posted by Leo Hendroyono | 18 November 2011, 11:02 am
    • iya mohon ijin jg ya

      Posted by sazadi | 3 Januari 2012, 8:29 am
    • saya mohon ijin juga ya, terima kasih

      Posted by Soelistiowati Soeryo | 19 Maret 2012, 2:37 pm
    • mohon ijin menautkan link ini ke email saya,,,

      salam untuk bapak mentri,,,

      Posted by sefri wongkar | 20 Maret 2012, 7:05 pm
      • Alhamdulillah, salut Buat Saudara Pramudyapu atas pembuatan Blog ini, semoga niat baik saudara bernilai Ibadah. Seharusnyalah Rakyat yg Proaktif Mensupport Lahirnya Pemimpin masa depan untuk menangani dan mengantarkan Indonesia Raya menuju Kejayaan. Amin

        Posted by Makkareso Temmangingi | 19 Juni 2012, 1:35 am
        • Saya sudah mengconvert semua tulisan ganti hati no. 1 s.d. 32 menjadi file pdf. Jika disini ada teman yang menginginkan file tsb. silakan kirim email ke saya: toto_trk@yahoo.co.id nanti akan saya kirim. Gratis kok. Dengan file ini kita bisa membaca lewat handphone, sambil menghilangkan stress waktu jalanan macet.

          Posted by Suwarto | 26 Juni 2012, 9:27 pm
          • kirimIN y TQ

            Posted by DUDI | 5 Juli 2012, 6:42 pm
          • Kepada bung Dudi kalau ingin dikirimi file tulisan ganti hati silakan kirim email ke alamat email saya nanti saya reply berikut file yang dimaksud. Terima kasih.

            Posted by Suwarto | 5 Juli 2012, 8:42 pm
    • Saya pasang link nya :P

      Posted by Roni Yusron | 22 Maret 2012, 12:35 am
    • Bang Dahlan….. kami sangat kecewa dengan harga lelang gula yang Rp 9.600 / kg……….kok turunnya harga lelang gula sangat drastis Rp 2.000 / kg…….apa nggak ada permainan ditingkat elite pergulaan kita ???

      Posted by Gatot Sulistyo | 29 Juni 2012, 8:56 pm
    • Harga lelang gula kok hanya Rp 9.600 /.kg padahal harga dipasaran masih tetap tinggi ada yang mencapai Rp 12.000 / kg. Ada permainan apa yaaa……..duh kasian dong petani tebu kita…….

      Posted by melati biru | 29 Juni 2012, 9:04 pm
    • Kami sangat berharap kepada pak Dahlan……..menurut Adig Suwandi, harga lelang gula sangat turun dari Rp 11.600 menjadi Rp 9.650 diduga karena ada rembesan gula impor masuk. …………Hanya diduga ada rembesan gula impor masuk saja, harga lelang gula sudah sangat turun…….apalagi kalau ada rembesan gula impor beneran……….apa-apaan ini ??? Kami merasa kok kayaknya ada permainan kotor ditingkat elit pergulaan kita. Tolong pak perhatikan nasib petani tebu…………salaaaaam.

      Posted by bunga tunjung | 2 Juli 2012, 7:58 pm
    • saya jeffie orang tua dari raffi, saya ingin berbagi bahwa anak saya menderita penyakit sirosis hepatis, varices esophagus dan fundus, hypertensi porta. anak saya menderita penyakit ini dari usia 5 tahun hingga sekarang usianya telah 10 tahun anak saya telah berpuluh-puluh kai melakukan endoskopi, scelerosing, dan ligasi agar tidak muntah darah selama ini anak saya telah 6 kali muntah darah dan buang air besar darah dan selama ini di rawat di rumah sakit harapan kita sudah mencapai berpuluh puluh kali dan kami sudah kehabisan dana dan diagnosa terakhir bulan juli ini bahwa rafffi harus melakukan transplantasi hati tentunya dengan biaya yang sangat mahal. saya yakin pasti ada solusinya, karena saya tidak mau kehilangan anak saya yang tinggal satu-satunya karena kakaknya raffi anissa belum lama ini telah meninggal dunia dikarenakan terkena penyakit anemia A plastik. terima kasih atas perhatiannya.
      no tlp saya 08164207471
      alamat : jl. purna bakti 1 no. 18 komplek riung bandung
      bandung

      Posted by jeffie firmansyah | 7 Juli 2012, 7:12 pm
    • assallamuallaikum…
      YTH bapak DAHLAN ISKAN
      Di tempat

      perkenalkan saya perwakilan dari ikatan mahasiswa akuntansi indonesia simpul provisnisi gorontalo, yang di mana kami ingin sekali bapak bisa meluangkan waktu menjadi pemateri dalam kegiatan SEMINAR NASIONAL dan WORKSHOP.
      namun kami tidak tahu cara untuk menghubungi bapak.
      kami sangat berharap sekali bapak bisa meluangkan waktu untuk menjadi pemateri dalam kegiatan yang kami buat.

      mungkin ini nomor kami 085394782243 apabila bapak bisa mengkonsultasi kesediaan bapak untuk hadir dalam kegiatan kami.

      zhazahumul khairan khasiran billahi taufik walhidayah wasalammualaikum,wr.wb. SALAM AKUNTANSI

      Posted by aan | 5 Februari 2013, 8:57 pm
    • Pengakuan tulus dari IBU YENI,NURLINA TKI Yang kerja di disingapore.
      Saya mau mengucapkan terima ksih yg tidak terhingga, serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya kepada MBAH RORO, saya sudah kerja sebagai TKI selama 9 tahun disingapore,dengan gaji lebih kurang 2.5jt/bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim orang tua di majalengka, sudah lama saya mengetahui roomnya om ini, juga sudah lama mendengar nama besar MBAH,tapi saya termasuk orang yangg tidak terlalu percaya dengan hal ghoib, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yang mau menipu.
      tetapi kemarin waktu pengeluaran , saya benar2 tidak percaya dan hampir pingsang,angka yg diberi MBAH RORO ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya TKI Yang kerja di singapore mau pulang tidak ada ongkos, terus beliau bantu kasih angka . mulanya saya tdk percaya,mana mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan april, ternyata berhasil….!!!
      dapat BLT 200jt, sekali lagi terima kasih banyak MBAH RORO, saya sudah kapok kerja jadi TKI, rencana senin depan mau pulang aja ke PALEMBANG.buat MBAH,saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik MBAH.
      yang ingin merubah
      nasib seperti saya silahkan hub MBAH RORO di no. 0853,9453,7578 ATAU

      WEBSITe _RORO{ :> http://wwwprediksimbahjenggo.webs.com }

      Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
      IBU yuly tki.
      MAKASIH OM ROOMNYA

      Posted by Angka Toto | 7 Maret 2014, 10:03 am
  2. Mantabz tiada duanya. Saya juga pengagum tulisan2 beliau. Hal rumit di jelaskan dg sederhana. Matur thank Q mas klipinge

    Posted by Panggiring | 26 Desember 2008, 7:16 pm
  3. Ha..ha…ha, baru ngeh kalo ini bukan blognya pak Dahlan. Pertama sih agak agak ragu dengan nama blognya yang ga ada secuilpun dengan Dahlan Iskan. Kirain staff pribadinya yang bagian nempelin di WP :). Tapi saya salut dengan bapak itu juga dan tentunya anda yang ngumpulin tulisan si Bapak. Saya link ya ?? Trims

    Posted by bayupancoro | 26 Desember 2008, 11:10 pm
  4. SALUT deh… saya juga fans berat beliau… senang membaca tulisan beliau yang simpleeeeee banget. cocok buat dibaca buat orang sepeti saya yang malas baca. BRAVO!!!!

    Posted by Melly | 30 Desember 2008, 3:16 pm
  5. bagus juga idenya saya salut dengan blog ini, Dahlan Iskan memang penulis yang bikin pembacanya ketagihan.omong-omong apa ada yang tahu e-mailnya Dahlan Iskan? kalo ada tolong dibantu ya? thanks

    Posted by daril | 14 Januari 2009, 10:32 am
  6. Apa sudah mendapat izin dari beliau Maz , soalnya namanya itu kan pake nama beliau..

    Tapi,bagus juga sich untuk lebih mengenalkan beliau kepad khalayak..

    Posted by bocahbancar | 20 Januari 2009, 3:08 am
  7. Alhamdulillah, blog ini sangat bagus. Mudah mudahan pak dahlan nanti jadi menteri perdagangan.

    Posted by Rukyal Basri | 27 Januari 2009, 10:20 am
    • Harapan Anda selama 11 bulan nampaknya akan tercapai. Tetapi Beliau mungkin jadi `owner`PLN dulu, baru menjadi menteri. Karena SBY melihat kemampuan beliau dibidang listrik sangat mumpuni. Terima kasih untuk Pramudya. Blog Anda Sangat bagus. Tolong bersihkan redaksinya dari unsur SARA dan caci maki dari pengunjung yang tidak `beres`. Salam

      Posted by Cumi Damar | 22 Desember 2009, 11:24 pm
  8. Pak, satu pertanyaan dari saya..
    Berarti Catatan Pak Dahlan Iskan di Jawa Pos, Bapak Ketik ulang ya?
    Apapun itu, salut buat Bapak.. Luar Biasa…

    Posted by Edi Gunawan | 11 Maret 2009, 5:30 pm
  9. update terus ya, saya suka baca tulisan dahlan iskan, jangan bosan 2x ngetiknya ya ..

    Posted by ruli turangga | 19 Maret 2009, 9:10 pm
  10. salah satu alasan saya baca koran adalah Pak Dahlan Iskan. Trims buat mas yang buat blog ini :)
    Kalo Pak Dahlan Iskan mau jadi presiden, pasti saya pilih

    Posted by willy | 21 Maret 2009, 1:07 am
  11. semoga bisa diklip juga tulisan2 lama beliau terutama era 80 dan 90 an,

    Posted by eric | 3 April 2009, 4:59 pm
  12. Salam kenal, salut buat Anda.

    Posted by salmanmnoor | 6 April 2009, 2:45 am
  13. Saya termasuk “penggemar” tulisan DI juga. Baru tahu juga klo DI dari Magetan. Skarang DI mau dirikan pesantren bertaraf internasional di tempat kelahirannya…..Sukses terusss pak DI.

    Posted by Nova | 11 Juni 2009, 6:54 pm
  14. Salam kenal, walau sudah tulis dimuka ini hanyalah klikping tulisannya pak Dahlan Iskan, saya rasa gak ada bedanya. Sukses untuk anda kawan.

    Posted by Aldy | 18 Juli 2009, 11:17 am
  15. salam kenal, mhn ijin jika membuat link blog ini ke blog saya, sy sangat ngefans dg pak dahlan. Trims bisa update tulisan beliau. Sukses ya.

    Posted by quantumillahi | 11 Agustus 2009, 5:49 pm
  16. Maaf pak, kok lama gak up date? :)

    Posted by Dafi | 8 Oktober 2009, 1:32 pm
  17. mohoni ijin untuk mentautkan blog ini bos…

    Posted by Hendrianto Sundoro | 30 Oktober 2009, 11:14 pm
  18. wah, saya juga sangat suka dengan tulisan beliau.. bagaimana beliau mau berbagi wawasan dan tanggapan pribadinya tanpa kesan menggurui atau persuasif terhadap pembacanya ;). Awalnya saya ingin menulis ulang di blog saya, tulisan ttg simpati kpd SM, tp terkejut dari googling ternyata sudah ada toh blog yang khusus berisi tulisan2 beliau, waow!

    Posted by mega | 7 Desember 2009, 8:55 am
  19. Dukung simpati buat Sri Mulyani

    Posted by Elco | 8 Desember 2009, 7:43 am
  20. Mantap Kak :)

    Posted by ilyasafsoh.com | 9 Desember 2009, 7:45 am
  21. wah sama neh…
    dapet temen lg…
    saya jg pengagum Dahlan Iskan..
    mantap betul tulisan2nya.
    salam kenal aj pak

    Posted by Rumah Laundry Cinta | 11 Desember 2009, 10:55 pm
  22. pertama saya kira ini benar2 blog nya pak dahlan..
    tapi itu bukan lah masalah..saya juga pengagum sosok pak dahlan serta tulisan tulisan beliau.
    mohon ijin menautkan link ini ke blog saya.
    trim<<<<<<<<<<

    Posted by bluemild | 13 Desember 2009, 3:22 pm
  23. terimakasih buat mas pramudyaputrautama yang sudah mau mengkliping tulisan2 pak dahlan. Ditunggu update an terbarunya.

    Posted by alhakim | 24 Desember 2009, 11:52 am
  24. Sobat…..!
    Aku datang dengan sejuta harap
    Menanti setetes embun pagi
    tuk singkirkan keringnya hati
    tuk tautkan harap
    sambungan uluran tangan
    sembari teriakkan gempitanya torehan tinta

    Sobat…..!
    Kusambangi dikau
    dengan untaian kata tak bermakna
    ukirkan indahnya rumah megahmu
    semoga kamu teringat slalu
    tuk jenguk rentanya gubukku
    sekedar torehkan tinta emasmu
    dihalaman BULENTIN tak bermaknaku
    agar jadi penyejuk hatiku!

    Sobat…..!
    Salam knal buatmu slalu
    ku tunggu kunjungmu di http://guspur.wordpress.com/
    agar harapku tak lagi layu.

    Posted by Agus Purwoko | 26 Desember 2009, 7:54 pm
  25. Terima kasih banyak atas usahanya mengkliping tulisan. Beruntung sekali ada orang sebaik Anda.

    Posted by nj | 13 Januari 2010, 7:18 pm
  26. Terima Kasih atas Blog yang menarik ini pak, saya selalu menyukai ide2 segar anda, dan cara anda melihat suatu persoalan dari sisi yang tak bisa diduga2 dan akhirnya membuat persoalan tsb menjadi simple….

    salute…

    Posted by Putu Eka Sudiartha | 10 Februari 2010, 5:06 am
  27. Sama seperti yang lain,pertama kali saya pikir Pak Dahlan Iskan sendiri yang bikin blog, eh nggak tahunya sukarelawan.Terima kasih kawan, semoga kegiatan ini merupakan amal ibadah anda buat mencerdaskan dan pencerahan bagi orang lain.Terima kasih juga buat Pak Dahlan, saya lama ngefans anda.

    Posted by bambang sukra | 22 Februari 2010, 10:45 am
  28. catatan pak Dahlan akan saya kutip untuk calon walikota saya . Seamat .Saya suka baca tulisan Bapak

    Posted by Nyoman Jaya kusuma | 1 Maret 2010, 1:53 pm
  29. ijin menautkan link blog ini di blog saya

    Posted by robet | 2 Mei 2010, 12:19 pm
  30. wah … saya pkr blog pribadi beliau … ternyata KliBlog dr tulisan2 beliau :)
    klo skrg beliau jd atasan kami (baca :Dirut) … kami berharap semoga pemikiran2 beliau demi kemajuan bisa terwujud dan kami (kaum muda utamanya) sangat mendukung gebrakan2 yang dilakukan … meski tidak semulus harapan dan selalu ada halangan itu bukan masalah

    setiap perubahan pasti membawa dampak … tinggal bagaimana konsistensinya saja

    Posted by wong PLN | 4 Mei 2010, 10:53 am
  31. ijin menautkan diblog saya juga pak Admin :D

    Posted by budi54n | 6 Mei 2010, 1:39 pm
  32. ijin menautkan diblog saya juga pak Admin

    Posted by Budi Santoso | 6 Mei 2010, 1:40 pm
  33. ijin taut blog ini di blok saya, Pak Pramudya Putra Utama :) Terima kasih.

    Posted by wikfa | 10 Mei 2010, 3:35 pm
  34. Mohon ijin mentautkan catatan-catatan Pak Dahlan Iskan di group FB saya. Terima kasih, Pak Pramudya.

    Posted by Reddy Prayudie | 13 Mei 2010, 10:36 pm
  35. Assalaamu’alaykum…
    mohon PK tarif B to B di perusahaan tempat saya bekerja pak, PT. Kelola Mina Laut ( KML Grup ) Makassar, milik bp Mohammmad Nadjikh. Sejak Juni 2009 berlaku tarif 1800/kva. Sangat memberatkan berjalannya roda bisnis.
    Matur Nuwun bantuannya,
    Wassalaamu’alaykum..

    HP saya : 08122857536

    Posted by AHSAN PRIBADI | 19 Juli 2010, 1:16 pm
  36. Mas Pramudya, koq bulan mei, juni, juli 2010 belum ada catatan pak dahlan ??? banyak yang nunggu nich. terima kasih.

    Posted by wawan | 28 Juli 2010, 12:16 pm
  37. Bapak Dahlan Iskan ijinkan saya mengeluh tentang listrik ,saya adalah penghuni perumahan Surya Residen tahap 6 di Damarsi Sidoarjo yang sampai saat ini diliputi kegelapan sejak realisasi bulan Januari (bahkan ada yang bulan Oktober)hingga kini listrik kami belum menyala, sungguh kami semua warga perumahan( dari pengembang Jaya Land) berharap penuh kepada kebijakan pak Dahlan karena sudah 7-10 bulan dunia gelap kami alami.Sudah berbagai upaya kami sampaikan ke pihak pengembang dan pihak PLN namun selalu jawabannya sesuai kuota ,atau tunggu meteran yang terbatas.
    Mudah-mudahan dengan tulisan ini saya bisa berharap banyak kepada bapak pengambil kebijakan semoga bapak bisa menolong mengingat sedemikian banyak yang bapak telah lakukan di PLN, TERIMAKASIH

    Posted by ellys nanik setyawati | 31 Juli 2010, 11:22 am
  38. wah3..matur nuwun mas..saya barusan nemu blog ini..ijin taut ya..tulisan2 pak dahlan memang oke, sederhana, mudah dicerna dan brillian…apalagi sekarang PLN yang dulu diplesetkan Perusahaan Lilin Negara sudah mulai jadi Perusahaan Listrik Negara beneran..byar-petnya udah mulai hilang…maju teruuusss…!!

    Posted by ki gedhe | 6 Agustus 2010, 10:27 am
  39. Terima kasih pak Pramudya.
    Saya jadi bisa baca banyak tulisa pak dis dengan blog ini

    Posted by Basuki | 10 Agustus 2010, 2:43 pm
  40. makasih atas share2 nya dan sudinya sodara mengklipingkan tulisan2 luar biasa ini…

    saya banyak sekali bisa mengambil hikmah.. dari tulisan2 ini..

    Makasih mas udah ngeshare… teruskan…!!!

    Posted by anakost | 19 Agustus 2010, 4:39 pm
  41. Mas, mohon ijin simpan klipingnya ke HD saya. Terima KAsih buuanyak blog-nya.

    Posted by munir | 7 September 2010, 11:59 am
  42. Mas, saya ingin mengundang bapak Dahlan Iskan menjadi pembicara dalam acara pelatihan kepemimpinan yang diadakan di kampus saya, FISIP UI. Mohon informasi, dimana saya bisa mendapatkan contact person beliau? Terima kasih.

    Posted by Tiffani | 15 September 2010, 12:12 pm
  43. Wah mantabs… kreatif dan informatif… terima kasih…

    Posted by Nanang | 21 September 2010, 11:12 am
  44. wah blognya keren pak….ma kasih dah mau menshare tulisan2 bapak…bravo boat mas pram n Pak Dahlan Iskan

    Posted by caderabdul | 7 Oktober 2010, 7:45 am
  45. makasi klippingnya… seru banget ya tulisan pak dahlan, motivator bgt.. blog ini keren bgt deh… *keplok-keplok*

    Posted by mimut | 7 Oktober 2010, 12:21 pm
  46. Kirain beliau sendiri yang nge-post di WP.

    Posted by arifrahmat | 1 November 2010, 4:43 am
  47. ide yang sangat bagus dari pengagum

    Posted by arali2008 | 2 November 2010, 3:47 am
  48. Salam buat pak Dahlan Iskan..?
    Mau ngasih saran nih buat pak Dahlan.
    Tolong diadakan test masuk pegawai buat tenaga OUTSOURCING di PT. PLN. Banyak yang sudah lama mengabdi di PT.(persero)PLN bahkan sampai tua tp cuma sebagai tenaga OS.
    Kalau melalui test seperti saat ini, umur sudah tidak mencukupi dikarenakan usia dibatasi.
    Terimakasih

    Posted by jefri | 23 November 2010, 9:10 pm
  49. Mas tolong sampaikan sama Pak Dahlan Iskan, kapan nih para pegawai outsourcing PT PLN (Persero) diangkat jadi pegawai?

    Posted by Outsourcing PLN | 25 November 2010, 9:04 am
  50. Pagi Pak Dahlan I.

    To the point pak, melihat banyaknya jumlah pegawai outsourching di tubuh PLN harus segera dipikirkan solusinya, pak. Semakin lama mereka semakin profesional, semakin lama mereka semakin mengerti tubuh PLN, semakin lama mereka semakin tua, semakin lama hal kecil akan meledak juga. Sesuai dengan kondisi ini sangat riskan untuk dikesampingkan. Mereka punya skill teknik, instalasi vital PLN sangat banyak dan sifatnya terbuka, everyone like them can touch and playing that instrument.

    Posted by Hamdan Iskandar | 25 November 2010, 9:18 pm
  51. Di Dompu NTB Listrik masih mati, makanya jangan dekalrasikan bebas pemadaman bergilir, yang di deklarasi adalah STOP PEMADAMAN BERGILIR!!!!! Gitu boss dahlan..

    Posted by derao | 24 Desember 2010, 12:29 pm
  52. hahahahahahhaha

    Posted by Im Not Farrah | 28 Desember 2010, 3:04 pm
  53. salut mas untuk kekaguman anda terhadap pak dahlan. tapi ngetik-ngetik….boleh tahu profil anda juga kan?

    Posted by ronggo | 8 Januari 2011, 11:20 am
  54. terima kasih banyak atas usahanya yang mengkliping tulisan pak dis,semoga amal anda dan beliauselalu dijaga .amien……boleh di kirim jika ada yang baru yang mungkin aku terlewat membacanya,……salam

    Posted by yus w anto | 18 Januari 2011, 10:35 am
  55. Terima kasih, atas kliping ini.
    Saya suka dengan pemikiran-pemikiran (untuk pemecahan masalah) dari pak Dahlan Iskan.
    Salam.

    Posted by Totok Wibisono | 16 Februari 2011, 9:08 am
  56. OK Bos,,, q kan sering kunjungi…. ABG (anak buah gus Dur> ABD ( Anak Buah Dahlan)

    Posted by nurkhalim | 18 Februari 2011, 10:46 pm
  57. Siapapun anda, terima kasih karna udah men-dokumentasi-kan tulisan2 berharga pak DI.. two thumbs up for you ;)
    Nuwun …

    Posted by Sisi | 9 Maret 2011, 2:07 pm
  58. mantap…akhirnya q bisa mengikuti pemikiran pak dahlan iskan dari blog ini, klo semua pejabat negara ini kayak p.dahlan iskan bukan cuma mimpi indonesia jadi negara maju

    Posted by wawan | 26 Maret 2011, 1:34 pm
  59. Semoga Pakde Dahlan Iskan dapat membawa PLN menjadi Perusahaan yang benar2 dapat diabdikan untuk rakyat…….

    Posted by Khusnul Huda | 1 April 2011, 10:20 pm
  60. ya sy pikir ini memang blog pribadinya pak dahlan iskan, ternyata cuma tampilan tulisan beliau. trims atas info2-nya. semoha PLN terang terus dan terus terang.

    Posted by wuriantos | 1 Mei 2011, 10:15 am
  61. Tampilannya jadi kelihatan bagus sekali. I like it a lot :-)

    Posted by melki | 7 Mei 2011, 9:18 am
  62. tidak banyak orang seperti beliau di negeri ini..
    saya akan milih jika beliau dicalonkan jadi RI 1, hehe…

    Posted by hariyadi | 11 Mei 2011, 12:38 pm
  63. yg dipublish di blog ini kebanyakan adalah CEO Noten PLN dan segala informasi PLN, apa sdh izin dgn orang2 PLN-nya (bukan hanya CEOnya saja).
    Siapa tau ada orang2 dalam PLN (yg mungkin mayoritas karyawan PLN) tidak senang dengan dipublishnya informasi2 yg mereka anggap hanya utk konsumsi internal.

    terima kasih

    Posted by andreas | 25 Mei 2011, 8:40 am
  64. Salut!!!

    izin menautkan blog ini ke blog saya yaaa

    thankx

    Posted by puisti | 30 Mei 2011, 11:25 am
  65. PINGN PU YA PRESIDEN SEPERTI DAHLAN ISKAN…. BAR INDONESIA BERUBAH CEPAT SEPERTI PLN

    Posted by arif | 3 Juni 2011, 7:42 am
  66. Sy ga begitu mengenal Pak Dahlan Iskan.
    Yg sy tau komen2 negatif dan meremehkan dr orang2 pada awal pengangkatan beliau.
    Komen + cuma dari teman sy yg Bapak nya kerja di PLN. Hehe..
    Setelah itupun sy tidak begitu ambil pusing.

    Membaca blog ini memberikan sy informasi yg berimbang mengenai beliau.
    Thanks ya..
    Sy hanya ingin berpikiran positif bahwa tujuan pembuatan kliping ini hanya untuk share tulisan dan pemikiran beliau.
    Tidak dimaksudkan untuk hal-hal politis yg sering dicurigai org.

    Wassalam :)

    Posted by Bana | 10 Juni 2011, 5:13 pm
  67. Yth. Pak Pramudya,
    Saya menemukan blog ini ketika mencoba mencari kontak (alamat email Bapak Dahlan Iskan). Saya mahasiswa S3 yang ingin meneliti mengenai sejarah program listrik masuk desa di jaman Orba. Kalau Pak Pramudya tahu dan berkenan, boleh tidak saya mendapatkan kontak beliau karena saya ingin minta ijin mengakses arsip PLN. Terimakasih banyak atas perhatian dan batuannya.

    Salam hormat,
    Anto Mohsin

    Posted by Anto Mohsin | 5 Juli 2011, 8:40 pm
  68. Saya pengagum pak dahlan, dan saya ingin bertemu beliau.

    Posted by Sulistyarso | 20 Juli 2011, 4:07 pm
  69. Salam buat pak Dahlan Iskan..?
    Mau ngasih saran nih buat pak Dahlan.
    Tolong diadakan test masuk pegawai buat tenaga OUTSOURCING di PT. PLN. Banyak yang sudah lama mengabdi di PT.(persero)PLN bahkan sampai tua tp cuma sebagai tenaga OS.
    Kalau melalui test seperti saat ini, umur sudah tidak mencukupi dikarenakan usia dibatasi.
    Terimakasih

    Posted by asep | 10 Agustus 2011, 5:36 am
  70. yang bln agustus blm ada satupun ya..

    Posted by edy | 15 Agustus 2011, 11:30 am
  71. siiip, saya penggemar tulisan2 pak dahlan, tulisan begitu sederhana, mudah/cepat dipahami oleh saya yng awam ini. kepada pramudyaputrautama terimakasih telah buat tulisan ini sebagai kliping, dan terus berlanjut. terima kasih.

    alfiandialfiandi.wordpress.com

    Posted by Alfiandi | 23 Agustus 2011, 3:09 am
  72. Terima kasih buat admin yg telah mengkliping tulisan@ pak dahlan Iskan ke BLOG ini, tulisan dan komen2nya bagus, paling ada komen orang-orang aneh yg ngumpat2 ke blog ini, boro-boro ngeliat isinya, komennya aja udah ngawur.
    Mudah2an Indonesia bisa bersih dari orang-orang aneh semacam ini, dan semakin banyak pula org-org yang bisa mengikuti Dahlan Iskan,
    Barvo Admin, mudah2an ada kliping2 lain dari org2 hebat lainnya…

    Posted by adisurya080288 | 27 Agustus 2011, 9:10 pm
  73. Saya juga termasuk orang yang mengagumi pak DIS.
    Merasa sangat terbantu dengan adanya blog ini.Karena saya tidak berlangganan Jawa Pos,dan hanya sesekali membeli secara eceran,maka ada kalanya saya kelewatan tulisan pak DIS.

    Posted by Edi Winarno | 4 September 2011, 3:28 pm
  74. wah, bersyukur ada blog ini… selalu suka tulisannya pak Dahlan Iskan. tapi di sini tidak ada Jawa pos.. melalui blog ini akhirnya bisa baca lagi tulisan2 beliau

    Posted by ~Amela~ | 6 September 2011, 4:30 pm
  75. Bravo mas pram…tolong sampaikan ke pak Dis agar menerbitkan biografi nya..dan pengalaman-pengalaman menarik kehidupan pribadinya..pasti laku keras tuh..SAYA BELI DUA..

    Posted by andi suprayogi abadi | 24 September 2011, 4:26 pm
  76. thank You ya..udah bikin blog ini

    Posted by wulan | 26 September 2011, 1:32 pm
  77. mohon disampaikan keluhan saya:)

    Posted by Adrian Suparta | 11 Oktober 2011, 7:53 am
  78. blog ini sangat bermanfaat … dapat menambah wawasan dah kata-katany sederhana mudah dipahami , semoga blog ini makin akrab ditelinga masyarakat… :)
    salam
    sagung sari dari bali

    Posted by leegundi | 16 Oktober 2011, 12:33 pm
  79. ijin taut blog ini di blok saya, Pak Pramudya Putra Utama, Terima kasih.

    Posted by Alfiandi | 16 Oktober 2011, 2:07 pm
  80. salut, terusin klipingnya mas, ijin link blog ini ya….. :)

    Posted by dennyraditya | 17 Oktober 2011, 2:08 pm
  81. ijin share link ya pak….

    Posted by Hilman | 19 Oktober 2011, 7:15 am
  82. wah pasti banyak yng nyari ini blog apalagi seteah pak dahlan iskan jadi menteri. semoga sukses dan sehat selalu buat pak dahlan iskan :)

    Posted by wulanekadalu | 19 Oktober 2011, 1:57 pm
  83. Semoga orang baik, jujur, dan cerdas seperti pak DIS yang telah jadi menteri tetap bekerja dengan ikhlas demi rakyatnya sehingga rakyat akan mencintai pak DIS dengan penuh ketulusan..Saya berdoa ditempat baru nanti pengabdian pak DIS bisa lebih menjangkau rakyat yang haus akan keteladanan seorang pemimpin seperti bapak.

    Posted by Ardian | 19 Oktober 2011, 4:38 pm
  84. Semoga Bapak Dahlan Iskan diberikan kesehatan dan panjang umur,dan beliau sudi menjadi presiden,..Amien…

    Posted by Dina Yunita Sari | 20 Oktober 2011, 6:22 am
  85. Selamat berkarya di Kementerian BUMN Pak Dahlan……

    Posted by Erwin | 20 Oktober 2011, 5:49 pm
  86. mantep mas Pram. Blog Kliping ini bikin banyak orang jadi terinspirasi dan termotivasi dengan orang hebat macem pak Dahlan. Ini tentu berkat kerjaannya Mas Pram! Salut!

    Posted by Taufiq | 21 Oktober 2011, 10:30 am
  87. Hanya 1 kalimat saja dari saya…

    Jadikan Pak Dahlan sebagai Presiden RI di 2014 !!!!!!……

    Posted by Prast | 21 Oktober 2011, 1:46 pm
  88. salut buat Pak DIS, seorang yang langka di Republik ini. andai saja semua pejabat seperti Beliau saya rasa Indonesia akan berjaya di masa depan. Amin. ijin link mas…

    http://ngalamker.wordpress.com

    ismailpdub.blogspot.com
    http://www.flixya.com/user/ismailpdub

    Posted by ismailpd | 21 Oktober 2011, 6:54 pm
  89. Pertama kenal Pak DI dari buku ganti hati punya opung saya dan lgsung suka sm tulisan inspiratifnyaa.. Trus pas search di google ada blog ini.. Thanksss a lot mas pramudya ud share.. Anw opung saya jg skrg baca online di internet, hehe.. :p jangan bosan2 yaa.. Ditunggu ketikannya.. :)

    Posted by Ruth | 21 Oktober 2011, 9:32 pm
  90. Pak Administrator, usul saja. tulisan-tulisan Pak DIS yang tempo dulu (misal tulisan beliau setelah keluar dari ruang transplantasi hati atau saat beliau berkunjung ke china atau tulisan yang lain yang dimuat di JP) mungkin bisa ditayangkan di sini. panjang banget sih tulisannya, tapi terus terang ringan dan enak bacanya.
    kecuali kalo memang blog ini khusus tulisan Pak DIS setelah masuk ‘lingkungan negara’ :(
    salam tekan arek benmer di bekasi
    terima kasih.

    Posted by sulthony | 22 Oktober 2011, 12:09 pm
  91. sy adalah salah satu penggemar tulisan2 Pak Dahlan Iskan, sangat inspiratif……..so saya juga seneng bnget dg adanya blog ini.saluuuuuut buat mas Pram

    Posted by ita | 24 Oktober 2011, 12:47 pm
  92. Tulisan pak Dahlan Iskan ini alangkah baiknya dijadikan buku yang bagus untuk memotivasi diri, dan semangat. Buku kumpulan ini baiknya nanti disertakan jug gambar2 atau foto pak Dahlan Iskan. Ditunggu terbitan kumpulan tulisan pak DIS deh….!

    Posted by Ikhsan Putera Agoes | 24 Oktober 2011, 1:47 pm
  93. Terima kasih mas Pramu sudah meluangkan waktu untuk mengumpulkan kliping-nya…

    Inspiring :)

    Posted by Didien | 26 Oktober 2011, 10:57 am
  94. saya senang bisa nemu dan baca kumpulan tulisan/kliping ini..

    Posted by zubeidah2006 | 31 Oktober 2011, 9:08 am
  95. mas pramudya, mohon izin menautkan blog ii ketempat saya.

    Posted by nhirany | 1 November 2011, 9:25 pm
  96. salut atas usaha mengumpulakn tulisan Pak Dahlan
    semangat

    Posted by Dudi | 2 November 2011, 3:32 pm
  97. Ide yang menarik untuk sebuah blog

    Posted by Mardiana Kappara | 3 November 2011, 7:31 pm
  98. Semoga Bapak Dahlan Iskan dan Keluarga Selalu diberi kekuatan dan perlindungan Allah SWT, dan memberi kebaikan negeri ini/Indonesia Raya.
    Mohon ijin pak untuk update berita ke gmail saya: salmansudiman76@gmail.com

    Posted by salmansudiman76 | 10 November 2011, 2:13 pm
  99. makasih klipingnya gan! top abis….

    Posted by deden | 15 November 2011, 3:00 pm
  100. Beliau tokoh Indonesia panutan saya setelah Mohammad Hatta. Semoga pak Dahlan selalu dalam lindungan-Nya.

    Posted by Yoghy Hananto | 16 November 2011, 7:56 pm
  101. Alahmadulillah wa syujurillah atas terpilihnya Menteri BUMN yang amanah. Kami mendoakan selalu agar Alloh swt berkenan memberikan kesehatan, kebahagiaan, Smangat pagi, dan SuksesMulia untuk Pak Dahlan Iskan (DIS) dan keluarganya dalam mengemban amanah selaku Menteri BUMN, serta dalam menyongsong tugas/amanah lainnya yang akan lebih berat lagi. Buat Alloh swt tidak ada yang mustahil jika Pak DIS menjadi Presiden RI 2014 – 2019. GoodLuck!… Amien… YRA.

    Posted by FIKRI FADHIL FAHMI | 20 November 2011, 11:06 am
  102. link blog ini sudah terpasang di blog saya. saya salah satu pengagum beliau.
    sukses selalu.

    Posted by adiekeputran | 26 November 2011, 12:06 am
  103. Semoga menjadi amal yang baik…
    Terus berbagi dan menginspirasi!

    Posted by Rahmatniwa, SKM | 28 November 2011, 7:05 pm
  104. Wah…Mas Pramudya…saya mohon maaf karena telah salah menilai..semula saya kira ini blog pribadinya Pak Dis ternyata ini adalah kliblog anda untuk Pak Dis..namun demikian saya bangga dengan sosok Pak Dis dan sungguh saya berterima kasih untuk dedikasi Anda ini…tetap berkarya Mas dan semoga kebaikan anda memperoleh Balasan yang setimpal..amin..

    Posted by sastrawijaya | 2 Desember 2011, 2:14 am
  105. punya ide nih,
    bagaimana kalo kita kkumpul bareng sesama penggemar dahlan iskan terus kita undang beliau,
    mungkin ini sesuatu yang sulit tapi tak ada salahnya kan kalo kita mencoba,
    kayaknya bakal asik kalo kita bisa berbagi cerita bersama dahlan iskan,

    kalo udah ada yang pernah ngasih ide kayak gini maaf ya,
    bagaimana rekan-rekan

    Posted by adi sastra | 4 Desember 2011, 6:19 pm
  106. ide yg bagus dan perlu ditindak lanjuti….. langsung bentuk panitia steering commite….
    salam,

    Posted by Leo Hendroyono | 4 Desember 2011, 11:21 pm
  107. Saya kira juga, masak pak Dahlan Iskan sempat ngeblog?

    Posted by romailprincipe | 5 Desember 2011, 9:04 pm
  108. Assalamu’alaikum,

    Perkenalkan saya; Penumpang Setia KRL Jakarta – Depok
    Ikut berkomentar tentang pak Dahlan Iskan.

    Menurut saya, beliau adalah FIGUR SEORANG PEMIMPIN YANG BERANI TURUN GUNUNG, TANPA PENGAWAL, TANPA PROTOKOLER.

    “Saya sangat TERINSPIRASI sikap beliau, yang IKHLAS Turun Gunung MELIHAT NASIB RAKYAT”
    “Pak Dahlan Iskan, kenapa tidak bapak saja menjadi insan nomor 1 di republik ini?”
    Saya salut dengan bapak, bapak mau dan berani naik kereta kami, yang bikin bapak sesak napas! Tapi itulah kereta kesayangan kami, bapak seolah-olah menyelma masuk sebagai penumpang KRL Ekonomi. Bapak merakyat sekali !!!

    Semoga bapak & keluarga slalu diberi kesehatan & berkah umur ! Amiin !
    Izinkan saya mengoleksi tulisan2 bapak ! Mungkin suatu saat akan saya bukukan.

    Muslim K. Tunaro
    Depok

    Note:
    Dalam penulisan ini tidak ada unsur komersial atau mengultuskan seseorang, saya menulis ini murni karena saya kagum pada sosok Bapak Dahlan Iskan, beliau seorang pekerja keras, pantang menyerah, mau turun gunung, dan sederhana.

    Posted by muslim k.tunaro | 6 Desember 2011, 2:48 pm
  109. Saya mengetahui nama bliau ktika bliau mnjabat dirut PLN, namun saya tdk trlalu ingin tau lbih dalam. Ketika bliau ada di Kickandy agak sdikit penasaran utk lbih jauh mngenal bliau namun hanya sbatas inspirasi kekuatan hidup bliau. Saat ini saya benar2 ingin tau lbih dlm bliau dan saya smakin mngagumi bliau sbg seorg pmimpin. Skrng trnyata saya tinggal seatap dgn bliau di Kantor Kementerian BUMN. Kbijakan dan gebrakan blaiu sangat trasa sklai oleh saya. Benar2 org hebat. Bagi yg pernah dipimpin oleh bliau akan mengetahui rasanya mmiliki leader yg muantaaaapppppp…. Polllll. Smoga stlah sukses memimpin Kementerian BUMN bliau bisa membenahi instansi pemerintah yg lain krn manfaatnya sangat trasa bagi rakyat. Hebat, angkat topi dan 20 jempol deh buat Pak DIS. Saya tunggu lg aktivitas2 Bpk yg abnormal dilakukan oleh Menteri lain. Smoga kesehatan slalu tercurah kpd Bpk.

    Posted by serbaserbipemikiran | 7 Desember 2011, 7:45 am
  110. Saya adalah pengagum Dahlan Iskan sejak lama lewat Jawa Pos. Cuma satu harapan saya yaitu melihat kesehatan beliau yang selalu max karena dengan kesehatan yang max kita pasti akan terus saksikan kiprah beliau yang sederhan dan brilian tsb. Dan saya berharap saat menjabat beliau tahan terhadap intrik2 dari pihak2 yg tidak suka belaiu. Vote to presiden 2014. Hidup dan jaya selalu DI. Buat mas pramu thxs untuk tulisannya, kalo bisa tulisan beliau di masa lalu juga ditampilkan, bs minta bantuan sama Jawa POS aja . Setuju buat grup penggemar DI

    Posted by B. Piet Sulistiono | 7 Desember 2011, 9:54 pm
  111. dahlan iskan adalah sosok pemimpin yang dibutuhkan bangsa indonesia saat ini
    salut buat pak dahlan
    tetap membangun harapan untuk indonesia, karena saat ini hampir seluruh rakyat indonesia krisis harapan dan kepercayaan diri sebagai bangsa yang besar
    saluut buat bapak
    semoga bapak senantiasa diberikan kesehatan untuk membangun indonesia dimasa yang akan datang

    Posted by andre_Kupang NTT | 9 Desember 2011, 1:28 pm
  112. Selamat sudah menjadi menteri BUMN, pak. Selamat juga sudah menyelamatkan hak duafha di 10 bulan gaji mereka. Tuhan senantiasa memberkati pak Dahlan dalam pekerjaan untuk mensejahterakan masyarakat dan bangsa pada arti yg lebih luas.
    Diruang ini saya juga mau menyampaikan hal ttg “hak” para mantan pekerja di pertamina yg saat ini masih diombang ambingkan pihak pertamina sejak tahun 1997. Dan malah sebulan kedepan para “pensiunan ini akan diusir paksa” dari rumah dinas yg mereka tempati sejak 1985. Surat dan laporan sudah saya sampaikan, baik umum dan pribadi ke Ir. Galaila Karen Agustiawan (Dirut Pertamina), namun belum juga direspon. Dengan segala kerendahan hati, sudilah Bapak membantu para mantan pekerja tsb melalui mediasi atau penelusuran record para mantan pekerja yang dihilangkan Hak’nya tsb, yang bbrp diantaranya sudah mengalami sakit sampai stroke.
    Tuhan senantiasa memberkati karir dan Bapak sekeluarga. God bless

    Paulus A. Harris M. Siregar, SE
    081286266823 – 082147628005
    e’ petaichina@yahoo.co.id
    pin’ 2812D008

    Posted by Paulus A. Harris M. Siregar | 13 Desember 2011, 8:58 am
  113. mohon izin menautkan blog. Terima kasih

    Posted by sastro | 13 Desember 2011, 9:12 pm
  114. terima kasih.
    pencerahan yang bermanfaat

    Posted by adis | 14 Desember 2011, 12:52 am
  115. Saya setuju dengan membentuk komunitas pengagum DI. Lebih hebat lagi kalau komunitas ini juga membantu menyumbangkan pemikiran pada persoalan2 yang dihadapi BUMN ataupun bangsa ini.
    Selamat…

    Posted by Sentot Adi Pramono | 14 Desember 2011, 2:43 pm
  116. Terima kasih buat kesediaan linknya

    Posted by gamekoholik | 14 Desember 2011, 9:44 pm
  117. luar biasa…saya juga sangat terinpsirasi dengan beliau… :)

    Posted by pelangipsikologi | 15 Desember 2011, 6:57 pm
  118. Bagus,bisa jadi menginspirasi orang kisah dahlan iskan ini.dengan bersikap sederhana,pewkerja keras dan selalau menyandarkan hidupnya kpd Allah akibatnya memperoleh sukses yang luar biasa.

    Posted by supana | 16 Desember 2011, 8:14 pm
  119. blog yang menarik ,kebetulan saya pengagum beliau,mohon ijin menautkan link

    Posted by kadar | 18 Desember 2011, 7:19 pm
  120. salut , salam jempol bagi langkah-langkah kemanusiaan dalam memantaskan kehidupan

    Posted by Eko Tono | 19 Desember 2011, 12:28 pm
  121. Blog yang bagus. Sampaikan walau satu ayat, bisa ayat kauniyah ataupun kauliyah. Jangan lihat siapa bicara tetapi apa yang dibicarakan. Salam sukses untuk pemilik dan penggagas blog ini, siapapun dia. Salam sukses juga buat pak DIS dan bangsa Indonesia ! Tq (http://teguhsunaryo.wordpress.com)

    Posted by Teguh Sunaryo | 21 Desember 2011, 9:14 pm
  122. Nice. Sudah lama saya cari blog yang memuat tulisan2 dahlan iskan.

    Posted by Yadi_Setiadi | 22 Desember 2011, 9:39 am
  123. Pak Dahlan, semoga membaca komentar..ini……..saya 3 tahun kerja di Fabrication oil & gas di Estimator (tedering)….dari pengalaman saya berkecimpung di tedering. semua company oil & gas di Indonesia terutama yang berhubungan denga BP Migas, Pertamina atau BUMN….tender tidak pernah terbuka alias banyak uang2 titipan.
    Sebagai contoh project TOTAL, yang saya kira bersih dari unsur uang titipan, ternyata mereka meminta fee………
    Mohon kira Bapak check perusahaan2 Fabricator swasta yang tiap tahun selalu memberikan UPETI ke BP Migas, Pertamina, BUMN, TOTAL, COPI, Elnusa, dll.

    Sekian dan terima kasih

    Posted by WAWAN | 23 Desember 2011, 8:27 am
  124. harapan saya beliau mau maju menjadi salah seorang calon presiden pada pemilu 2014. saya berkeyakinan InsyaAllah Indonesia akan sangat menjadi lebih baik di tangan beliau. dan catat SUATU SAAT NANTI BELIAU AKAN MENJADI SALAH SATU ICON POSITIF DINEGERI INI. Pesan saya Ingatlah selalu Allah SWT dan jaga kesehatan

    Posted by Ahmad Mustanir | 23 Desember 2011, 6:19 pm
  125. Bp Dahlan Iskan Yth,
    Saya selalu mengikuti tulisan-tulisan bapak, baik yang dimuat dalam Jawa Pos maupun buku-buku bapak, sejak bapak mulai bertugas di PLN maupun sekarang sebagai menteri BUMN. Saya mulai berpikir panjang, sampai dengan saat ini situasi negara yang semakin hari semakin dibelit korupsi yang sepertinya patah tumbuh hilang berganti, selain itu di negara ini amat membutuhkan figur yang berani, tidak mudah tergiur gemerlapnya harta haram dsb. Lalu sampailah pemikiran saya pada suatu titik, yang sulit untuk dikompromikan ==> Bagaimana pak Dahlan jika tugas pada negara dan bangsa dilanjutkan pada tahun 2014 untuk menjadi Presiden? Insya Allah, rakyat sebagian besar akan mendukung melihat sepak terjang bapak selama ini. Bapak bukan tipe orang yang munafik, bapak bukan tipe orang yang dan gila hormat, dan bapak sudah kaya tetapi bukan orang yang rakus. Allah SWT akan memberikan hidayah dan ridho bila bapak dahlan berkenan. Amin

    Posted by Hartono | 24 Desember 2011, 10:05 am
  126. Subhanalloh, Maha Besar Alloh, yang pasti tidak akan membiarkan hamba-hamba Nya dalam kesulitan dan kesusahan terus menerus, InsyaAlloh dengan hadirnya sosok bpk DIS ini, kita punya HOPE, no more HOPELESS dengan pemimpin-pemimpin bangsa yang ada selama ini. Mari kita berdoa semoga Alloh memberi kesehatan dan kekuatan kepada Beliau untuk terus sehat dan mau mengabdi buat bangsa ini. DIS for RI-1

    Posted by assifa | 25 Desember 2011, 5:34 pm
  127. Mari kita dukung Pak Dahlan Iskan sebagai orang nomor 1 di negeri ini. Semoga Allah selalu memberikan umur panjang dan kesehatan bagi Pak DIS.

    Posted by Andi Prastowo | 27 Desember 2011, 3:15 pm
  128. Teriring salam persahabatan dan salut buat Anda yang telah menghadirkan blog ini, karena isinya yang inspiratif.

    Posted by Sovian Choeruman | 27 Desember 2011, 6:46 pm
  129. wah, saya baru tahu kalau ternyata ini bukan blognya pak Dahlan,
    Terima Kasih buat yang sudah mengklipingkannya,

    Salam,

    Posted by Fajar Zaki Al Faris | 28 Desember 2011, 11:09 am
  130. emank bagus gaya kepimipinan dahlan iskan

    Posted by opik aza | 28 Desember 2011, 11:59 am
  131. Seandainya setiap Provinsi di Indonesia punya Gubernur seperti Bapak Dahlan Iskan…..?????????????
    Kita pasti akan jauh lebih hebat dari Amerika atau negara manapun…..

    Sayang saat ini Indonesia hanya punya 1 (satu) Dahlan Iskan…. tapi kita Bangsa Indonesia harus yakin dan pasti akan banyak jiwa seperti Bapak Dahlan Iskan akan bermunculan dan menjadikan Bangsa Indonesia maju dan jauh lebih maju…

    Posted by Tet Lie | 28 Desember 2011, 12:20 pm
    • Daripada anda hanya bermimpi setiap Provinsi di Indonesia punya Gubernur seperti Bapak Dahlan Iskan … kenapa anda tidak berusaha menjadi “seperti” Dahlan Iskan ???

      Mari kita teladani kesederhanaan beliau, gaya kepempinan beliau, serta hal2 yang positif dari beliau :)

      Semoga negeri ini menjadi negeri yang maju dan sejahtera dengan adanya “Dahlan Iskan2″ baru

      Posted by BlackBeard | 28 Desember 2011, 8:22 pm
      • That’s right… i agree with u Mr. BlackBeard….tentang ” Mari kita teladani kesederhanaan beliau, gaya kepempinan beliau, serta hal2 yang positif dari beliau ”

        Klu mimpi bahwa setiap Provinsi di Indonesia punya Gubernur seperti Bapak Dahlan Iskan…. kita harus yakin akan terwujud…..

        Posted by Tet Lie | 31 Desember 2011, 9:17 am
      • Betul begitu bung Blackbeard. Saya”Dahlan Iskan” yang kepala SMK ha…ha…

        Posted by SUKAMTO | 14 Maret 2012, 10:53 pm
    • Masih banyak lah yg seperti Dahlan Iskan, cuma mungkin belum ‘ditemukan’ saja.

      Indonesia dgn ratusan juta rakyat, masak cm punya orang sekaliber Dahlan Iskan 1 saja ?!
      Mudah2ah dgn munculnya Dahlan Iskan, akan makin banyak orang yg sehebat dia atau bahkan yg lebih hebat yg muncul ke permukaan, dikenal masyarakat, dan membawa Indonesia menjadi negara maju dan disegani di dunia.

      Salam

      Posted by Klentheng Hawani | 30 Desember 2011, 1:53 pm
  132. wah..apresiate sekali dengan jerih payah saudara untuk mengumpulkan coretan bersejarah yang berserakahan
    smoga Tuhan memberkati hidup saudara

    http://setia1heri.wordpress.com/2011/12/28/wadoh-kok-garuda-delay-lagi/

    Posted by setia1heri | 28 Desember 2011, 2:59 pm
  133. Ini catatan ttg Dahlan Iskan yg saya cari-2… Mohon ijin tarik link ke blog saya..

    Terimkasih.

    Posted by Djoko Adi | 28 Desember 2011, 7:11 pm
  134. KliBlog yang sangat bagus. Terimakasih banyak pak… Semoga budi baik bapak mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT. Aamien…

    Posted by CHOTHIBUL UMAM | 28 Desember 2011, 7:33 pm
  135. owh.. kirain blognya pak Dahlan beneran.. Tapi setelah saya baca- baca.. jadi makin kenal sama Pak Menteri.. :)

    Posted by tuaffi | 29 Desember 2011, 12:04 pm
  136. Kliping yang berguna, langsung follow :-)

    Posted by MuslimPribadi | 30 Desember 2011, 6:27 pm
  137. Izin me-link, ya. Terima kasih.

    Posted by Sungkowoastro | 30 Desember 2011, 11:35 pm
  138. Pak Dahlan mendapat nyawa baru dari TUHAN. Sekarang TUHAN pakai Pak Dahlan menjadi pejabat pemerintahan. Salut buat Pak Dahlan, mungkin beliau membalas anugerah TUHAN yg diberikan padanya dg pengabdiannya untuk negara. SMANGAT Pak Dahlan…

    Posted by Yoseph, S.Sh. | 31 Desember 2011, 7:51 am
  139. ternyata kakak senior di STT TELKOM yg publish tulisan PAK DIS (Dahlan Iskan)….hahahaha….
    Jadi malu…saya yang beberapa kali pernah menemani langsung PAK DIS sewaktu jadi DIRUT dan menjadi bawahannya beliau malah hanya keasikan baca (soalnya tiap bulan dikirimi via email tulisan beliau yg diberi nama CEO NOTE)…

    Beliau bener2 tokoh inspiratif yang luar biasa….gebrakan2 yang luar biasa walaupun membuat orang2 dibawahnya terseok2 mengikuti ‘kecepatan’ beliau….

    Semoga BUMN Indonesia bisa berjaya dibawah kepemimpinan Beliau….

    Posted by Pradikta | 1 Januari 2012, 6:06 pm
  140. Saya juga pengagum tulisan pak Dis jadi Ikutan nge link ya.

    Posted by Iwan Thok | 2 Januari 2012, 1:57 am
  141. awalnya ternyata bnyk yg mengora ibi log pibadi beliau, hebat aktif bener.. ternyata nukan, well walau begitu blog ini sangat hebat !! moga dg blog ini, muncul sosok Dahlan Iskan2 yg lain di nusantara..

    Posted by gogo | 2 Januari 2012, 2:03 pm
  142. jadi sekarang yang nulis masih pak dahlan sendiri apa petugas tulis ini masgan? tapi top lah…

    Posted by agung | 2 Januari 2012, 11:38 pm
  143. mas boleh ngopy tulisannya ndak, soalnya inspiratif banget seh

    Posted by sazadi | 3 Januari 2012, 8:28 am
  144. ijin ikut menyimak perjalanan Bpk. Dahlan Iskan :)

    Posted by zaqlutv | 3 Januari 2012, 4:15 pm
  145. apakah admin blog ini sama dengan admin akun twitter @dahlaniskan dan facebook fan page “Catatan dahlan iskan” ?

    trims,,bila dijawab,,

    Posted by ikhwanalim | 3 Januari 2012, 8:20 pm
  146. Semoga Allah merahmati dan memberi umur panjang kepada pak Dahlan Iskan.. sepertinya Indonesia membutuhkan banyak sosok seperti pak Dahlan Iskan …
    Baby Wrap

    Posted by Baby Wrap | 4 Januari 2012, 1:18 pm
  147. Salah satu tokoh idola saya….. #Dahlan Iskan for RI1

    Salam
    Roy Mahendra

    Posted by bung_roy | 4 Januari 2012, 1:26 pm
  148. Smoga beliau senantisa dikarunia kesehatan dan senantisa dalam kebaikan. untuk terus berkarya untuk kebaikan bangsa! Aamiin!

    Posted by Margono Eko | 7 Januari 2012, 6:25 pm
  149. Dukung dahlan iskan..ada 10 oarang aja seperti dia makmur negara ini

    Posted by supriyadi | 8 Januari 2012, 8:53 pm
  150. salam Hangat untuk P’ Dahlan, Saya beberapa kali mendengar kisah P’ DI dari orang tua saya. keep up a good works !

    Posted by Mito Bur Rasuanto | 9 Januari 2012, 4:22 pm
  151. luar biasa, perjuangan dan pelajaran hidup yang telah didapat pak dahlan sangat besar, saya yakin beliau tidak akan menyia-nyiakan kembalinya hidupnya hanya untuk perut sendiri atau ego sendiri, saya yakin pak dahlan ingin berbagai kepada sesama dalam segala hal. dan tidak mementingkan diri sendiri. karena dia sadar betul hidup dan mati begitu dekat.

    Posted by anto | 10 Januari 2012, 9:26 pm
  152. mohon ijin copas…and add link ya…..

    Posted by ghophal af | 10 Januari 2012, 11:02 pm
  153. Mas admin dan temen2 yg lain,bgmn kalau kita bikin “gerakan 10juta facebooker dukung pak DI jadi president thn 2014″,meskipun tdk mungkin tapi skdr mengingatkan kita masih punya sosok yg memberi teladan tidak hanya sekedar berbicara dan berwacana..

    Posted by aan | 11 Januari 2012, 8:20 am
  154. sip……DI 4 PRESIDENT

    Posted by esha | 11 Januari 2012, 11:49 am
  155. beliau adalah teladan seperti pak bj hbb.. semoga lahir DI yang lain di generasi ini dan selanjutnya

    Posted by iyan | 18 Januari 2012, 9:48 am
  156. saya sangat berterima kasih banget bwt mas pram yang dengan sungguh bijaksana membuat blog khusus untuk menampung pemikiran-pemikiran dari seorang yang sangat saya kagumi juga. Syukron katsir, jabat erat selalu.

    Posted by sofyan faizin | 19 Januari 2012, 8:11 am
  157. Semoga beliau tetap fokus dengan tugasnya yang sekarang ya… Jangan tergoda buaian2 politik yang nggak jelas itu!

    Surat untuk Dahlan Iskan

    Posted by asepsaiba | 19 Januari 2012, 11:16 am
  158. Pokoknya DI wae lah..

    Posted by Kang Jo | 22 Januari 2012, 8:38 pm
  159. Bung Pram, saya termasuk penggemar berat Dahlan Iskan, ada satu tulisan beliau yang kalau ditampilkan ulang mungkin bisa menambah banyak inspirasi dan pandangan positif bahwa Dahlan Iskan sejak dari sononya memang begitu.
    Judul saya lupa, tetapi tulisan Dahlan Iskan ini intinya bagaimana menyelamatkan badai krisis di Jawapos yang disebabkan badai krisis ekonomi Indonesia, bagaimana kiatnya, termasuk mengandangkan mercy dan segala atribut kemewahan, bahkan salah satunya penggunaan HP yang waktu itu dianggap barang mewah

    Posted by Benny Arifin Y.A. | 23 Januari 2012, 5:04 am
  160. mohon izin menautkan bloq ini

    Posted by nur komardi | 24 Januari 2012, 9:27 pm
  161. mantafffff

    Posted by edwin | 25 Januari 2012, 2:37 am
  162. Apakah udah Siap Pak kita propose to become “Presiden” RI tahun 2014 ?

    Posted by Ali Fauzi | 25 Januari 2012, 11:41 am
  163. ooowww…admin nya ternyata bukan pak dahlan sendiri to…
    tp kliping tulisan2nya di jawa post…
    yowislah

    Posted by nabalseventh | 27 Januari 2012, 12:35 pm
  164. Pagi Pak Dahlan….

    Saya berterima kasih pada Pak Dahlan yang terus setiap waktu memberitahukan perkembangan dari pekerjaan yang diembankan, tanpa ditutup-tutupi dengan kebohongan dan kamuflase serta ABS, yang selama ini selalu menjadi kebiasaan pejabat2 kita di RI tercinta yang cenderung arogan dan tidak mau memberitahukan perkembangan dari negerinya kepada masyarakat umum….

    Saya tidak peduli dengan siapapun RI-1 2014 nantinya, cuman sy berharap akan mendapatkan presiden yang mementingkan negara dan rakyatnya diatas kepentingan pribadi… semoga Tuhan akan memberikan harapan tersebut pada kita…

    Tetaplah menulis pak !

    Posted by Chandra | 30 Januari 2012, 10:38 am
  165. Ijjiiiiiinnnnnn ya…..
    Ini orang yg sy cari2
    Ya… P. Dahlan Is….
    Ya… Anda…. Mas Pramudyo putro utomo
    Suwuuunnnnn

    Posted by didit priyo utomo | 31 Januari 2012, 8:47 pm
  166. terima kasih sudah membuat blog kliping tulisan Pak Dahlan Iskan ini. Beliau memang sangat inspiratif, dan memang Indonesia saat ini sangat butuh sosok seperti beliau. semoga beliau dan keluarga senantiasa dilindungi dari segala niatan jahat. amin amin amin

    Posted by windy | 2 Februari 2012, 7:58 pm
  167. wahhh … asyik… nemu blog tulisan dahlan iskan.. jadi bisa nyimak berbagai tulisan pak dahlan disini.. :)

    Posted by Gusti 'ajo' Ramli | 7 Februari 2012, 12:13 am
  168. Saya sering terharu setiap kali Pa Dahlan Iskan diwawancarai media, karena begitu bersahaja dan rendah hati. Saya sesekali membaca tulisan beliau yang sarat dengan hikmah. Dalam mimik dan sorot matanya, saya melihat Pa Dahlan Iskan figur pemimpin sejati asli Indonesia. Dan saya bersyukur ada orang lain yang dengan penuh dedikasi berbagi tentang sosok dan pemikiran Dahlan Iskan seperti Pa Pramudya. Semoga Pa Dahlan Iskan dan Pa Pramudya panjang umur. Amiin.

    Posted by Kang Encep | 7 Februari 2012, 2:36 pm
  169. DI is the man of year 2012

    Posted by laila | 10 Februari 2012, 8:43 pm
  170. DI is the rising star for character building

    Posted by laila | 10 Februari 2012, 8:52 pm
  171. sangat inspiratif, menggugah generasi indonesia dan memberikan harapan kalo qt msh bisa berkata I Love U Full Indonesia :) Syukron jazilla mas Pram

    Posted by Muthawif Online | 20 Februari 2012, 6:21 am
  172. GOOD JOB MR. DAHLAN ISKAN

    FORZA DAHLAN
    GRAZIE..

    Posted by flamini | 21 Februari 2012, 10:40 am
  173. Salut dan terima kasih utk Pamudyaputrautama atas amalnya (sy izin juga ya). Sy yakin jika Indonesia punya 10 orang seperti Pak DIS, Indonesia akan mampu bangkit dari segala keterpurukan, Panjang usia untuk Pak DIS, jayalah Indonesia.

    Posted by Agus R | 23 Februari 2012, 10:00 am
  174. Salam buat Bapak Dahlan Iskan, semoga blog ini menjadi motifator bagi saya untuk lebih terus berusaha & bekerja keras, serta tidak lupa selalu ingat akankuasa ALLAH SWT.

    Posted by sudarto | 24 Februari 2012, 2:48 pm
  175. Jzakallah khoir atas tulisannya mas Pram,.
    Semoga Pak DIS selalu sehat….
    Mohon ijin nge-link blog ini yah…

    Posted by hijrisy | 25 Februari 2012, 12:48 pm
  176. Wahhh, setelah ketemu di jambi kemaren saya langsung ngefans ne sama pak dahlan, luar biasa….

    Posted by Ali Ariswanto | 27 Februari 2012, 2:58 pm
  177. Salah satu tokoh kebanggan Indonesia.
    Semoga kedepan lebih banyak DISKAN-DISKAN baru..

    Posted by Wahid | 3 Maret 2012, 9:01 pm
  178. Ass Wr Wb,
    Mohon ijin menautkan blog, sangat bermanfa’at, beliau bila Allah SWT meridhoi insya Allah, bisa jadi RI. 1,

    wass
    ks

    Posted by kasmin | 5 Maret 2012, 8:36 am
  179. Mantap n sehat selalu pak dis,,

    Posted by muhammad saiful | 5 Maret 2012, 10:13 pm
  180. Saya pengagum pribadi pa Dahlan, rekam jejaknya juga mulai saya ikuti sejak di Jawa Pos. Negara ini sangat membutuhkan beliau. Dalam pikiran saya akan membuat website “Dahlan Iskan for President”, tapi dimanapun Dahlan Iskan berada, beliau bekerja dengan hati, inovatif, dan profesional. Mudah-mudahan Pak Dahlan selalu sehat walafiat dan senantiasa dalam bimbingan-Nya.

    Posted by Heryanto | 11 Maret 2012, 11:33 pm
  181. Nyambung comment saya tentang Dahlan Iskan sebagai sosok yang inovatif, profesional, dan bekerja dengan hati, tidak jarang merogoh kocek sendiri untuk suatu perubahan. Nich saya kutip salah satu tulisan beliau di koran lokal Radar Tasikmalaya (group JPNN) kali aza belum dirilis disini

    Bisakah Merpati Hidup Lagi?
    Selasa, 27 Desember 2011

    Oleh Dahlan Iskan
    Menteri BUMN

    Kadang libur itu penting. Pada hari tanpa kesibukan itulah persoalan yang rumit bisa dibicarakan secara mendasar, detail dan habis-habisan. Misalnya, pada hari libur Sabtu lalu. Enam jam penuh bisa membicarakan rumitnya persoalan Merpati Nusantara Airline.
    Tidak hanya direksi dan komisaris yang hadir, tapi juga seluruh manajer senior. Ruang rapat sampai tidak cukup sehingga pindah ke ruang tamu yang secara kilat dijadikan arena perdebatan.
    Meski saya yang memimpin rapat, tidak ada hierarki di situ. Segala macam jabatan dan predikat saya minta ditanggalkan. Tidak ada menteri, tidak ada Dirut, tidak ada komisaris, dan tidak ada bawahan. Semua sejajar sebagai orang bebas. Duduknya pun tidak diatur dan tidak teratur. Operator laptop dan proyektornya sampai duduk di lantai. Kebetulan saya juga hanya memakai kaus dan celana olahraga. Belum mandi pula. Baru selesai berolahraga bersama 30.000 karyawan dan keluarga Bank Rakyat Indonesia se-Jakarta memperingati ultah ke-116 mereka yang gegap gempita.
    Pindah dari acara BRI ke acara Merpati pagi itu rasanya seperti pindah dari surga ke Marunda. Dari perusahaan yang labanya Rp 14 triliun ke perusahaan yang ruginya tidak habis-habisnya. Dari jalannya operasional saja Merpati sudah rugi besar. Apalagi, kalau ditambah beban-beban utangnya. Tiap bulan pendapatannya hanya Rp 133 miliar. Pengeluarannya Rp 178 miliar. Pesawatnya tua-tua. Sekali dapat yang baru MA 60 pula.
    Suasana kerja di Merpati pun sudah seperti perusahaan yang no hope! Maka, jelaslah bahwa persoalan Merpati tidak bisa diselesaikan dengan cara biasa.
    Restrukturisasi perusahaan dengan cara modern sudah dicoba sejak dua tahun lalu. Belum ada hasilnya —bahkan tanda-tandanya sekali pun. Upaya restrukturisasi ini telah menghabiskan energi luar biasa. Lebih-lebih menghabiskan waktu dan kesempatan.
    Panjangnya proses pengadaan pesawat Tiongkok MA 60 membuat peluang lama hilang begitu saja. Rute-rute kosong yang semula akan diisi MA 60 telanjur dimasuki Wing dan Susi Air yang lebih kompetitif. MA 60 yang menurut para pilot merupakan pesawat yang bagus, lebih berat lagi bebannya setelah terjadi kecelakaan di Kaimana. Peristiwa yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan kualitas pesawat itu ikut membuat Merpati ibarat petinju yang sudah sempoyongan tiba-tiba terkena pukulan berat.
    Sebelum kecelakaan Kaimana, penumpang sebenarnya lebih senang naik MA 60. Pesawat ini sengaja didesain untuk negara tropis. AC-nya bisa berfungsi sejak penumpang masuk pesawat. Tidak seperti pesawat baling-baling lain yang panas udara kabinnya luar biasa dan baru berkurang setelah beberapa menit di udara.
    Merpati memang sering kehilangan momentum. Bahkan, seperti sudah kehilangan momentum sejak dari lahirnya. Ketika kali pertama dipisahkan dari Garuda, pesawat-pesawatnya diambil, tapi utangnya ditinggalkan. Beban-beban lain juga menumpuk. Semua itu enak sekali dijadikan kambing hitam oleh manajemen. Setiap manajemen yang gagal punya alasan pembenarannya. Kadang manajemen lebih sibuk mengumpulkan kambing hitam daripada bekerja keras dan melakukan efisiensi.
    Benarkah tidak ada hope lagi di Merpati?
    Itulah yang melalui forum pada hari libur Sabtu lalu ingin saya ketahui. Terutama sebelum saya membuat keputusan yang tragis: ditutup! Segala macam usaha sudah dilakukan. Dua bulan lalu sebenarnya saya sudah menyederhanakan manajemen Merpati. Jabatan wakil Dirut saya hapus. Jumlah direktur saya kurangi. Ini agar manajemen lebih lincah. Juga terbebas dari beban psikologis karena wakil Dirutnya lebih senior dari sang Dirut. Rupanya itu belum cukup. Saya harus masuk lebih ke dalam. Tiba-tiba saya ingin berdialog langsung. Dialog yang intensif dan tanpa batas. Dialog dengan jajaran yang lebih bawah. Di masa lalu saya sering mendapat pengalaman ini: banyak ide bagus justru datang dari orang bawah yang langsung bekerja di lapangan. Bukan dari konseptor yang bekerja di belakang meja.
    Memang ada rencana pemerintah dan DPR untuk membantu keuangan Merpati Rp 561 miliar. Tapi, akankah uang itu bermanfaat? Atau hanya akan terbang terhambur begitu saja ke udara? Seperti ratusan miliar uang-uang negara sebelumnya?
    Tentu saya tidak ingin seperti itu. Harus ada jaminan ini: dengan suntikan tersebut Merpati bisa hidup dan berkembang. Tidak seperti suntikan-suntikan uang ratusan miliar rupiah di masa lalu. Ini juga harus menjadi uang terakhir dari negara untuk Merpati. Sudah terlalu besar negara terus menyuntik Merpati, dengan hasil yang masih begitu-begitu saja.
    Karena itu, saya kemukakan terus terang di forum: daripada uang Rp 561 miliar tersebut terhambur ke udara begitu saja dan karyawan pada akhirnya kehilangan pekerjaan juga, lebih baik Merpati ditutup sekarang juga. Uang itu bisa dibelikan kebun kelapa sawit. Tiap karyawan mendapat pesangon 2 ha kebun sawit. Orang Riau punya dalil: satu keluarga yang punya 2 ha kebun sawit, sudah bisa hidup sampai menyekolahkan anak ke ITB! Memiliki 2 ha kebun sawit lebih memberikan masa depan daripada terus menjadi karyawan Merpati.
    Tentu ide ini membuat pertemuan heboh. Sekaligus peserta pertemuan tertantang untuk menolaknya. Mereka tidak rela kalau Merpati harus mati. Kebun sawit bukan bandingan untuk masa depan. Oke. Saya setuju. So what? Kalau dari operasionalnya saja sudah rugi, masih adakah alasan untuk mempertahankannya?
    Maka, saya ajukan ide untuk melakukan pembahasan topik per topik. Ini untuk mengecek apakah benar masih ada harapan?
    Topik pertama adalah: bagaimana membuat pendapatan Merpati lebih besar daripada pengeluarannya. Kalau tidak ada jalan yang konkret di topik ini, putusannya jelas: Merpati harus ditutup.
    Asumsinya: bagaimana bisa memikul beban yang lain kalau dari operasionalnya saja sudah rugi besar. Berapa pun modal digerojokkan tidak akan ada artinya. Lebih baik untuk beli kebun sawit!
    Meski logika sawit begitu jelas dan rasional, rupanya masih banyak yang takut mengubah jalan hidup. Ketika hal itu saya kemukakan, seseorang nyeletuk dari arah belakang. “Salah Pak Dahlan! Bukan kami takut menjadi petani sawit, tapi Merpati ini masih punya peluang besar,” katanya. “Asal semua orang di Merpati punya etos kerja yang hebat,” tambahnya.
    Etos kerja ini begitu sering dia sebut sebagai penyebab utama kesulitan Merpati sekarang ini. Dia sangat percaya etos itulah kuncinya, sehingga sepanjang enam jam rapat itu dia selalu dipanggil dengan nama Pak Etos.
    Pak Etos mungkin benar. Tapi, itu masih kurang konkret. Yang diperlukan adalah usul konkret dan realistis. Yang bisa membuat pendapatan lebih besar daripada pengeluaran. Yang bisa dilaksanakan dalam keadaan Merpati as is.
    Pagi itu begitu sulit mencari ide yang membumi. Saya pun lantas teringat pada gurauan pedagang-pedagang sukses seperti ini: “Tuhan itu baik. Tapi, uanglah yang bisa membuat orang mengatakan Tuhan itu baik.”
    Rupanya perlu rangsangan material untuk melahirkan ide-ide kreatif. Rupanya perlu dana untuk mendatangkan Tuhan. Maka, saya tawarkan di forum itu: peserta rapat yang mengusulkan ide terbaik akan saya beri hadiah satu mobil baru, Avanza, dari kantong saya pribadi.
    Rapat pun menjadi heboh. Gelak tawa memenuhi ruangan. Ide belum muncul, tapi warna mobil sudah harus dibicarakan. Setuju: warna krem! Neraka sawit ternyata tidak menarik. Surga Avanzalah yang menggiurkan. Pantaslah kalau Jakarta macet!
    Tuhan rupanya benar-benar datang. Inspirasi bermunculan. Hampir semua peserta rapat mengangkat tangan. Mereka berebut mendaftarkan ide. Angkat tangan lagi untuk ide kedua. Ide ketiga. Bahkan, ada yang sampai mendaftarkan lima ide.
    Setelah terkumpul 53 ide, barulah diperdebatkan. Mana yang konkret dan mana yang terlalu umum. Mana yang menghasilkan rupiah, mana yang menghasilkan semangat. Mana yang membuat pendapatan lebih besar, mana yang membuat pengeluaran lebih kecil.
    Ide-ide itu kemudian di-ranking. Dari yang terbaik sampai yang terkurang. Dari yang terbanyak menghasilkan rupiah sampai yang menghasilkan etos. Perdebatan amat seru karena masing-masing mempertahankan idenya. Terjadi diskusi yang luar biasa intensif, mengalahkan rapat kerja bagian pemasaran.
    Dari ranking yang dibuat, memang sudah bisa diketahui siapa yang bakal dapat mobil. Tapi, ada yang protes. “Sebaiknya hadiah baru diberikan setelah ide itu jadi kenyataan,” teriaknya. Rupanya, dia ingin membuktikan bahwa meski idenya kalah ranking, dalam pelaksanaannya kelak akan mengalahkan juara ranking itu. Setuju. Kita lihat dulu kenyataan di lapangan. Peluang bagi ide yang ranking-nya di bawah pun masih terbuka.
    Tentu ide-ide itu masih dirahasiakan. Ini terutama karena masih akan dirumuskan dalam bentuk program kerja nyata di lapangan. Tapi, semua ide memang sangat menarik. Dari sinilah bisa diketahui bahwa Merpati seharusnya tidak akan rugi secara operasional. Kalau ini terlaksana, pemilik dana tidak akan ragu membantu. Alhamdulillah. Tuhan memberkati.
    Topik berikutnya adalah MA 60. Bagaimana kinerjanya selama ini? Apakah bisa menghasilkan uang dan terutama bagaimana mengembalikan citra yang rusak akibat kecelakaan Kaimana?
    Banyak juga ide gila yang muncul. Termasuk ide bahwa khusus untuk MA 60 sebaiknya dicarikan pilot bule. Seperti pesawatnya Susi Air. Orang kita lebih percaya kepada bule daripada bangsa sendiri. Ketidakpercayaan orang terhadap MA 60 bisa ditutup dengan pilot orang bule. Huh!
    Saya benci dengan ide ini. Tapi, demi Merpati saya menerimanya!
    Maka, setelah enam jam berdebat, tepat pukul 16.00, rapat pun diakhiri dengan lega. Saya bisa segera pulang untuk mandi pagi! (*)

    Posted by Heryanto | 12 Maret 2012, 8:58 am
  182. Hebat…………….!!! Figur yang cerdas, santun dan sederhana.

    Posted by Encep iik Muzakir | 12 Maret 2012, 1:44 pm
  183. Wah mantabs kereenn,,

    Posted by Hijauku Bumiku | 12 Maret 2012, 6:19 pm
  184. Pak DIS adalah sosok yg sangat inspiratif.
    Sy selalu mencari berita mengenai beliau di JPNN, tertarik ingin tau apalagi gebrakan yg beliau lakukan. Terima kasih sudah membuat blog ini…

    Posted by Adra | 13 Maret 2012, 7:57 am
  185. Manusia langka

    Posted by Drs. Bakharuddin | 14 Maret 2012, 3:29 pm
  186. terima kasih mas…..
    blog ini dapat menjadi inspiras bagi indonesia……

    Posted by slamet mulyono | 15 Maret 2012, 4:09 pm
  187. Menarik bila mengikuti kisah pemimpin yang sederhana.Posisinya sebagai pemimpin tidak membuat jadi eksklusif.

    Posted by cocoper6 | 15 Maret 2012, 6:07 pm
  188. Bapak Dahlan Iskan benar-benar seorang inspirator bagi anak muda seperti saya :)

    Posted by Rico Putra Ariesandy | 16 Maret 2012, 11:43 am
  189. Orang seperti ini patut dijadikan panutan u/ meraih kesuksesan dalam hidup ^.^

    Posted by Rina Andriani | 16 Maret 2012, 12:58 pm
  190. saya pengagum Bapak Dahlan Iskan….saya siap pak dengan tulus hati utk menjadi nyawa kedua bapak utk kemajuan negeri ini salam bwt bapak semoga TUHAN memberi panjang umur,sehat selalu

    Posted by rachtio hadi | 18 Maret 2012, 12:29 pm
  191. om minta ijin mentautkan blog ini ke blog saya ya..trims

    Posted by made mardiasa | 20 Maret 2012, 10:22 am
  192. Semangat, pemimpin yang patut dicontoh saya ingin menyetarakan beliau dengan Panglima Besar Jendral Soedirman walaupun dalam keadaan sakit masih tetap berjuang untuk INDONESIA !

    Posted by ghambertani | 20 Maret 2012, 11:27 am
  193. ijin copas boss….

    Posted by Rizal Krisna | 21 Maret 2012, 8:55 am
  194. keren kali bah pola pikir bapak ini,,,
    kok ssemua pemimpin kita berpikir seperti bapak dahlan iskan ini, pasti indonesia tidak seperti ini hancurnya,
    pak saya sangat terkagum2 dari pola pikir bapk ini,,,semoga allah memberkati bapak dan sekeluarga mu bapak..
    seandai’a indonesia berpikir jerni seperti bapak ku ini pasti indonesia gak hancur seperti ini…
    hidup permikiran untuk generasi seterus, kami titipin negara ini sama generasi seterusnya
    berjuanglah kamu anak bangsa, ciptakan lah inopasi2 bangsa ini……?
    hidup indonesia raya………?

    Posted by yasin simangunsong | 21 Maret 2012, 3:05 pm
  195. 1. ijin menautkan di blog sy,,,trmksh sblmnya
    2. apa catatan2 bole di copas dg mencantumkan sumber dr blog ini?

    Posted by drkurniawan | 22 Maret 2012, 8:29 am
  196. Mantap! memang benar-benar menteri yang patut diacungi jempol, benar2 sosok pemimpin yang dirindukan oleh bangsa kita!

    Posted by Parfum Original | 22 Maret 2012, 9:56 am
  197. saya salah satu pengagum DAhlan Iskan…smoga Allah memanjangkan usianya dan slalu menjaga nya krn Indonesia msh butuh orang2spt beliau

    Posted by nunq | 22 Maret 2012, 9:17 pm
  198. Pak Dahlan cocok menjadi pemimpin yg d tunggu oleh rakyat Indonesia semoga tetap sehat selalu Saya peribadi mendukungmu :)

    Posted by Muhammad Hakim | 24 Maret 2012, 11:16 am
  199. Bapak Dahlan, saya ada alternatif solusi BBM tidak naik dan negara tidak terbebani dengan itu. Jika Bapak berkenan mohon konfirmasi ke email saya. terima kasih.

    Posted by arif kurniawan | 24 Maret 2012, 8:23 pm
  200. Kpd
    Yth. Bapak Dahlan Iskan

    Saya sampaikan ini kepada bapak karena kapasitas bapak dan karakter bapak yang saya suka ( tidak berbelit-belit )

    langsung saja
    pada dasarnya semua problem bangsa indonesia adalah krisis energy
    nah..bagaimana menurut bapak jika setiap rumah di indonesia dapat memenuhi kebutuhan listriknya secara mandiri dengan tenaga angin dan solar cell
    tapi kuncinya ada pada Power saving Cell ( Baterai ) Yang Mampu menyimpan tenaga surya sewaktu tenaga anginnya terpakai dan menggunakan tenaga bateraoi sewaktu anginnya kurang
    jadi menurut saya kuncinya ada di penciptaan baterai/power saving cell tadi
    itu tahap awalnya, jika teknolpogi baterai tersebut sudah terciptakan, maka dunia ramah lingkungan akan bisa terwujud dan berbagai masalah energy di Indonesia dapat teratasi. ( kereta cepat engan system elektromagnetik, mobil listrik yang ideal, dan mungkin lainnya )

    Demikian hanya ide ini yang bisa saya sumbangkan

    salam

    Rizky
    081231377645

    Posted by Rizky Noviardi | 26 Maret 2012, 10:16 am
  201. karena bakal calon presiden yg ada
    menurut saya kurang pas…
    alangkah baiknya pak Dahlan ikutan
    saya akan dukung bapak

    smg bapak selalu dalam taqwa n kebaikan

    Posted by Imi | 27 Maret 2012, 9:09 am
  202. salut sama pak dahlan…. mudah2an 2014 beliau nyalonkan paling tidak wapres…

    Posted by ilham | 28 Maret 2012, 11:36 am
  203. DI = Sosok mentri yang luar biasa kinerjanya.

    Freeport bisa kita akuisisi ga, ‘Pak?

    Posted by Jagoan TPA | 29 Maret 2012, 10:47 am
  204. Dear Admin,
    Mohon infonya,apakah ada alamat email Pak DI yg tersedia untuk memberi dan menyampaikan masukan prihal PT.Djakarta Llpyd, saya lihat beliau menyediakan alamat email untuk menampung masukan prihal kendaraan listrik,

    Terima kasih sebelumnya.

    Salam,
    Ahmad A

    Posted by ahmad a | 29 Maret 2012, 12:49 pm
  205. Saluuttt!!! Saya termasuk salah satu fans pak DI ketika beliau bertingkah eksentrik saat pengangkatan jabatan menjadi menteri BUMN, dan setelah itu saya memjadi pembaca setia artikel pak DI yang terbit seminggu sekali di ranah internet ini…dan akhirnya saya senang sekali bisa menemukan Klip Blog ini, setidaknya saya bisa mengenal kebih dekat sosok pak DI ini,,,,,

    Posted by Mrs.P | 29 Maret 2012, 2:39 pm
  206. salut sama ente yg kagum dgn pak dahlan iskan sampai membuat blog ini.
    sekali2 mampir di website saya ya. :)

    htttp://www.techforedu.org

    Posted by fadly | 30 Maret 2012, 12:00 am
  207. pak dahlan emang luar biasa

    Posted by Matt | 3 April 2012, 8:43 am
  208. Gw salut dgn blog catatan Pak Dis ini, walaupun bukan beliau sendiri adminnya
    Bulan Feb 2012 lalu Alexa global rank masih di kisaran 131 ribu skarang udah dibawah 100rb
    Rank ID Indonesia dulu masih di 2000an skarang udah dibawah seribu aja … wow

    Kayaknya Dahlanis dan Industrialisasi Harapan (Man Hope) dari Pak Dis smakin meluas & menyebar
    Smoga akal sehat, kejujuran & ketulusan semakin mewarnai bangsa ini

    Pokokee …. I like this . . . Viva Pak Dis :)

    Posted by Andi IsCAN | 4 April 2012, 9:28 pm
    • To Mas ANDI ISCAN,

      Terimakasih untuk informasinya, dan ini saya detail-kan informasi dari ente tentang traffic website berdasarkan “Alexa global rank” pada http://dahlaniskan.wordpress.com
      agar teman-teman disini tau secara lebih lengkap. Dan juga ini sebagai informasi buat Mas Pramudya (owner-admin). Realitas pengunjung/komunitas blog ini :

      Ini Link-nya : http://www.alexa.com/siteinfo/dahlaniskan.wordpress.com

      Per tanggal 7 April 2012 :
      Alexa Traffic Rank : (Rengking website, kepadatan arus/kepopuleran website)
      Global Rank : 98,790 (nomor urut/posisi secara global)
      Rank in ID : 1,042 (nomor urut/posisi secara Indonesia)
      Sites Linking In : 475 (jumlah website lain yang nge-link-kan ke blog Mas Pram ini)
      dan data detail lainnya.

      CMIIW.
      Salam hormat untuk DIZ mania seluruh Indonesia,
      Bonzo – Basis massa Jakarta.

      Posted by bonzo | 7 April 2012, 11:22 am
  209. Trima kasih pak pramudya, blog ini sangat bermanfaat bgi saya, yaitu membantu saya menyelesaikan tugas untuk membuat blog.
    saya jga mengagumi P.Dahlan, beliau merupakan inspirasi saya
    Untuk smua orang yg sdh kirim komen trus dukung P.dahlan,
    God bless all :)

    Posted by tabita | 5 April 2012, 10:15 am
  210. Itu ada gambar hati Pak Dahlan ya?

    Posted by ram | 6 April 2012, 8:48 am
  211. .

    Posted by ram | 6 April 2012, 7:11 pm
  212. Pemimpin yang tidak berjiwa NATO (Not Action Talk Only)

    Posted by Hatta Harris Rahman | 7 April 2012, 1:36 am
  213. Mohon info email Pak Dahlan, karena saya memerlukan data BUMN untuk penelitian tetapi BUMN tsb tidak memberikan datanya (walaupun bukan data keuangan), bagaiamana prinsip TRANSPARANSI GCG-nya?

    Posted by ibnu.rch | 7 April 2012, 7:21 am
  214. Semoga Pak Dahlan sehat selalu.. Saya sangat salut dengan perjalanan hidupnya yg penuh cobaan dan berhasil sukses dengan Jawa Pos-nya.. Dahlan Iskan adalah tokoh favorit kedua saya setelah Ayah saya.. Semoga Sukses selalu Pak Dahlan..

    Posted by reeja23 | 9 April 2012, 10:15 am
  215. Mohon ijin mentautkan blog in ke FB dan blog saya. Terima kasih.

    Posted by Dini | 12 April 2012, 11:58 am
  216. Mohon iji mentautkan blog ini ke blog saya pak..
    Terima kasih.

    Dini Andini

    http://sepercik-cahaya.blogspot.com/

    Posted by Dini Andini | 12 April 2012, 1:35 pm
  217. Pak Dahlan, kami pendukung gebrakan mu, semoga bapak selalu diberi nikmat sehat dan kebahagiaan olehNYA,

    Posted by kumala | 13 April 2012, 7:06 am
  218. thank you bro klipingx mantap

    Posted by baansot | 14 April 2012, 2:13 pm
  219. saya juga mengagumi beliau…

    Posted by rahassia | 16 April 2012, 2:53 pm
  220. Pak Dahlan, saya terkagum-kagum melihat vidio bapak di you tube mudah-mudahan bapak akan menjadi pemimpin no 1 suatu saat nanti

    Posted by M.Nasir Bako | 19 April 2012, 11:22 pm
  221. owh ternyata adminnya bukan pak Dahlan to…

    Posted by ngritikacara | 22 April 2012, 11:57 am
  222. Maaf ada yg tahu email pribadinya Pak Dahlan ga ya ???? Sy mau memberikan info salah satu BUMN yg ga bener. Tlng klu ada yg punya, minta di emailkan ke sy. Mksh banyak…………

    Posted by Cindy | 1 Mei 2012, 10:56 am
  223. cara membaca posting2 / tulisan yg telah lalu gimana ya??

    Posted by hudasalam | 7 Mei 2012, 7:36 pm
  224. trimakasih untuk membuka wawasan baru

    Posted by mama kembar | 10 Mei 2012, 9:56 am
  225. Terima kasih untuk blog yang baik ini…
    Adalah sarana untuk rakyat dapat memberikan ide2 atau gagasan baik
    kepada pak Dahlah Iskan…???

    Posted by Panji | 11 Mei 2012, 8:24 am
  226. salam hormat pak Dahlan
    saya selalu mndoakan bpak ,agar sehat selalu :-)
    amin ya ALLAH ..

    Posted by sukmaratih | 18 Mei 2012, 2:03 pm
  227. Senang membaca tulisan2 pak dahlan iskan :)

    Posted by Sumar | 21 Mei 2012, 2:55 pm
  228. Terima Kasih dengan hadirnya blog ini…
    Saya kagum dengan tulisan2 Pak Dahlan Iskan

    Posted by Ariadi | 22 Mei 2012, 5:10 am
  229. Terimakasih untuk blog ini, semoga tetep update terus.

    Posted by Rasamocha | 28 Mei 2012, 1:22 pm
  230. salam hangat pak dahlan … anda telah menginspirasi saya pak ..
    salam hangat . salam blogger indonesia

    Posted by Toko Sepatu Online | 30 Mei 2012, 3:44 am
  231. ada bisa bantu contact number pak dahlan. kakak kandung saya juga menderita cirrhosis dan kemungkinan besar harus menjalani transplantasi tersebut. Kami masih terkendala biayanya yang teramat besar.

    Ingin rasanya diskusi langsung dengan beliau tentang pengalaman dan mungkin saran-sarannya

    Mohon info yang ada bisa diteruskan ke email saya hotmasamosir@yahoo.com (bisa YM juga)

    Terima Kasih
    Tuhan Memberkati

    Posted by cibitungers | 1 Juni 2012, 12:44 am
  232. Trima kasih untuki blog ini.

    Posted by abdi purnama | 5 Juni 2012, 10:25 pm
  233. minta izin copy RSS FEEDs kang

    Posted by nugroho | 11 Juni 2012, 8:01 am
  234. Terimakasih untuk blog ini, semoga tetep update terus.

    Posted by idmaspor | 12 Juni 2012, 1:09 am
  235. Mantaph sejarah membuktikan , bukan dengan sebuah hasil warisan , bukan dengan sebuah kesombongan tapi dengan sebuah keserhanaan bisa menjadi sebuah kebanggan dan panutan :)

    http://www.inforiatif.com

    Posted by neon web media | 12 Juni 2012, 9:36 am
  236. Karena sulit menembus kontak langsung kepada yang terhormat Bapak Dahlan Iskan, Dengan ini saya menyampaikan keluhan dari kelakuan BUMN anak buah bapak PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk, yang menguras uang rakyat melalui “Paket Tagihan Tetap Telkom”

    Sebagian kecil keluhan disampaikan salah satu blog di http://info-ti-gratis.blogspot.com/2010/05/hebatnya-paket-tagihan-tetap-telkom.html. dan saya salah satu korbannya. dengan berbagai dalih yang menjengkelkan…

    Mohon maaf kepada Bapak Dahlan Iskan agar dapat membantu kami dari kerugian yang ditimbulkan pihak anak buah bapak yaitu PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk

    Terimakasih.

    Posted by akangckp | 12 Juni 2012, 12:37 pm
  237. Salam hormat Pak Dahlan Iskan….PT.WahanaBumiSerasi membutuhkan sponsor Ke Swiss …Hal ini untuk kemajuan bangsa Pak..Karena ini Sudah di titipkan oleh Leluhur-leluhur Pemilik Dana (Bukan angka yang kecil)…Dan ini bisa dipertanggung jawabkan dan sangat rahasia…Sekiranya Pemilik dana dapat bertemu Bapak…Mohon bantuannya segera Pak…WahanBumiSerasi Mohon maaf apabila ada salah-salah kata atas tulisan saya ini dan mengucapkan banyak terima kasih atas perhatiannya….

    Posted by pastpresentfuture5 | 17 Juni 2012, 1:45 pm
  238. wah hebat,, anda telah terispirasi oleh Dahlah iskan dan akan jadi banyak yang terinspirasi oleh beliau melalui catatan Dahlan iskan ini yang setidaknya lahir dari ide anda, Hebat dan luar biasa kalian berdua, dan saya terimakasih karena telah menjadikan awal pekan dengan penantian terupdatenya catatan ini,,,, setidaknya juga anada telah menularkan demem Dahlan iskan yang positip n inspiratip ke banyak orang,makasih,makasih, makasih…

    Posted by Ramadani radas | 21 Juni 2012, 10:45 am
  239. hanya ALLOH segalanya…

    Posted by ryan | 22 Juni 2012, 7:15 am
  240. sepertinya beliau sangat bersahaja dan penunh tanggung jwb dlm bekerja…
    semoga beliau di beri umur panjang bersama org2 yang mempunyai gebrakan positif utk negeri ini//

    Posted by eko susilo | 22 Juni 2012, 10:55 am
  241. pak menteri coba lihat nasib ousorcing pln yang udah sekian lama mengabdi untuk negara,tapi status mereka gak jelas…
    padahal mereka bekerja tanpa pamrih..
    tolong perhatiin jangan kalian ja yang enak2an sementara mereka kelaparan…
    jangan sok suci jika jeritan buruh gak peduli..

    Posted by agam | 25 Juni 2012, 3:05 pm
  242. Pak Dahlan Saya salut atas semangat dan konsistensi bapak. Terlebih lagi mengenai Sepatu yang Bapak beri Brand DI 19. Harapannya kemanapun Bapak melangkah dengan Bismillahhirrohmannirrohim. Lalu Bagaimana dengan Hati Bapak yang baru apakah sudah diberi Brand? Kalo boleh Usul Brand untuk hati Bapak adalah DI 8.

    Posted by BANGKIT NP | 25 Juni 2012, 4:49 pm
  243. Holding perusahaan kehutanan perhutani-inhutani kapan mulai realisasi pak?

    Posted by joko | 5 Juli 2012, 1:09 am
  244. Mohon ijin menautkan tulisan pak Dahlan

    Posted by muchei rifai | 6 Juli 2012, 5:09 pm
  245. mohon izin menautkan blog ini di e-mail saya

    Posted by Roy_vanbanten | 9 Juli 2012, 12:42 pm
  246. Syukur alhamdulillah operasinya bisa berjalan dengan lancar, memang transplantasi itu sangat resiko, mulai dari untuk melakukannya saja sudah memakan biaya yang besar, belum mencari donor, dan virus yang bisa muncul pasca operasi.

    Posted by Kharis Hidayatullah (@siKharis) | 12 Juli 2012, 9:43 pm
  247. nama saya rizqi rudianto, saya adalah karyawan di perusahaan swasta
    saya mempunyai kebiasaan menuliskan impian yang saya catat dalam buku catatan hidup dan
    mimpi saya yang saya catat dalam buku di nomor 99 adalah saya ingin sekali sowan dan bertemu dengan pak dahlan saya ingin mendapatkan nasehat dari beliau secara langsung dan saya bertekad impian saya pasti akan saya wujudkan………………………………… terima kasih

    Posted by Alfarisi Jawi | 13 Juli 2012, 4:04 pm
  248. ayo semangat pa Dahlan..:) siap dukung jadi presiden…

    Posted by jujubandung | 24 Agustus 2012, 8:49 am
  249. Beliau memang ok, calon pemimpin yang ditunggu

    Posted by Info terbaru | 25 Agustus 2012, 12:59 am
  250. Jujur,dari dulu saya sangat mengagumi sosok bpk dahlan iskan dan beliau adalah inspirator dalam hidup sy dan begitu sy tau beliau pernah menjalani cangkok hati, gak tau kenapa,perasaan sy sampe begitu terharu trus tiba2 menangis
    tapi saya benar2 sangat bangga dg sosok bpk dahlan iskan yg benar2 sbg manusia yg sngt luar biasa atas smua kinerja beliau untuk negeri ini
    sy brharap dg ketulusan hati juga slalu memohon kepada Tuhan untuk pak dahlan iskan sukses selalu, sehat selalu,bahagia selalu untuk selamanya amin
    Tuhan slalu menaungi beliau.
    (special to my inspirator mr dahlan iskan is alway the best)

    Posted by Via | 14 September 2012, 8:43 pm
  251. terimaksih telah memuat tulisan pak DIS dan semoga pak dahlan iskan selalu dalam lindungan Allah SWT Amien…

    Posted by m abdul azisdarmawan | 21 September 2012, 10:10 am
  252. mohon izin mentautkan link ke email saya

    Posted by yusufvirmansyah87 | 23 September 2012, 9:22 am
  253. keren, tapi bisa tidak lebih banyak lagi yang di muat tentang dahlan iskan. lebih banyak lagi cerita yang di paparkan biar inspirasinya lebih dapat

    Posted by Setia ErLila .R | 30 September 2012, 7:21 am
  254. mantap…lanjutkan

    Posted by Alris | 1 Oktober 2012, 11:44 pm
  255. terima kasih kepada penulis kliping blog ini :)
    *menambah reading list blog*

    Posted by jelangpagi | 7 Oktober 2012, 4:53 pm
  256. pak admin,
    saya mau bertanya tentang listrik kepada pak dahlan iskan,tolong disampaikan y pak admin.

    “pak dahlan,perkenalkan nama saya novicha,saya kuliah jurusan matematika di salah satu PTN.Begini pak,pada saat ini saya lagi ngebahas masalah tentang penempatan Distributed Generation secara tepat sehingga menghasilkan pengurangan loss dan peningkatan keandalan sistem listrik. Yang saya ingin tanyakan ada beberapa pak, yaitu:
    1. apakah penerapan distributed generation sudah ada di Indonesia?kalau ada dimana aja y pak?
    2. batas toleransi loss yang diterima di Indonesia berapa ya pak?
    3. batas toleransi keandalan sistem listrik di Indonesia berapa pak?
    4. Apakah ketika ingin mau membangun pembangkit listrik yang baru,harus dianalisa loss dan keandalannya.Kalo iya,bagaimana caranya ya pak?

    mohon penjelasannya ya pak.atas perhatian bapak,saya ucapkan banyak terimakasih.hanya Allah yang bisa membalas semuanya.

    salam hormat saya,

    novika

    Tolong dengan sangat y pak admin disampaikan ke beliau..terimakasih banyak y pak :)

    Posted by novicha | 9 Oktober 2012, 9:28 am
  257. Subhanallah…

    Luar biasa pak Dahlan Iskan.

    Posted by purwo | 15 Oktober 2012, 8:56 pm
  258. katanya pak dahlan suka baca puisi
    mampir sini ya pa’??
    hehe
    pennakeriing.blogspot.com

    Posted by pradiska | 24 Oktober 2012, 5:46 am
  259. Ijin baca-baca ya pak DI, utk menambah wawasan saya wong ndeso. Wslm.

    Posted by andrea | 25 Oktober 2012, 1:56 pm
  260. ijin juga ya pak…..

    Posted by eka dharma efendi | 2 November 2012, 2:53 pm
  261. sosok yang inspiratif…mengajarkan kita berharganya hidup..

    Posted by donpipo | 3 November 2012, 6:52 pm
  262. orang senang buat singkatan nama tokoh. pak dahlan iskan pun namanya sdh ada yang nyingkat DIS. rasanya aku gak cocok, mending disingkat DAI aja, ada makna lebih keren dr pd DIS yg bisa bermakna disharmonis, diskualifikasi, atau dis yang lainnya.

    Posted by akungb | 5 November 2012, 8:27 pm
  263. mohon izin juga ya gan…

    Posted by ayyeblog | 5 November 2012, 8:56 pm
  264. Apakah diizinkan pengunjung blog mengirim artikel ke blog ini, dan apa saja syaratnya? Bilakah ada rambu-rambu tertentu yang wajib ditaati oleh pengirim tulisan?

    Atas waktunya kami sampaikan terimakasih.

    Posted by Pelatihan Online | 6 November 2012, 9:41 pm
  265. Kayaknya ada benernya dipanggil DAI dari pada DIS.
    Setujulah panggil DAI aja untuk pak DAHLAN ISKAN.

    Posted by sudarto | 7 November 2012, 8:31 am
  266. Mas Admin, blognya udah pakai iklan ya ?

    Posted by kasino | 9 November 2012, 6:06 pm
  267. semoga bermanfaat.. dan sekalian minta ijin untuk tautkan ke emai saya. suwun

    Posted by eko putranto | 13 November 2012, 1:08 pm
  268. salam kenal pak Admin………….
    mohon disampaikan kepada Bapak Dahlan Iskan salam dari kami Petani sawit desa Kumain – tandun kec rokan hulu -riau……………………..
    ada yang kami keluhkan pak Dahlan, mengenai PTPN V yang notabene adalah Bapak Angkat semua plasma yang ada diwilayah Tandun namum hasil sawit kami tidak dihargai pak…….. mereka hanya berani membeli harga sawit dengan harga Rp. 935,- per kg kotor, sementara harga yang dikeluarkan oleh Dinas Perkebunan adalah Rp. 1.379,49 Gimana itu pak, kalau begini terus kami bisa tak makan tolong ya pak……………………

    Posted by gomen | 13 November 2012, 9:38 pm
  269. saya sangat terkesan dgn pemikiran” beliu, bapak dahlan iskhan adalah salah satu orang yang mempunyai kesabaran,murah senyum, dan peduli terhadap masyarat kecil. saya kagum denggan anda..

    Posted by rendy galih prasetyo | 14 November 2012, 9:38 am
  270. semoga Tuhan selalu memberkati Bapak Dahlan Iskan.

    Posted by ary widodo | 27 November 2012, 10:06 pm
  271. Saya tamatan S1 ekonomi
    Pernah bekerja di perusahan besar PT.XL Axiata, namun sdh berhenti
    Saya ingin mendapat pekerjaan kembali, utk menghidupi keluarga saya.
    Mohon bantuan Pak Dahlan, menginformaskan perusahaan yg berada dibawah Pak Dahlan yg membutuhkan tenaga kerja.
    Sebelum nya, Terimakasih buat bapak, dan semoga sehat selalu

    Posted by saukani | 28 November 2012, 10:37 am
  272. Menjejak

    Posted by apasaja | 5 Desember 2012, 11:00 am
    • Saya pernah mengenal dan berteman dengan Mas Dahlan Iskan di era tahun 69-74 sebelum beliau menjadi wartawan Tempo, saat itu kami dan teman lainnya aktif sebagai Pengurus salah satu organisasi pelajar yang bernafaskan Islam. Bila sekarang beliau menjadi Menteri memang wajar karena Mas Dahlan seorang visioner dan penuh dengan gagasan.

      Posted by Haris Sabran | 12 Desember 2012, 9:48 pm
  273. gimana caranya bisa kontaklangsung pak dahlan

    Posted by lili | 24 Desember 2012, 11:43 am
  274. Kenalin Saya CATUR WICAKSONO dan sering si panggil oleh Ibu saya dengan nama SONO… Usia Saya baru 21 tahun dengan seorang puteri cantik oleh Tuhan yang baru berusia jalan 7 bulan yang saya karuniakan nama CIKA LINTANG TIRANI dan juga seorang wanita hebat yang berusia 23 tahun (NURI IKA HIDAYATI) yang tidak lain adalah Ibu dari anak saya….

    Usia saya sangat muda untuk menjadi seorang bapak tapi semangat ini terus menderu jiwa…. banyak yang bilang saya bermuka bajingan karena cover tubuh saya yang memang saya akui kurang baik,,,, tapi dari sebelum saya mengenal apa arti REVOLUSI, saya sangat ingin mengabulkan impian hidup saya….. dari saya untuk RAKYAT…. saya sangat senang mendapat gelar ANAK TUHAN, maka dari itu…. sebelum saya tiada lagi di dunia ini (entah kapan?) saya ingin mengembalikan hati nurani yang suci ini…yang telah di berikan Tuhan kepada saya untuk rakyat jelata yang kurang beruntung…. bilamana ada yang bisa membantu saya untuk menyampaikan aspirasi dan pengorbanan serta perjuangan saya untuk saudara kami yang kurang beruntung di luar sana kepada Bp. DAHLAN ISKAN….. maka akan saya jadikan saudara di dunia dan di sorga nanti… akan ku sampaikan kebaikan saudara kepada Tuhan’ku.. Amen,,,,

    Posted by CATUREVOLUSI | 25 Desember 2012, 3:26 am
  275. Kenalin Saya CATUR WICAKSONO dan sering si panggil oleh Ibu saya dengan nama SONO… Usia Saya baru 21 tahun dengan seorang puteri cantik oleh Tuhan yang baru berusia jalan 7 bulan yang saya karuniakan nama CIKA LINTANG TIRANI dan juga seorang wanita hebat yang berusia 23 tahun (NURI IKA HIDAYATI) yang tidak lain adalah Ibu dari anak saya….

    Usia saya sangat muda untuk menjadi seorang bapak tapi semangat ini terus menderu jiwa…. banyak yang bilang saya bermuka bajingan karena cover tubuh saya yang memang saya akui kurang baik,,,, tapi dari sebelum saya mengenal apa arti REVOLUSI, saya sangat ingin mengabulkan impian hidup saya….. dari saya untuk RAKYAT…. saya sangat senang mendapat gelar ANAK TUHAN, maka dari itu…. sebelum saya tiada lagi di dunia ini (entah kapan?) saya ingin mengembalikan hati nurani yang suci ini…yang telah di berikan Tuhan kepada saya untuk rakyat jelata yang kurang beruntung…. bilamana ada yang bisa membantu saya untuk menyampaikan aspirasi dan pengorbanan serta perjuangan saya untuk saudara kami yang kurang beruntung di luar sana kepada Bp. DAHLAN ISKAN….. maka akan saya jadikan saudara di dunia dan di sorga nanti… akan ku sampaikan kebaikan saudara kepada Tuhan’ku.. Amen,,,,

    CATUR_ 081231994022

    Posted by CATUREVOLUSI | 25 Desember 2012, 3:28 am
  276. Pak pramudya……saya sangat menyukai blog bapak ini karna saya juga salah satu penggemar pak dahlan, tulisan2 beliau sangat menginspirasi saya utk mewujudkan cita2 menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain dan negara.
    Terkait cita2 saya diatas pak, bisakah bapak sampaikan kepada pemerintah melalui bpak dahlan,( ini mengenai BBM), sebenarnya saya sebagai masyarakat Indonesia tdk ingin sekali membebankan pemerintah dg subsidi bbm yang sangat fantastis angkanya, tapi saya juga tdk sanggup membeli pertamax yg harga jualnya relatif mahal, karena itu bisakah bapak sampaikan kepada pemerintah agar kami masyarakat yg mempunyai keinginan utk membantu negara ini dalam mslah BBM dicarikan solusi seperti menyediakan BBM dengan harga yg relatif bsa kami jangkau mungkin kisaran Rp. 6.000 – Rp. 7.000, Menurut saya jika pilihan itu diseediakan tidak sedikit masyarakat Indonesia yang akan berpartisipasi memanfaatkan pilihan tersbut utk membantu negara ini, karena saya lihat sangat banyak masyarakat diluar sini yang peduli dengan nasib bangsa ini pak…….
    Semoga pak pramudya dapat menyampaikan isi hati kami kepada pemerintah…….thanks pak

    Posted by suci | 25 Desember 2012, 8:43 am
  277. Salam kenal pak pramudya…….terimkasih blog nya, Saya juga salah satu penggemar berat tulisan2 pak DI, tulisan2 beliau byk menginspirasi cita2 saya utk menjadi pribadi yg bermanfaat bagi orang lain dan negara.
    Terkait cita2 saya diatas pak, dapatkah bapak sampaikan kepada pemerintah melalui pak DI (ini terkait dg BBM) bahwa saya sebagai masyarakat Indonesia sudah tidak tega melihat negara yang sangat terbebani dengan subsidi BBM yg angkanya sangat fantastis, tapi kami juga tdk mampu membeli pertamax yg harganya relatif mahal, bisa gk pak dicarikan solusi seperti menyediakan Premium dengan harga utk kelas menengah Rp. 6000 – Rp. 7000. Menurut saya harga tersebut mgkn sedikit dpt mengatasi subsidi yg terlalu besar angkanya dan saya rasa banyak rakyat Indonesia yg akan memanfaatkan fasilitas tdi utk membantu negara kita tercinta ini.
    Demikian suara hati saya pak…..mdh2an usulan saya yg sama denganb menteri ESDM ini dapat d akomodir pemerintah

    Posted by suci | 26 Desember 2012, 11:04 am
  278. Nggak pernah menyerah mencari jalan dari yang lebih pintar untuk menjadi sosok yang bermanfaat bagi sekitar yang kesusahan……. satu nyawa demi seribu harapan bangsa…. NO TERROR, NO ANARKIS, NO KLAIM, NO RASIS…..

    Posted by CATUREVOLUSI | 27 Desember 2012, 10:51 pm
  279. Pak dahlan tampaknya harus tobat pada P(pencipta): Kepada Maha Pencipta atas perbuatan syirik upacara ruwatan, dan kepada Danet Suryatama pencipta Tucuxi atas kelancangan mengutak-ngatik tanpa ijin.

    Posted by afandi anwar | 6 Januari 2013, 11:28 am
  280. saluuuut buat pak dahlan, salut juga buat mas yang punya blog ini

    Posted by choirul | 7 Januari 2013, 7:58 pm
  281. Sangat inspiritif………………..Semoga smw pemimpin bisa bekerja dgn “hati.
    Izin untuk menggunakan tautan link ya..:)

    Posted by novi | 13 Januari 2013, 12:50 pm
  282. mudah2an bapak Dahlan iskan senantiasa diberi kesehatan oleh Allah swt amin

    Posted by agus | 21 Januari 2013, 10:41 am
  283. Senang bisa berkunjung ke blog yang isinya bagus ini. Semoga Pak Dahlan sehat wal afiat.

    Posted by slamet | 22 Januari 2013, 11:16 pm
  284. Sangat menginspirasi!

    Posted by Muliawan | 13 Februari 2013, 2:59 am
  285. bagus skali ngomong2 blh copas g

    Posted by Ridhwan Sii Cliquers | 16 Februari 2013, 2:28 pm
  286. Luar biasa, teknologi kedokteran dan juga semangat hidup yang tinggi. Kisah yang menginsipirasi!

    Posted by Max Manroe | 17 Februari 2013, 4:37 pm
  287. Yth,

    Pak Dahlan

    Mohon maaf bila saya salah tempat untuk mencurahkan isi hati (bingung mau mengadu kemana), terkait dengan salah satu artikel bapak di Detik mengenai Pegawai Outsourcing BUMN Gajinya Tak Boleh di Bawah UMP memang benar adanya.
    Saya adalah salah satu dari ribuan tenaga OS di BUMN yaitu PT Pertamina (Persero) benar adanya tenaga kami di tagihkan oleh pihak ke tiga lebih bahkan jauh dari UMP namun pada kenyataannya kami hanya menerima kurang lebih 40% dari nilai kontrak anatara PT Petamina (Persero) dengan PT Rekanan seperti contoh Rekanan menagihkan ke PT Pertamina sebesar Rp. 6,500,000,-/OS namun diterima OS hanya Rp. 2,500,000,- sedangkan dalam proses Tender pihak ke 3 hanya boleh mendapatkan Fee / keuntungan sebesar 8% dari nilai yang ditagihkan.

    Mohon arahan dari bapak apakah itu termasuk tindak kejahatan (korupsi) / KKN

    Kami tidak menuntut banyak dari PT Pertamina mohon agar memperhatikan Gaji kami tidak di sunat oleh OKNUM yang tidak bertanggung Jawab yang hanya memakan orang kecil seperti kami.

    Demikian disampaikan dan kami ucapkan banyak terimakasih atas perhatian bapak

    Salam,
    Outsourcing PT Pertamina (Persero)

    Posted by rendra komar | 19 Februari 2013, 4:24 pm
  288. bisakah saya mendapatkan email dari pak dahlan iskan, tolong kirim ke email saya

    Posted by retno lisiawati | 24 April 2013, 8:44 am
  289. Mohon ijin menautkan link ini ke blog saya..

    Posted by focusntb | 12 Mei 2013, 11:37 am
  290. Serem juga fotonya, namun penjelasan yang sudah diberikan sangat bagus dan menarik

    Posted by Dedi Mukhlas | 28 Mei 2013, 11:52 am
  291. sekiranya ada orang yg membutuhkan Transplantasi hub email akiatlam@yahoo.com 085770693704

    Posted by Hendrik Wijaya. sekiranya ada org yg membutuhkan Transplantasi- cangkok . hub email akiatlam@yahoo.com, | 24 Juli 2013, 3:28 pm
  292. akiatlam@yahoo.com
    kpd bp/ibu , sekiranya ada yg perlu membutuhkan Transplantasi – cangkok, hub email dan no tlp ini 085770693704

    Posted by Hendrik Wijaya. sekiranya ada org yg membutuhkan Transplantasi- cangkok . hub email akiatlam@yahoo.com, | 24 Juli 2013, 3:31 pm
  293. apkh anda puny no. Hp atw tlf bpk dahlan iskan?
    Kalo puny sya mnta tlg,sya dikash ya.
    Tlg sms aj ke no.saya 085786443339

    Posted by muhammad ghufron | 26 Agustus 2013, 3:54 pm
  294. Perkenalkan saya M. Rofik, dari perguruan tinggi negeri di surabaya untuk mengundang Pak DI menjadi pembicara seminar nasional langkah langkahnya seperti apa? Mohon arahannya terimakasih sebelumnya.

    Posted by M Rofik Agus Ali | 4 Januari 2014, 11:31 am
  295. Semangat Indonesia…!!

    Posted by Majalah Pegawai Kantoran | 5 Januari 2014, 11:13 am
  296. mengenai pak Dahlan alamat rumah trainining jurnalistik

    Posted by mardiono | 2 Februari 2014, 3:43 pm
  297. kalau mau fair dan punya etika seharusnya dahlan iskan mundur jadi menteri BUMN !
    ikut konvensi khan ?
    mosok ngelendot terus sih di BUMN… malu dong !

    Posted by sejatinyabonek | 2 Februari 2014, 7:27 pm
  298. salut buat Saudara Pramudyapu. Dahlan Iskan memang sosok yang luar biasa. sosok yang dapat menjadi teladan buat anak bangsa. semangat……

    Posted by M. Iman Santoso | 4 Maret 2014, 11:10 pm
  299. Ijin share ya Mas :)

    Posted by shema | 17 April 2014, 3:26 pm
  300. Mencari pekerjaan

    Posted by letkol purn tiur siahaan | 18 Juli 2014, 9:51 am
  301. Selamat sore bapak,
    Saya Icha nama lengkap saya Putri Ariesa. Maaf bapak apabila saya mencurahkan isi hati saya di sini. Saya tidak tahu alamat e-mail bapak. Orangtua kandung saya bekerja di perusahaan milik negara. Yang saya ingin curahkan di sini adalah ayah tiri saya. Ayah tiri saya mencurahkan puluhan tahun hidupnya untuk bekerja di Merpati sebagai pilot. Yang saat ini sedang kolaps, di penghujung akhir masa kerjanya, bahkan tak ada uang pesangon yang diberikan oleh pihak merpati. Walaupun ayah saya terlihat legowo, tapi apa seperti ini akhir yang harus diterima. Saya bangga pada ayah saya, walaupun beliau bukan ayah kandung saya. Apa yang harus kami lakukan untuk membuatnya bahagia, karena ayah saya sangat senang di pekerjaannya. Hanya kami sedih ketika harus melihat beliau seperti itu. Jujur mungkin orang awam banyak berpikiran, tentang gaji pilot yang mereka kira besar.

    Ayah saya sangat luar biasa, dgn gaji yg diterima hasil cicilan 2 kali dari merpati dalam sebulan, dia masih bisa membaginya dgn keluarga terdekat kami yang membutuhkan, membiayai uang sekolah sepupu2 saya dan banyak hal lain yang dia lakukan. Tapi apa orang luar tau,dibandingkan dengan orang kantoran, apakah mereka mengerti betapa was-wasnya kami di rumah. Ketika keluarga melepas ayahnya untuk bekerja setiap hari, yang kami lakukan harus ikhlas setiap saat beliau terbang. Suatu waktu pernah kami akan bepergian sekeluarga ke Bali, saat itu saya sedang kuliah, kakak-kakak sedang bekerja dan mama saya sedang istirahat karena semalaman jaga di rumah sakit. Ketika tetangga rumah dan Kantor tempat ayah saya mengontak keluarga untuk berdoa, karena pesawat ayah saya mengalami musibah. Pesawat ayah saya terbang dengan ban depan yang tidak lengkap. Ketika awak merpati lain mengabarkan ke ayah saya dan ayah saya berdoa “Ya Allah SWT, saya sudah janji ke anak-anak untuk mengajak mereka berlibur, maka izinkanlah saya memenuhi janji saya”.. dan syukur alhamdulillah pesawat ayah saya mendarat dengan selamat. Bahkan peristiwa itu sampai masuk ke berita karena mengangkut salah satu band ternama di Indonesia. Ketika kami sekeluarga panik luar biasa, ayah saya hanya meminta kami untuk tenang dan menunggu beliau di rumah dan mendengarkannya bercerita sendiri. Ketika ayah kami bercerita tentang musibahnya serasa ingin menangis hati ini. Kebayang kan apabila terjadi sesuatu dengan beliau, dan hal itu mengajarkan kami untuk ikhlas. Karena resiko pekerjaan beliau yang sangat besar. Bukan trauma tetapi setelah berlibur, beliau kembali bekerja.

    Bapak.. ini mungkin satu dari banyak sekali curahan hati anak-anak dari orangtuanya yang diperlakukan secara tidak adil. Dengan nyawa yang dia pertaruhkan hampir setiap hari, demi melihat keluarganya dan keluarga besarnya bahagia. Ayah saya banyak melakukan hal yang baik demi orang lain dan saya berharap suatu saat dia menerima kebaikan dari orang lain.

    Saat ini ayah saya sedang training lagi, di salah satu maskapai indonesia. Ayah saya yang sangat suka terbang. Sekalian mengobati kekecewaan yang dia terima di Merpati. Mungkin selain saya, banyak anak-anak dari pilot-pilot atau karyawan Merpati yang menangis dan sedih tanpa gaji dan tanpa pesangon. Jujur, saya sedih melihat ayah saya yang sudah sangat berumur, tetapi masih sekolah lagi dan mencari uang untuk keluarga tetapi melihat dia memang sangat suka terbang, hanya doa dari kami yang bisa kami lakukan. Doakan ayah saya sehat dalam menjalani hobby yang menjadi amanahnya. Semoga kebijakan bapak yang diambil untuk merpati, bisa menambah senyum di wajahnya.

    Terimakasih Pak

    Posted by Putri Ariesa Azmi (@Putri_ariesa) | 14 Agustus 2014, 5:30 pm
  302. Saya juga pengagum Bapak Dahlan Iskan, semoga Allah senantiasa meberikan kesehatan yang prima untuk beliau agar bisa berkiprah dgn hati dan pikirannya untuk negeri ini…

    Posted by ar syamsuddin | 26 Agustus 2014, 8:26 pm
  303. Pak Dahlan……, saya karyawan PT. Merpati Nusantara, hanya satu permohonan saya Pak….MOHON SEGERA BAYARKAN HAK-HAK KARYAWAN PT. MERPATI NUSANTARA…., itu saja pak. (pak “admin”, tolong sampaikan ke pak dahlan yak…..,thx)

    Posted by Putra | 1 September 2014, 8:37 pm

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Blognya Pak Dis « Catatan Harian Arief Mardianto - 2 November 2011

  2. Ping-balik: hope « mascholilblog - 6 November 2012

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.834 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: