>>
Anda sedang membaca ...
Catatan Dahlan Iskan, Manufacturing Hope

Sorgum, Sapi, dan Burung di Belu

Senin, 26 Agustus 2013
Manufacturing Hope 91

Pesawat militer CN 295 TNI-AU mendarat mulus di landasan yang hanya 1.200 meter yang masih berdebu di Atambua, Belu. Kabupaten yang berbatasan dengan Timor Leste. Itulah kali pertama saya naik pesawat yang sudah lama saya sebut-sebut namanya, tapi belum pernah saya rasakan terbangnya.

Cuaca pagi Atambua sangat cerah. Meski mulai menggersang, udaranya enak, tidak panas menyengat: 28 derajat Celsius. Ini berbeda dengan kedatangan saya ke Atambua lima bulan lalu. Saya harus lewat jalan darat dari Dili, Timor Leste. Itu karena mendung tebal terus menggelayut di langit Atambua sepanjang hari. Itulah hari pencanangan gerakan sorgum dengan langkah awal uji coba penanaman pertama. Hujan terus mengguyur upacara. Wah, ini pertanda akan tersendat atau justru sebaliknya, akan berkah.

Hujan itu ternyata berkah. Sabtu lalu, ketika saya ke Atambua lagi, sorgumnya sudah panen. Bagus lagi. Murid-murid SMK Atambua dan SMK Kupang juga sudah bisa memamerkan semua peralatan buatan mereka: pemerah batang sorgum untuk jadi gula, perontok biji sorgum, penyosoh, alat destilasi bioetanol, pencacah ampas, mixer pupuk, dan seterusnya.

Ini hasil dari pendidikan dua bulan di Jakarta. Anak-anak SMK itu memang dikirim ke Jakarta untuk melakukan reverse engineering. Dengan demikian, Atambua tidak bergantung pada alat-alat impor atau buatan pabrik. Mereka bisa bikin sendiri. Dan kalau rusak, bisa memperbaiki sendiri. Tidak akan terulang cerita lama: Bantuan peralatan untuk pedesaan kebanyakan tidak berfungsi karena begitu rusak tidak tahu cara memperbaikinya.

Bupati Belu Joachim Lopez tidak hanya gembira karena sorgumnya sudah panen, tapi lebih gembira lagi karena telah terjadi perubahan cara berpikir petani. Itu yang dia ucapkan di panggung. Bupati Belu memang lagi ingin mengubah pola pikir masyarakatnya.

Lopez berhasil mengubah adat lama yang sangat menghambat upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. Misalnya adat kematian. Bupati mengeluarkan peraturan baru: Orang meninggal harus segera dikubur. Paling lama dua hari. Tidak boleh lagi mayat ditahan sampai seminggu. Apa hubungannya dengan ekonomi?

“Kalau mayat ditahan selama tujuh hari, berarti ada tujuh sapi yang dipotong,” katanya. Itu berarti upaya mengembangkan ternak sapi hanya habis dibuat pesta. Apalagi, banyak juga yang sampai berutang untuk membeli sapi itu.

Apa sanksi bagi yang menahan mayat lebih dari dua hari” Jelas: Tidak akan ada pendeta yang datang untuk memberkati pemakamannya. Untuk itu, Bupati Lopez minta dukungan Keuskupan Atambua. Uskup setuju. Kini setiap ada kematian, maksimum hanya dua sapi yang dipotong.

Demikian juga saat banyak sapi memangsa tanaman muda sorgum. Bupati bikin kesepakatan dengan masyarakat adat. Ketua adat pun membuat keputusan: Kalau ada sapi yang masuk ke ladang sorgum, sapinya boleh dipotong. Sejak itu, tidak ada lagi tanaman sorgum yang rusak. Pernah terjadi satu sapi lolos ke ladang sorgum. Ketua adat benar-benar memutuskan untuk memotong sapi itu. Aman.

Setelah sorgumnya berbuah, muncul ancaman baru. Kali ini masyarakat adat tidak mungkin lagi bisa mengatasi: serbuan burung! Ribuan burung datang bertengger di pucuk sorgum! Sambil mematuk-matuk.

Saya terpikir, kinilah saatnya minta bantuan mahasiswa. Terutama fakultas pertanian dan elektro. Merekalah yang kini harus menemukan cara mengatasi burung. Yang bisa menemukan ide yang realistis-aplikatif akan saya beri hadiah.

Dirut PT Batantekno Dr Yudiutomo Imardjoko yang ahli nuklir terkemuka di dunia itu (termasuk ahli nuklir untuk tanaman dan makanan) akan mengumumkan di website PT Batantekno (www.batantek.com) detail sayembara tersebut.

Batantekno sendiri akan mencoba berbagai ilmu dan teknologi yang mereka kuasai, namun siapa tahu ada mahasiswa atau dosen yang memiliki ide yang lebih baik.

Batantekno memang ditugasi untuk mengurus sorgum di NTT sebagai bentuk pengabdian untuk daerah miskin. Dananya berasal dari PT Pertamina, PT Askes, dan beberapa BUMN lain. Tapi, teknologi dan manajemennya diserahkan ke Batantekno.

Saya salut dengan kegigihan tim Batantekno ini. Dr Yudiutomo, yang pada umur 35 tahun sudah dipanggil Kongres Amerika Serikat untuk mempertanggungjawabkan penemuannya di bidang nuklir, ingin menuntaskan soal sorgum ini.

Waktu itu Yudi ikut mengajukan rancangan teknologi penyimpanan sampah nuklir yang bisa bertahan sampai 10.000 tahun. Karena dianggap hebat, Yudi dipanggil kongres. Dia diminta memaparkan penemuannya. Akhirnya, Yudi terpilih masuk tiga terbaik rancangan penyimpanan sampah nuklir di AS. Tiga-tiganya disetujui untuk diikutkan tender di masa yang akan datang.

“Disertasi doktor saya di AS memang soal penyimpanan sampah nuklir,” kata Yudi.

Kini Yudi dan Batantekno dipercaya oleh perusahaan nuklir AS untuk merancang reaktor nuklir buat kedokteran di sana. Saya pun mengizinkan Batantekno untuk membuat perusahaan patungan dengan perusahaan nuklir AS.

Waktu saya meninggalkan Atambua untuk ke Rote, Flores, dan Bali, Yudi masih tinggal di Atambua. Setelah panen sorgum ini, dia masih harus menuntaskan model bisnisnya. Agar keberlanjutan proyek sorgum ini lebih terjamin.

Di Rote saya juga bertemu dengan seorang bupati yang hebat: Lens Haning. Dia juga berhasil mengubah kebiasaan yang menyulitkan pengembangan ekonomi masyarakatnya. Dia keluarkan peraturan baru: Upacara-upacara adat hanya boleh menyembelih satu ekor sapi.

Rakyat bisa menerima aturan baru itu. Terbukti, Haning terpilih lagi untuk periode kedua. Tinggal menunggu pelantikannya.

Bupati Haning juga punya tekad lain: Saya sanggup mengeluarkan daerah ini dari status daerah tertinggal kalau pemerintah pusat membangunkan tiga bendungan irigasi di Rote. Biaya masing-masing hanya sekitar Rp 15 miliar!

Begitulah! Harapan, hope, dan optimisme bisa muncul di mana-mana dan dari siapa saja, dengan berbagai jabatannya. (*)

*) Dahlan Iskan, Menteri BUMN

About these ads

Diskusi

129 thoughts on “Sorgum, Sapi, dan Burung di Belu

  1. …..Semangat pagi Indonesia…

    Posted by yuni | 26 Agustus 2013, 5:29 am
    • numpang pertamaxnya mba! salut untuk pak dahlan iskan! semangat pagi….!

      Posted by wahid | 26 Agustus 2013, 5:43 am
      • bosan ah.

        Posted by bosanbasi | 26 Agustus 2013, 6:18 am
        • he he ni……BOSANBASI hidup gak punya hope samasekali….gak ada semangat hidup

          Posted by Mustahil | 26 Agustus 2013, 6:56 am
          • mana bandara kuala namu yang dulu dibangga2kan dahlan iskan… ternyata bobroknya minta ampunN!

            Setiap barang yang diangkut oleh maskapai penerbangan menuju Kuala Namu, baru 2-3 jam sampai ke lini 1 (gudang kargo) yang ditangani oleh PT Gapura Angkasa (anak perusahaan PT Angkasa Pura I dan Garuda Indonesia).

            Kemudian setelah sampai ke lini 1, barang ditumpuk digudang kargo dalam negeri. Barang yang masuk dan keluar menyatu, sehingga menyulitkan porter untuk mencari barang yang masuk dan yang akan dikirim keluar Kuala Namu.

            Penanganan di lini 2, juga dikendalikan oleh PT Kargo Logistic (anak perusahaan PT Angkasa Pura I dan Kopkar Karyawan Angkatan Udara). Setiap mengimput barang di lini dua, harus memberikan upeti kepada petugas komputer minimal Rp10.000 agar barang dicek apakah sudah masuk ke lini 1 (gudang kargo). Kalau sudah masuk, pemilik barang, harus memberikan uang tip kepada porter minimal Rp5.000 agar barangnya bisa keluar dari gudang kargo.

            Paling menyebalkan, kata berbagai kalangan untuk mengeluarkan mayat dari gudang kargo harus bayar dan diperiksa oleh dokter yang ditunjuk oleh PT Kargo Logistic. Surat kematian yang dibawa keluarga dari luar kota mengenai keterangan mayat yang dibawa sama sekali tidak memiliki arti di Kuala Namu. Tentu mengeluarkan dan memeriksa mayat kembali dikenakan biaya yang tidak kecil.

            http://liputanbisnis.com/2013/08/27/dahlan-iskan-evaluasi-pelayanan-kargo-knia-amburadul/

            Posted by payah_iscan | 27 Agustus 2013, 7:30 am
          • Bandara Kualanamu bagaimanapun juga tetap kebanggaan kita. Terluas di Asia Tenggara lho. Teman saya yang anti Dahlan Iskan saja akhirnya mengakui Kualanamu hebat, berarti Dahlan Iskan juga hebat. Hidup Presiden kita!!!!

            Posted by apasaja | 28 Agustus 2013, 2:16 pm
          • Lah…dari link yang bang Payah_Iscan sampaikan itu sudah jelas bahwa dengan masalah yang ada dan sampai ketelinga beliau, langsung ditindak lanjuti dengan membentuk tim untuk mengatasi permasalahan tersebut. Satu lagi kecepatan response yang sangat baik dari pak Dahlan Iskan terhadap permasalahan yang terjadi..

            Posted by Ardian | 30 Agustus 2013, 11:05 am
        • Aku cuma heran, berarti anda selama ini BASI…….

          Posted by fath | 26 Agustus 2013, 10:33 am
          • Teman-teman yang terhormat,

            Mari kita sampaikan aspirasi kita, usul kita secara pribadi kepada Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, agar beliau mempertimbangkan/menjadikan Pak Dahlan Iskan menjadi calon Presiden dari Partai Demokrat. SMS center SBY adalah 9949 ingat ya 9949 dan jangan takut untuk sms, ingatlah beliau dahulu membuka keran itu untuk menerima aspirasi dari rakyatnya. Saya sudah beberapa kali kirim sms ke SBY via 9949.

            Kirimkan sebanyak-banyaknya rakyat indonesia yang menghendaki kemajuan negara kita. Integritas dan Antusias. Presiden adalah takdir Allah. Semoga dengan kita kirim sms aspirasi ke Bapak SBY, menjadi jalan takdir untuk Pak Dahlan Iskan menjadi Presiden RI 2014~2019. Semoga itu menjadi salah satu kontribusi besar Bpk. SBY Demi Indonesia. Demi Indonesia Bismillah…

            Salam hormat,
            bonzo – jakarta barat

            REFERENCE :

            http://finance.detik.com/read/2012/11/27/141356/2102691/4/sby-banyak-dapat-sms-soal-demo-buruh-dan-dahlan-iskan

            SBY Banyak Dapat SMS Soal Demo Buruh dan Dahlan Iskan

            Wahyu Daniel – detikfinance
            Selasa, 27/11/2012 14:18 WIB

            Jakarta – Selama periode 16 Oktober-31 Oktober 2012 Presiden SBY banyak mendapatkan aduan dan tanggapan lewat SMS soal demo buruh dan soal tindakan Menteri BUMN Dahlan membersihkan BUMN dari kongkalikong anggaran dengan DPR.

            Staf Khusus Presiden selaku Pengelola SMS dan PB BOX 9949 JKT 10000 Sardan Marbun mengatakan, unjuk rasa buruh diharapkan dilakukan dengan tujuan untuk meluruskan hal-hal yang dinilai tidak benar, sehingga unjuk rasa dilakukan dengan baik. Sardan meminta agar aksi demonstrasi tidak memaksa dan mengganggu produksi sebuah perusahaan.

            “Pemaksaan serta dampak buruk terhadap produksi perusahaan merupakan hal yang perlu dihindari. Di lain pihak, kesejahteraan buruh perlu disesuaikan dengan kondisi yang memadai dengan UMR sekitar Rp 2 juta,” kata Sardan dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, Selasa (27/11/2012).

            Selama kurun waktu 16-31 Oktober 2012, pihaknya telah menerima 1.930 pengaduan masyarakat.

            Selain soal buruh, pernyataan Menteri BUMN Dahlan Iskan terkait adanya oknum anggota DPR yang melakukan praktik kongkalikong dan meminta jatah kepada sejumlah BUMN memunculkan aduan dari masyarakat kepada SBY.

            Secara keseluruhan terdapat 118 SMS (91,47%) yang mendukung Dahlan Iskan dan 11 SMS (8,53%) menentang. Contoh SMS yang mendukung: “Bpk. Presiden harap Menneg BUMN tetap dapat dipertahankan, jangan BUMN dijadikan sapi perah oleh oknum anggota dewan”.

            Sementara SMS yang menentang: “Tindakan Dahlan Iskan tidak mencerminkan sikap pejabat, justru melemahkan lembaga negara, sepantasnya pejabat macam itu diganti yang lebih bermoral.”

            Dikatakan Sardan , dengan diterimanya 1.930 pengaduan masyarakat, maka sejak Juni 2005 saat mulai Kabinet Indonesia Bersatu II hingga 14 November 2012, SBY telah menerima 3.406.275 SMS dan 113.344 pucuk surat melalui PO BOX 9949 JKT 10000.

            (dnl/ang)
            ————————————-

            Menurut gue, ini adalah gerakan aksi, gak cuma basa-basi, gue gak peduli apa kata orang, itu didepan mata ada saluran yang bisa kita gunakan.., kenapa tidak!!! Teman-teman, mungkin dengan kita kirim SMS ke SBY, anggaplah itu merupakan sedekah Rp. 350 pulsa kita, dengan itu semoga menjadi pembuka jalan Bpk. Dahlan Iskan untuk Indonesia Presiden 2014~2019.

            Kita mungkin bukan siapa-siapa, yang mungkin belum bisa berbuat apa-apa untuk Indonesia, kita disini hanya bisa bicara, menganalisa, atau bahkan beretorika, namun hanya sebatas itu saja. Jadi menurut gue beliaulah yang bisa, melalui Bpk. SBY dan Bpk. DI, kami titipkan masa depan kami dan negeri ini, dari sabang sampai merauke (Lyric lagu Bang Iwan).

            Satu SMS dari kita DEMI INDONESIA.. BISMILLAH…

            Salam hormat,
            bonzo – jakarta barat

            —————————————————————————
            Kepada KELUARGA BESAR http://dahlaniskan.wordpress.com & http://www.facebook.com/groups/dahlaniskangroup/

            Ayo dong mulai promosi, ayo kita semua promosi ke keluarga besar kita, ke teman-teman kita, ke lingkungan kita, ke semuanya tentang Pak Dahlan Iskan Presiden 2014~2019.

            Ane sendiri di kantor promosi banget ke teman-teman kantor dan lingkungan rumah tentang Pak Dahlan Iskan. Sampai-sampai jika ada yang nyebut nama Dahlan Iskan, semua me_refer_nya ke ane

            Ayo dong bantu bergerak, sekecil apapun promosi kita ke orang lain, semoga Insya ALLAH jadi jalan takdir Pak Dahlan Iskan Presiden 2014~2019 DEMI INDONESIA BISMILLAH…

            Salam hormat,
            bonzo – jakarta barat

            Posted by bonzo | 26 Agustus 2013, 10:40 am
          • bagus anda mengkritik habis habisan……tetapi lebih bijak bila anda juga memberi alternatif solusi. kalau anda hanya mengkritik (lebih tepatnya mencibir…..anda tidak lebih dari tong kosong berbunyi nyaring)

            Posted by haeny | 27 Agustus 2013, 8:20 am
          • Klarifikasi :
            1. Bahwa di bandara Kualanamu sekarang belum ada Gudang lini 2, masih dalam tahap persiapan.
            2. Sejak awal operasi Gudang Gapura, tidak pernah ada fakta barang inbound bercampur barang outbound.
            3. PT. Kargo Logistik, anak perusahaan Angkasa Pura II dengan Kopkar TNI – AU tidak ada wujudnya di Bandara Kualanamu. Barangkali ada di tempat atau bandara lain?
            4. Pemerasan Rp 10.000 untuk entry data Gudang Lini-2 ke Gudang Lini-1 tidak jelas informasinya dan perlu klarifikasi tentang hal ini.
            5. PT. Gapura Angkasa menurunkan tim penuh dan lengkap yang sekarang sedang bekerja keras, dengan target memperbaiki pelayanan di Cargo Domestik agar lebih profesional dan mampu memproses barang lebih cepat.

            Posted by Heru Legowo | 27 Agustus 2013, 8:40 pm
          • @Kakak Payah Iscan..
            Sudah ada langkah “positip” harus Kita syukuri-bersama dan klu baru pindah ada kekurang sempornaan ya..
            harus Kita maklumi bersama..sambil pelan2 Kita perbaiki semua…
            Insya Allah,nanti2 tentu akan lebih baik (lebih semporna).Txqu Kaka, Payah.
            Semangat-Optimis selalu, bersama DAHLAN ISKAN..

            Posted by N. SORRI.. | 29 Agustus 2013, 10:22 pm
        • bosan tapi nungguin pertamax… ngefans ya… hehehe

          Posted by PUTU | 26 Agustus 2013, 6:56 pm
        • Bosanbasi ini komentator detik khusus untuk berita Dahlan Iskan dia pasti bagian komentar negatif, namanya Basahbasi kalau disana.

          Posted by newsfeed | 27 Agustus 2013, 8:12 pm
          • Anda jeli….
            Tapi anda mestinya bisa memahami kegalauan kami….
            Kalau Dahlan Iskan sampai ikut konvensi, apalagi kalau nanti sampai mnjadi Capres dari PD, dapat dipastikan upaya kami dan calon Capres lainnya semua akan sia2.
            Padahal sdh berapa banyak biaya yg telah kami keluarkan selama ini…

            Posted by KeringBasi | 28 Agustus 2013, 7:03 am
          • itu pitnah.. bosanbasi nyaris tidak pernah menulis komentar di detik, karena hampir selalu ditolak admin detik, xixixi..

            Posted by newsfood | 28 Agustus 2013, 7:26 am
    • benceng ah. pertamax
      salamat pagi indonesia
      salam Demi Indonesia
      Kerja..Kerja..Kerja….

      Posted by supriyadi | 26 Agustus 2013, 5:46 am
    • ABAH DAHLAN SEMOGA DIPARINGI SEHAT TERUS YA, INDONESIA MASIH BUTUH BAPAK SELAMANYA, IDE NYA, CEKATANNYA, TANGGAPNYA, KRITISNYA, SEMANGATNYA, LOYALNYA, DUKUNGANNYA, MOTIVASINYA, DSB. SEMOGA TULISAN BAPAK MENGINSPIRASI JUTAAN ORANG INDONESIA.

      Posted by heruprasetyo | 26 Agustus 2013, 7:28 am
    • Yes.. DAHLAN ISKAN for President Indonesia 2014.. Kami Relawan Militan Siap Mendukung untuk Kemenangan Pak Dahlan..

      Posted by Goodiskon (@goodiskon) | 26 Agustus 2013, 11:12 am
    • Semoga Sehat dan Selamat Selalu Buat (Ambo'(bhs bugis) =Bapak) Dahlan Iskan, atas trobosan-trobosannya untuk negeri tercinta, Rakyat Indonesia sangat membutuhkan type Pemimpin seperti Beliau.

      Posted by Hariyadi Ibrahim | 27 Agustus 2013, 12:51 pm
    • dimana saya bisa dapat sorgum?

      Posted by fatkhul | 9 Oktober 2013, 10:39 pm
  2. Absen dulu…
    Baca belakangan..
    Emang Abah DI selalu menginspirasi…
    Salutt…

    Posted by iwan | 26 Agustus 2013, 5:30 am
  3. pertamax

    Posted by @ndokaja | 26 Agustus 2013, 5:30 am
  4. Maju terus indonesia….

    Posted by anas | 26 Agustus 2013, 5:43 am
  5. mantapppppp…..

    Posted by masnawie | 26 Agustus 2013, 5:44 am
  6. Tulisan yang selalu membawa optimisme, Indonesia adalah negara besar dan kaya raya, sampai2 seorang pejabat korea mengatakan “Indonesia adalah raksasa yang tertidur”. dan harapan saya Pak DI adalah orang yang akan membangunkan sang raksasa sehingga aumannya akan menggelegar ke seluruh antero dunia

    Posted by Mahmud Ibnu Ja'far | 26 Agustus 2013, 5:48 am
  7. “Harapan, hope dan optimism bias muncul dimana-mana dan dari saiapa saja dengan berbagai jabatannya” penutup yang menyemangati dari mentri, bupati, para petinggi dan kita semua yang akan mengubah wajah negeri.
    Dahlan Iskan = Prdouk Bermutu Indonesia.

    Posted by Widodo Puji | 26 Agustus 2013, 5:50 am
  8. Alhamdulillaah …. semakin banyak cahaya memancar dari segala penjuru nusantara …. SAYA SANGAT SETUJU : KALAU YANG DI ATAS BERES …. MAYORITAS BAWAHANNYA JUGA AKAN BERES ….. dan …. ITULAH yang dilakukan bung DIS. Istiqomah selalu bung !!…. Semoga Allah SWT senantiasa membimbingmu ke jalan yang di Ridloi-NYA. Amin

    Posted by zauhar | 26 Agustus 2013, 5:54 am
  9. Pertama tumbuhkan semangat dan harapan baru kerja kerja kerja tentunya dengan taktis, terorganisir, dan sistematis dan mengubah/ merombak adat dan kebiasaan yang kontraproduktif menjadi lebih produktif di segala bidang..hasilnya tumbuh dan kembangnya kebanggaan bangsa. Inilah yang dibangun om DIS, semoga selalu diberikan kesehatan dan konsistensi untuk melaksanakannya..

    Posted by muklisin | 26 Agustus 2013, 5:54 am
  10. sangat tahu kebutuhan dan kapasitas yg pas untuk memperbaiki permasalahan rakyatnya… insyaallah JADI……

    Posted by bandung bondowoso | 26 Agustus 2013, 6:06 am
  11. BUPATI HEBAT = EKONOMI, KESEHATAN DAN PENDIDIKAN MENINGKAT
    JANGAN SEPERTI WAKIL RAKYAT KEPARAT
    YANG BISA MENGHABISKAN UANG RAKYAT
    YANG HANYA BERKOAR-KOAR SAAT KAMPANYE UNTUK MEMIKAT HATI MASYARAKAT
    UNTUK PARA PEJABAT YANG MASIH BANGSAT,
    SEGERALAH BERTOBAT
    JANGAT JADI ORANG PENGHIANAT
    AGAR NDONESIA SEMAKIT DAHSYAT
    SIKAT!

    Posted by CAK WAFIQ | 26 Agustus 2013, 6:08 am
  12. Sukses abah

    Posted by ali wahyudi | 26 Agustus 2013, 6:15 am
  13. Setuju mas Iwan.

    Semoga dengan kiprah Abah DI, kesejahteraan bisa dinikmati secara merata di seluruh wilayah Indonesia meskipun itu daerah terpencil.

    Berkaitan keinginan abah DI yang maju ke Konvensi Demokrat, semoga para SESEPUH dan SILENT RIDER di blog ini bisa kembali MUNCUL, MERAMAIKAN blog ini, sebagai salah satu bentuk dukungan untuk beliau.
    Bukankah dulu komen diblog ini bisa tembus 1000?

    Selamat berjuang Dismania, Dahlanis.
    Are You ReDI ?

    Posted by Wanto Kdr | 26 Agustus 2013, 6:18 am
    • setuju mas wanto , dimana sesepuh dahlanis, apa sibuk ngurus persiapan p.Dis u RI 1 di 2014 ? hari2 gini kok melempem ya padahal abah semakin semangat. para dahlanis semangatnya jangan kalah sama abah, malu dong sama beliau !!!

      Posted by theo | 26 Agustus 2013, 6:55 am
      • Setahu saya yang di dumay semuanya bergerak ekspansi ke kompasiana, facebook, detik, twitter, kaskus,merdeka, politicawave, dll. Di sini relatif aman, paling sebiji doang yang bosan dan basi. Di luaran masih perlu banyak yang diberi pencerahan, dikenalkan prestasi Abah, ato dicounter issue negatifnya, seperti yang biasa kita lakukan di sini. Ayo Sahabat DahlanIs, TRenDI, DISMANIA, Dahlanistic bukan Fatin, ikutaaaan!!!!!!! More volunteer, more power. Abah ga pake timses soale. Luv U All. GBU All (Ala W. Ning).

        Posted by apasaja | 26 Agustus 2013, 11:03 am
        • Ternyata penghuni lama disini sudah menyebar kemana-mana menularkan Virus positif Abah Dahlan Iskan Siiiiip. dan untuk mengcounter issue negatif

          Posted by CAK YADI | 27 Agustus 2013, 9:50 am
          • Betul, kalo tidak ekspansi ya pengenalan masyarakat tentang Abah akan segitu aja. Kita punya 8 bulan semoga Abah bisa kita hantarkan jadi presiden. Jika tidakpun, usaha kita insya Allah menghasilkan semangat optimisme dan kemajuan bangsa yang lebih baik bagi masyarakat, mengalahkan derasnya arus pesimisme di sekitar kita. Oya sudah pada ngisi formulir ReDI beluuummm? Relawan Demi Indonesia ….

            Posted by apasaja | 28 Agustus 2013, 2:09 pm
  14. Luar biasa! Ketika ada masalah bahwa 100 % gandum di Indonesia adalah impor, Pak Dahlan coba mendorong pengembangan Sorgum. Ia libatkan para ahli, dari kalangan akademisi. Akademisi, yg dulu tidak bisa berbuat karena tidak didukung pemerintah, tapi sekarang dilibatkan BUMN, bukan hanya soal konsep saja, tapi bersama2 Batantekno membangun kebun Sorgum. Pak Dahlan serius dengan ini, lima bulan lalu ia datang ke Atambua untuk ikut menanam. Kini datang lagi, untuk ikut memanen.

    Posted by Dedy Armayadi | 26 Agustus 2013, 6:22 am
  15. Wah Mantep banget, idenya bisa diterapkan di mana saja.
    Wis Pakde, dadi Presiden wae,…

    Posted by Yanto ( Lurah Sastro ) | 26 Agustus 2013, 6:35 am
  16. Mantaph!
    “Begitulah! Harapan, hope, dan optimisme bisa muncul di mana-mana dan dari siapa saja, dengan berbagai jabatannya”.
    Semangat pagi semuanya.

    Posted by msodikvip | 26 Agustus 2013, 6:36 am
  17. Abah DIS semoga semua niat baiknya terwujud semua utk negara, dilancarkan dibantu didukung tanpa banyak aral dan kalau bisa dengan tidak merugikan siapapun. Jabatannya, jadi apa sajalah, yang penting Abah DIS ridho, orang-orang ridho, dan Tuhan meridhoi apa yang diamalkan. Bismillah, JADI…!

    Posted by mujiburo | 26 Agustus 2013, 6:52 am
  18. Klo blio jadi presiden, nanti enak donk. Jika kunjungan / sidak tak perlu pake’ patwal. Opo iyoo yoo ????

    Posted by Kang Chip's | 26 Agustus 2013, 7:02 am
  19. . . .persaingan dunia semakin hebat ya

    Posted by muhammad saifullah | 26 Agustus 2013, 7:09 am
  20. semangat ραgι.
    semoga penemuan2 ∂άn prestasi positif yang ada dalam setiap manufaktur hope dapat d tayangkan dlm pemberitaan televisi. agar dapat
    memotivasi pemuda untuk
    berkarya yg bermanfaat.
    karena kebanyakan yang muncul dlm
    pemberitaan adalah kasus2 yang kurang
    baik.

    Posted by setya waskita | 26 Agustus 2013, 7:15 am
  21. absen dlu…

    Posted by msyatno | 26 Agustus 2013, 7:46 am
  22. KEJAR HARGA DIRI BANGSA BERSAMA DAHLAN ISKAN!!!!!!!! KONVENSI! KONVENSI! KONVENSI!!

    Posted by @sure_rip | 26 Agustus 2013, 8:06 am
  23. Puisi dari Manihot Ultissima
    Buat sahabatku pemimpinku

    Tak tahu apalagi yang belum kutulis tentangmu
    Kagum saja bahkan kini tak bermakna
    Suka saja bahkan kini tak berguna
    Cinta saja bahkan kini tak berharga
    Semua yang tentangmu terbukti sudah
    Engkau Tegas, benar..
    Engkau sederhana, ya…
    Engkau merakyat, ya…
    Engkau Visioner, Bener…
    Engkau jujur, fakta..
    Lalu apalagi..?? semua terbukti pasti tak perlu skripsi apalagi disertasi

    Posted by Manihot Ultissima | 26 Agustus 2013, 8:07 am
  24. absen bos, semagat pagi indonesia,………. kerja kerja kerja …..

    Posted by satria madang dolan | 26 Agustus 2013, 8:10 am
  25. Diambil dari Kompasiana.

    NEW HOPE, Berlarilah !!

    Saya Johan Yan, anda tidak perlu mengenal saya, tetapi anda perlu mengenal seseorang yang akan saya ceritakan ini, saya memiliki pengalaman yang sangat kuat terhadap sosok Dahlan Iskan, saya ingat waktu itu tahun 2009, pada waktu itu beliau baru selesai menjalani operasi ganti hati, saya sangat menyadari waktu itu beliau sangat rentan sekali, makanan dijaga, tidak boleh kondisi lelah, bahkan seiingat saya beberapa pendamping yang kebetulan berposisi dekat dengan beliau harus menggunakan masker sebab kondisi yang sangat rentan terhadap penyakit.

    Saya terharu ketika pertama kalinya berjumpa dengan beliau, untuk meminta beliau membuka konggress motivasi terbesar di Asia tenggara, pada waktu itu, belum ada korporasi atau orang yang tertarik dengan dunia motivasi, itu konggress motivasi pertama yang melibatkan 518 direktur dan 4073 manager, memecahkan 6 rekor muri dalam 3 tahun berturut turut. Beliau menyanggupi dengan “anggukan kepala dan senyuman” yang sampai saat ini tidak akan pernah dapat saya lupakan. “Anggukan kepala dan senyuman” yang sangat sederhana, Ya Pak Dahlan itu sangat sangat sederhana orangnya

    Saya tidak pernah membayangkan di acara yg luar biasa tersebut ada momentum yang sangat mengharukan terjadi,…. Ditengah tengah dentuman musik motivasi ratusan ribu watt yg hingar bingar, bentangan layar LED puluha meter dan panggilan MC yang menggelegar untuk mengedifikasi beliau, tiba tiba suasana hadirin berubah menjadi Haru dan hening, ….. Dari kejauhan kami dengan mata berkaca kaca melihat Pak Dahlan lari sambil tersenyum menahan sakit,…., sayub sayub terdengar para ibu yang histeris “Ya Allah, Ya Allah,” saya mencari sumber suara, Ya Tuhan kami sangat terharu sekali sebab kami tahu kondisi beliau waktu itu masih pemulihan dan tidak memungkinkan beliau untuk berlari, beberapa detik kemudian kami di kagetkan tepuk tangan “standing ovation” yang luar biasa, beberapa direktur dan manager terlihat tidak kuasa menahan haru,…. Itu bukan kotbah yang indah, tetapi apa yg terjadi menggugah emosi kami, ini sesi motivasi terbaik sepanjang masa!.

    Sesampai di panggung kehormatan, beliau memulai pidatonya dengan senyum dan berkata “seharusnya saya tidak diijinkan dokter untuk berlari seperti tadi, tetapi saya lakukan untuk anda semua,… ” Saya benar benar terharu, sejak itu ada didalam hati saya bahwa dihadapan saya adalah seorang pemimpin besar!, seorang pemimpin yang rela lakukan apa saja untuk memotivasi siapapun disekitarnya.

    “Perusahaan tidak akan maju kalau karyawannya tidak bergairah, ayoooo bergairahlah dalam bekerja, ayooo kerja kerja kerja untuk Indonesia” kata kata itu tidak akan pernah aku lupakan, itu pidato paling bersejarah dari seorang “motivator muda” !! Apa ini karena beliau (dengar dengarnya) memakai “hati” anak muda? Walahualam.

    Itu sesi yang sangat bersejarah, saya katakan demikian, karena sesi itulah, kami dapat melanjutkan tradisi konggress motivasi hingga memecahkan 6 rekor MURI dalam 3 tahun berturut turut. Pada akhir sesi saya benar benar dipermalukan kembali oleh beliau, ketika saya menyodorkan “Persembahan kasih” kepada beliau, dengan “anggukan kepala dan senyum” yang sama beliau menolaknya. Saya tidak berani mencoba dan memaksanya kembali sebab saya melihat ada api motivasi di mata beliau yang menjelaskan semuanya.

    Selang seminggu saya mengirim sebuah foto untuk bapak Dhalan iskan setinggi badan dan bertuliskan “NEW HOPE” saya tidak tahu mengapa saya menulis “NEW HOPE” di foto tersebut yang saya tahu,… Ketika melihat beliau berlari sambil memegang luka operasi “ganti hati” berlambang mercy di tubuhnya,… Itu benar benar mengispirasi dan saya tahu “Indonesia ada harapan baru”

    mungkin seperti kebanyakan orang yang dirasuki pemberitaan media lebih dari 8 jam sehari tentang politik dan keputusasaan, kita terpaksa menyimpulkan bahwa politik itu penuh dengan kebohongan atau partai itu tidak ada yang jujur atau apalah, ya saya setuju itu.

    Ya saya pun tahu dan saya setuju banyak pemimpin yang mengobral janji ketika hendak dipilih, tetapi yang saya tahu tidak ada diantara mereka yang berani mengambil resiko antara hidup dan mati atas kesehatannya demi sebuah motivasi dan harapan baru, tidak ada yg berani berlari ke panggung kehormatan sementara dia sadar apa yang dilakukan adalah beresiko kematian. Itulah Dahlan Iskan, “Pak Dahlan apa yang ada dihati anda waktu itu? Mengapa?” Pertanyaan itu masih ada dan tidak pernah terjawab sampai hari ini.

    Tahun lalu saya mendapat penghargaan dari sebuah organisasi kepemudaan Perserikatan bangsa bangsa, diatas mimbar kehormatan itu, saya pun berkata dalam hati yang terdalam “saya berhutang budi kepada Pak Dahlan” sebab mungkin beliau tidak sadar walau saya sorang motivator, saya mendapat api motivasi dan harapan pertama dari beliau.

    Dahlan itu Guru, tanpa kelas, Dahlan itu Teladan, tanpa bicara, kini siapapun akan bangga menyebut diri DAHLANIS, semua akan bangga menyebut diri Murid dari pahlawan berbaju putih ini

    Sore ini saya merenung ketika menulis surat ini, apakah “NEW HOPE” kata kata yang saya ukir 4 tahun lalu itu, sebuah nubuatan atau ramalan atas bangsa ini?, saya percaya ada “harapan baru DEMI INDONESIA”, terima kasih Abah Dahlan Iskan, sekarang BERLARILAH diluar panggung kehormatan DEMI INDONESIA, agar Indonesia tahu, agar indonesia memiliki harapan baru. Berlarilah pahlawanku, pahlawan berbaju putih.

    Salam dari saya

    Johan Yan

    Posted by Radiya | 26 Agustus 2013, 8:19 am
    • Luar biasa testimoni dari pak Johan….menambah optimisme, rasa bangga dan semangat untuk DEMI INDONESIA..

      Posted by Ardian | 26 Agustus 2013, 10:19 am
    • Saya menangis baca ini. Dengan penuh harap pada YMKuasa, saya berdoa semoga beliau jadi pemimpin kami .. Amin YRA. Hidup Dahlan Iskan!!!!

      Posted by apasaja | 26 Agustus 2013, 10:43 am
    • Hebat pak Johan Ya …. kata kata anda membuat saya terharu… tak kuasa menahan air mata saya… ternyata anda yang seorang motivator pun menyebut Pak DI sebagai ” api ” nya motivator sehingga membakar anda…. sungguh besar jasamu Pak DI… saya semakin mantappppppppp dengan Pak DI…hidup INdonesia…. hidup DI

      Posted by Suhardi | 26 Agustus 2013, 1:14 pm
    • Sudah dua kali baca…tetap gak bisa menahan air mata
      Smoga Allah SWT mengabulkan doa Dahlanis untuk menjadikan Pak Dahlan Iskan memimpin Indonesia dan membawa Indonesia menjadi negara dg ekonomi yg kuat dan mandiri
      Memimpin Asia
      DEMI INDONESIA…….
      Amin

      Posted by NOENG | 26 Agustus 2013, 4:17 pm
    • setuju 1000% kalo abah adalah motivator terhebat di Indonesia, sederhana, penuh semangat dan dedikasi pada republik ini. hidup “KEDUA” beliau telah di serahkan/wakaafkan u bangsa ini. Abah , jadikan bangsa ini MERDEKA seutuhnya dgn menjadi RI1 di 2014. Saya yakin bangsa lain akan gentar dengan sepak terjang beliau. Semoga di beri selalu kesehatan yang prima demi KEMERDEKAAN YANG KEDUA. Hantar beliau ke kursi RI1, maka anda turut mewariskan kemakmuran vbagi anak cucu kita. MERDEKA salam dahlanis

      Posted by theo | 26 Agustus 2013, 6:33 pm
    • Seorang pemimpin sejati MENJAWAB TIDAK SELALU DENGAN KATA-KATA….anggukan dan senyuman yang tulus…diteruskan dengan berlari sebagai tanda antusias…bisa menjadi PENGOBAR SEMANGAT yang sampai ke ulu hati…menggerakkan otak dan menyuruh kita untuk IKUT dalam barisan semangat beliau…

      Salah satu ajaran beliau yang di dapat ( kata beliau) dari Gontor….cara bersyukur yang baik adalah
      1. Memanfaatkan / merawat apa yang sudah diberi Tuhan sebaik mungkin.
      2. Memanfaatkan yang sudah diberi Tuhan UNTUK KEMASLAHATAN ORANG BANYAK dengan berkarya nyata…KERJA KERJA KERJA !
      3. Hidup tidak berlebihan.

      Itu yang saya ingin teuladani dari Abah…

      Semoga kitapun bisa dan mau mengikuti jejak beliau…

      Salam ACI. GBU all

      Posted by wning | 26 Agustus 2013, 6:36 pm
    • Menarik sekali ulasan Kakak Radiya diatas,smg Allah khan melimpahkan “kemudahan dan kesehatan”
      kepada Calon Presiden Kita DAHLAN ISKAN yang telah ber-buat : n.y.a.t.a untuk Rakyat Demi Indonesia..
      Semangat-Optimis selalu,bersama DAHLAN ISKAN.
      Salaaaaam “semangat” Dahlanis…

      Posted by N. SORRI.. | 29 Agustus 2013, 10:32 pm
  26. Usaha yang tidak kenal lelah untuk memperbaiki negri…dan mensejahtrakan rakyat…..bukan hanya jual kecap….karena pemilu sudah dekat…..tetapi lebih banyak berbuat…..itu baru pemimpin yang hebat…..

    Posted by fayshal | 26 Agustus 2013, 8:45 am
  27. 1.Pak Dahlan Iskan ke Atambua NTT, mengurusi Pertanian dalam hal ini tanaman Sorgum seperti Menteri Pertanian

    Setelah melakukan panen raya, Dahlan kemudian bergeser menuju daerah pedesaan di Atambua, disana dirinya mengecek peternakan sapi yang didanai Pertamina.

    Pertamina melaksanakan program MP3D (Mitra Pertamina Penggerak Pembangunan Desa) Program yang dikhususkan untuk membangun desa tertinggal, perbatasan dan pasca konflik. Sasaran lokasi tersebut ditujukan untuk meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) di bidang ekonomi, kesehatan,pendidikan dan lingkungan.

    2.Pak Dahlan Iskan Seperti Menteri Pembangunan Daerah tertinggal

    Posted by CAK YADI | 26 Agustus 2013, 8:46 am
    • @Kakak Cak Yadi. Jangan lupa : diam2 DAHLAN ISKAN sambil Uji-Coba dan Promosi Pswt.CN.295
      buatan PT.DIRGANTARA INDONESIA (DI)yang Pabriknya sempat pingsan sktr 5-6 Th dan posisi rugi terus….
      Alhamdulillah,stlh Produksi Hellycopter,Panser dan Pesawat terbang-baru,sekarang PT.DI sdh “u.n.t.u.n.g”..
      Memang DAHLAN ISKAN ; disamping “pendobrak” juga pembawa “solusi” DEMI INDONESIA..
      Bergairah-Optimis selalu,bersama DAHLAN ISKAN.
      Salaaaaaam Relawan-Dahlanis..

      Posted by N. SORRI.. | 29 Agustus 2013, 11:42 pm
  28. Rote bisa sejahtera dengan dana 45 Milyard, ayoo pak dahlan dana itu mah kecilll, jadikan pulau rote merdeka dari kemiskinan, dana CSR BUMN berikan kesana , lakukan seperti pada RS buruh, duitnya dari BUMN digarapnya oleh BUMN, dijamin ces pleng ….

    Posted by saeful | 26 Agustus 2013, 8:49 am
  29. pokoknya presiden 2014 adalah abah dahlan iskan….
    amien,…amien…

    Posted by saryanto | 26 Agustus 2013, 8:58 am
  30. ada tips sederhana untuk mengatasi hama burung yang menyerang tanaman pertanian berdasarkan pengalaman petani:
    1. membuat alat yang mengeluarkan suara gaduh
    para petani biasanya menjaga sawahnya dari serangan burung dengan membunyikan alat2 yang bisa menghasilkan suara keras seperti kentongan, bambu, dan kaleng bekas. kalau ingin lebih praktis bisa membuat kincir angin yang ada alat penghasil suaranya jika kincir berputar. atau memasang pita kaset di sepanjang sawah yang akan berbunyi jika ditiup angin.
    2. menakut nakuti burung
    menakuti burung bisa dengan cara memasang potongan plastik atau umbul2 di sekitar sawah kalau bisa berwarna merah karena burung lebih takut benda yang berwarna merah. atau membuat patung mirip paktani dan mirip ular.
    3. membuat perangkap burung
    cara ini yang paling efektif karena tidak sekedar mengusir burung tapi juga mengurangi populasinya. perangkap burung yang sederhana dengan cara memasang jaring nelayan di tengah sawah. burung yang melintas akan terjebak dijaring dan jumlahnya bisa sangat banyak. atau dengan membuat pelet (lem burung) namun burung yang terjebak tidak sebanyak jika menggunakan jaring (net).

    Posted by G.Hariyanto | 26 Agustus 2013, 9:05 am
  31. Dahlan Iskan for president 2014. Vote for DI.

    Posted by Arifianto | 26 Agustus 2013, 9:23 am
  32. Abah Dahlan Iskan Calon Presiden Pilihan…… dan presiden masa depan…
    amin…amin..

    Posted by dj Sunyoto | 26 Agustus 2013, 9:35 am
  33. Suka sekali dengan penutup MH kali ini “Begitulah! Harapan, hope, dan optimisme bisa muncul di mana-mana dan dari siapa saja, dengan berbagai jabatannya” keep positive & optimist…..

    Posted by Fris | 26 Agustus 2013, 9:40 am
  34. ” Jikapun nanti tidak jadi R1 atau R2 ditahun 2014″, smg beliau masih dipakai dikabinet minimal MenKo….untuk menebarkan virus-virus harapan..kerja..kerja..kerja…demi indonesia demi mensejahterakan rakyat indonesia dengan ide-ide yang membumi…memberikan keyakinan kepada generasi muda bahwa kita itu bisa….semoga Allah SWT selalu melindungi bapak dimana saja berada…

    Posted by ep sard | 26 Agustus 2013, 10:11 am
    • Pak dahlan tidak jadi pejabat negarapun tetap berkarya bagi bangsa dan negara, dengan membagikan ilmu jurnalistiknya d sekolah2 beliau atau karya beliau yang lain. Tapi lebih terasa jika beliau yang jadi nahkoda bangsa pada 2014-2019

      Posted by Fris | 26 Agustus 2013, 10:18 am
  35. senangnya kalo di daerah2 sluruh indonesia jg bangkit dgn pemberdayaan sesuai kearifan lokal. indonesia mandiri indonesia jaya. MERDEKA,

    Posted by fia | 26 Agustus 2013, 10:11 am
  36. Mendukung Abah Dahlan Iskan menjadi Presiden RI 2014. CEO Indonesia Raya. Dengan Wakil Presiden Jendral (Purn) Pramono Edhie Wibowo.

    Posted by Djoko Sawolo | 26 Agustus 2013, 10:23 am
  37. saya ingin jd relawan dahlan iskan utk sumbar mhn info nya . . .

    Posted by abdillah | 26 Agustus 2013, 10:56 am
  38. Jika calon presiden 2014 ada nama Dahlan Iskan, maka siapa yang akan saya pilih? Itu tak perlu dipertanyakan.

    Posted by anomsaksana | 26 Agustus 2013, 1:01 pm
  39. dulu lima bulan yang lalu waktu menanam sorgum…. banyak yang pesimis… buat apa …. sekarang terlihat hasilnya…buat warga NTT…. Pak DI memberikan harapan yang nyata bukan palsu……mari kita gelorakan semangat indonesia satu yaitu PAK DI……….

    Posted by Suhardi | 26 Agustus 2013, 1:17 pm
  40. Pak Dahlan Iskan Yang diurus memang banyak seperti sudah jadi Presiden, yang bersentuan dengan rakyat langsung atau peningkatan penghasilan rakyat, Seperti Sorgum, Porang, Kelinci, Kambing Etawa, Peningkatan Bandara, Peningkatan Pelabuhan laut, Peningkatan jalan Tol, semua BUMN supaya untung dan hasilnya ada, sepantasnya beliau Calon Presiden RI tahun 2014-2019 Mari kita Dukung,

    1. Tauhidnya Kuat agamis
    2. Berteman tidak pilih-pilih
    3. Bisa mencari Solusi kalau ada permasalahan
    4. Nasionalismenya tinggi, mulai dari wartawan sampai jadi Menteri BUMN daerah indonesia sudah dijelajahi

    Posted by CAK YADI | 26 Agustus 2013, 2:22 pm
    • Kalo teman saya mempunyai standar hidup Tak Se Pi Di Ka Ta = Takwa Sehat Dicintai Pintar Kaya Tangguh … Dahlan Iskan insya allah sudah mencapai semuanya : takwa iya bagaimana spiritualitas beliau ditunjukkan, sehat iya sekarang rajin senam, walopun sempat sakit tapi bisa diatasi dengan ganti hati, pintar iya karenanya juga orang pintar minum Tolak Angin, dicintai iya kan banyak yang mengelu-elukan dari sabang sampai Merauke, kaya jelas wong pemilik Jawa Pos, dan tangguh juga iya .. mentalnya kuat bener walopun diserang kiri kanan sampai diagonalpun beliau punya marah dan senyum, tanpa harus terpuruk di sudut ruangan. So, apa lagi sih? Ayo bergabunglah sebagai Relawan Demi Indonesia untuk mengantarkan Dahlan Iskan jadi RI 1. Jika diusung Demokrat, pilihlah Demokrat. Jangan takut, karena Dahlan Iskan bersedia memperbaiki Demokrat jika tidak keberatan.

      Posted by apasaja | 28 Agustus 2013, 2:00 pm
  41. Salut dan kagum buat DI yg begitu gigih berdayakan anak negri,klo semua pejabat percayakan kemampuan anak negri,negri ini tdk akan tergantung negra lain,juga model sayembara teknologi DI sangat bagus dan terus dikembangkan ke semua sektor.bravo DI

    Posted by toga | 26 Agustus 2013, 4:15 pm
  42. Ternyata mash banyak pemimpin negri ini yg amanah dan merakyat….” Untuk Melihat Karakter seseorang..berilah dia tampuk kekuasaan” (Abraham lincoln)…akan terlihat spt apa aslinya…Doa kami untuk Abah DIS

    Posted by sekarpamungkas1 | 26 Agustus 2013, 4:20 pm
  43. Saya senang… Bupati2 sudah mulai merubah imej…
    dari mulai bancakan kekuasaan menjadi pengabdian…
    rakyatlah yg harus memilih pemimpin yg tepat untuk mereka…

    Dgn dahlan iskan sebagai standard tinggi (jaminan mutu), saya yakin seluruh pulau akan berkembang….

    Posted by PUTU | 26 Agustus 2013, 6:59 pm
  44. DI the next President RI

    Posted by jatmiko | 26 Agustus 2013, 8:41 pm
  45. Begitulah! Harapan, hope, dan optimisme bisa muncul di mana-mana dan dari siapa saja, dengan berbagai jabatannya…
    Ini adalah ungkapan pembangkit semangat.
    Dan Pak Dahlan adalah memang motivator ulung… Pemberi Motivasi…

    Posted by MITRA Ticketing | 26 Agustus 2013, 9:46 pm
  46. monggo dibaca resumenya + gbr.

    Posted by PUTU | 26 Agustus 2013, 9:49 pm
  47. Saya tunggu tulisan selanjutnya,,

    Posted by Nur fadillah | 26 Agustus 2013, 9:52 pm
  48. Saya TKI dari tanzania, afrika, vote DI untuk jadi presiden indonesia 2014.

    Posted by budi | 26 Agustus 2013, 10:03 pm
    • Wooow, maaf baru tahu ada warga kita di Tanzania. Di sana kalo orang kita bergerak di bidang apa ya, maaf kepo. Sukses selalu Mas, dan ayo pastikan kita bisa milih di pemilu nanti … Demi Indonesia bersama Dahlan Iskan ,….

      Posted by apasaja | 28 Agustus 2013, 1:51 pm
  49. Ayoóo pak Dizz…ambil persiapan di tikungan selanjut’nyaa…ayooo kita kemon pak…Kerja..Kerja…kerja…pokok’e Bukak titik Juozzzzz…nek coro wong suroboyo

    Posted by mbah mangun | 26 Agustus 2013, 10:16 pm
  50. Yang aneh dan perlu dipertanyakan. Naik pesawat CN 295 Militer. Naik pesawat militer. Meskipun menteri mestinya tidak semudah itu menggunakan pesawat militer. Ada apa ya ?

    Posted by Widi | 26 Agustus 2013, 10:51 pm
    • Mudah karena menteri BUMN yang memimpin pabrik pembuat Pesawatnya. Sama dengan Menhan, sebagai pemegang kuasa.
      Sudah dijelaskan juga beliau sering menceritakan & menawarkan ke kolega2 negara tetangga tapi belum pernah menaikinya. Ini kan bagus, menteri terjun langsung memahami barang jualannya :)

      Kalau menteri lain yang tidak berkaitan bolehlah jadi pertanyaan.

      Posted by susanto | 26 Agustus 2013, 11:10 pm
    • bung widi, apakah perlu juga ditulis jalur minta ijin dari petinggi militer sehingga pak dahlan bisa naik fasilites militer?

      Posted by haeny | 27 Agustus 2013, 8:26 am
    • Waduh, baru tahu nih ada yang merasa aneh dan mempertanyakan. Saya malah tdak kepikiran sampai ke situ. Tidak juga ingin mempertanyakan, karena itu sepele banget gitu lho. Wong pesawat yang bikin PT DI, dan PT DI di bawah Men BUMN. Mending mikirin yang lebih keren deh, misalnya mempertanyakan gimana caranya mendukung Dahlan Iskan jadi presiden. Gitu lho, maaf ya jika kurang berkenan.

      Posted by apasaja | 28 Agustus 2013, 1:48 pm
    • jangan dipikirin mas Widi, saya di kalimantan sudah sering naik pesawat Hercules kalo mudik lebaran kok. Sesekali pesawat militer juga digunakan warga sipil, jadi gausah tll dipermasalahkan

      Posted by NOPI | 29 Agustus 2013, 9:59 am
      • Bukan begitu sahabatku. Pesawat itu sudah dibelih oleh pihak TNI. Penggunaan pesawat TNI oleh sipil kan tidak mudah. Kalau pesawat militer bisa dipakai DI, pertanyaan saya apakah ini sebagai simbul dukungan TNI kepada DI yang diperintah Presiden untuk ikut Konvensi.

        Posted by Widi | 30 Agustus 2013, 10:45 am
        • Kalau menurut saya mas Widi, pak DI kan seorang Menteri yg adalah pejabat negara. Pejabat negara bisa kok menggunakan fasilitas militer/Polri dengan meminta ijin ke TNI/Polri. Banyak kok contohnya pejabat negara yang menggunakan fasilitas milliter/Polri dalam mendukung tugasnya, mulai dari Bupati/walikota, Gubernur dan Menteri2 yang lain.

          Posted by Ardian | 30 Agustus 2013, 11:28 am
  51. Iim270363@gmail.com

    Masto

    Posted by Sunyoto | 27 Agustus 2013, 1:23 am
  52. Dear team Bpk Dahlan Iskan,

    Saya pemilik rumah di OMA Indah 2A Blok P1, Cimanggis Depok. Saya pengguna salah satu BUMN yaitu Bank BTN. Saya ingin melaporkan, mengeluh, mengkomplain, dan curhat. Pertanggal 15 Agustus 2012 saya sudah melunasi Kredit rumah saya di Bank BTN, namun setahun lebih ini, saya masih belum menerima hak saya, yaitu sertifikat rumah saya. Bagaimana ini Pak? Mohon bisa menjadi perhatian, karena saya sangat dirugikan dimana dalam waktu satu tahun terakhir saya tidak bisa menggunakan sertifikat rumah saya baik digadai maupun dijual. BTN bank, adalah bank besar dengan customer care yang sangat buruk karena tidak update diwebsite dan sangat tidak customer friendly. Oleh karena itu, karena saya bingung kemana harus mengadu, ya sudah mengadu ke BOS BTN saja yaitu Pak Dahlan.

    Mohon bisa menjadi perhatian
    Regard,
    Harry Abrianto

    Posted by Harry Abrianto | 27 Agustus 2013, 8:04 am
    • Apakak bapak sudah mengadu ke Bank BTN? seharusnya jika memang bapak sudah melunasi kewajiban bapak dan tidak ada tunggakan bunga maupun biaya, bapak bisa melakukan Roya agar Hak tanggungan BTN dihapuskan. Kalau hanya menunggu ya tidak akan ada tindak lanjut. Semoga membantu.

      Posted by bimajagad | 27 Agustus 2013, 2:32 pm
      • Seharusnya memang secara otomatis BTN memberikan pelayanan yang terbaiknya. Jika belum demikian, sebagai customer kita harus mengejar di mana masalah yang belum selesainya. Apakah di sertifikatnya, atau di administrasi lainnya. Saya yang masih nyicil aja datang ke BTN bisa mendapatkan foto copy sertifikatnya untuk keperluan bayar pajak. Ini berarti sertifikat itu ada. Nah, ketika belum bisa dikeluarkan, pasti ada hal yang menjadikan alasan itu, dan itu bisa dikejar ke fihak banknya. Demikian semoga masalah Bapak segera selesai ya …

        Posted by apasaja | 28 Agustus 2013, 1:43 pm
  53. pak Dahlan, apa alasan bapak mengganti Direktur PT.Pindad Bpk.Adik? sebab setahu saya diantara BUMNIS pertahanan yang ada Pindad termasuk yang jarang bicara tapi banyak bekerja. dibanding bumnis lainnya Pindad dibawah Pak Adik secara finansial sangat sehat.

    Posted by adi | 27 Agustus 2013, 4:58 pm
  54. Pak dahlan dari awsl memang pekerja ulet dan cerdas moga Allah memberikannya kesehatan dan kemampuan untuk mengabfikan dirinya pada pembangunan bangsa, amiiinnnnn

    Posted by Perbatasan warga | 27 Agustus 2013, 8:07 pm
  55. Saya tiba tiba membayangkan bahwa di masa depan, saat SBY sudah lama turun, dan saya harus mengingat-ingat jasa-jasa SBY…. Jangan-jangan yang bisa saya ingat cuma satu: telah menunjuk Dahlan Iskan jadi meneg BUMN! Hehehe…. Istiqomah pak DIS!

    Posted by akreshna | 28 Agustus 2013, 7:32 am
    • Dahlan Iskan mengajarkan kita tidak boleh mencela dan menjelek-jelekkan tokoh lain. SBY hebat. Dahlan Iskan, hebat juga. Banget banget banget gitu lhooo …

      Posted by apasaja | 28 Agustus 2013, 2:21 pm
  56. hope = membuat hidup menjadi lbh hidup lg..contoh nyata pengentasan kemiskinan dg mengajak lgsg ‘memancing’ ke ‘kolam’,mudah dipahami oleh rakyat kecil.Semangat & optimisme Dahlan Iskan yg trs menyebar ke slrh Nusantara..Demi Indonesia,kerja kerja kerja !!

    Posted by koreksi diri | 28 Agustus 2013, 11:22 am
  57. Saya membayangkan kalau Pak Dahlan Jadi Presiden RI 2014-2019 Amin2 YRA

    1. Indonesia tambah maju Ekonominya
    2. Pendapatan rakyat meningkat karena solusi untuk memecahkan masalah
    3. Para Koruptor dimasukan Penjara
    4. Persenjataan Militer tambah Kuat dan disegani negara tetangga
    5. Mengumpulkan Diaspora/orang2 Pintar di luar negeri dipanggil pulang tapi tidak semuanya

    Jalan kesana sudah dirintis

    Posted by CAK YADI | 28 Agustus 2013, 3:32 pm
  58. DI bukan hanya motivator ulung tapi juga yang membuktikan katanya dilapangan. Luar biasa Indonesia belum punya yg seperti ini ! semoga dibukakan mata hati Indonesia untuk mengangkat dan menempatkan posisi yg bisa lebih besar berbuat Demi Indonesia. Mari kita mendukung dengan cara masing-masing, minimal menyebarkan hopenya agar lebih dikenal. Indonesia sangat perlu DI !

    Posted by andimustafa | 29 Agustus 2013, 11:31 am
  59. Yth. Pak Dahlan Iskan, Maaf OOT pak.
    Mohon bantuannya pak… (berharap sekali bapak bisa membantu) Pemadaman listrik di pekanbaru sudah sangat kelewatan pak…, gak subuh, gak siang, ga magrib ga tengah malam. apalgi sekarang ini polusi asap sangat tebal di pekanbaru, dengan padamnya listrik tengah malam kami semakin sesak napas. PLN kalo ditelpon cuma jawab PLTA koto panjang lagi kering, kalo gak interkoneksi sumbar riau lagi ada gangguan. ga ada jawaban lain. Bagaimana anak2 akan pintar kalo di jam nya mereka harus mengulangi pelajaran sekolah listrik padam. Terimakasih atas waktunya pak. semoga ada solusi….

    Posted by andini | 29 Agustus 2013, 12:50 pm
  60. Ternyata pak dahlan pintar memberdayakan orang2 pintar di indonesia yg sudah diakui kepintarannya oleh amerika

    Posted by razzaq | 29 Agustus 2013, 8:59 pm
  61. Yes Kakak Razzaq,bahasa sederhananya :
    DAHLAN ISKAN sangat cerdas dlm meng-Optimalkan orang2 pintar yang msih mau ber-fikir,
    Demi Kesejahteraan Rakyat dan Harga Diri Bangsa ndonesia..

    Bergairah-Optimis selalu,bersama DAHLAN ISKAN.
    Salaaaaaam Relawan Dahlanis..

    Posted by N. SORRI.. | 29 Agustus 2013, 10:42 pm
  62. Kata wartawan. Mahfud MD tidak bersedia ikut konvensi. Maka Kompetisi DI tinggal bersaing dengan menteri dari Demokrat. Anis Baswedan hebat, tapi belum pernah menduduki posisi di bawah Presiden atau pengurus Parpol tingkat Nasional. Artinya, potensi DI lolos konvensi sangat tinggi. Apalagi, visi misinya sudah sangat jelas. Ada kemungkinan. Mahfud akan dicalonkan oleh PKB. Karena itu, besuk ada perkawinan antara Demokrat dan PKB. Mahfud tidak sekedar PKB tetapi mewakili NU dan HMI. Mungkin sekali Mahfud akan menjadi Wapres. Mahfud adalah TNI. Setidaknya tergambar saat dia menjabat menteri Pertahanan. Diantara banyak pejabat, Mahfud MD adalah teman yang menghibur hati saat SBY dipecat jadi Menteri oleh Megawati.

    Posted by Widi | 30 Agustus 2013, 6:40 pm
  63. Dahlan Iskan for the next president RI

    Posted by Ikin | 1 September 2013, 10:11 am
  64. Pak Dahlan semoga jadi presiden tahun depan.amin

    Posted by satya.nurhadi | 1 September 2013, 9:58 pm
  65. Alhamdulillah, nyaman sekali tiap mampir di blog ini.. Komentar dan tulisan yang teduh dan mengademkan hati+pikiran. Riak-riak kecil muncul sudah biasa, namun responnya tetap nyaman dibaca tanpa reaksi negatif yang berlebihan dari kawan-kawan DahlanIs sejati. Salam hormat dan semangat pagi semuanya. Sebingkai doa kami untuk Pak Dis dan kawan-kawan pencinta Manufacturing Hope.. :)

    Posted by akadarisman | 2 September 2013, 9:06 am
  66. Pesawat TNI itu (mis hercules) biasa digunakan warga sipil, terutama di daerah terpencil

    Posted by Kickaryo | 2 September 2013, 10:57 am
  67. Terimakasih banyak MBAH karena melalui jalan togel ini saya sudah bisa melunasi semua hutang2 saya bahkan saya juga sudah punya usaha sendri,berkat bantuan MBAH KABOIRENG yang telah memberika anka ‘GHOIB’ nya kepada saya yaitu [0205} dan alhamdulillah berhasil karna sudah 3 kali saya membuktikan hasil ramalan MBAH itu semua selalu terbukti dan tidak pernah gagal,jika anda mau bukti bukan kata kata silahkan hubungi MBAH KABOIRENG di 082322212111 nomor ritual meman selalu tepat dan terbukti.JANGAN RAGU UNTUK MEMBUKTIKANNYA KLIK DISINI

    Terimakasih banyak MBAH karena melalui jalan togel ini saya sudah bisa melunasi semua hutang2 saya bahkan saya juga sudah punya usaha sendri,berkat bantuan MBAH KABOIRENG yang telah memberika anka ‘GHOIB’ nya kepada saya yaitu [0205} dan alhamdulillah berhasil karna sudah 3 kali saya membuktikan hasil ramalan MBAH itu semua selalu terbukti dan tidak pernah gagal,jika anda mau bukti bukan kata kata silahkan hubungi MBAH KABOIRENG di 082322212111 nomor ritual meman selalu tepat dan terbukti.JANGAN RAGU UNTUK MEMBUKTIKANNYA KLIK DISINI

    Posted by togeljitu772013 | 3 September 2013, 3:54 pm
  68. untuk mengatasi burung petani padi di jawa memake jaring bening untuk perangkap, d coba aja

    Posted by syarif abdul | 5 September 2013, 3:22 pm
  69. Hal yang tidak pernah terbayankan kini menjadi kenyataan dengan keluargaku,,,untuk MBAH.RINGGO kami ucapkan banyak terimakasih karna berkat bantuannya ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah,karna nomor “GHOIB”untuk pasang togel,hasil ritual MBAH RINGGO meman benar2 merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karna baik rumah sudah disita,,warung makan jg sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma kontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya MBAH RINGGO lah yang bisa merubah nasib kami..MBAH RINGGO orang paling bersejarah kepada keluarga saya…!!! Kepada teman2 yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib baik dari pada sekaran HBG: 0852~0521~3777-MBAH RINGGO,dengan penuh harapan INSYAH ALLAH pasti tercapai dan sudah terbukti.

    Posted by alex | 9 September 2013, 7:19 am
  70. mantap pak dahlan iskan ….sy salut
    calculate car payment

    Posted by persamaankuadrat | 9 September 2013, 9:55 pm
  71. Informasi Situs web Anda menarik, makasih infonya Gan. kunjungi juga http://varian.student.ipb.ac.id/

    Posted by B. Varian Y. W. | 20 November 2013, 1:12 pm
  72. Anda mengetahui apa yang sharusnya tidak dilakukan ketika Anda “gagal”. Jadi Anda menciptakan pengetahuan baru dan itu bukan kegagalan.

    Posted by http://bit.ly/1nFpAZx | 5 Juli 2014, 6:35 am

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.638 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: